Cara Mendaftar Franchise Menantea, Syarat, dan Biayanya

Annissa Manystighosa

Penulis, pengajar, dan penerjemah yang sedang menekuni pengetahuan seputar bisnis.

hrd
Isi Artikel

Saat ini, industri minuman di Indonesia sedang berkembang pesat. Tak heran jika belakangan banyak bermunculan franchise minuman modern, salah satunya Menantea. Brand milik Jerome Polin ini banyak digandrungi oleh kalangan muda maupun tua.

Menantea adalah perusahaan minuman yang berfokus pada berbagai jenis teh buah olahan yang dicampur dengan topping menarik, seperti boba, jelly, dan lainnya. Saat ini, cabang Menantea sudah merambah ke hampir setiap kota di Indonesia.

Apakah Anda tertarik dengan peluang bisnis franchise Menantea ini? Jika iya, simak informasinya berikut.

Dibalik Peluncuran Bisnis Menantea

pendiri franchise menantea
Sumber: Instagram Menantea

Pemilik Menantea, Jerome Polin dan Jehian, sukses meluncurkan perusahaan minuman ini pada April 2021. Karena antusiasme konsumen, saat ini mereka sudah memiliki 173 cabang yang tersebar di 63 kota di Indonesia.

Jerome Polin dan Jehian cukup sukses menghadirkan produk minuman tersebut di hadapan konsumen Indonesia. Selain menghadirkan beragam menu teh, mereka juga memiliki beberapa menu makanan ringan.

Awal mula perusahaan ini berdiri, Jerome Polin dan kawan-kawan dengan santai meramu minuman berbahan dasar teh sebagai hiburan. Hingga akhirnya berhasil meluncurkan brand sendiri, yang terdiri dari sejumlah variasi minuman teh dengan rasa yang telah disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia untuk daya tarik universal.

Jerome Polin memutuskan untuk bercabang ke industri makanan dan minuman karena dia merasa jika mengejar karir sebagai pembuat konten, belum tentu ia selalu berada di atas.

Faktanya, Itaewon Class, sebuah drama Korea, menjadi sumber inspirasi utama Jerome untuk memulai bisnis ini. Dalam drama tersebut, terungkap bahwa karakter utama berkomitmen untuk memulai waralaba restoran.

Sehingga hal tersebut menginspirasi Jerome untuk mengembangkan perusahaannya sendiri. Jerome dan Jehian juga bekerja sama dengan sejumlah ahli untuk menyukseskan bisnis Menantea, di antaranya:

  • Sylvia Surya, pendiri Kopi Soe yang memiliki lebih dari 200 cabang di seluruh Indonesia.
  • Bisma Adi Putra, konsultan industri makanan dan minuman di Indonesia.
  • Hendy Setiono, pendiri Baba Rafi Enterprise.

Jerome Polin terus menjalankan visi dan tujuannya, yaitu menikmati teh buah dengan gaya yang lebih modern, dan inilah yang menjadi pendorong kesuksesan bisnisnya.

Selain itu, Menantea juga menerapkan kecanggihan teknologi dalam mengelola usahanya. Sistem Low Stock Alert akan mengirimkan pemberitahuan kepada manajemen toko atau PIC saat stok di toko menipis. Bahkan pelatihan personel secara rutin dilakukan untuk menjaga kualitas produk Menantea.

Baca juga: 10 Rekomendasi Usaha Franchise Minuman Kekinian, Terjangkau dan Mudah Mulainya

Cara Mendaftar Franchise Menantea

Cara Mendaftar Franchise Menantea
Sumber: Instagram Menantea

Mengingat peluang bisnis Menantea cukup menjanjikan, maka tidak ada salahnya Anda mencoba bisnis franchise ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Selain itu, bisnis waralaba cocok untuk Anda jika tidak ingin memulai bisnis dari nol. Pasalnya Anda tak perlu susah-susah mempromosikannya sebab produk ini sudah dikenal banyak masyarakat.

Pada kenyataannya, tidak ada prasyarat khusus untuk menjadi mitra Menantea. Hanya saja Anda harus menyediakan lokasi untuk outlet. Ada dua jenis franchise Menantea, yaitu:.

  • Outlet standar: semua biaya yang dikeluarkan tidak termasuk sewa ruangan serta peralatan teh dan makanan. Namun, semua pendapatan akan menjadi hak mitra sepenuhya.
  • Outlet autopilot: harganya lebih mahal tetapi itu sudah termasuk peralatan membuat teh dan makanan, serta ada pengaturan bagi hasil 50% untuk manajemen Menantea.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara mendaftar franchise Menantea, cukup kirim pesan ke akun Instagram resmi (@menantea.toko).

Baca Juga: 15 Franchise Kopi Kekinian Populer dan Info Modal Usahanya

Harga Franchise Menantea dan Keuntungannya

Kisaran harga franchise Menantea untuk outlet standar adalah Rp125 juta, sedangkan outlet autopilot adalah Rp175 juta. Perlu dicatat bahwa tidak satu pun dari biaya ini termasuk sewa tanah untuk tempat usaha, ya.

Oleh karena itu, Anda masih perlu mencari properti sewaan sendiri untuk mengoperasikan franchise Menantea.

Sementara itu, keunggulan franchise Menantea adalah perhitungan omzetnya bisa mencapai Rp35 juta hingga Rp50 juta per bulan. Adapun ketentuan keuntungannya telah dijelaskan seperti di atas.

Kemudian diperkirakan waktu balik modal usaha ini adalah sekitar 6-10 bulan untuk outlet standar. Sedangkan outlet autopilot yaitu sekitar 9-20 bulan.

Pilihan Menu Menantea

Ada banyak varian menu Menantea yang tentunya menyesuaikan dengan selera Indonesia. Pure Tea dan Milk tea, Signature Series, Fruit Tea Series, dan Irrational Tea Series adalah beberapa di antaranya.

  • Milk Tea Series adalah teh dengan tambahan susu. Variasinya ada Oolong Milk Tea, Vanilla Milk Tea, Oreo Milk Tea, Oolong Brulee, Nutealla, dan Rose Milk Tea.
  • Pure Tea Series adalah jenis teh asli atau murni tanpa susu. Variasi dari Pure Tea Series yaitu Prinia Tea dan Oolong Tea.
  • The Signature Series. Varian teh tersebut meliputi Inteagral (berisi topping royal honey boba) dan Mantappu Tea (Prinia Orange Lychee Tea dengan topping Cheese Cloud).
  • Fruit Tea atau teh buah hadir dalam berbagai rasa, yaitu Prinia Orange Lychee Tea, Fresh Oolong Peach Jelly Tea, Kerinci Tea, dan Refresh Fruit Green Tea.
  • Irrational Tea Series memiliki cita rasa yang khas. Varian teh tersebut adalah Jasmine Royal Crumble, Menantea Sunset, dan Sea Salt Rose Matcha Latte.

Selain itu, Menantea menawarkan berbagai makanan ringan untuk disandingkan dengan teh. Camilan kentang dan ayam pada menu snack Menantea hadir dengan pilihan saus Honey Mustard, Spicy Huha, atau Say Cheeze cheese.

Itu dia berbagai informasi lengkap seputar bisnis franchise Menantea. Apakah Anda tertarik mencobanya?

Pastikan Anda memiliki tim karyawan yang baik untuk melayani pelanggan. Jika Anda sedang mencari karyawan berpengalaman ataupun fresh graduate, Anda dapat pasang informasi lokernya di KitaLulus.

Cukup isi formulir pendaftaran untuk memposting lowongan pekerjaan secara gratis! Iklan Anda akan dipromosikan ke media rekanan KitaLulus secara luas. Segera pasang loker Anda sekarang untuk menarik kandidat terbaik dengan cepat!

Baca Juga: 10 Ide Usaha Franchise Makanan Terlaris, Modal Dibawah 10 Juta!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd