9 Contoh Iklan Penawaran Paling Kreatif dan Cara Membuatnya

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Cara membuat iklan penawaran kreatif
Isi Artikel

Contoh iklan penawaran– Seiring berkembangnya zaman, strategi periklanan terus berkembang. Hingga saat ini, ada berbagai contoh iklan penawaran yang sangat kreatif. Saking kreatifnya, iklan-iklan tersebut sampai dibagikan berulang kali secara online, diberitakan di media, dan semacamnya.

Pertanyaannya, bagaimana cara membuat iklan penawaran seviral itu? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini. Selain itu, KitaLulus juga akan menunjukkan pada Anda beberapa contoh iklan penawaran terpopuler yang pernah ada.

BACA JUGA: 10 Arti Psikologi Warna Untuk Bisnis dan Pengaruhnya ke Branding

Sekilas Tentang Iklan Penawaran

Apa itu iklan penawaran

Iklan penawaran adalah salah satu bentuk dari strategi pemasaran untuk mempromosikan produk, layanan, atau tujuan perusahaan dengan mengeluarkan sejumlah biaya tertentu.

Pada dasarnya, iklan penawaran adalah iklan yang berisikan penawaran menarik akan suatu produk dan/atau jasa dari brand tertentu. Tujuan dari adanya iklan penawaran ini adalah untuk menarik perhatian target pasar dan membuat mereka melakukan pembelian (purchase).

Saat ini, iklan penawaran dapat dikemas dalam bentuk apa saja, mulai dari banner, konten video, foto, testimoni, hingga serangkaian copywriting di media sosial. Semakin kreatif Anda membuat iklan penawaran, maka popularitas iklan tersebut akan semakin meningkat.

Meski demikian, Anda perlu hati-hati saat membuat iklan penawaran. Selain dari segi kreativitas, Anda juga perlu mempertimbangkan hal lain seperti etika dan norma yang diyakini masyarakat tempat Anda beriklan.

Tujuan Iklan Penawaran

Tujuan iklan penawaran

Sebelum kita membahas contoh iklan penawaran yang baik dan efektif, sudahkah Anda memahami apa saja tujuan utama dari iklan penawaran? Tidak sembarang dibuat, setiap iklan penawaran memiliki maksud dan tujuannya masing-masing.

Berikut beberapa tujuan iklan penawaran yang perlu Anda ketahui:

1. Memberikan informasi

Tujuan iklan penawaran yang pertama adalah untuk memberikan informasi. Artinya dalam hal ini iklan penawaran dibuat untuk menimbulkan atau menciptakan kesadaran merek, produk, layanan, hingga ide perusahaan.

Umumnya, iklan penawaran yang bersifat informatif digunakan untuk memberitahu kepada khalayak banyak bahwa perusahaan memiliki produk dan/atau jasa baru atau juga bisa digunakan untuk menyampaikan keunggulan produk sebelumnya.

2. Branding

Selain memberi informasi tentang produk, iklan penawaran juga bisa memperkuat branding perusahaan Anda. Semakin sering iklan produk dan/atau jasa Anda diputar atau ditayangkan, maka semakin besar peluang untuk semakin dikenal oleh khalayak banyak.

Selain itu, tujuan ini juga bisa menjadi cara Anda untuk menginformasikan ciri khas, atribut, dampak positif, keunggulan, dan hal lainnya terkait produk dan/atau jasa yang Anda pasarkan.

3. Bersifat Persuasif atau Membujuk

Tujuan iklan penawaran berikutnya adalah untuk mempersuasi atau membujuk hingga meyakinkan pelanggan dan khalayak banyak bahwa produk dan/atau jasa yang ditawarkan merupakan yang terbaik dibandingkan kompetitor sejenis.

Hasil atau dampak dari iklan penawaran yang bersifat persuasif ini umumnya bisa mempengaruhi pelanggan untuk membeli, mencoba produk baru, hingga bisa membuat mereka beralih ke merek lain.

4. Sebagai Diferensiasi

Iklan penawaran bisa menjadi solusi untuk membandingkan produk Anda dengan produk sejenis milik kompetitor. Banyak perusahaan yang menggunakan iklan untuk menunjukkan keunggulan produknya.

Hal yang perlu diperhatikan di sini adalah untuk tidak membuat iklan yang bersifat menyerang kompetitor. Namun sebaliknya, Anda bisa meyakinkan target pasar Anda bahwa produk dan/atau jasa yang Anda miliki lebih baik dari kompetitor dengan memberikan kesan positif.

5. Sebagai Pengingat

Satu lagi tujuan dari iklan penawaran adalah sebagai pengingat. Artinya, perusahaan bisa mengingatkan pelanggan terkait kebutuhan mereka akan suatu produk dan/atau jasa yang dipasarkan.

Selain itu, tujuan ini juga menjadi salah satu alasan mengapa brand ternama pun harus tetap memiliki iklan. Agar nama brand bisa selalu menjadi top of mind di benak pelanggan ketika ingin membeli produk.

BACA JUGA: Personal Selling: Pengertian, Tujuan, Proses, Jenis, & Contohnya

Cara Membuat Iklan Penawaran yang Kreatif

Cara membuat iklan penawaran pun tidak bisa dilakukan sembarang. Mengapa? Anda mungkin ingin mengingat kembali tujuan dari iklan penawaran. Jika Anda membuat iklan secara sembarangan, maka Anda tidak bisa meraih tujuan apapun.

Berikut beberapa cara membuat contoh iklan penawaran yang bisa Anda lakukan:

1. Siapkan Strategi

Cara yang pertama dan paling awal adalah dengan menyiapkan strategi pemasaran. Dalam hal ini, Anda harus mengetahui karakteristik dari target pasar yang ingin dituju. Mulai dari usia, gender, pendidikan, hingga kelas ekonomi.

Jangan lupa juga untuk memikirkan citra jangka panjang perusahaan, persaingan iklan dengan kompetitor, dan hal lainnya yang berhubungan dengan pembuatan contoh iklan penawaran.

2. Pilih Media yang Cocok

Saat ini, zaman sudah berubah menjadi serba digital. Bahkan banyak perusahaan yang lebih memilih platform digital untuk memasang iklan. Salah satu media yang paling efektif untuk promosi saat ini adalah sosial media.

Namun bukan berarti Anda tidak bisa memilih media lain. Ada banyak media yang bisa digunakan untuk memasang contoh iklan penawaran Anda. Seperti di media cetak, radio, baliho, poster, dan lainnya. Anda hanya tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan dan budget iklan yang dimiliki.

3. Riset Tren Iklan yang Sedang Populer/Berpotensi Viral

Cara membuat iklan penawaran kreatif berikutnya adalah dengan melakukan riset tren iklan yang berpotensi “meledak” alias viral. Anda bisa menggunakan beberapa strategi untuk melakukan ini, seperti misalnya:

  • Riset konten melalui Google Trends.
  • Melihat bagaimana tren gaya iklan kompetitor melalui berbagai media seperti banner, televisi, dan bahkan FB Ads Library (jika beriklan menggunakan Instagram/Facebook).
  • Memperhatikan style atau gaya konten yang mudah viral di kalangan masyarakat atau calon konsumen yang ditarget.

4. Buat Judul dan Isi yang Menarik

Judul dan isi iklan haruslah dibuat semenarik mungkin. Hal ini bisa memicu rasa penasaran dan ingin tahu pada produk dan/atau jasa yang dipromosikan. Jangan lupa juga berikan promosi awal untuk menarik perhatian khalayak.

Misalnya seperti memberikan promosi potongan harga, gratis ongkos kirim, buy 1 get 1, dan lainnya. Hal yang tidak boleh tertinggal adalah cantumkan syarat dan ketentuan yang berlaku untuk mendapatkan promosi tersebut.

5. Call to Action

Satu lagi cara membuat contoh iklan penawaran yang baik dan efektif adalah dengan memberikan call to action atau mengajak tindakan. Artinya, apabila Anda ingin orang-orang yang melihat iklan untuk mengunjungi website atau mengikuti sosial media, maka berikan call to action.

Seperti “follow sosial media kami untuk mendapatkan promosi menarik lainnya di @abcxxx” atau yang lainnya. Dalam hal ini Anda mengajak banyak orang untuk melakukan tindakan yaitu follow sosial media.

Contoh Iklan Penawaran Terbaik yang Pernah Ada

Setelah Anda mengetahui tujuan iklan penawaran dan cara membuatnya, kini kita akan membahas beberapa contoh iklan penawaran dari beberapa perusahaan ternama di dunia yang berhasil dan efektif, diantaranya:

1. Contoh Iklan Makanan

a. Chupa Chups

Contoh iklan penawaran produk makanan

Chupa Chups merupakan salah satu produk makanan kembang gula yang memberikan contoh iklan penawaran unik dan efektif. Salah satu tujuan dari contoh iklan makanan ini adalah untuk mempromosikan keunggulan produk mereka yang bebas dari gula.

Dalam hal ini, Chupa Chups memberikan ilustrasi gambar dimana permen lolipop mereka jatuh ke tanah dekat dengan segerombolan semut. Namun karena produk mereka bebas gula, maka semut tidak mau menyentuhnya.

Contoh iklan makanan ini tanpa disadari bisa meyakinkan pelanggan bahwa produk Chupa Chups bebas dari gula dan baik untuk dikonsumsi.

b. McDonalds

Contoh iklan penawaran makanan

Contoh iklan makanan menarik lainnya berasal dari brand fast food McDonalds. Seperti yang diketahui, ciri khas dari restoran cepat saji ini adalah huruf ‘M’ besar berwarna kuning.

Nah, dalam contoh iklan makanan ini, McDonalds ingin menyampaikan bahwa restoran mereka buka selama 24 jam. Tanpa menggunakan banyak kata atau ilustrasi lainnya, contoh iklan penawaran ini berhasil dalam menyampaikan pesannya.

Dengan ciri khas huruf ‘M’ besar berwarna kuning, orang-orang sudah bisa langsung menebak restoran mana yang harus dicari ketika kelaparan tengah malam. Hal ini juga tidak lepas dari tujuan iklan penawaran sebagai branding perusahaan.

2. Contoh Iklan Penawaran Jasa

a. FedEx

Contoh iklan produk jasa

Salah satu perusahaan ekspedisi terbesar di dunia, FedEx juga memiliki contoh iklan jasa yang menarik dan efektif. Dalam membuat iklannya, FedEx memanfaatkan ciri khasnya, yaitu truk berwarna putih.

Ciri khas ini bisa membantu FedEx sebagai media iklan eksperimental yang menarik. Dalam contoh iklan jasa ini, mobil truk putih milik FedEx mendahului mobil truk ekspedisi lainnya.

Arti dari contoh iklan penawaran ini adalah FedEx ingin menunjukan bahwa jasa ekspedisi mereka lebih cepat dibandingkan kompetitor lainnya. Menarik, bukan?

b. Thai Life Insurance

Di tahun 2014 silam, ada salah satu contoh iklan penawaran jasa terpopuler dibuat oleh Thai Life Insurance, sebuah perusahaan asuransi asal Thailand. Iklan video berdurasi 3 menit tersebut diberi judul “Unsung Hero”.

Iklan tersebut menceritakan tentang seseorang yang selalu membantu orang lain, walau pertolongannya selalu tidak diketahui. Orang tersebut kerap mengalami kesialan, namun hal tersebut tidak menghentikannya untuk berbuat baik.

Melalui iklan ini, Thai Life Insurance memposisikan diri sebagai sang penolong tersebut. Iklan penawaran satu ini bukan hanya berhasil menarik perhatian masyarakat Thailand, tapi juga seluruh dunia.

c. Gojek

Contoh iklan penawaran kreatif dan viral

Beberapa waktu lalu, GOTO, salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia juga pernah membuat iklan penawaran Gojek berbentuk banner yang sangat viral. Iklan tersebut sangat sederhana, hanya berbentuk banner putih dengan dua paragraf panjang dengan tulisan kecil-kecil.

Meski aneh, iklan ini berhasil menarik perhatian banyak orang. Pesan didalamnya juga sangat menancap, membuatnya menjadi salah satu contoh iklan penawaran terbaik yang pernah dibuat perusahaan Indonesia.

3. Contoh Iklan Penawaran Produk

a. Nivea

Contoh iklan produk kecantikan kreatif

Contoh iklan produk yang tidak kalah kreatif berikutnya datang dari brand Nivea. Tujuannya adalah untuk menginformasikan bahwa ada produk baru yang khusus digunakan pada malam hari atau dikenal dengan sebutan krim malam.

Contoh iklan penawaran dari Nivea pun tidak membutuhkan banyak kata-kata atau atribut khas. Contoh iklan produk ini berhasil menarik perhatian khalayak banyak hanya dengan bermodalkan foto produk yang dibentuk menyerupai bulan sabit.

Bulan identik dengan malam hari. DItambah dengan penegasan kata ‘night’ pada tutup produk, dan latar belakang berwarna biru gelap, menandakan bahwa produk tersebut untuk digunakan di malam hari.

b. Ford

Contoh iklan penawaran barang

Contoh iklan produk lainnya adalah dari brand mobil terbaik, Ford. Salah satu ciri khas dari brand ini adalah jenis mobil yang dikeluarkan cocok untuk digunakan untuk berkeliling kota.

Contoh iklan penawaran ini menggunakan ilustrasi sebuah kunci mobil yang memiliki ukiran kota. Ditambah taglinethe city is in your hands” menjadikan contoh iklan produk ini sangat jelas dan efektif untuk menyampaikan pesannya.

Hal ini juga didukung dengan branding Ford yang sudah melekat di benak masyarakat dengan segala ciri khas dan atributnya. Bahkan, tanpa menunjukkan mobilnya, contoh iklan produk ini sudah berhasil merebut atensi khalayak dengan mudah.

c. ByU

Contoh iklan penawaran unik dan viral

Contoh iklan penawaran produk berikutnya datang dari ByU, provider kartu internet yang merupakan anak perusahaan Telkomsel.

Di awal kedatangannya, ByU sempat membuat iklan-iklan yang sekilas tak nampak seperti penawaran. Sebaliknya, ByU membuat viral effect dengan mengombinasikan unsur teka-teki dan humor.

d. Ramayana

Contoh iklan penawaran produk yang kesembilan datang dari Ramayana, salah satu perusahaan fashion terbesar di Indonesia.

Masih ingat iklan qasidah dengan kepala ibu-ibu yang menyembul dari dalam rice cooker? Ramadan 2018 lalu, Ramayana membuat iklan berbentuk video berdurasi 1 menit untuk menawarkan diskon hari raya ke masyarakat. Uniknya, iklan tersebut dikemas dengan banyak humor dan budaya yang sangat kental dengan Indonesia.

Demikianlah penjelasan terkait iklan penawaran, tujuan, cara membuat, hingga beberapa contoh iklan penawaran yang bisa menjadi referensi dan inspirasi Anda dalam membuat iklan.

Jika perusahaan Anda membutuhkan seorang karyawan untuk menyiapkan strategi pemasaran yang efektif, Anda bisa memasang iklan lokernya di KitaLulus. Saat ini, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Gowa, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya.

Segera daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan kerja di KitaLulus secara gratis dan dapatkan kandidat marketing staff dengan #LebihMudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok