6 Cara Meningkatkan Keuntungan Perusahaan, Mudah dan Manjur!

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

cara meningkatkan keuntungan perusahaan
Isi Artikel

Cara meningkatkan keuntungan perusahaan– Setiap pelaku usaha atau pebisnis, tentu mau usaha yang dijalankannya meraih banyak keuntungan. Ada banyak cara meningkatkan keuntungan perusahaan yang bisa Anda lakukan.

Namun hal yang perlu Anda perhatikan di sini adalah keuntungan yang didapat harus diputar kembali untuk membiayai perusahaan agar bisa terus berkembang dan bersaing di pasar industri.

Simak selengkapnya cara meningkatkan keuntungan perusahaan, analisis keuntungan perusahaan, hingga tips meningkatkan profitabilitas yang bisa Anda lakukan, di bawah ini.

BACA JUGA: Apa Itu Margin di Dunia Bisnis? Ini Fungsi, Jenis, dan Cara Hitungnya

Strategi Meningkatkan Keuntungan Perusahaan

strategi meningkatkan keuntungan perusahaan

Dalam dunia bisnis, persaingan adalah hal yang wajar. Agar perusahaan Anda bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan, tentu Anda membutuhkan strategi yang bisa dijadikan cara meningkatkan keuntungan perusahaan.

Tujuannya adalah agar perusahaan bisa mencapai tujuan yang sudah ditentukan dengan efektif dan efisien. Misalnya seperti peningkatan profit atau profit maksimal, hingga bisa bertahan dalam persaingan.

Jika Anda memiliki strategi untuk meningkatkan keuntungan perusahaan, maka usaha Anda akan lebih terarah untuk mencapai tujuan. Ada beberapa strategi yang bisa Anda gunakan, berikut penjelasannya:

1. Menambah Produk dan/atau Jasa yang Ditawarkan

Strategi yang pertama adalah dengan menambah produk dan/atau jasa yang ditawarkan ke pasar. Namun sebelum Anda melakukan hal ini, ada baiknya jika Anda sudah memahami apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, sehingga penambahan produk ini bisa sesuai dengan target pasar.

2. Meningkatkan Penjualan

Cara meningkatkan keuntungan perusahaan juga bisa dilakukan dengan meningkatkan penjualan. Strategi ini harus diikuti dengan kreativitas dan inovasi baru. Sehingga disaat bersamaan Anda juga menawarkan produk lama dengan peningkatan dari sisi kualitas produk, fitur, manfaat, dan juga harga.

3. Mengembangkan Industri

Strategi selanjutnya adalah dengan mengembangkan industri. Dalam hal ini Anda bisa bidang industri lainnya yang masih memiliki keterkaitan dengan produk dan/atau layanan yang ditawarkan. Dengan cara ini, Anda dapat meminimalisir kegagalan atau kerugian bisnis yang mungkin saja terjadi.

4. Menjangkau Pelanggan Baru

Meskipun Anda sudah memiliki pelanggan tetap berdasarkan demografi, Anda juga harus memikirkan adanya kemungkinan memperluas bisnis ke demografi baru. Anda bisa mulai mencari pasar mana yang kebutuhannya belum terpenuhi. Manfaatkan celah tersebut untuk memperluas pasar dan menjangkau pelanggan baru.

5. Mencoba Peluang Bisnis Baru

Cara meningkatkan keuntungan perusahaan yang ini bisa Anda lakukan jika memiliki modal dan anggaran dana yang mencukupi.

Meskipun bisnis baru menjanjikan pendapatan dan keuntungan yang besar, Anda tetap harus memiliki wawasan terkait bisnis tersebut. Jika tidak, maka besar kemungkinan bisnis tidak akan berjalan lancar dan bisa menyebabkan kerugian.

6. Mengurangi Biaya Operasional

Satu lagi cara meningkatkan keuntungan perusahaan adalah dengan mengurangi biaya operasional. Artinya, Anda harus meminimalisir biaya yang dikeluarkan dalam produksi. Mulai dari mencari supplier yang lebih murah, menggunakan kemasan ekonomis dan ramah lingkungan, hingga efisiensi biaya produksi.

BACA JUGA: Tahapan Siklus Akuntansi untuk Membuat Laporan Keuangan

Analisis Keuntungan Perusahaan

Cara analisis keuntungan perusahaan

Lalu bagaimana cara mengetahui jika perusahaan Anda sudah mendapatkan keuntungan yang diinginkan? Disinilah mengapa Anda juga perlu melakukan analisis keuntungan perusahaan melalui laporan laba rugi.

Melalui laporan laba rugi ini, Anda bisa mengetahui berapa total pendapatan dan berapa total pengeluaran dalam satu periode. Laporan ini juga termasuk salah satu laporan keuangan yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan.

Pasalnya, hasil dari perhitungan tersebut bisa dijadikan sebagai gambaran kinerja perusahaan selama satu periode. Selain itu, dengan adanya laporan keuangan ini Anda juga bisa mengetahui kondisi finansial perusahaan.

Laporan laba rugi adalah bentuk laporan keuangan perusahan yang dibuat untuk mengetahui pengeluaran dan pemasukan keuangan secara detail. Pada dasarnya, isi dari laporan laba rugi perusahaan meliputi data-data pendapatan dan beban yang ditanggung perusahaan.

Selain berisikan laporan keuangan terkait aktivitas operasional perusahaan secara menyeluruh, laporan laba rugi juga menjadi kunci utama bagi para investor, kreditur, dan manajemen pada saat melakukan penilaian kinerja perusahaan.

Pada umumnya, perusahaan mengeluarkan laporan keuangan terkait laporan laba rugi setiap kuartal dan tahun fiskal. Selain itu, Anda juga bisa membuat laporan laba rugi perusahaan dengan versi yang berbeda dan detail untuk laporan keuangan khusus.

Pada dasarnya tujuan adanya laporan laba rugi adalah untuk melaporkan pendapatan (laba) beserta pengeluaran perusahaan pada satu periode tertentu. Anda harus melaporkan keuangan perusahaan secara triwulan, kuartal, dan/atau tahunan.

Tips Meningkatkan Profitabilitas

Tips meningkatkan profitabilitas usaha

Profit adalah jumlah uang yang diterima atau dihasilkan dari kegiatan penjualan pada periode tertentu yang sebelumnya sudah dikurangi oleh harga pokok penjualan dan biaya yang dibutuhkan untuk produksi.

Selain itu, profit juga merupakan salah satu tujuan utama dari bisnis. Tidak heran jika banyak pengusaha yang selalu mencari cara meningkatkan keuntungan perusahaan mereka dari waktu ke waktu.

Tidak semudah yang diucapkan, cara meningkatkan keuntungan perusahaan tidak bisa dilakukan dengan instan. Bahkan ada perusahaan yang membutuhkan waktu lama.

Tapi tenang, KitaLulus akan membagikan tips meningkatkan profitabilitas perusahaan yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Meningkatkan Nilai Jual

Tips meningkatkan profitabilitas yang pertama adalah dengan meningkatkan nilai jual kepada pelanggan sehingga mereka bisa mendapatkan nilai lebih ketika membeli produk dan/atau jasa yang Anda tawarkan.

Cara ini juga bisa membuat pelanggan menjadi lebih loyal karena mendapatkan nilai yang lebih dengan melakukan pembelian.

2. Menghindari Kompetisi Harga

Daripada melakukan kompetisi harga dengan kompetitor, Anda bisa mengurangi biaya operasional yang dianggap kurang efektif. Mulai dari melakukan peninjauan pengeluaran operasional, memilah mana biaya yang memberikan manfaat dan mana yang tidak, dan lainnya.

3. Menaikkan Penjualan

Tips meningkatkan profitabilitas selanjutnya adalah dengan menaikkan penjualan. Memanfaatkan banyaknya kompetitor sejenis untuk melakukan analisis pasar dan melihat celah yang bisa dimasuki.

Cara meningkatkan keuntungan perusahaan ini bisa dilakukan dengan menurunkan harga jual atau memberikan kualitas produk dan/atau jasa yang lebih baik lagi.

4. Berikan Apa yang Dibutuhkan Pelanggan

Cara meningkatkan keuntungan perusahaan berikutnya adalah dengan memberikan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Dalam bisnis, pelanggan adalah nomor satu. Tanpa mereka, bisnis yang Anda jalankan tidak akan bisa berkembang dan sukses.

Maka dari itu, di era digital seperti saat ini ada baiknya untuk mencoba mendengarkan apa yang dibutuhkan oleh mereka. Misalnya seperti menerima sistem pembayaran secara cashless, menyediakan jasa antar jemput, meningkatkan dan memperbaiki kualitas serta pelayanan, dan masih banyak lagi.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa cara meningkatkan keuntungan perusahaan dengan strategi yang bisa Anda gunakan. Pada dasarnya, keuntungan perusahaan juga bisa dipantau melalui pembukuan keuangan yang akurat dan teliti. Sehingga Anda bisa melihat perkembangan kondisi finansial perusahaan.

Jika Anda membutuhkan karyawan dalam waktu cepat, maka Anda bisa menaruh informasinya di KitaLulus. Sebagai salah satu komunitas pencari kerja terbesar, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Gowa, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya.

Segera daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan kerja di KitaLulus secara gratis. Dapatkan kandidat terbaik dan berpotensi di bidangnya dengan #LebihMudah bersama KitaLulus!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok