Cara Mendapatkan Bantuan UMKM Usaha Mikro Bagi Pelaku UMKM

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

bantuan umkm usaha mikro
Isi Artikel

Akibat pandemi covid-19, tidak sedikit yang merasa dirugikan. Terutama bagi para pengusaha UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), yang merupakan penyumbang produk domestic bruto (PDB). Namun kini pemerintah sudah mulai menargetkan bantuan UMKM usaha mikro untuk menambah permodalan usaha.

Kabar baiknya, Kementerian Keuangan akan menyiapkan tambahan anggaran sebesar Rp3,6 T untuk bantuan UMKM usaha mikro. Nantinya, setiap usaha mikro akan mendapatkan danah hibah UMKM sebesar Rp1,2 juta.

Dengan adanya bantuan UMKM usaha mikro ini, diharapkan dapat membangun kembali perekonomian bagi para pengusaha UMKM. Tapi apa sebenarnya bantuan usaha mikro itu? Siapa saja yang berhak menerima danah hibah UMKM?

Bagaimana cara mendapatkan bantuan modal usaha dari dinas sosial? Semua penjelasan terkait bantuan UMKM usaha mikro akan dijelaskan di bawah ini.

BACA JUGA: Apa itu UMKM? Ketahui Pengertian, Kriteria, dan Datanya

Apa itu Bantuan UMKM Usaha Mikro?

Bantuan Langsung Tunai atau BLT UMKM merupakan sebuah bentuk bantuan dari pemerintah yang ditujukan untuk membantu para pelaku UMKM. Besaran bantuan UMKM usaha mikro berupa uang tunai Rp1,2 juta untuk tiap pelaku usaha.

Bantuan UMKM usaha mikro diberikan kepada pelaku usaha dengan harapan usaha yang dijalankan tetap bertahan di masa pandemi yang belum terlihat kapan selesainya ini. Terutama di masa PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) ini.

Tentunya hal ini menjadi angin segar bagi para pelaku usaha. Pemerintah telah mengeluarkan anggaran hingga Rp15,36 T. Rencananya, bantuan UMKM usaha mikro ini akan disalurkan ke seluruh 12,8 juta pelaku UMKM di Indonesia yang memenuhi persyaratan.

Bantuan usaha mikro atau yang dikenal dengan Program Banpres (bantuan presiden) Produktif Usaha Mikro (BPUM), merupakan bentuk strategi pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

Bantuan UMKM usaha mikro ini tentunya memiliki manfaat yang besar dirasakan oleh para pelaku usaha. Salah satunya adalah untuk menambah modal tambahan agar UMKM dapat melakukan peningkatan di sejumlah sektor.

Adanya bantuan UMKM usaha mikro ini bisa membuat pelaku UMKM untuk menambah sumber daya manusia atau karyawannya dan bahkan beberapa ada yang membuka jenis usaha baru.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), menyebutkan bahwa bantuan UMKM usaha mikro membuat adanya penambahan pelaku usaha sebanyak 760 ribu orang, dan penambahan karyawan sebanyak 4,5 juta orang.

Manfaat dari bantuan UMKM usaha mikro ini tentunya mampu menekan lonjakan angka pengangguran di tengah pandemi covid-19 ini. Dana hibah UMKM memiliki peran penting bagi para pelaku UMKM untuk mempertahankan usahanya.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan bantuan modal usaha dari dinas sosial?

BACA JUGA: Cara Menerapkan Strategi Pemasaran untuk UMKM Anda

Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha Dari Dinas Sosial

Pelaku usaha yang berhak menerima bantuan UMKM usaha mikro ternyata tidak sembarang orang. Ada syarat yang harus dipenuhi sebagai cara mendapatkan bantuan modal usaha dari dinas sosial. Di antaranya adalah:

  • Warga negara Indonesia
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik
  • Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya yang merupakan satu kesatuan
  • Bukan ASN (Aparatur Sipil Negara), anggota TNI atau Polri serta pegawai BUMN atau BUMD
  • Tidak sedang menerima KUR (Kredit Usaha Rakyat)

Selain itu, bila ada pelaku UMKM yang sebelumnya sudah menerima bantuan UMKM usaha mikro atau BPUM pada tahun sebelumnya, mereka masih bisa mendapatkan bantuan usaha mikro di tahun selanjutnya.

Lalu, untuk badan yang berwenang sebagai pengusul BPUM adalah adalah Dinas atau Badan yang membidangi Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah tingkat Kabupaten atau Kota.

Nah, nantinya calon penerima dana hibah UMKM ini harus melengkapi usulan kepada pengusul dengan melengkapi data seperti:

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai dengan KTP elektronik
  • Nomor Kartu Keluarga (KK)
  • Nama lengkap
  • Alamat (KTP dan Usaha)
  • Jenis kelamin
  • Tanggal lahir
  • Bidang usaha
  • Nomor telepon
  • Surat Keterangan Usaha (SKU) atau Nomor Induk Berusaha (NIB)

Nantinya bantuan UMKM usaha mikro akan disalurkan ke pelaku UMKM yang memenuhi syarat oleh penyalur bantuan. Diantaranya adalah:

  • Bank milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
  • Bank milik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)
  • PT. Pos Indonesia yang sudah ditentukan oleh pemerintah

Penerima dana hibah UMKM ini tidak dipungut biaya apapun. Nantinya, dari pihak penyalur akan memberikan informasi seputar bantuan UMKM usaha mikro kepada mereka yang berhak menerimanya.

Jika Anda belum memiliki akun rekening di salah satu bank penyalur, nanti akan dibuatkan rekening pada saat melakukan pencairan oleh lembaga penyalur.

Dan jika ternyata alamat domisili dan alamat usaha berbeda, Anda dapat menyesuaikan dengan alamat domisili usaha dengan mengajukan ke Dinas Koperasi dan UKM setempat dengan melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU)

Selain itu, jika ingin mengetahui apakah usaha UMKM Anda mendapatkan bantuan UMKM usaha mikro, maka bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka situs eform.bri.co.id/bpum
  • Isi nomor KTP
  • Masukkan kode verifikasi
  • Klik “PROSES INQUIRY”
  • Tunggu pemberitahuannya apakah usaha Anda termasuk salah satu yang menerima bantuan UMKM usaha mikro atau tidak.

Dan itulah penjelasan terkait bantuan UMKM usaha mikro dan cara mendapatkan bantuan modal usaha dari dinas sosial. Semoga dengan adanya bantuan usaha mikro ini, banyak UMKM yang dapat bertahan dan bisa memperbaiki perekonomian.

Bagi Anda yang memerlukan karyawan untuk membantu usaha UMKM, bisa menaruh lowongan di KitaLulus. Sekarang, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Medan, Semarang, dan Gowa.

Daftarkan diri Anda untuk memasang lowongan di KitaLulus. Dapatkan karyawan terbaik untuk usaha UMKM Anda bersama KitaLulus mulai dari sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok