Pentingnya Engagement Rate Bagi Bisnis, Faktor, dan Cara Hitungnya

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Engagement rate adalah– Engagement rate adalah salah satu istilah yang sering disebutkan di dalam sosial media marketing. Tujuannya adalah untuk mengukur keterlibatan pengikut atau followers dalam satu akun sosial media.

Tidak hanya itu, engagement rate memiliki andil dalam keperluan bisnis marketing perusahaan Anda. Engagement rate adalah salah satu faktor penentu apakah konten yang diunggah bisa menarik perhatian audiens atau tidak.

Pelajari lebih lanjut terkait apa itu engagement rate, faktor yang mempengaruhi, dan pentingnya engagement rate bagi bisnis Anda di bawah ini.

BACA JUGA: Personal Selling: Pengertian, Tujuan, Proses, Jenis, & Contohnya

Apa itu Engagement Rate?

Apa itu engagement rate

Saat ini media sosial menjadi salah satu media paling efektif untuk mempromosikan suatu produk dan/atau jasa yang akan dipasarkan. Bahkan beberapa perusahaan menggaet influencer atau selebgram untuk bekerja sama.

Umumnya, hal utama yang diperhatikan sebelum mengajukan kerjasama adalah angka engagement rate dari akun influencer atau selebgram tersebut. Tapi, apa itu engagement rate? Sudahkah Anda memahami konsep engagement rate?

Engagement rate adalah sebuah ukuran standar yang digunakan dalam pemasaran di sosial media untuk mengukur performa suatu konten.

Secara singkat, engagement rate adalah sebuah matriks atau ukuran yang digunakan dalam dunia digital marketing untuk mengukur jumlah interaksi yang diperoleh dari audiens pada satu konten yang diunggah.

Dalam bisnis, engagement rate adalah alat yang bisa digunakan untuk mengukur laba atas investasi yang ditanamkan pada konten atau influencer tertentu yang bekerjasama dengan bisnis.

Pentingnya Engagement Rate Bagi Bisnis

Pengertian engagement rate adalah

Sebagai pelaku bisnis, Anda harus mengetahui pentingnya engagement rate sebuah akun sosial media. Tidak hanya berlaku pada akun influencer atau selebgram saja, tetapi juga jika bisnis Anda memiliki akun sosial media.

Berikut beberapa hal yang membuat pentingnya engagement rate bagi kelangsungan bisnis Anda:

1. User Experience

Alasan pertama engagement rate penting adalah user experience. Dalam sosial media, jika sebuah akun mendapatkan angka engagement rate atau ER yang tinggi, maka dapat disimpulkan bahwa audiens merasa nyaman untuk melakukan interaksi, dan berlaku sebaliknya.

2. Efektivitas Campaign

Pentingnya engagement rate selanjutnya adalah untuk memperhatikan dan mengawasi efektivitas campaign yang dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui berapa banyak audiens yang terlibat dan melakukan pembelian.

3. Memantau Kinerja Kompetitor

Salah satu pentingnya engagement rate adalah untuk memantau kinerja kompetitor. Anda bisa melihatnya dari pengamatan campaign yang dilakukan kompetitor. Apakah campaign tersebut berkembang dan viral? Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tools untuk mengecek angka engagement rate yang sudah tersedia secara online.

Faktor yang Mempengaruhi Engagement Rate

Secara umum, memang ada beberapa faktor yang mempengaruhi engagement rate suatu akun sosial media. Namun hal tersebut tidak mudah untuk dipelajari. Sebab, tingkat engagement rate setiap akun sosial media berbeda-beda.

Jika dijabarkan, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi engagement rate media promosi, yaitu:

  • Website: dihitung dari berapa lama waktu yang dihabiskan pengunjung pada sebuah halaman, scroll depth, tampilan halaman rata-rata, bounce rate, jumlah shares, hingga beragam bentuk konversi lainnya.
  • Sosial media: likes, shares, comments per konten yang diunggah.
  • Facebook: reaksi pada konten, jumlah klik pada konten, komentar, dan shares.
  • LinkedIn: interaksi, klik, jumlah pengikut, banyaknya posts.
  • Instagram: likes dan comments.
  • Twitter: retweet, komentar, likes.
  • Pinterest: likes, comments, pins.
  • Email campaign: open rates, click through rates.

Seperti yang Anda lihat, faktor yang mempengaruhi engagement rate berbeda-beda untuk setiap media yang digunakan. Hal yang perlu diperhatikan adalah, ketika angka ER untuk konten yang diunggah tidak memuaskan, maka Anda bisa mengganti atau merubah strategi pemasaran.

BACA JUGA: Cara Membuat Whatsapp Bisnis, Kelebihan, dan Tips Optimasinya untuk Jualan

Cara Menghitung Engagement Rate

Cara menghitung engagement rate atau ER

Ada dua cara menghitung engagement rate yang umumnya digunakan. Yaitu untuk menghitung angka ER pada website dan sosial media. Rumus yang digunakan pun berbeda.

Selengkapnya tentang rumus dan cara menghitung engagement rate adalah sebagai berikut:

1. Cara Menghitung Engagement Rate Website

Sebelum Anda melakukan perhitungan engagement rate sebuah website, Anda harus menentukan tujuan dari website tersebut. Hal apa yang Anda kejar dalam website tersebut.

Beberapa hal yang menjadi faktor penghitungan angka ER pada website diantaranya:

  • Average visit duration: persentase waktu kunjungan di website Anda
  • Average page/visit: persentase waktu kunjungan per halaman
  • Bounce rate: persentase pengunjung yang keluar dari halaman tanpa melakukan interaksi macam-macam

Berikut rumus yang digunakan untuk menghitung engagement rate website:

ER = (engaged users / total users) x 100

2. Cara Menghitung Engagement Rate Sosial Media

Cara menghitung engagement rate media sosial

Selanjutnya kita akan membahas cara menghitung engagement rate sosial media. Kelebihan dari sosial media adalah Anda bisa langsung mengetahui perhitungan angka ER dengan mudah. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menghitung angka ER, misalnya:

a. Engagement Rate by Post

Cara menghitung engagement rate by post dilakukan dengan menggunakan rumus:

ER = Total engagement on a post / total followers x 100

Menghitung angka ER berdasarkan jumlah followers dianggap lebih stabil jika akun sosial media tersebut sudah memiliki angka reach post yang fluktuatif. Hal yang harus diperhatikan adalah perhitungan ini tidak akan berpengaruh pada konten yang viral dan reach yang lebih tinggi.

b. Engagement Rate by Reach

Cara menghitung engagement rate by reach dilakukan dengan menggunakan rumus

ER = total engagement per post / reach per post x 100

Hal yang perlu diperhatikan adalah angka reach bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Perhitungan angka ER berdasarkan reach dinilai paling akurat dibandingkan berdasarkan followers saja. Sebab, tidak semua followers bisa melihat konten yang diunggah.

c. Engagement Rate per Impressions

Cara menghitung engagement rate per impressions dilakukan dengan menggunakan rumus:

ER = Total engagement on a post / total impressions x 100

Jika Anda ingin melakukan perhitungan angka ER sosial media campaign berdasarkan impresi, maka Anda bisa menggunakan rumus ini.

Namun, angka yang dihasilkan dari impresi bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi disarankan untuk mengambil perhitungan ini pada satu waktu tertentu. Misalnya pada akhir bulan atau ketika campaign tersebut sudah selesai.

d. Engagement Rate per Views

Cara menghitung engagement rate per views dilakukan dengan menggunakan rumus:

ER = Total engagement on video post / total video vies x 100

Perhitungan angka ER yang satu ini bisa Anda gunakan ketika ingin melihat engagement rate dari konten video. Namun, perhatikan perbedaan antara jumlah views dengan unique views. Artinya, dari 500 jumlah views, bisa saja berasal dari 250 views yang menonton berulang kali.

Demikianlah penjelasan terkait apa itu engagement rate, manfaat, faktor yang mempengaruhi, serta rumus dan cara menghitung engagement rate berbagai media promosi.

Agar bisa mendapatkan angka ER yang baik, maka diperlukan strategi pemasaran yang efektif dan tepat. Jika perusahaan Anda membutuhkan seseorang untuk membuat strategi pemasaran tersebut, Anda bisa menaruh informasi lowongannya di KitaLulus.

Sebagai salah satu komunitas pencari kerja terbesar, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Medan, Surabaya, Semarang, dan Gowa. Daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan kerja di KitaLulus secara gratis.

Dapatkan kandidat terbaik dan berpotensi untuk membuat strategi pemasaran yang efektif dengan #LebihMudah bersama KitaLulus!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd