Bisnis FnB Adalah: Tugas, Tips Merintis, dan Peluangnya

Annissa Manystighosa

Penulis, pengajar, dan penerjemah yang sedang menekuni pengetahuan seputar bisnis.

hrd
Isi Artikel

Food and Beverage atau FnB adalah salah satu jenis usaha yang tak pernah sepi peminat. Hal ini dikarenakan gaya hidup masyarakat yang suka dengan makanan siap saji, sehingga membuat banyak bisnis FnB mulai bermunculan.

Tak heran, persaingan di bidang bisnis kuliner cukup ketat. Namun, Anda tak perlu takut, sebab jika Anda sudah memahami bisnis FnB dengan baik, sangat mungkin bagi Anda meraih kesuksesan.

Untuk itu, simak pembahasan seputar apa itu FnB, tugas, peluang bisnis, hingga tips merintisnya berikut!

Apa Itu FnB?

FnB adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan dan penjualan makanan serta minuman. Perusahaan semacam ini tentu biasa kita temui di sekitar, mulai dari warteg, rumah makan sederhana, kafe, hingga restoran kelas atas. Hal ini menunjukkan bahwa FnB dapat dimulai dengan modal besar maupun sedikit.

Selain itu, FnB adalah sektor usaha yang tidak pernah kehilangan pelanggan karena makanan dan minuman sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Jadi, jika Anda ingin membuka bisnis, FnB adalah ide yang tepat untuk Anda coba.

Layanan FnB dibedakan menjadi dua jenis, yaitu on-premise dan off-premise.

  • On-premise: Pada layanan ini, makanan dan minuman ditawarkan di suatu tempat tertentu. Jadi, pelanggan harus pergi ke lokasi untuk menikmati layanannya. Contohnya adalah restoran atau kafe.
  • Off-premise atau outdoor catering: Layanan FnB yang sudah termasuk persiapan, memasak, dan menawarkan makanan dan minuman di lokasi yang dipilih oleh klien. Layanan ini ditawarkan di acara-acara besar yang jauh dari tempat layanan FnB, biasanya dengan jumlah pelanggan yang banyak.

Tugas FnB

tugas fnb

Penasaran dengan tugas FnB apa saja? Berikut penjelasan mengenai tugasnya secara umum.

1. Pelayan

Posisi pertama yang ada di industri FnB adalah pelayan. Pelayan adalah orang yang bertugas mengantarkan makanan dan minuman dengan segera sesuai permintaan tamu.

Tentunya pelayanan FnB harus mengikuti standar demi memenuhi tingkat kepuasan pelanggan. Jika dirangkum, beberapa pekerjaan pelayan adalah:

  • Menyiapkan sajian makanan dan minuman untuk pelanggan sesuai dengan pesanan.
  • Memeriksa setiap perabot dan peralatan di lokasi FnB.
  • Membersihkan semua peralatan makan sebelum melayani pelanggan.
  • Bersiap untuk memenuhi kebutuhan tambahan apa pun yang mungkin diminta pelanggan
  • Mencetak bill atau pembayaran tagihan sesuai dengan pesanan pelanggan.

2. Kepala Pelayan

Berikutnya ada posisi kepala pelayan. Kepala pelayan adalah pelayan senior yang tanggung jawab utamanya mengontrol dan mengawasi layanan FnB.

Kepala pelayan harus menjamin pelayanan makanan yang cepat dan efektif. Agar bisnis FnB berjalan dengan baik, kepala layanan harus melakukan tugas berikut:

  • Memastikan pelayanan terhadap pelanggan memiliki standar tinggi dalam kecepatan, kualitas, serta ketepatan.
  • Memastikan bahwa setiap layanan yang ditawarkan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.
  • Memastikan penyajian yang cepat untuk semua pesanan.
  • Memastikan keseimbangan antara kewajiban dan kesejahteraan pelayan.
  • Memastikan bahwa setiap pengunjung di tempat itu merasa nyaman dan puas
  • Memastikan bahwa setiap staf yang bertugas mematuhi aturan disiplin dan kebersihan.

3. Supervisor

Posisi di atas kepala pelayan dalam bisnis FnB adalah supervisor. Tanggung jawab utama supervisor di industri makanan dan minuman yaitu mengawasi para pekerja yang melapor kepadanya.

Selain itu, supervisor juga bertugas mengoordinasikan, mengawasi, dan melatih semua staf untuk memuaskan konsumen dengan menawarkan layanan yang tepat waktu. Berikut beberapa tugas supervisor di FnB adalah:

  • Memberikan bimbingan melalui dialog, instruksi, dan teguran.
  • Memastikan kepuasan pengunjung dengan menyelesaikan keluhan secara cepat dan efektif.
  • Melakukan pelatihan karyawan terkait standar pelayanan.
  • Meningkatkan layanan untuk mendorong peningkatan penjualan restoran
  • Memastikan keselamatan staf restoran dengan menghilangkan semua potensi bahaya dari tempat kerja.
  • Menilai kinerja staf, dan memberikan apresiasi kepada karyawan.
  • Memimpin karyawan dengan kepemimpinan yang adil.
  • Bertindak sebagai manajer saat manajer operasional sedang tidak di tempat untuk memastikan semuanya berjalan dengan efisien.
  • Menjadwalkan dan memastikan kebutuhan pekerjaan terpenuhi, serta membuat rencana shift untuk karyawan berdasarkan persetujuan manajer.
  • Menetapkan tanggung jawab harian pada setiap karyawan guna memenuhi persyaratan dan menjamin kesetaraan staf.

Baca juga: Cara Memulai Usaha Warung Kopi Modal Kecil dan Estimasi Labanya

Peluang Bisnis FnB

peluang bisnis fnb

Peluang bisnis FnB masih cukup besar di Indonesia saat ini. Bahkan selama pandemi Covid-19, industri F&B masih berkembang di tengah situasi ekonomi yang menantang. Berikut adalah alasan mengapa bisnis FnB memiliki peluang bagus.

1. Mudah Mengikuti Tren

Bisnis makanan dan minuman dapat berubah seiring waktu. Setiap tahun pasti ada tren kuliner baru dari berbagai negara. Hal ini bisa menjadi peluang komersial, terutama jika Anda bisa mengubahnya menjadi menu khas untuk menarik lebih banyak pelanggan.

2. Kemajuan Teknologi

Alasan lain FnB adalah termasuk bisnis yang tak kan pernah redup ialah dikarenakan adanya kemajuan teknologi. Seperti kita tahu, kini tengah berkembang layanan pesan antar melalui jasa ojek online.

Tentu saja ini menjadi peluang bagus bagi para pebisnis kuliner, di mana mereka lebih mudah menjangkau konsumen dan bisa menekan biaya operasional sebab makanan akan diantar ke alamat pembeli oleh pihak ketiga.

Selain itu, ada banyak platform media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan resto dan sajiannya kepada audiens yang lebih besar. Hal ini akan memperluas pasar Anda dalam mencari pelanggan.

3. FnB Adalah Kebutuhan Pokok Manusia

Kita semua tahu bahwa manusia membutuhkan makanan dan minuman untuk bertahan hidup. Apalagi di zaman sekarang, banyak orang memilih restoran atau kafe sebagai lokasi untuk berbagai kegiatan, termasuk pertemuan, menghabiskan waktu bersama keluarga, atau hanya berkumpul dengan rekan kerja.

Oleh karena itu, industri F&B tidak pernah kekurangan pelanggan selama Anda bisa menyajikan ide-ide orisinal.

Pembagian Departemen FnB

Departemen FnB bertugas untuk memenuhi kebutuhan para tamu terkait makanan dan minuman serta permintaan tambahan lainnya. Tugas dan kewajiban ini harus ditangani secara profesional.

Adapun pembagian departemen FnB dibagi menjadi dua kelompok, yaitu back service dan front service.

1. Back Service

Sesuai namanya, tanggung jawab divisi back service adalah memberikan pelayanan di bagian belakang. Dapur, bar, dan kantin dikelola oleh personel back service.

Karyawan back service FnB tidak berinteraksi langsung dengan pelanggan, namun fungsinya sangat penting bagi kenyamanan semua orang.

2. Front Service

Divisi front service menyediakan pelayanan di bagian depan hotel atau restoran. Restoran, layanan kamar, dan bar adalah contoh layanan yang menjadi tugas front service. Kebalikan dari back service, divisi ini berinteraksi langsung dengan setiap pengunjung.

Baca juga: Inilah 9 Ide Jualan dengan Modal Bisnis Makanan Di Bawah Rp10 Juta!

Cara Memulai Bisnis FnB

Bagi Anda yang ingin memulai usaha di bidang kuliner, yuk simak dulu beberapa tips memulainya berikut.

1. Membangun Tim yang Solid

Tips pertama dalam memulai bisnis FnB adalah membangun tim yang solid. Cari orang-orang yang berkomitmen, memiliki dedikasi tinggi, serta mampu bekerja dengan tim.

2. Mengembangkan Ide

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa sektor usaha FnB akan terus mengalami perkembangan. Oleh karenanya, Anda perlu melakukan riset terkait makanan maupun minuman yang sedang digandrungi masyarakat. Meski begitu, tetap sesuaikan dengan selera konsumen, ya.

3. Memilih Strategi Pemasaran yang Tepat

Apalah artinya suatu bisnis tanpa adanya strategi pemasaran yang tepat, setuju tidak? Dalam menjalankan usaha, pasti Anda ingin produk Anda dikenal oleh masyarakat luas. Untuk itu, hati-hati dalam memilih strategi marketing bisnis. Sesuaikan dengan tujuan, potensi, dan budget Anda.

4. Membuat Beberapa Rencana

Terakhir cara memulai bisnis FnB adalah menyiapkan beberapa rencana sebagai backup plan dan metode eksekusinya. Ini penting karena tren di masyarakat akan terus berubah. Sementara itu, tingkat kompetisi bisnis juga tinggi.

Itulah penjelasan lengkap tentang bisnis Food and Beverage atau FnB secara lengkap. Apakah Anda tertarik? Dengan populasi pengguna internet di Indonesia yang tinggi, diprediksi FnB adalah sektor yang akan tumbuh lebih mantap dan cepat.

Pemanfaatan internet akan terus menjadi angin segar bagi sektor makanan dan minuman, sehingga peluang untuk menumbuhkan pelanggan sangat besar. Dunia usaha akan sangat terdorong oleh kemajuan teknis yang pesat untuk menerapkan transformasi digital guna mendongkrak pendapatan dan daya saing.

Oleh karena itu, apabila Anda ingin mencoba peruntungan di bidang usaha kuliner, pastikan Anda memiliki tim pelayan dan chef yang berpengalaman.

Tak perlu bingung, sebab Anda bisa pasang iklan lowongan kerjanya di KitaLulus secara gratis. Hanya dalam hitungan hari saja, Anda dapat menemukan staf terbaik untuk mengisi posisi tersebut!

Anda tinggal mengisi mengisi form yang tersedia, lalu tim kami akan me-review dan mempublikasikan iklan loker Anda. Yuk pasang info loker Anda sekarang!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd