Cara Membuat Whatsapp Bisnis, Kelebihan, dan Tips Optimasinya untuk Jualan

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Whatsapp Bisnis– Setiap hari, perkembangan teknologi semakin canggih. Banyak aplikasi yang memberikan inovasi terbaiknya untuk para pengguna. Tidak terkecuali aplikasi chat WhatsApp, yang sekarang sudah memiliki akun Whatsapp Bisnis.

Whatsapp Bisnis diperuntukan bagi pelaku usaha yang menjalankan bisnisnya dengan online. Ada berbagai fitur WA Bisnis yang tidak akan Anda dapatkan dari akun WA biasa, seperti contohnya katalog dan fitur labelling pelanggan.

Pertanyaannya, bagaimana cara membuat Whatsapp Bisnis yang benar? Lalu, apa saja tips optimasi WA Bisnis agar penjualan Anda tambah laris? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Cara Jualan di Tokopedia untuk Pemula, Gampang Banget Kok!

Apa itu WhatsApp Bisnis?

Apa itu Whatsapp Bisnis

Apa itu WhatsApp bisnis? Dilansir dari laman resminya, WhatsApp Bisnis adalah aplikasi gratis yang bisa diunduh di ponsel Android atau iOS. Aplikasi ini didesain khusus untuk para pemilik bisnis kecil.

Cara menggunakan akun bisnis WA pun sama seperti menggunakan WhatsApp messenger pada umumnya. Hanya saja, keunggulan akun WhatsApp Bisnis diperuntukan bagi para pelaku usaha.

Agar dapat bisa menggunakan akun bisnis WA, Anda perlu mengunduh aplikasi WhatsApp Business di Play Store atau di App Store. Jika sebelumnya Anda sudah memiliki akun WhatsApp reguler, Anda bisa menggunakan nomor yang sama dan memindahkan semua percakapan ke dalam aplikasi WA Bisnis yang sudah dipasang.

Kelebihan WA Bisnis Dibanding WA Biasa

Perbedaan WA Bisnis dan WA biasa dan kelebihannya

Perbedaan WA Bisnis dan WA biasa sangat banyak, terutama dari segi fitur. Meski sama-sama bisa digunakan berkomunikasi dengan calon konsumen, ada banyak kelebihan WA Bisnis dibandingkan akun WA biasa. Selengkapnya tentang perbedaan WA Bisnis dan WA biasa adalah sebagai berikut:

1. Profil Bisnis

Kelebihan akun WhatsApp Bisnis yang pertama adalah profil bisnis. Dimana dalam akun bisnis WA, Anda bisa memuat informasi terkait bisnis yang dijalani. Seperti nama bisnis, foto profil, website, email bisnis, foto produk, kategori bisnis, alamat, serta jam operasional bisnis Anda.

2. Label Bisnis

Kelebihan akun WhatsApp Bisnis selanjutnya adalah label bisnis. Fitur ini memudahkan Anda untuk menandai pelanggan. Termasuk membedakan pelanggan baru, pelanggan lama, pesanan baru, pembayaran tertunda, pembayaran lunas, hingga penyelesaian pesanan.

3. Fitur Pesan Otomatis

Fitur pesan otomatis merupakan salah satu kelebihan WhatsApp bisnis. Ada tiga jenis fitur pesan yang bisa digunakan, yaitu greeting message, away message, dan quick replies.

Greeting message atau pesan penyapa adalah pesan otomatis yang terkirim kepada pelanggan baru yang menghubungi akun Whatsapp Bisnis Anda. Sedangkan away message adalah fitur pesan yang memungkinakan Anda untuk membalas pesan otomatis sebelum jam operasional bisnis.

Sementara itu, quick replies berfungsi untuk membalas pesan masuk dari pelanggan dengan menggunakan pesan berulang. Hal ini memudahkan Anda untuk tidak perlu mengetik ulang pesan yang sama dan pelanggan akan merasa direspon dengan cepat.

4. Katalog

Anda bisa memanfaatkan fitur katalog di akun Whatsapp Bisnis untuk memajang produk yang dijual. Sebaiknya Anda juga melengkapi foto dengan deskripsi produk dan harga yang ditawarkan, ya. Sehingga bisa mempermudah pelanggan untuk melakukan check out atau sekedar bertanya melalui chat.

5. Iklan

Sama seperti ecommerce lainnya, promosi melalui iklan juga menjadi keunggulan akun WhatsApp Bisnis. Promosi iklan bisa ditayangkan melalui media sosial Facebook dan Instagram. Anda juga dapat mengaturnya agar bisa menjangkau pelanggan lebih luas lagi.

6. Tanda Centang Hijau

Cara WhatsApp Business melakukan verifikasi atau tanda centang hijau sangatlah mudah. Pihak WhatsApp akan melakukan verifikasi pada nomor telepon yang didaftarkan untuk akun bisnis WA.

Jika Anda sudah mendapatkan tanda ini, artinya akun bisnis WA Anda dinyatakan resmi. Selain itu tanda centang hijau ini akan terlihat oleh pelanggan di samping nama bisnis Anda.

7. Short Link dan QR Code

Satu lagi keunggulan akun WhatsApp Bisnis yang tidak dimiliki WA biasa, yaitu short link dan QR code. Fitur ini memungkinkan Anda membagikan akun bisnis WA melalui link. Sedangkan QR code memungkinkan pelanggan langsung bisa menghubungi Anda tanpa harus menyimpan nomor telepon bisnis.

BACA JUGA: Inilah Cara Mudah Laris Jualan di Shopee Food, Syarat, & Keuntungannya

Cara Membuat Whatsapp Bisnis

Cara membuat WA bisnis

WhatsApp Business membuat komunikasi dengan pelanggan menjadi lebih mudah, terpercaya, dan juga mudah untuk mempromosikan produk. Maka dari itu, sudah banyak yang menggunakan akun bisnis WA untuk keperluan usahanya.

1. Cara Membuat Akun Bisnis di WA

Tahukah Anda bahwa, cara membuat akun bisnis di WhatsApp bisa dilakukan dengan mudah? Berikut beberapa langkah cara membuat akun bisnis WA:

  • Cara membuat akun bisnis di WhatsApp yang pertama adalah dengan mengunduh aplikasi WhatsApp Business di Play Store atau di App Store
  • Kemudian lakukan pendaftaran dengan memasukan nomor telepon yang diinginkan
  • Setelah terdaftar, Anda bisa mengatur profil bisnis dengan membuka menu settings atau pengaturan, kemudian pilih business settings atau pengaturan bisnis, lalu pilih profile atau profil
  • Lengkapi detail informasi mengenai bisnis Anda secara lengkap dan jelas

2. Cara Membuat Pesan Otomatis di WA Bisnis

Nah, setelah Anda melengkapi profil, selanjutnya adalah cara membuat pesan otomatis di WhatsApp bisnis. Berikut langkah-langkah membuat pesan otomatis di akun bisnis WA, yaitu:

  • Cara membuat pesan otomatis di WhatsApp bisnis adalah dengan membuka menu settings atau pengaturan, kemudian pilih business settings atau pengaturan bisnis, lalu pilih pesan otomatis apa yang akan Anda buat. Greeting messages, away messages, atau quick replies
  • Selanjutnya Anda bisa menentukan isi dari pesan otomatis tersebut dan mengatur waktu pengiriman pesannya

3. Cara Membuat Katalog Whatsapp Bisnis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa, WhatsApp Business memiliki fitur katalog untuk memajang produk yang Anda jual. Berikut cara membuat katalog di WA bisnis, yaitu:

  • Cara membuat katalog di WA bisnis adalah dengan membuka buka menu settings atau pengaturan, kemudian pilih business settings atau pengaturan bisnis, lalu pilih menu katalog
  • Selanjutnya Anda bisa menambahkan foto produk, deskripsi produk, dan harga produk. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan link produk tersebut di akun bisnis WA yang nantinya akan dialihkan ke toko online Anda

4. Cara Pasang Label Konsumen di WA Bisnis

Tidak hanya itu, ada fitur label bisnis yang bisa Anda gunakan di akun bisnis WA, berikut cara membuat label di WA bisnis, yaitu:

  • Cara membuat label di WA bisnis adalah dengan membuka chat yang ingin diberi label, kemudian buka menu, dan pilih menu label. Di pengaturan ini Anda dapat mengedit, menghapus, menambahkan warna pada label, hingga membuat pesan broadcast ke label tertentu
  • Lalu untuk menerapkan label, cukup dengan menekan chat yang dipilih lama hingga keluar menu ‘Label’. Kemudian Anda bisa memilih apakah ingin menambahkan ke label yang sudah ada atau membuat label baru
  • Jika Anda ingin menemukan chat dengan label tertentu, Anda bisa membuka chat chat yang diinginkan, kemudian pilih menu, lalu pilih label, dan pilih salah satu label yang Anda ingin temukan

Tips Optimasi Akun WA Bisnis untuk Jualan

Tips optimasi akun WA bisnis

Setelah Anda mengetahui cara membuat akun bisnis WA dan fitur lainnya, di bawah ini terdapat beberapa tips optimasi WA Bisnis yang bisa Anda lakukan agar penjualan meningkat, diantaranya:

1. Berikan Informasi dan Produk dengan Lengkap

Tips optimasi akun WhatsApp Bisnis Anda yang pertama adalah dengan memberikan informasi dan produk dengan lengkap. Hal ini akan membantu para pelanggan untuk mengetahui jenis usaha Anda dan produk yang dijual.

2. Optimalkan Fitur Pesan Otomatis

Cara berikutnya agar akun WA Bisnis Anda teroptimasi dengan baik adalah dengan mengoptimalkan fitur pesan otomatis. Baik itu greeting messages, away messages, atau quick replies. Hal ini bisa bisa membuat pelanggan tetap merasa dilayani meskipun menggunakan pesan otomatis.

3. Promosikan Produk dengan Broadcast Messages

Selanjutnya Anda bisa menggunakan broadcast messages sebagai cara optimasi akun WhatsApp Bisnis Anda. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan ke 256 pelanggan secara bersamaan.

4. Optimalkan Fitur Label

Satu lagi cara optimasi akun WhatsApp Bisnis Anda yaitu dengan mengoptimalkan fitur label yang ada. Hal ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan lebih mudah. Selain itu, Anda juga bisa mengenali pelanggan dari berbagai label yang ditentukan.

Itulah pembahasan tentang apa itu Whatsapp Bisnis, kelebihan, cara membuat, dan tips optimasinya! Semoga artikel ini bisa membantu bisnis Anda berkembang pesat ya!

Apakah Anda sudah siap mencoba memanfaatkan WA Bisnis untuk optimalisasi penjualan? Jika sudah, Anda bisa merekrut admin untuk mengelolanya melalui KitaLulus. Saat ini, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Medan, Semarang, dan Gowa.

Anda hanya perlu mendaftarkan diri untuk memasang iklan lowongan pekerjaan secara gratis. Dapatkan admin untuk toko bisnis online Anda dengan #LebihMudah bersama KitaLulus!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd