9 Cara Memulai Usaha Petshop, Rincian Modal, dan Peluangnya

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Cara membuka usaha petshop
Isi Artikel

Usaha petshopBagi Anda penggemar dan pemerhati hewan, ada peluang bisnis yang menjanjikan bisa Anda coba, yaitu usaha petshop. Terutama bagi Anda yang memang memelihara dan hobi untuk mengurus hewan.

Peluang ini bisa menjadi bisnis yang menyenangkan. Di satu sisi Anda bisa menjalankan hobi, dan di sisi lain Anda bisa meraup keuntungan. Bagaimana? Apakah Anda tertarik dengan usaha petshop ini?

Mari kita simak penjelasan lengkapnya terkait cara memulai usaha petshop, rincian modal yang harus dikeluarkan, hingga analisis usahanya di bawah ini.

Cara Memulai Usaha Petshop

Berangkat dari hobi, lalu bisa menjadi keuntungan yang menjanjikan. Berbekal ilmu merawat hewan, Anda bisa menjalani usaha ini dengan mudah. Seperti namanya, petshop atau toko hewan peliharaan yang menjual berbagai jenis hewan yang bisa dipelihara.

Tidak hanya hewan, Anda juga bisa menjual makanan hewan, mainan hewan, aksesoris, perlengkapan mandi, hingga jasa grooming dan lainnya. Menarik untuk dicoba, bukan?

Di bawah ini ada beberapa cara memulai usaha petshop yang perlu Anda perhatikan, diantaranya:

1. Tentukan Jenis Layanan

Cara yang pertama adalah dengan menentukan jenis layanan yang akan Anda sediakan. Seperti yang disebutkan di atas, petshop tidak hanya menjual hewan peliharaan saja. Tetapi juga hal-hal lain yang berkaitan dengan hewan peliharaan.

Bahkan tidak sedikit petshop yang membuka jasa pet hotel atau tempat penitipan hewan peliharaan. Semakin lengkap layanan yang Anda berikan, maka akan semakin besar kesempatan untuk menarik perhatian pelanggan.

2. Tentukan Lokasi Usaha

Menentukan lokasi usaha juga merupakan bagian dari cara memulai usaha petshop. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih lokasi adalah lingkungan yang kondusif bebas dari kebisingan, kebersihan lingkungan sekitar, hingga dekat dengan pemukiman agar bisa menjangkau pelanggan.

Selain itu, Anda juga harus memastikan suasana di dalam toko nyaman bagi para hewan peliharaan. Tujuannya adalah agar para hewan peliharaan tidak mudah stres. Selain itu, pastikan tempat lokasi usaha Anda juga memadai, ya. Artinya tidak terlalu sempit untuk tempat penitipan hewan dan sebagainya.

3. Minta Izin Lingkungan Setempat

Hal paling penting dalam cara memulai usaha petshop adalah meminta izin pada lingkungan setempat. Mulai dari petinggi daerah seperti RT atau RW, kemudian para warga di sekitar lokasi usaha.

Tujuannya adalah untuk meminimalisir terjadinya konflik di kemudian hari. Selain itu, jangan lupa untuk mengajukan surat izin gangguan kepada dinas perizinan kota. Sebab biasanya beberapa hewan peliharaan seperti kucing dan anjing cenderung berisik.

4. Pilih Karyawan yang Berkualitas

Tips memulai bisnis petshop

Cara selanjutnya adalah dengan memilih karyawan yang berkualitas. Seperti dokter hewan dan caretaker yang sudah berpengalaman di bidangnya. Mengapa usaha petshop membutuhkan dokter hewan dan perawat hewan?

Sebab, hewan-hewan yang ada di dalam toko perlu juga dirawat. Tentu Anda tidak menginginkan ada hewan yang sakit ketika sampai di tangan pelanggan, bukan? Terutama jika Anda menerima layanan penitipan hewan. Tentu kredibilitas toko Anda dipertaruhkan di sini.

5. Bergabung dan Bangun Hubungan dengan Komunitas

Usaha petshop adalah salah satu usaha yang mengandalkan komunitas untuk terus berkembang. Maka dari itu, cara untuk memulai usaha ini adalah dengan bergabung pada komunitas pecinta hewan, lalu bangun hubungan yang baik dengan mereka.

Cara ini bisa Anda gunakan sebagai media promosi dan mitra kerjasama ketika ada komunitas yang membuat event dan membutuhkan layanan khusus dari petshop Anda.

6. Cari Supplier Makanan Hewan

Sebagai pecinta hewan, tentu Anda sudah mengetahui bahwa ada berbagai jenis dan merek makanan hewan. Cara memulai usaha petshop berikutnya adalah dengan mencari supplier makanan hewan yang berkualitas.

Anda bisa bertanya pada komunitas pecinta hewan dimana menemukan supplier terpercaya atau bisa dengan menghubungi produsen makanan hewan tersebut dan menawarkan bentuk kerjasama.

7. Pelajari Ilmunya

Membuka usaha petshop, Anda tidak bisa main-main dan sembarangan. Anda perlu mengetahui beberapa ilmu tentang hewan. Sebab tidak hanya satu atau dua jenis hewan yang dijual.

Umumnya, ada beberapa jenis hewan yang dijual di petshop. Mulai dari reptil, mamalia, vertebrata, hingga arachnida atau hewan berbuku. Jadi Anda perlu mempelajari dan memahami ilmunya agar pelanggan bisa semakin percaya dengan kredibilitas toko Anda.

8. Buat Konsep Petshop yang Menarik

Buatlah konsep petshop yang menarik dan juga bisa membuat betah para pelanggan.

Beberapa contoh konsep petshop yang menarik adalah menggabungkan kafe dengan petshop, membuat arena bermain dengan hewan peliharaan, konsep outdoor, hingga fasilitas seperti kolam renang untuk hewan peliharaan dan pemiliknya.

Beberapa petshop menerapkan konsep spa pet sebagai salah satu bentuk pelayanannya. Jika Anda memiliki modal yang cukup, bisa menjadikan contoh konsep petshop ini sebagai acuan untuk membuka usaha.

9. Buat Strategi Pemasaran yang Efektif

Sama halnya dengan bisnis pada umumnya, cara memulai usaha petshop yang harus Anda lakukan berikutnya adalah membuat strategi pemasaran yang efektif. Setelah petshop dibuka, jangan lupa untuk melakukan promosi untuk grand opening.

Bisa dengan cara online dan offline. Pada dasarnya, tujuan ada promosi ini adalah untuk memberitahukan kepada masyarakat setempat bahwa ada usaha Anda di dekat mereka dan sebagai pengingat.

Rincian Modal Usaha Petshop

Modal usaha petshop

Apakah Anda masih tertarik untuk membuka usaha petshop ini? Jika masih, mari kita bahas contoh analisis usaha petshop beserta dengan rincian modal yang dikeluarkan:

  • Kandang hewan: Rp3 juta
  • Etalase untuk memajang produk yang dijual: Rp2.5 juta
  • Makanan hewan: Rp5 juta
  • Perlengkapan mandi hewan: Rp1.5 juta
  • Aksesoris hewan peliharaan: Rp1 juta
  • Perlengkapan lainnya: Rp500 ribu
  • Upah caretaker: @Rp2 juta x 2 orang = Rp4 juta
  • Upah dokter hewan: Rp2 juta
  • Bahan perawatan untuk penitipan hewan: Rp1.5 juta
  • Peralatan untuk salon hewan: Rp7.5 juta

Maka dari rincian modal diatas, biaya yang harus Anda keluarkan untuk membuka usaha petshop adalah sebesar Rp26.500.000,00. Estimasi angka tersebut belum termasuk dengan hewan yang akan dijual beserta peralatan lainnya.

Namun, rincian di atas adalah untuk usaha petshop pada umumnya. Angka tersebut bisa berubah lebih tinggi atau lebih rendah tergantung bagaimana Anda mengelolanya. Lalu bagaimana dengan keuntungan dari usaha ini? Berikut contoh analisis usaha yang bisa Anda lakukan.

Pertama-tama, tentukan dulu harga pelayanan yang akan Anda berikan, seperti:

  • Penitipan hewan: Rp300 ribu per malam
  • Salon hewan full service: Rp250 ribu per hewan
  • Cek dokter: Rp150 ribu per hewan

Kemudian untuk harga makanan dan lainnya bisa disesuaikan kembali. Karena tiap jenis makanan hewan memiliki harga yang beragam.

Katakanlah dalam sehari Anda berhasil meraup Rp1 juta dari hasil penitipan hewan, salon, dan penjualan makanan hewan. Maka keuntungan yang bisa Anda dapatkan per bulannya adalah:

Rp1.000.000,00 x 30 hari = Rp30.000.000,00

Maka dalam jangka waktu satu tahun Anda bisa mendapatkan keuntungan sebesar:

Rp30.000.000,00 x 12 bulan = Rp360.000.000,00

Dalam jangka waktu satu tahun Anda bisa meraup keuntungan sebesar Rp360.000.000,00. Estimasi keuntungan tersebut bisa saja berubah karena faktor pendapatan yang tidak stabil per bulannya hingga biaya tidak terduga lainnya.

Demikianlah penjelasan terkait cara memulai usaha pet shop, rincian modal yang harus dikeluarkan, hingga analisis usaha yang menjanjikan ini. Hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha ini adalah semakin lengkap jasa pelayanan yang diberi, maka akan semakin besar peluang pelanggan untuk datang.

Umumnya, para pemilik hewan peliharaan lebih menyukai konsep petshop dengan one stop service. Artinya, petshop Anda harus memiliki semua pelayanan yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Mulai dari salon hewan, dokter hewan, penitipan hewan, spa pet, dan hal lainnya. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda melakukan survey terhadap beberapa petshop dan apa saja yang dibutuhkan oleh target pelanggan Anda.

Nah, jika Anda membutuhkan seorang dokter hewan atau caretaker di untuk usaha petshop, Anda bisa menaruh informasi pekerjaan di KitaLulus. Kini KitaLulus sudah beroperasi di beberapa kota besar seperti Jabodetabek, Bandung, Makassar, Medan, Gowa, Semarang, dan Surabaya.

Segera daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan kerja dengan gratis di KitaLulus. Selanjutnya, dapatkan kandidat terbaik untuk petshop Anda dalam hitungan hari, bersama KitaLulus mulai dari sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok