9 Cara Mengoptimalkan Biaya Produksi Perusahaan Agar Makin Efisien

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

cara mengurangi biaya produksi perusahaan
Isi Artikel

Cara mengoptimalkan biaya produksi– Tanpa disadari, biaya operasional yang dikeluarkan terkadang ada biaya yang tidak efektif. Hal ini tentu akan mempengaruhi pendapatan perusahaan. Maka dari itu, Anda harus mengetahui cara mengoptimalkan biaya produksi.

Cara mengoptimalkan biaya produksi merupakan salah satu strategi yang umum dilakukan oleh perusahaan untuk menurunkan anggaran pengeluaran. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya produksi.

Simak cara mengoptimalkan biaya produksi, cara mengurangi cost perusahaan sekaligus meminimumkan biaya produksi jangka panjang dalam pembahasan berikut ini.

BACA JUGA: Manajemen Keuangan Perusahaan: Tujuan, Fungsi, dan Prinsipnya

Apa itu Biaya Produksi?

apa itu biaya produksi

Sebelum kita membahas caranya, apakah Anda sudah memahami terkait apa itu biaya produksi? Secara umum, biaya produksi adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan atau badan usaha untuk sebuah proses produksi.

Mulai dari pengelolaan bahan mentah hingga menjadi barang jadi. Semua proses produksi tersebut pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Nah, biaya itulah yang dinamakan dengan biaya produksi.

Ada tiga unsur atau hal yang harus diperhatikan pada biaya produksi, di antaranya adalah bahan baku, tenaga kerja langsung, dan overhead pabrik. Seluruh biaya produksi nantinya akan dihitung berdasarkan per unit produk yang dihasilkan,

Sehingga memudahkan Anda dalam menghitung dan mengambil keuntungan. Biaya produksi juga memiliki kaitannya dengan harga barang yang dijual. Anggaran pengeluaran perusahaan ini sudah bersifat pasti karena proses produksi terus dilakukan sampai perusahaan tersebut memutuskan untuk berhenti beroperasi.

Namun seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa, terkadang ada biaya produksi yang tidak bermanfaat dan tidak efektif. Hal ini tentunya membuat pengeluaran perusahaan membengkak.

Maka dari itu sebagai pengusaha, Anda harus mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan biaya produksi. Hal ini perlu diketahui agar anggaran pengeluaran perusahaan Anda tidak membengkak dan bisa mengurangi biaya yang tidak efektif alias menghemat pengeluaran.

Jenis Biaya Produksi

Jenis biaya produksi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, biaya produksi adalah keseluruhan biaya yang mencakup dari pengolahan bahan baku hingga menjadi bahan jadi yang siap dipasarkan ke masyarakat luas.

Di dunia operasional perusahaan, ada empat jenis biaya produksi, yaitu:

1. Biaya Tetap

Jenis biaya produksi yang pertama adalah biaya tetap. Biaya ini merupakan biaya yang harus Anda keluarkan tanpa melihat atau bergantung pada hasil produksi. Seperti biaya sewa gedung, biaya administrasi, pajak perusahaan, biaya sewa peralatan, dan lainnya.

2. Biaya Variabel

Jenis yang kedua adalah biaya variabel. Berbeda dengan biaya tetap, biaya variabel bisa berubah-ubah dan bergantung pada hasil produksi. Artinya, jika Anda ingin memproduksi dalam jumlah banyak, maka biaya variabel yang dikeluarkan pun juga banyak. misalnya seperti upah tenaga kerja dan biaya bahan baku.

3. Biaya Total

Biaya total merupakan gabungan atau jumlah dari biaya tetap dan biaya variabel yang Anda keluarkan untuk suatu proses produksi.

4. Biaya Overhead

Satu lagi jenis biaya produksi adalah biaya overhead. Biaya ini tidak memiliki kaitan langsung dengan proses produksi atau jasa, atau disebut juga biaya tambahan. Misalnya seperti biaya divisi pendukung produksi seperti biaya reparasi peralatan, biaya utilitas, biaya asuransi, investasi perusahaan, dan lainnya.

BACA JUGA: Apa Itu Akuntansi Biaya? Ini Pengertian, Tujuan, & Perhitungannya

Cara Mengoptimalkan Biaya Produksi

cara mengoptimalkan biaya produksi

Cara mengurangi cost perusahaan termasuk salah satu strategi perusahaan untuk mengurangi anggaran pengeluaran. Tentunya hal ini disesuaikan dengan kebijakan masing-masing perusahaan.

Hal yang harus diperhatikan ketika Anda ingin menggunakan cara mengoptimalkan biaya produksi adalah tujuannya. Apa tujuan Anda untuk mengurangi cost perusahaan? Pastinya tujuan tersebut tidak hanya untuk kepentingan internal perusahaan, tetapi juga untuk investor.

Berikut beberapa cara mengoptimalkan biaya produksi yang bisa Anda lakukan:

1. Rencanakan Kebutuhan Bahan Baku

Dalam sebuah proses produksi, bahan baku adalah faktor utama dan terpenting yang harus selalu ada. Tanpa adanya bahan baku, kegiatan produksi pun tertunda dan bisa menyebabkan kerugian. Maka dari itu, Anda harus merencanakan kebutuhan bahan baku.

Hal ini merupakan salah satu cara meminimumkan biaya produksi jangka panjang. Anda bisa mulai dengan membuat grafik rata-rata penjualan harian dengan data penjualan. Lalu jumlahkan kedua data tersebut. Hasilnya bisa Anda jadikan sebagai acuan untuk merencanakan kebutuhan bahan baku.

2. Gunakan Bahan Baku dengan Bijak

Cara mengoptimalkan biaya produksi yang kedua adalah menggunakan bahan baku dengan bijak. Setelah Anda membuat rencana kebutuhan tadi, gunakan bahan baku sesuai porsinya masing-masing.

Artinya, Anda tidak boleh boros atau berlebihan meskipun persediaan bahan bakunya banyak. Hal yang harus diperhatikan pada biaya produksi adalah tanggal kadaluarsa bahan baku yang digunakan.

Cara meminimumkan biaya produksi jangka panjang adalah dengan menggunakan bahan baku yang memiliki tanggal kadaluarsa dalam waktu dekat. Sehingga tidak ada bahan baku yang terbuang dan Anda tidak jadi rugi.

3. Menekan BIaya Overhead

Ada beberapa pengusaha yang terkadang abai dalam memperhitungkan biaya overhead. Padahal jika Anda menekan biaya overhead ini, Anda bisa mengoptimalkan biaya produksi perusahaan, lho.

Cara mengurangi cost perusahaan adalah dengan mengelola biaya overhead yang berkaitan langsung dengan proses produksi. Seperti listrik, gaji karyawan, telepon, biaya pemakaian peralatan, dan lainnya.

4. Perawatan Peralatan Produksi

Peralatan produksi termasuk bagian dari investasi perusahaan. Jika Anda rajin merawatnya, maka hal ini merupakan salah satu dari cara mengoptimalkan biaya produksi. Peralatan produksi yang awet dan tahan lama bisa mengurangi biaya perbaikan atau penggantian.

5. Upah Tenaga Kerja

Anda bisa memberikan upah yang wajar sesuai dengan lingkungan dan kebutuhan dari tenaga kerja. Anda juga bisa mendiskusikan dengan tim finance untuk menetapkan besaran upah yang diterima oleh mereka.

6. Menurunkan Biaya Produksi

Cara mengurangi cost perusahaan lainnya adalah dengan menurunkan biaya produksi. Namun pastikan bahwa anggaran yang tersedia mencukupi kegiatan produksi lainnya sehingga bisa tetap berjalan dengan optimal.

7. Menurunkan Jumlah Produksi

Menurunkan jumlah produksi dilakukan dengan menyesuaikan pengurangan biaya produksi sebelumnya. Namun lakukan dengan bijak dan wajar. Sebab, Anda masih harus memperhatikan jumlah dan kualitas produk yang akan dipasarkan dan menyesuaikannya dengan ketersediaan biaya produksi.

8. Menurunkan Nilai Investasi

Cara mengoptimalkan biaya produksi lainnya adalah dengan menurunkan nilai investasi. Meskipun investasi bisa memaksimalkan keuangan perusahaan, Anda harus menurunkan nilainya agar dana bisa dialokasikan ke kegiatan produksi lainnya.

9. Mengubah Kebiasaan

Satu lagi cara mengoptimalkan biaya produksi adalah dengan mengubah kebiasaan. Jika sebelumnya Anda sering mengadakan rapat di tempat mahal, Anda bisa merubahnya untuk menghemat pengeluaran.

Selain itu, Anda bisa mencoba untuk mencari supplier bahan baku yang lebih murah, mengatur jam lembur dengan efektif, meniadakan program perusahaan yang dinilai tidak efektif, hingga mengurangi jumlah konsultan dan kontraktor.

Hal yang harus diperhatikan pada pengurangan biaya produksi adalah Anda harus meminta bantuan seluruh tim perusahaan untuk mendukung strategi atau cara mengoptimalkan biaya produksi di atas.

Demikianlah penjelasan terkait pengertian biaya produksi dan cara mengoptimalkan biaya produksi yang perlu Anda ketahui. Dengan melakukan cara mengurangi cost perusahaan, Anda bisa menghemat pengeluaran dalam satu periode.

Jika Anda membutuhkan seorang akuntan untuk melakukan penghitungan biaya produksi perusahaan, Anda bisa menaruh informasi lokernya di KitaLulus. Sekarang KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Medan, Semarang, Surabaya, dan Gowa.

Jangan lupa daftarkan diri Anda secara gratis untuk memasang iklan lowongan kerja di KitaLulus. Dapatkan akuntan terbaik untuk perusahaan Anda dengan #LebihMudah bersama KitaLulus!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok