9 Contoh Desain Daftar Menu Kekinian dan Tips Membuatnya

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Contoh desain daftar menu dan tips membuat
Isi Artikel

Desain daftar menu– Percaya tidak percaya, nyatanya desain daftar menu bisa mempengaruhi tingkat penjualan Anda, lho. Dalam bisnis kuliner atau F&B, menu adalah hal terpenting yang tidak boleh terlewat.

Percayakah Anda jika, contoh desain daftar menu yang kekinian bisa meningkatkan penjualan? Hal ini karena daftar menu bisa membantu pelanggan untuk memilih pesanan yang bisa membuat mereka merasa puas dan menggugah selera makan.

Penasaran? Simak beberapa tips dalam membuat desain daftar menu yang bisa meningkatkan profit bisnis Anda di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Membuat Desain Kemasan Produk Makanan Kreatif, Tips, dan Contohnya

Tips Membuat Desain Daftar Menu

Cara membuat desain daftar menu

Seperti yang disebutkan diatas, desain daftar menu adalah hal terpenting dalam bisnis kuliner. Daftar menu menjadi bahan pertimbangan awal bagi pelanggan dalam membuat keputusan pembelian.

Jika menurut mereka desain daftar menu yang ditawarkan menarik dan menggugah selera makan, maka mereka akan mampir ke restoran tersebut. Namun sebaliknya, jika tidak menarik perhatian, maka mereka akan pergi begitu saja.

Sangat disayangkan, bukan? Ketika ada pelanggan yang tidak jadi mampir ke restoran Anda hanya karena daftar menunya tidak menggugah selera makan mereka? Tenang, ada beberapa tips membuat desain daftar menu yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

1. Atur Posisi Menu

Tips pertama membuat desain daftar menu adalah dengan mengatur posisi menu. Artinya, penataan menu makanan dan minuman harus dilakukan dengan rapi dan teratur. Pastikan ada jarak pada setiap menu.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan pelanggan dalam membaca daftar menu yang diberikan. Selain itu, jangan berikan terlalu banyak informasi pada satu menu makanan. Cukup seperlunya saja seperti nama makanan atau minuman serta bahan-bahan yang digunakan.

2. Berikan Ruang Kosong

Tahukah Anda, menurut sebuah penelitian, ruang kosong atau white space yang ada di desain daftar menu bisa meningkatkan pemahaman pelanggan dalam membaca menu sebanyak 30%?

Dengan memberikan ruang kosong pada desain daftar menu, pelanggan tidak merasa pusing dengan beragam penawaran makanan dan minuman. Lalu bagaimana jika menu yang Anda tawarkan ada banyak?

Anda bisa menempatkan foto atau gambar dari menu yang direkomendasikan di ruang kosong tersebut. Hal ini juga bisa memudahkan pelanggan dalam membayangkan seperti apa makanan yang dipesan.

3. Gunakan Foto atau Ilustrasi

Jika Anda ingin menggunakan foto atau ilustrasi untuk semua menu makanan dan minuman, sebaiknya dipertimbangkan kembali. Desain daftar menu yang dominan diisi oleh gambar makanan bisa mengurangi selera makan pelanggan.

Maka dari itu, jenis desain daftar menu terbaik adalah daftar menu yang menampilkan beberapa menu populer atau yang direkomendasikan oleh chef. Sehingga pelanggan bisa langsung memesan menu tersebut tanpa berpikir lama.

4. Lakukan Branding

Dalam dunia bisnis, branding adalah salah satu hal paling penting. Di dalamnya termasuk bagaimana Anda memilih font, warna, logo, hingga nama merek. Branding ini pun tidak bisa dilakukan sembarangan.

Anda harus menyesuaikannya dengan karakter bisnis, atau hal-hal yang menggambarkan usaha Anda. Terutama pemilihan font di desain daftar menu. Mungkin terlihat sepele, tapi huruf menjadi bagian penting dalam daftar menu, karena hal tersebutlah yang dicari pertama kali oleh pelanggan.

5. Pisahkan Kategori Makanan dan Minuman

Jika Anda ingin memiliki daftar menu yang terlihat rapi, maka tips dalam membuat desain daftar menu selanjutnya adalah memisahkan kategori makanan dan minuman. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memisahkan berdasarkan kategori tertentu.

Seperti, menu makanan pembuka atau appetizer, menu utama atau main dish, menu sop, menu aneka mie, makanan penutup atau dessert, minuman, dan lainnya. Tujuan dari pengelompokan ini adalah untuk memudahkan pelanggan dalam memilih menu yang mereka inginkan.

Tips membuat desain daftar menu makanan

6. Deskripsi Menu yang Menggugah Selera

Tahukah Anda, desain deskripsi menu yang tepat bisa menggugah minat beli konsumen? Anda bisa mulai dengan menuliskan bahan-bahan yang digunakan, rasa dari menu tersebut, hingga kata-kata menarik lainnya.

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat desain daftar menu ini adalah pastikan deskripsi menu tersebut singkat dan informatif. Umumnya jenis desain daftar menu terbaik memiliki deskripsi terdiri dari lima sampai sepuluh kata dan hanya dua baris.

7. Gunakan Tanda Tertentu

Jika Anda sering memperhatikan menu di restoran lain, pasti Anda akan melihat adanya penggunaan tanda tertentu. Tanda seperti topi chef, tanda acungan jempol, hingga beberapa cabai untuk menggambarkan tingkat kepedasan menu tersebut.

Jenis desain daftar menu terbaik adalah yang bisa membuat pelanggan fokus pada satu pilihan tertentu. Hal ini juga membuat mereka memesan menu dengan cepat dibandingkan melihat dan membaca daftar menu satu per satu.

8. Pencantuman Harga

Pencantuman harga juga menjadi salah satu tips dalam membuat desain daftar menu. Umumnya, selain melihat menu yang ditawarkan, pelanggan juga akan melihat harga yang tercantum.

Nah, Anda bisa mencantumkan nominal harga dengan sederhana. Misalnya seperti 30K. Hal ini akan membuat pelanggan fokus pada menu dibandingkan fokus pada jumlah uang yang akan dikeluarkan.

9. Berikan Menu Paket

Umumnya, pelanggan akan melihat jika ada menu paket makanan dan minuman atau tidak. Hal ini karena pelanggan berpikir harga yang dicantumkan lebih murah dengan paket makanan dan minuman.

Anda bisa memberikan menu paket ini di dalam desain daftar menu dengan memberikan ruang khusus atau atribut khusus. Seperti perbedaan warna dengan menu lainnya atau meletakkan menu paket ini di awal halaman daftar menu agar pelanggan bisa langsung melihatnya.

10. Cetak Menu dengan Bahan Berkualitas

Satu lagi tips membuat desain daftar menu adalah mencetaknya dengan bahan berkualitas. Hal terakhir ini adalah bentuk implementasi dari kesembilan tips di atas. Ketika Anda sudah menyiapkan desain yang diinginkan, maka tinggal mencetaknya untuk keperluan pelanggan.

Gunakan bahan yang berkualitas dan tempat percetakan terbaik untuk membuat tampilan daftar menu Anda terlihat menarik. Sesuaikan jumlah daftar menu yang ingin dicetak dengan kebutuhan usaha Anda.

BACA JUGA: 5 Contoh Deskripsi Produk yang Menarik dan Ampuh Serta Cara Menulisnya

Contoh Desain Daftar Menu Kekinian

Di era modern seperti saat ini, semuanya harus serba kekinian agar bisa menyesuaikan dengan perubahan yang ada. Tidak terkecuali desain daftar menu untuk usaha F&B Anda.

Jika Anda sudah menyiapkan semua keperluan tetapi masih bingung dalam menentukan desain, berikut beberapa contoh desain daftar menu yang kekinian bisa Anda coba:

Italian Don Menu

Contoh desain menu restoran

Petit Dejeuner

Contoh desain daftar menu makanan barat

Press Letter

Contoh desain daftar menu vintage

Hanging Sign Menu

Contoh desain menu makanan untuk dekorasi

Chalkboard Style

Desain daftar menu kekinian

Wooden Menu Holder

Desain daftar menu makanan sederhana

Wooden Menu Hanging

Desain menu makanan dari kayu

Menu Fast Food

Template desain menu makanan fast food

Menu Coffee Shop

Contoh desain daftar menu coffee shop

Apabila Anda membutuhkan karyawan untuk mengurusi usaha kuliner Anda, maka Anda bisa menaruh informasi lokernya di KitaLulus!

Segera daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan pekerjaan di KitaLulus secara gratis dan dapatkan tenaga kuliner handal dengan #LebihMudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok