11 Cara Menambah Followers Instagram secara Gratis dan Mudah

penulis
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Instagram menjadi salah satu media sosial untuk melakukan promosi produk dikarenakan banyaknya pengguna platform tersebut. Tapi, bagaimana cara menambah followers Instagram dengan cepat?

Yup, agar dapat mempromosikan produk secara efektif, akun Instagram Anda haruslah memiliki citra yang kuat. Salah satunya yaitu memiliki pengikut banyak.

Nah, pada pembahasan kali ini KitaLulus akan memberitahu bagaimana cara menambah followers Instagram dengan mudah dan praktis. Simak selengkapnya berikut ini.

Seberapa Penting Followers Instagram?

Sebelum kita membahas cara menambah followers Instagram, pahami dulu pengaruh jumlah followers terhadap aktivitas promosi.

Melansir laman sproutsocial, semakin besar audiens pada Instagram Anda, maka semakin banyak peluang yang Anda miliki untuk terlibat dengan mereka dan bisa menciptakan pengalaman unik bagi mereka.

Pada dasarnya, guna menyiasati algoritme Instagram, dibutuhkan followers yang organik. Artinya, followers tersebut adalah akun asli yang memang memilih untuk mengikuti akun Instagram Anda.

Namun, realitanya tidak semudah itu. Sebelum Anda bisa mendapatkan banyak pengikut, Anda harus membangun citra kuat terlebih dulu. Itulah sebabnya banyak yang mencoba mendapatkan followers dengan cara "curang".

Misalnya seperti membeli followers sesuai jumlah yang diinginkan. Memang, dengan begitu Anda akan langsung mendapatkan jumlah followers banyak. Tapi sayangnya, cara ini tidak sepadan.

Mengapa? Sebab algoritma Instagram yang secara teratur diperbarui bisa menyingkirkan akun palsu dan interaksi berbayar berkualitas rendah. Terlebih, interaksi ini tidak berarti apa-apa.

Followers berbayar tidak melakukan tindakan yang kita inginkan. Seperti melakukan pembelian, mengunjungi landing page, hingga membagikan brand Anda dengan akun lainnya.

Cara Menambah Followers Instagram

instagram feed

Tapi Anda tidak perlu khawatir. KitaLulus akan membagikan cara menambah followers Instagram secara organik yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan akun.

1. Optimalkan Keberadaan Akun

Cara menambah followers Instagram yang pertama adalah mengoptimalkan keberadaan akun Anda. Salah satunya caranya yaitu mengisi bio Instagram dengan identitas brand Anda.

Anda harus mencantumkan bio, keterangan gambar, nama akun, dan foto profil yang jelas. Tujuannya agar orang-orang tahu bahwa akun tersebut milik brand Anda. Sebisa mungkin gunakan nama akun yang mudah diingat dan tidak terlalu panjang atau ribet.

Selain itu, jangan lupakan fitur tautan link yang ada. Tautan link ini bisa Anda isi dengan landing page yang diinginkan sehingga dapat ikut menaikkan traffic website Anda.

2. Jangan Mengunci Akun Instagram Anda

Cara menambah followers Instagram berikutnya adalah pastikan akun Anda tidak dikunci atau berada pada mode public.

Tujuannya supaya pengguna lain mengetahui karya atau informasi tentang diri Anda. Sehingga kemungkinan mereka mengikuti Anda akan semakin besar.

Baca juga: Apa Itu Digital Marketing, Kelebihan, Contoh & Strateginya

3. Buat Content Calendar yang Konsisten

Selain mengoptimalkan akun, Anda juga harus membuat content calendar yang konsisten. Mulai dari membuat jadwal posting secara teratur, konten yang rapi dan sesuai, serta usahakan tidak melakukan spam posting.

Hal ini dapat disesuaikan dengan waktu terbaik dari analisis Instagram Anda. Untuk memperluas jaringan, Anda bisa mencoba mengunggah beberapa kali. Namun, jangan sampai menimbulkan spam, ya!

Dengan menerapkan jadwal teratur, ini akan membantu Anda untuk membangun engagement yang konsisten dengan followers. Saat ini bahkan banyak aplikasi content planner yang dapat Anda coba guna membantu mengingatkan schedule posting.

4. Gunakan Fitur Paid Partnership dan Kerjasama Lainnya

Seperti yang disebutkan sebelumnya, semakin banyak audiens yang tumbuh pada Instagram Anda, maka semakin besar keterlibatan yang terjadi. Nah, untuk mengakalinya, Anda bisa menggunakan fitur paid partnership dan bentuk kerjasama lainnya.

Cara menambah followers Instagram ini dapat Anda lakukan dengan bekerja sama dengan influencer, brand ternama lainnya, hingga mengadakan kontes. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan user generated content (UGS) secara mudah.

5. Pamerkan Akun Instagram Anda

postingan instagram

Instagram memiliki fitur ads yang bisa mempromosikan akun Anda kepada audiens secara lebih luas lagi. Cara menambah followers Instagram satu ini dapat menciptakan visibilitas dan brand awareness.

Hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan Anda menggunggah konten semenarik mungkin. Sehingga audiens memiliki alasan untuk mengikuti akun Anda.

Selain diunggah di feed, Anda bisa menggunggah konten melalui IGTV, story, dan reels. Cara ini memberikan Anda peluang besar untuk membangun followers melalui konten kreatif.

Baca juga: 6 Unsur Iklan Terpenting dan Ciri-Cirinya

6. Unggah Konten yang Diinginkan Followers

Anda bisa mempelajari konten apa yang diinginkan oleh followers dengan melihat pada data analisis akun Instagram. Dari data tersebut, Anda dapat mengetahui konten mana yang memiliki kinerja lebih baik dari lainnya.

Jika tidak yakin, Anda bisa menggunakan a/b testing untuk mengetahuinya. Hal ini bisa memudahkan Anda melacak, membandingkan, dan menganalisis konten di akun Instagram Anda.

Jangan lupa juga mengamati konten kompetitor guna mengetahui apa yang mereka unggah. Sehingga Anda dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan konten sendiri.

7. Jalin Komunikasi dengan Followers

Menjalin komunikasi dengan audiens adalah salah satu cara menambah followers Instagram secara gratis. Umumnya, pengikut aktif akan meninggalkan komentar di konten yang Anda unggah.

Seperti pertanyaan, pujian, mention akun lain, dan lainnya. Di saat yang bersamaan, Anda juga harus bersikap suportif dan komunikatif untuk merespon komentar mereka.

Dengan begitu Anda akan berpeluang mendapatkan pengikut baru dan meningkatkan hubungan dengan audiens.

8. Gunakan Hashtag yang Sesuai

Tahukah Anda bahwa hashtag atau tagar menjadi fitur penting untuk memperluas jangkauan sosial. Maka dari itu, cara menambah followers secara gratis yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan hashtag sesuai dengan campaign.

Tidak hanya untuk mengoptimalkan campaign, tapi juga bisa membangun komunitas dan mendapatkan pengikut baru. Gunakan tagar yang unik dan sesuai dengan campaign yang Anda buat guna mengelompokkan konten yang relevan.

9. Hindari Menggunakan Followers Palsu

Jika Anda ingin menggunakan cara menambah followers Instagram yang baik, maka sebisa mungkin hindari membeli followers palsu, ya. Pasalnya ini tidak akan membawa keuntungan bagi Anda. Malah Anda akan mendapatkan beberapa hal seperti:

  1. Menipu pengikut baru dan menurunkan kredibilitas akun Instagram Anda.
  2. Tidak memiliki return on investment atau ROI. Sehingga tidak ada hasil yang dicapai.
  3. Tidak bisa membuat buzz atau UGC atau interaksi yang organik. Bahkan Instagram akan menghapus pengikut palsu ini secara diam-diam dan berkala.

Bila Anda memiliki followers dengan akun asli, maka Anda bisa melibatkan mereka untuk menyukai, berbagi, dan berkomentar pada konten yang Anda unggah.

Baca juga: Endorse Adalah: Keuntungan, Strategi, dan Prosesnya

10. Tautkan Instagram Anda ke Channel Lainnya

Cara menambah followers Instagram satu ini bisa dilakukan dengan membuat akun Anda mudah ditemukan. Caranya, sematkan profil akun Anda di newsletter, website, akun sosial media lainnya, atau dengan mempromosikan melalui akun pribadi.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan strategi omnichannel untuk mengoptimalkan CTA.

11. Lakukan Evaluasi

Satu lagi cara menambah followers Instagram adalah melakukan evaluasi. Anda bisa menggunakan data dari Instagram analytic. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui konten mana yang lebih disukai oleh pengikut dan mana yang tidak.

Itu tadi pembahasan singkat mengenai pentingnya memiliki pengikut organik di akun Instagram Anda serta beberapa cara menambah followers Instagram secara mudah. Pada praktiknya, algoritma Instagram akan terus berubah. Maka dari itu, Anda juga perlu terus belajar dan melakukan evaluasi secara berkala.

Cara menambah followers Instagram lainnya adalah dengan mempekerjakan seorang social media specialist yang memahami seluk beluk sosial media, terutama Instagram.

Nah, Anda bisa memasang informasi lowongan pekerjaan tersebut secara gratis di KitaLulus. Anda hanya perlu mendaftarkan diri melalui akun Gmail aktif.

Selanjutnya, Anda tinggal menunggu para kandidat terbaik melamar untuk posisi yang Anda butuhkan dalam hitungan tiga hari saja! Yuk pasang loker Anda di KitaLulus mulai dari sekarang!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd