10 Langkah Strategi Content Marketing Untuk Bisnis

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

hrd
Isi Artikel

Content marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang penting bagi brand untuk dapat menjangkau konsumen secara masif. Selain itu, penggunaannya juga telah terbukti mendukung brand untuk tetap relevan dengan dinamika pasar dan tetap kompetitif.

Mari kenali lebih jauh mengenai pengerian, tujuan, sampai contoh penerapannya dalam artikel KitaLulus berikut ini!

Pengertian Content Marketing

Content marketing adalah strategi pemasaran yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten yang bernilai, relevan, dan konsisten untuk menarik perhatian target pasar.

Strategi pemasaran ini dijalankan dengan menggunakan berbagai jenis konten baik berupa gambar, video, suara, dan tulisan. 

Penerapannya pun tidak terbatas hanya pada rahan digital saja, tapi juga media konvensional seperti baliho, poster, maupun brosur.

Mengapa Content Marketing Penting

Di era di mana informasi begitu mudah didapat, penggunaan content marketing semakin penting untuk strategi pemasaran. Bahkan menurut data dari profitwell.com, 47% konsumen melihat 4 sampai 5 konten sebelum melakukan pembelian.

Penerapan pemasaran konten juga membantu dalam siklus pembelian atau the buying cycle, antara lain:

1. Awareness: Tahap awal di mana konsumen belum menyadari kebutuhan mereka terkait produk. Konsumen menyadari masalah, tapi belum menemukan solusinya.

2. Consideration: Konsumen sudah mengetahui kebutuhannya dan secara aktif mencari solusi. Di tahap ini konsumen juga mulai membandingkan satu produk dengan produk lainnya.

3. Decision: Di sini konsumen sudah siap untuk melakukan pembelian. Mereka sudah menimbang kelebihan dan kekurangan dan memutuskan mana yang paling cocok.

4. Retention: Tahap di mana konsumen sudah melakukan pembelian dan menjadi pelanggan. Sasaran tahap ini adalah membuat konsumen loyal.

5. Advokasi: Para konsumen yang senang, diharapkan bersedia merekomendasikan produk pada orang lain.

Baca Juga: Digital Marketing: Pengertian, Kelebihan, dan Jenis Strateginya

Tujuan Content Marketing

Pembuatan content marketing tentu saja memiliki suatu tujuan yang hendak dicapai. Salah satunya adalah untuk membangun hubungan positif antara brand dengan target audiens melalui konten.

Selain itu, beberapa tujuan dari pembuatan konten pemasaran antara lain:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Tujuan content marketing yang pertama adalah meningkatkan kesadaran merek di kalangan target audiens. Hal ini dapat dicapai dengan memberikan informasi yang bermanfaat atau menghibur, Anda dapat membangun citra positif terhadap merek Anda.

2. Meningkatkan Keterlibatan

Pembuatan konten juga dimaksudkan untuk memancing interaksi untuk meningkatkan keterlibatan dengan audiens. Keterlibatan ini akan memperkuat ikatan antara merek dan konsumen, menciptakan hubungan yang lebih mendalam.

3. Edukasi Konsumen

Pemasaran konten juga bisa berfungsi sebagai alat untuk mengedukasi target pasar dengan memberikan informasi yang relevan. Dengan hal ini, maka konsumen dapat lebih memahami produk atau layanan, memecahkan masalah, dan membuat keputusan pembelian.

4. Menghasilkan Lead

Konten yang menarik dan bermanfaat dapat menjadi alat yang efektif untuk mengumpulkan prospek atau potensial pelanggan. Melalui formulir, unduhan, atau tindakan lainnya, Anda dapat mengonversi pengunjung menjadi prospek yang dapat dihubungi lebih lanjut.

5. Mendorong Konversi

Konten yang dirancang dengan baik, dapat memotivasi audiens untuk mengambil tindakan tertentu, seperti pembelian produk, langganan, atau berlangganan newsletter.

Contoh Content Marketing

Contoh dari content marketing yang bisa diterapkan sebagai strategi aktivitas pemasaran ada banyak sekali. Berikut ini adalah beberapa jenis content marketing yang paling sering digunakan.

1. Konten Sosial Media

Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna sosial media yang besar. Bahkan menurut data dari We Are Social dan Hootsuite, pada Januari 2021, sebanyak 61,8% penduduk Indonesia menggunakan sosial media.

Dengan banyaknya angka pengguna media sosial, wajar saja jika social media content semakin dilirik oleh para brand dan pebisnis.

Apalagi saat ini ada banyak sekali konten yang bisa dibagikan di media sosial seperti gambar/foto, video, infografis, serta siaran langsung.

2. Blog

Contoh penerapan content marketing juga bisa dilakukan melalui blog. Menulis blog dapat menjadi sarana bagi brand untuk informasi dan mengedukasi konsumen dengan tulisan yang lebih dalam dan detail.

Tidak lupa, Anda juga bisa menambahkan call to action (CTA) untuk mendorong pembaca melakukan tindakan yang diharapkan.

3. Infografis

Jenis content marketing ini memiliki kekuatan dalam penyampaian data dan informasi dalam bentuk grafis yang menarik dan mudah dipahami.

Konten infografis sendiri adalah konten yang menggabungkan kata atau angka, serta gambar. Penggunaan infografis terbukti efektif membantu menyampaikan informasi yang kompleks.

4. Video

Hadirnya TikTok membuat konten berbasis video semakin disukai. Ini tidak mengherankan karena penggabungan unsur visual dan audio ini dapat mendukung konsumen untuk lebih memahami informasi.

Hal ini sesuai dengan riset yang dilakukan oleh Wyzowl pada 2020 lalu yang mengajak 813 responden. Sebanyak 69% mengatakan, mereka lebih menyukai mempelajari produk atau brand melalui video.

5. Podcast

Belakangan ini, brand pun mulai melirik podcast sebagai sarana mereka untuk memasarkan konten promosi. Konten berbentuk audio ini biasanya diunggah ke layanan streaming.

6. Partnership dengan Influencer

Bisa dikatakan contoh content marketing ini adalah gabungan dari berbagai jenis content marketing baik itu video, teks, gambar, dan lainnya.

Namun, di sini Anda menggandeng seorang influencer yang mempunyai pengaruh terhadap target konsumen Anda.

7. e-Book

Konten e-book sangat berguna untuk memasarkan insight yang mendalam. Dalam e-book tersebut dapat dijelaskan tentang penemuan-penemuan yang bermanfaat untuk pembaca sekaligus sebagai media promosi dalam mendatangkan potential consumer.

Sekarang Anda sudah memahami mengenai content marketing dari pengertian hingga contohnya.

Penerapan strategi pemasaran ini tentu saja akan lebih optimal bila ditangani oleh orang-orang bertalenta.

Anda bisa menemukan karyawan terbaik untuk menangani pemasaran konten Anda dengan pasang loker di KitaLulus. Pemasangan loker di KitaLulus cepat dan tepat, hanya dalam hitungan hari Anda sudah bisa menemukan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan.

cari karyawancari karyawan