10 Contoh Iklan Media Cetak dan Ciri-Cirinya

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Contoh iklan media cetak– Di era serba digital seperti saat ini, pasti Anda bertanya-tanya "apakah masih ada orang yang memasang iklan di media cetak?". Nyatanya, masih ada beberapa contoh iklan media cetak "berkeliaran".

Media cetak tidak hanya sebatas koran, tabloid, atau majalah saja. Tetapi media seperti papan billboard, brosur, poster, juga termasuk. Bahkan masih ada beberapa perusahaan besar yang menggunakan contoh iklan media cetak untuk mempromosikan produk dan/atau jasanya.

Cari tahu selengkapnya tentang definisi iklan media cetak, ciri-cirinya, dan beberapa contoh iklan media cetak paling umum digunakan di bawah ini.

BACA JUGA: 6 Unsur Iklan Terpenting dan Ciri-Cirinya

Definisi Iklan Media Cetak

iklan media cetak adalah

Apa itu iklan media cetak? Dilansir dari hubspot, definisi iklan media cetak adalah bentuk iklan yang menggunakan media cetak fisik untuk menjangkau calon pelanggan.

Sedangkan Indeed menyebutkan bahwa iklan cetak adalah iklan yang menggunakan media cetak seperti koran, majalah, dan papan iklan untuk mengiklankan layanan dan menarik lebih banyak pelanggan ke bisnis.

Biasanya, iklan media cetak digunakan untuk publikasi tertentu saja. Tujuannya adalah untuk mempengaruhi masyarakat yang melihat agar membeli produk yang diiklankan baik secara offline maupun online.

Meskipun saat ini salah satu media promosi yang paling efektif adalah sosial media, nyatanya masih ada banyak contoh iklan media cetak yang dapat ditemukan dengan mudah.

Padahal, jika diingat-ingat dulu media cetak adalah media yang paling sering diburu untuk beriklan. Tapi karena zaman dan teknologi terus berkembang, posisi media cetak kini dikalahkan oleh media digital. Apakah perusahaan Anda pernah beriklan di media cetak?

Kelebihan Beriklan di Media Cetak

Kelebihan beriklan di media cetak

Meskipun posisinya sudah digeser oleh media digital, ada beberapa kelebihan beriklan di media cetak, diantaranya:

1. Lebih Sedikit Gangguan

Tahukah Anda, orang-orang lebih bisa fokus membaca informasi di media cetak dibandingkan media digital? Hal ini karena media cetak memiliki lebih sedikit gangguan dibandingkan media digital.

Jika Anda membaca artikel secara online, pasti akan ada pop up iklan yang muncul. Berbeda dengan media cetak yang bisa membuat pembaca lebih fokus. Baik ketika membaca artikel atau iklan.

2. Fleksibilitas

Kelebihan beriklan di media cetak yang kedua adalah fleksibilitas. Artinya, beriklan di media cetak bisa memiliki jangkauan audiens yang sesuai, sehingga bisa memenuhi niche yang Anda butuhkan.

Selain itu, Anda juga bisa memilih kolom atau tempat yang bisa memberikan visibilitas paling luas. Ditambah, Anda bisa mengubah iklan tanpa proses yang berulang-ulang seperti di radio dan televisi.

3. Umur Panjang

Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa, beriklan di media cetak memiliki umur panjang atau waktu tayang yang lebih lama. Hal ini karena pengiklan mendapatkan kredibilitas untuk membuat pembaca setia mempercayai merek tertentu.

4. Membangun Hubungan dan Reputasi

Hal ini bisa dilakukan ketika Anda beriklan di media cetak yang memiliki kredibilitas tinggi. Kelebihan ini bisa Anda manfaatkan untuk membangun reputasi dan hubungan dengan komunitas tertentu.

5. Biaya Terjangkau

Kelebihan beriklan di media cetak lainnya adalah biaya yang terjangkau. Artinya, Anda bisa menyesuaikan anggaran yang dimiliki untuk menjangkau audiens. Sehingga Anda bisa lebih berhemat, bukan?

6. Bisa Dikustomisasi

Satu lagi kelebihan yang perlu Anda tahu adalah beriklan di media cetak bisa dikustomisasi. Anda memiliki kendali untuk menyesuaikan iklan. Mulai dari tipografi, pemilihan warna, visual yang menarik, hingga penyesuaian lainnya yang Anda butuhkan.

Ciri-ciri Iklan Media Cetak

ciri ciri iklan media cetak

Ciri-ciri iklan media cetak yang paling mendasar adalah bentuknya yang menggunakan media fisik untuk keperluan promosi. Selain itu, ada beberapa ciri iklan media cetak lainnya, seperti:

  • Iklannya berbentuk tulisan atau gambar visual yang dicetak.
  • Iklan diletakkan di lembaran atau halaman media cetak seperti koran, majalah, tabloid, buletin, papan iklan, poster, dan lainnya.
  • Iklan yang ditampilkan melalui baliho atau poster berukuran besar bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat umum selain target pasar.
  • Iklan yang dibuat dicetak secara fisik.
  • Umumnya iklan media cetak memiliki desain visual yang sederhana dengan menggunakan permainan warna dan kata-kata yang menarik.
  • Tarif pemasangan iklan di media cetak berbeda-beda tergantung tempat atau halamannya.
  • Umumnya, deskripsi produk dan/atau jasa yang dipromosikan ditampilkan lebih jelas, lengkap, dan rinci.

BACA JUGA: 9 Contoh Iklan Penawaran Paling Kreatif dan Cara Membuatnya

Jenis dan Contoh Iklan Media Cetak

contoh iklan media cetak

Ada banyak jenis iklan media cetak yang bisa Anda gunakan untuk promosi produk dan/atau jasa. Ciri utamanya adalah bentuk iklan fisik. Jadi dengan kata lain, media yang menggunakan bentuk promosi secara fisik adalah media cetak.

Berikut beberapa contoh iklan media cetak yang bisa Anda gunakan untuk beriklan:

1. Iklan Baris

Jenis iklan media cetak yang pertama adalah iklan baris. Anda bisa menemukan jenis iklan ini dimuat di surat kabar. Umumnya bentuknya terdiri dari barisan kata-kata promosi tanpa menggunakan visual pendukung.

Contoh iklan media cetak yang menggunakan jenis ini adalah iklan lowongan pekerjaan, iklan penjualan kendaraan, hingga iklan properti. Ciri khasnya adalah iklan yang dimuat menggunakan kata-kata yang singkat berdasarkan jumlah baris yang digunakan.

2. Iklan Kolom

Selanjutnya ada jenis iklan kolom. Berbeda dengan iklan baris, iklan kolom menggunakan visual pendukung. Namun tidak menutup kemungkinan jika hanya berisikan kata-kata saja. Contoh iklan media cetaknya adalah iklan lowongan pekerjaan, berita duka cita, berita orang hilang, berita kelulusan, dan lainnya.

3. Iklan Display

Iklan display memiliki bentuk yang sama dengan iklan kolom. Hanya saja berukuran lebih besar dengan visual pendukung yang menarik bahkan berwarna. Contoh iklan media cetak jenis ini biasanya diisi oleh iklan dari perusahaan besar yang ingin mempromosikan produk dan/atau jasa.

4. Iklan Advertorial

Selanjutnya ada iklan advertorial yang bentuk penyampaiannya sama seperti menyampaikan berita. Umumnya iklan disampaikan dalam bentuk teks untuk mengenalkan suatu produk secara rinci. Contoh iklan media cetak jenis ini adalah iklan produk kesehatan atau produk perusahaan.

5. Iklan Selebaran

Jika Anda pernah mendapatkan halaman tambahan penuh berupa iklan produk, maka itu adalah jenis iklan selebaran. Pemasangannya di luar media cetak dan dicetak mulai dari ukuran A3 hingga A6. Isinya gabungan antara teks dan visual. Contoh iklan media cetak ini umumnya promosi produk hingga iklan properti.

6. Booklet

Booklet juga merupakan salah satu jenis iklan media cetak yang bisa Anda gunakan. Umumnya berisikan kupon-kupon yang bisa digunakan untuk acara tertentu. Seperti di pameran, festival, hingga bentuk perayaan tertentu.

Booklet umumnya digunakan oleh perusahaan atau lembaga tertentu yang bekerja sama dengan beberapa pengusaha untuk mengumpulkan dana.

7. Leaflet

Leaflet umumnya berbentuk selebaran kertas berukuran A4 yang kemudian dilipat atau dibagi menjadi dua atau tiga halaman. Contoh iklan media cetak ini bisa Anda jumpai di lembaga-lembaga tertentu untuk memberikan informasi. Seperti di museum, rumah sakit, tempat wisata, dan lainnya.

8. Poster

Selanjutnya ada jenis iklan media cetak poster. Sampai saat ini, masih banyak yang menggunakan poster untuk berpromosi. Ciri khasnya adalah penggunaan tipografi dan visual yang menarik dengan dekoratif dan tata letak yang unik. 

9. Banner

Media promosi banner umumnya dicetak hampir setinggi orang dewasa. Isinya untuk mengenalkan produk dan/atau jasa yang dipromosikan. Sampai saat ini, banner masih termasuk media promosi yang efektif untuk pengenalan. Anda dapat melihat contoh iklan media cetak ini di bazar, pasaraya, atau pinggir jalan.

10. Brosur

contoh brosur iklan media cetak

Satu lagi jenis iklan media cetak yang bisa Anda gunakan adalah brosur. Biasanya brosur berisikan katalog produk dan/atau jasa disertai dengan deskripsinya. Contoh iklan media cetak ini adalah selebaran yang sering dibagikan langsung oleh sales kepada orang yang berpapasan.

Itulah penjelasan mengenai definisi iklan media cetak, kelebihannya, ciri-ciri iklan media cetak, hingga beberapa jenis dan contoh iklan media cetak yang perlu Anda ketahui.

Pada prakteknya, iklan media cetak tidak bisa ditinggalkan begitu saja meskipun zaman dan teknologi sudah berkembang lebih maju. Bagaimana dengan perusahaan Anda? Apakah masih menggunakan iklan media cetak?

Jika perusahaan Anda membutuhkan seorang karyawan untuk menyiapkan strategi pemasaran yang efektif, Anda bisa memasang iklan lokernya di KitaLulus. Saat ini, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Gowa, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya.

Segera daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan kerja di KitaLulus secara gratis. Dapatkan kandidat terbaik dan berpotensi di bidangnya dengan #LebihMudah bersama KitaLulus!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd