Ini Tugas dan 8 Cara Memilih Brand Ambassador yang Tepat

Annissa Manystighosa

Penulis, pengajar, dan penerjemah yang sedang menekuni pengetahuan seputar bisnis.

hrd
Isi Artikel

Duta merek atau brand ambassador adalah orang yang memiliki peran penting dalam strategi pemasaran suatu perusahaan. Itulah mengapa cara memilih brand ambassador pun tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Selama ini, Anda mungkin sering melihat seorang selebriti atau aktor yang memperkenalkan diri sebagai duta merek dari suatu produk atau jasa. Mereka adalah orang yang muncul di ranah publik untuk menawarkan manfaat dan hal positif lainnya.

Karena menjadi perwakilan dari sebuah brand, tak heran bila brand ambassador (BA) mendapatkan bayaran cukup tinggi. Lantas apa saja tugasnya? Dan bagaimana cara memilih brand ambassador yang tepat bagi bisnis? Berikut penjelasan lengkapnya.

Apa Itu Brand Ambassador?

Sebelum membahas cara memilih brand ambassador yang tepat, mari kita ulas sedikit tentang apa itu brand ambassador.

BA atau brand ambassador adalah seseorang yang mendukung brand atau produk dengan terlibat dalam kegiatan konsisten dengan identitas perusahaan. Perannya adalah meningkatkan kesadaran publik terhadap barang atau perusahaan tertentu.

Selain itu, brand ambassador adalah individu yang bekerja dengan brand yang memiliki rencana pemasaran ekstensif untuk membantu mereka mengiklankan produknya.

Selebriti, influencer, atau tokoh yang telah diakui keahliannya dalam suatu bidang terkadang diminta untuk menjadi BA. Kandidat idealnya harus mencerminkan brand bisnis yang dipasarkan karena individu yang terpilih akan mewakili brand atau perusahaan pada event tertentu.

Misalnya, seorang selebriti muda atau tokoh publik yang dikenal inspirasional, akan menjadi kandidat ideal untuk menjadi BA sebuah perusahaan yang berfokus di bidang pendidikan.

Tugas dan Tanggung Jawab Brand Ambassador

tugas brand ambassador

Adapun tugas brand ambassador adalah sebagai berikut:

  • Mengenali visi dan misi brand atau perusahaan.
  • Mewakili citra brand dalam semua aspeknya secara positif.
  • Membantu pembuatan konten blog, artikel ulasan, dan review lainnya.
  • Ikut serta dalam acara promosi.
  • Merancang rencana campaign dan bekerja sama dengan departemen pemasaran dan penjualan.
  • Meningkatkan brand awareness melalui marketing dari dari mulut ke mulut.
  • Menciptakan pandangan yang baik tentang brand tersebut di jaringannya.
  • Menawarkan panduan dan analisis tentang barang atau jasa baru.
  • Manfaatkan akun media sosial pribadi untuk mempromosikan sebuah merek.
  • Menjaga hubungan positif dengan para vendor barang atau jasa perusahaan.
  • Menindaklanjuti keluhan pelanggan dan umpan balik pelanggan yang bervariasi ke departemen pemasaran perusahaan.

Dapat dikatakan bahwa seorang BA akan berfungsi sebagai "wajah" awal perusahaan. Itulah sebabnya brand ambassador adalah orang yang harus mampu menyampaikan berbagai hal berkaitan dengan produk, jasa, maupun brand.

Baca Juga: Endorse Adalah: Keuntungan, Strategi, dan Prosesnya

Keuntungan Bisnis Menggunakan Brand Ambassador

keuntungan menggunakan brand ambassador

Peningkatan jumlah pengguna media sosial membuat peran duta merek bagi bisnis sangatlah penting. Adapun manfaat atau keuntungan bisnis menggunakan brand ambassador adalah sebagai berikut.

1. Mempertahankan Reputasi

Salah satu keuntungan memiliki brand ambassador adalah membantu menjaga reputasi perusahaan. Seperti yang kita tahu, reputasi suatu merek dapat naik atau turun.

Misalnya, reputasi perusahaan bisa menurun jika media menyebarkan cerita yang tidak menyenangkan tentang brand Anda. Seorang BA dalam hal ini dapat membantu memulihkan reputasi itu karena mereka umumnya memiliki banyak followers.

2. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen terhadap Brand

Menurut Keyhole, sebanyak 63% orang lebih memercayai pernyataan BA atau influencer daripada iklan yang dibuat oleh perusahaan sebenarnya. Di sinilah BA memainkan peran penting. Mereka harus dapat berfungsi sebagai penghubung antara masyarakat dan brand.

3. Menulis Ulasan yang Baik

Memberikan review positif adalah keuntungan jika bisnis menggunakan seorang BA. Di media sosial, siapa pun dapat memposting ulasan. Terkadang muncul review negatif yang tidak bisa dihindari.

Oleh karena itu, seorang BA tetap harus memberikan penilaian yang positif dan jujur ​​kepada para pengikutnya. Biasanya, brand dan BA telah membuat kesepakatan sebelum konten dibuat.

4. Memperkuat Pemasaran

Manfaat lain menggunakan BA adalah bisa membantu perusahaan dalam memperkuat pemasaran. Pasalnya, mereka akan memperkenalkan produk perusahaan secara berkala kepada masyarakat sehingga mampu memengaruhi daya beli mereka. Bahkan, BA juga dapat membantu membuat konten strategi marketing yang menarik.

Cara Memilih Brand Ambassador yang Tepat

Dikarenakan tanggung jawab yang diemban BA cukup berat, maka perusahaan tak boleh sembarangan memilih orang untuk dijadikan brand ambassador. Perusahaan atau brand harus memilih figur yang sesuai.

Nah, berikut beberapa tips atau cara mencari brand ambassador yang tepat untuk Anda perhatikan.

1. Kesesuaian Profil

Tips pertama, pastikan bahwa profil mereka sesuai dengan brand Anda. Sebagai contoh jika perusahaan Anda bergerak di bidang susu ibu hamil, maka carilah BA seorang ibu-ibu hamil, bukan seorang remaja atau bahkan laki-laki.

2. Reputasi dan Kredibilitas

Penting untuk mencari tahu apakah kandidat BA yang Anda pilih memiliki riwayat yang bisa membahayakan reputasi bisnis Anda atau tidak.

Selain itu, cari tahu juga apakah pengikut atau penggemarnya memiliki kepercayaan terhadap mereka. Ini penting dianalisis agar influencer marketing dapat berjalan optimal sesuai rencana.

3. Mampu Bekerja dengan Profesional

Cara memilih brand ambassador yang tepat berikutnya adalah pastikan mereka mampu bekerja dengan profesional. Pasalnya, tugas duta merek tak hanya mengiklankan produk Anda, melainkan mereka juga menjadi identitas perusahaan.

Oleh karenanya, Anda harus mencari orang yang dapat membentuk citra baik di mata audiens.

4. Faktor X yang Menarik

Seorang BA harus memiliki kekuatan yang mampu memikat perhatian para audiens. Maka dari itu, carilah duta merek yang memiliki faktor X yang menarik dan benar-benar digandrungi banyak orang sehingga bisa memikat calon pelanggan baru.

5. Kemitraan dengan Merek Lain

Cara mencari BA selanjutnya yaitu pastikan BA yang Anda pilih tidak pernah bekerja untuk perusahaan kompetitor. Sebab hal tersebut dapat membuat pelanggan jadi bingung produk mana yang harus mereka gunakan.

Jangan sampai muncul pertanyaan seperti ini dari calon pelanggan karena dapat merusak reputasi bisnis Anda.

6. Memahami Pemasaran

Memastikan mereka memahami pemasaran juga menjadi salah satu cara memilih brand ambassador yang tepat untuk perusahaan.

Cari tahu apakah mereka paham dengan semua tugas serta tanggung jawab duta merek. Mereka juga harus mengetahui apa saja dampak kerjasama terhadap brand Anda.

7. Menyesuaikan Budget

Hal yang tak kalah penting sebagai cara memilih brand ambassador adalah menyesuaikan budget perusahaan. Tipsnya, Anda bisa melakukan survei terhadap beberapa orang dan menanyakan biayanya.

Di samping itu, negosiasi adalah kuncinya. Namun, pastikan kerjasama Anda dan BA tetap seimbang, ya.

8. Platform

Akan lebih baik jika Anda memilih duta merek sesuai dengan platform yang perusahaan Anda gunakan. Misal, jika Anda ingin BA nantinya mem-posting Instagram Reels, maka carilah orang yang aktif di Instagram. Begitu pula dengan TikTok, Twitter, dan media sosial lainnya.

Baca juga: Pentingnya Engagement Rate Bagi Bisnis, Faktor, dan Cara Hitungnya

Biaya Brand Ambassador

Lantas berapa kisaran biaya yang perlu dikeluarkan jika Anda menggunakan BA untuk memasarkan produk Anda?

Biaya brand ambassador dapat bervariasi, tergantung pada profil diri, kredibilitas, reputasi BA, serta lamanya kontrak perusahaan. Selain itu, semakin banyak followers dan tingkat engagement nya di media sosial, maka rate card nya pun semakin tinggi.

Perusahaan bisa membayar BA dengan berbagai cara, bisa berbentuk gaji per jam kerja, per bulan, atau komisi.

Itulah penjelasan seputar cara memilih brand ambassador yang tepat untuk bisnis. Sebagai perwakilan dari suatu merek, BA secara umum bertugas meningkatkan penjualan dan menjaga reputasi bisnis. Untuk itu, perusahaan harus memperhatikan beberapa hal di atas agar tidak salah memilih duta merek.

Jika saat ini Anda sedang mencari kandidat untuk menjadi BA, Anda bisa memasang info lokernya di KitaLulus. KitaLulus adalah platform pencarian kerja teraman di Indonesia yang telah dipercaya oleh lebih dari 50 ribu perusahaan.

Anda hanya perlu mengisi form pendaftaran untuk bisa memasang info lowongan pekerjaan secara gratis! Segera pasang iklan loker Anda dan dapatkan kandidat terbaik hanya dalam hitungan hari saja!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd