7 Cara Memulai Usaha Rice Box Kekinian, Modal Kecil Untung Berkali Lipat!

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Cara membuka usaha rice box
Isi Artikel

Usaha rice boxSalah satu peluang bisnis yang sedang tren semenjak pandemi adalah usaha rice box. Diadaptasi dari makanan Jepang donburi rice, rice box menjadi salah satu makanan populer yang digemari masyarakat.

Selain bentuk kemasannya yang simpel, menu makanannya juga beragam dan sifatnya praktis. Apakah Anda tertarik untuk mencoba usaha ini? Pelajari dulu beberapa cara memulai usaha rice box, modal, hingga kekurangan dan kelebihannya.

BACA JUGA: 10 Ide Usaha Franchise Makanan Terlaris, Modal Dibawah 10 Juta!

Cara Memulai Usaha Rice Box

Cara memulai usaha rice box

Sudahkah Anda mengetahui apa itu usaha rice box? Seperti yang disebutkan di atas, rice box diadaptasi dari makan Jepang donburi rice. Usaha ini mulai diminati sejak tahun 2020 dan mulai berkembang pesat di tahun 2021.

Apa itu usaha rice box? Secara garis besar, rice box merupakan olahan makanan yang berisi nasi dan lauknya dalam kemasan yang menyerupai box. Makanan praktis ini langsung diminati masyarakat karena sifatnya yang praktis dan bisa menjadi penyelamat disaat kelaparan.

Sampai saat ini, usaha rice box masih diminati dan menjadi peluang yang menjanjikan. Umumnya, makanan kekinian ini digemari oleh kalangan muda karena sifatnya yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

Selengkapnya tentang cara memulai usaha rice box adalah sebagai berikut:

1. Persiapkan Modal dan Rencana Usaha

Cara memulai usaha rice box yang pertama adalah dengan mempersiapkan modal dan rencana usaha, tujuannya adalah agar Anda bisa menjalani bisnis dengan persiapan yang matang dan optimal.

Jangan lupa juga untuk memperhitungkan modal usaha rice box, melakukan analisa pasar, menentukan harga, dan hal penting lainnya. Anda bisa mulai dengan melakukan riset pasar. Bisa dilihat melalui internet atau usaha sejenis di sekitar Anda.

2. Tentukan Lokasi Usaha

Cara memulai usaha rice box selanjutnya adalah menentukan lokasi usaha. Sudahkah Anda memikirkan akan membuka usaha ini dimana? Pastikan Anda memilih lokasi yang ramai dan sesuai dengan target pelanggan, ya.

Jika target pelanggan Anda kalangan muda, maka bisa membuka di sekitaran kampus. Jika target pelanggan Anda pekerja kantoran, maka bisa membuka di sekitaran kantor. Anda juga bisa memilih untuk membuka di rumah untuk memangkas biaya pengeluaran.

3. Cari Pemasok Bahan Baku

Salah satu cara memulai usaha rice box adalah mencari pemasok bahan baku. Seperti beras, sayur, protein hewani, protein nabati, kerupuk, dan lain sebagainya. Pastikan Anda memilih bahan yang berkualitas.

Hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha rice box adalah menggunakan bahan baku yang masih dalam kondisi segar dan kualitas terbaik. Maka dari itu, Anda harus bijak dalam memilih pemasok bahan baku.

4. Persiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan juga merupakan bagian dari cara memulai usaha rice box. Seperti alat masak, alat makan seperti sendok dan garpu, kemasan box, dan lainnya.

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha rice box adalah Anda juga harus memperhatikan kebersihan dapur, kebutuhan akan air dan listrik, hingga perizinan untuk membuka usaha di lokasi yang Anda inginkan.

5. Beragam Menu

Salah satu alasan mengapa rice box digemari oleh masyarakat adalah menunya yang beragam. Cara memulai usaha rice box ini bisa Anda mulai dengan menyajikan berbagai menu yang lain dari kompetitor.

Di sinilah kreativitas Anda diuji. Umumnya, rekomendasi menu rice box terbaik meliputi nasi goreng, nasi BBQ, nasi dengan daging sapi, nasi ayam suwir, nasi ayam sambal matah, dan lainnya.

Anda bisa memilih ingin menu tradisional khas Indonesia atau internasional. Atau menggabungkan kedua budaya tersebut. Tidak ada salahnya untuk melakukan inovasi yang menjadi pembeda dengan kompetitor.

Hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha rice box adalah kualitas makanannya. Jangan sampai ketika Anda sudah berkreasi seunik mungkin, tapi dari segi kualitas rasa tidak mendukung. Pastikan juga makanan yang dikemas dalam keadaan segar dan bersih, ya!

6. Pilih Kemasan Makanan yang Tepat

Cara memulai usaha rice box lainnya adalah memilih kemasan makanan yang tepat. umumnya, kemasan rice box terbuat dari bahan kertas. Nah, hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha rice box adalah kekokohan dan ketebalan kemasan yang dipilih.

Tujuannya adalah untuk menjamin kondisi makanan dan meminimalisir resiko makanan yang rusak. Selain itu, kemasan juga harus bisa tertutup dengan baik untuk menjaga kebersihan dan kehigienisan makanan.

Selengkapnya tentang contoh kemasan rice box untuk referensi bisa Anda simak di bagian akhir artikel ini.

7. Promosi

Satu lagi cara memulai usaha rice box adalah melakukan promosi. Apa artinya jika Anda membuka usaha tapi tidak melakukan promosi? Sebagai seorang pebisnis, melakukan promosi adalah salah satu hal penting agar usaha Anda semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Anda bisa menggunakan cara offline maupun online, melalui promosi mouth to mouth ke tetangga, kerabat, dan keluarga. Atau mempromosikannya melalui sosial media dan mitra layanan pesan makanan online agar jangkauan usaha Anda semakin luas.

Rincian Modal Usaha Rice Box

Rincian modal usaha rice box

Apakah Anda salah satu dari sekian banyak orang yang melihat adanya peluang di bisnis ini? Jika iya, maka Anda harus mengetahui berapa modal usaha rice box yang dibutuhkan.

Pada umumnya, modal usaha rice box yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar. Anda bisa memilih untuk membuka usaha ini sendiri atau ikut dengan beberapa franchise rice box.

Jika Anda memilih untuk membuka usaha ini sendiri, maka modal usaha rice box yang dibutuhkan berkisar Rp5 juta hingga Rp7 juta. Angka tersebut sudah termasuk bahan baku, peralatan yang dibutuhkan, kemasan rice box, kegiatan promosi, hingga mengurus perizinan usaha.

Sedangkan jika Anda memilih untuk ikut franchise, umumnya modal usaha rice box yang harus dikeluarkan adalah Rp9 juta hingga Rp10 juta. Namun tidak menutup kemungkinan jika ada yang mematok harga lebih dari angka tersebut.

Hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha rice box adalah mempekerjakan setidaknya dua orang karyawan untuk membantu kegiatan operasional Anda selama mengerjakan pesanan. Selain itu, jika Anda memutuskan untuk ikut mitra franchise, Anda bisa memilih yang tidak memungut royalty fee.

Lalu bagaimana dengan omzetnya? Katakanlah Anda menjual satu rice box dengan harga Rp17 ribu. Lalu dalam satu hari Anda berhasil menjual sebanyak 30 porsi. Maka omzet yang Anda terima dalam satu hari adalah:

Rp17.000,00 x 30 porsi = Rp510.000,00

Lalu dikalikan sebulan, maka omzet yang didapatkan adalah sebesar:

Rp510.000,00 x 30 hari = Rp15.300.000,00

Jika dikalikan satu tahun, maka omzetnya akan mencapai Rp183.600.000,00. Angka tersebut bisa didapatkan dengan catatan Anda berhasil menjual sebanyak 30 porsi per harinya. Estimasi angka tersebut bisa saja berubah tergantung profit yang Anda dapatkan dalam sehari, sebulan, dan setahun.

BACA JUGA: Cara Membuat Desain Kemasan Produk Makanan Kreatif, Tips, dan Contohnya

Kekurangan dan Kelebihan Membuka Usaha Rice Box

Kekurangan dan kelebihan bisnis rice box

Meskipun terlihat mudah, ada kekurangan dan kelebihan membuka usaha rice box yang perlu Anda pertimbangkan. Berikut penjelasannya:

Kekurangan dalam Membuka Usaha Rice Box

1. Banyak Pesaing

Kekurangan dalam membuka usaha rice box yang pertama adalah banyaknya pesaing. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bisnis ini kian digemari sejak tahun 2021. Bahkan hingga kini, peluang usaha makan masih menjadi bisnis yang populer.

Maka tidak heran jika Anda bisa menemukan usaha rice box dimanapun. Selain modalnya yang tidak terlalu besar, omset peluang bisnis ini juga menjanjikan.

2. Kesegaran Bahan Baku

Salah satu kekurangan membuka usaha rice box adalah kesegaran bahan baku. Anda terjun ke dunia bisnis makanan dimana kualitas makanan menjadi nomor satu untuk disajikan ke pelanggan.

Salah satunya adalah kesegaran bahan baku yang dibutuhkan. Selain protein hewani, bahan baku lainnya tidak bisa tahan lama. Maka dari itu, Anda harus memiliki cara tersendiri untuk menyajikan kualitas kesegaran makanan yang disajikan.

Kelebihan dalam Membuka Usaha Rice Box

1. Modal Kecil

Kelebihan dalam membuka usaha rice box yang pertama adalah modal yang kecil. Seperti yang disebutkan sebelumnya, estimasi modal usaha rice box dimulai dari kisaran angka Rp5 juta hingga Rp7 juta jika membuka usaha sendiri.

Namun dengan modal sebesar itu, Anda sudah bisa balik modal dalam kurun waktu satu bulan jika estimasi perhitungannya sesuai. Hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha rice box adalah ketekunan dalam menjalankan bisnis.

2. Menu yang Variatif

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha rice box adalah kreativitas dalam menciptakan menu yang variatif. Rice box menjadi populer berkat menu makanannya yang variatif dan juga simpel.

Hal inilah yang menjadi kelebihan dalam membuka usaha rice box. Anda bisa mulai mencari berbagai resep menarik dari tradisional hingga internasional. Atau menggabungkan kedua unsur tersebut.

3. Praktis dan Simpel

Satu lagi kelebihan dalam membuka usaha rice box adalah sifatnya yang praktis dan simpel. Hal inilah yang menjadikan rice box sebagai makanan populer. Praktis untuk dibawa kemana saja, dan menu simpel yang siap menjadi penyelamat disaat kelaparan.

Contoh Kemasan Produk Rice Box yang Menarik

Anda ingin membuka usaha rice box, tapi masih bingung terkait desain kemasan produknya? Tenang, KitaLulus akan memberikan beberapa contoh kemasan produk rice box yang menarik yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda:

Contoh Kemasan Produk Rice Box yang Menarik I:

Contoh kemasan rice box kekinian

Contoh Kemasan Produk Rice Box yang Menarik II:

Contoh kemasan rice box unik

Contoh Kemasan Produk Rice Box yang Menarik III:

Contoh bungkus rice box sederhana

Demikianlah penjelasan terkait cara memulai usaha rice box, modal usaha, hingga kekurangan dan kelebihannya.

Jika Anda membutuhkan karyawan untuk membantu kegiatan operasional, maka Anda bisa memasang iklannya di KitaLulus. Saat ini KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Medan, Gowa, Semarang, dan Surabaya.

Cukup dengan mendaftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan di KitaLulus secara gratis. Dapatkan karyawan yang giat dan kreatif untuk usaha rice box Anda dengan #LebihMudah bersama KitaLulus mulai dari sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok