Harga Buka Franchise Alfamart, Syarat, dan Cara Daftarnya

Annissa Manystighosa

Penulis, pengajar, dan penerjemah yang sedang menekuni pengetahuan seputar bisnis.

hrd
Isi Artikel

Ingin membuka usaha tapi masih bingung usaha apa? Franchise Alfamart bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Di Indonesia, industri waralaba sedang berkembang pesat dengan tuntutan untuk mengimbangi permintaan dan pertambahan penduduk.

Alfamart adalah salah satu jenis waralaba yang paling disukai di industri ritel Indonesia. Ingin tahu lebih lanjut seputar cara daftar franchise Alfamart? Mari simak ulasan berikut hingga selesai.

Mengenal Alfamart

Alfamart adalah perusahaan minimarket milik PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. Gerai ini pertama kali dibuka pada tahun 1999 dan mulai diwaralabakan pada tahun 2001.

“Belanja Puas Harga Pas” merupakan tagline Alfamart. Adapun model bisnis Alfamart yaitu sebagai Community Store dan menawarkan berbagai kebutuhan sehari-hari dengan harga yang terjangkau.

Seiring dengan perluasan pangsa pasar di seluruh rantai distribusi Fast Moving Consumer Goods, alternatif investasi bisnis minimarket modern menjadi semakin populer. Bahkan dengan ekspansi yang positif ini, perdagangan modern jauh lebih meningkat dibandingkan pasar tradisional.

Keunggulan Franchise Alfamart

Melihat tingginya antusiasme masyarakat terhadap toko yang menjual kebutuhan sehari-hari, Alfamart muncul sebagai sebuah pilihan bagi Anda yang ingin membuka bisnis franchise. Apa saja keunggulan franchise Alfamart?

1. Peningkatan Jumlah Toko Alfamart

Sejak pertama kali dibuka pada tahun 1999 hingga sekarang, Alfamart terus mengalami perkembangan. Jumlah toko Alfamart pun terus bertambah.

2. Merek yang Dikenal Luas

Sebagai bukti dari merek yang dikenal luas, Alfamart telah memenangkan banyak penghargaan baik di dalam negeri maupun internasional. Salah satunya yaitu Emiten Terbaik Bisnis Indonesia Award 2021 dalam Kategori Perusahaan Sektor Perdagangan Ritel Barang Primer dari Bisnis Indonesia Award Harian Bisnis Indonesia 2021.

3. Dukungan Menyeluruh

Alfamart didukung oleh lebih dari 100.000 karyawan dan 400 pemasok serta bermitra dengan lebih dari 3.600 toko waralaba dan melayani lebih dari 10 juta pelanggan.

4. Jutaan Pelanggan Setia

Keunggulan franchise Alfamart selanjutnya yaitu memiliki jutaan pelanggan setia. Pelanggan setia adalah aset yang berharga. Jutaan masyarakat Indonesia sudah tergabung dalam keanggotaan pelanggan setia Alfamart yang tersebar hingga ke pelosok negeri.

5. Teruji dan Terpercaya

Alfamart mengedepankan tata kelola industri ritel, perekrutan karyawan, pengoperasian, perpajakan dan pelaporan keuangan, logistik dan manajemen inventaris barang, serta teknologi informasi yang dapat diandalkan.

6. Kemudahan Operasional

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk secara langsung mengelola operasional sehari-hari toko waralaba Alfamart.

Baca juga: Panduan Lengkap Franchise Indomaret: Biaya Hingga Prasyarat

Syarat Franchise Alfamart

Syarat Franchise Alfamart
Sumber: Alfamart

Minimarket Alfamart terletak dekat dengan perumahan, perkantoran, dan ruang publik. Pelanggan dari berbagai kalangan tentu tertarik pada taktik pemasaran ini.

Jadi, jika Anda ingin mendaftar franchise Alfamart, simak dulu prasyarat, rencana bisnis, dan dana yang dibutuhkan. Berikut adalah syarat franchise Alfamart:

  • Memiliki minat di industri minimarket.
  • Warga Negara Indonesia yang memiliki Badan Usaha (CV, PT, Koperasi dan Yayasan).
  • Menyiapkan lokasi tempat usaha dengan luas minimal 100 meter persegi (tidak termasuk area gudang dan administrasi).
  • Luas lahan keseluruhan sekitar 150-250 meter persegi.
  • Memenuhi persyaratan perizinan antara lain NIB, NPWP, NPPKP, STPW, izin lingkungan, dan IUTM (mengikuti persyaratan di daerah masing-masing).
  • Bersedia mentaati peraturan dan ketentuan yang berlaku di Alfamart.

Program Franchise Alfamart

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk memiliki tiga opsi dalam program franchise Alfamart. Pertama, program outlet baru dimana Anda dapat mengusulkan lokasi toko baru untuk dikembangkan.

Program kedua adalah konversi toko kelontong atau minimarket yang ada menjadi gerai Alfamart, dan Penerima Waralaba yang mengusulkan lokasi potensial.

Program ketiga, strategi gerai take over memungkinkan Anda untuk mengambil kendali atas lokasi operasional milik Alfamart yang ada. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Franchise Alfamart Baru

Untuk skema gerai baru ini, biaya waralaba Alfamart berkisar Rp300 juta hingga Rp500 juta. Berikut cakupannya:

  • Untuk franchise fee sebesar Rp300 juta, Anda dapat memiliki toko Alfamart dengan 9 rak yang menampung total 1.200 item dan area penjualan 30 meter persegi.
  • Untuk harga Rp350 juta, Anda dapat membeli waralaba Alfamart yang memberikan hak kepada Anda untuk memiliki gerai dengan 18 rak yang menampung total 1.600 produk dengan area penjualan 60 meter persegi.
  • Dengan harga Rp450 juta, Anda sudah bisa memiliki outlet dengan 36 rak yang menampung total 3.800 barang dan area penjualan 80 meter persegi sebagai franchisee Alfamart.
  • Dengan franchise fee Rp500 juta, Anda sudah bisa memiliki toko Alfamart dengan 45 rak yang menampung total 4.500 item dan area penjualan 100 meter persegi.

Besaran harga franchise Alfamart tersebut sudah mencakup modal Rp 45 juta, biaya waralaba 5 tahun, instalasi listrik, peralatan outlet, shop sign dan pole sign, perizinan toko, pemasaran dan persiapan hari pembukaan.

Perlu  dicatat bahwa biaya estimasi tersebut tidak termasuk investasi properti dan bisa berubah sesuai kondisi ketika pembukaan toko.

Berikut tahapan gerai Alfamart baru hingga launching:

Presentasi Awal →  Evaluasi Lokasi dan Persetujuan → Presentasi Proposal → Perjanjian Kerjasama → Pembukaan Toko

Baca Juga: 10 Rekomendasi Usaha Franchise Minuman Kekinian, Terjangkau dan Mudah Mulainya

2. Franchise Alfamart untuk Lokasi Baru: Konversi

Program konversi Alfamart memungkinkan pemilik toko kelontong atau minimarket untuk mengembangkan kerjasama bisnis mereka. Alfamart menawarkan dua keuntungan bagi pemilik yang mengikuti program ini, yaitu:

  • Persediaan dari minimarket atau toko kelontong lama diterima sebagai persediaan awal untuk unit waralaba Alfamart.
  • Biaya investasi dapat ditekan dengan menggunakan rak dari minimarket atau toko swalayan lama. Namun pemilik perlu memperhatikan persyaratan rak sesuai dengan peraturan rak toko Alfamart.

Berikut tahapan-tahapan konversi franchise Alfamart: 

Presentasi Awal → Stock Opname 01 → Perjanjian Kerjasama → Stock Opname 02 → Pembukaan Toko Konversi

3. Take Over Lokasi Franchise Alfamart

Program waralaba Alfamart ketiga mencakup pembelian lokasi Alfamart yang ada dengan biaya paket yang ditentukan. Take over waralaba Alfamart dibanderol mulai dari Rp800 juta. Biaya sewa lokasi dan penjualan harian juga menentukan jumlah investasi tersebut.

Adapun rincian biayanya mencakup franchise fee selama 5 tahun, sewa lokasi untuk 5 tahun, peralatan untuk outlet, shop sign dan polesign, lisensi outlet, dan goodwill.

Cara Mendaftar Franchise Alfamart

Cara Mendaftar Franchise Alfamart
Sumber: Alfamart

Untuk membuka franchise Alfamart, Anda dapat mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini.

1. Sarankan Tempat

Anda bisa mengakses laman website www.alfamartku.com. Lalu Anda dapat mendaftarkan lokasi yang diusulkan. Jangan lupa untuk mengisi formulir pendaftaran dan menyertakan foto tampak depan serta denahnya.

2. Pengajuan dan Pengesahan

Tahapan selanjutnya cara mendaftar franchise Alfamart yaitu mengajukan proposal yang berisi kajian potensi usulan lokasi, gambar kerja, RAB dan prediksi keuangan. Apabila proposal disetujui oleh pihak perusahaan, maka Anda bisa lanjut ke tahap berikutnya.

3. Perjanjian Franchise Alfamart

Sebelum tahap pembukaan toko, kedua belah pihak harus menyepakati sejumlah hak dan kewajiban yang tercakup dalam perjanjian waralaba.

4. Launching Toko

Gerai Alfamart yang telah disetujui dapat mulai beroperasi setelah penerimaan proposal, penandatanganan perjanjian waralaba, tahap renovasi, perizinan, dan penyiapan.

Itulah penjelasan mengenai seluk beluk franchise Alfamart, mulai dari keunggulan, biaya, syarat, hingga cara daftarnya. Bagaimana, apakah Anda semakin tertarik mencoba peluang bisnis minimarket satu ini?

Pastinya Anda akan membutuhkan tenaga kerja profesional untuk mengurus gerai Anda. Tak perlu khawatir, Anda dapat mencari kandidat terbaik melalui KitaLulus. Sebagai platform pencarian kerja teraman di Indonesia, KitaLulus telah digunakan oleh lebih dari 1 juta pengguna bulanan, lho!

Untuk itu, jangan ragu pasang info loker di KitaLulus. Caranya mudah, Anda tinggal mengisi formulir pendaftaran untuk memposting iklan lowongan kerja secara gratis. Yuk coba sekarang juga!

Baca Juga: Tertarik Membuka Franchise Mixue? Ini Rincian Modal & Caranya

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd