Tertarik Membuka Franchise Mixue? Ini Rincian Modal & Caranya

Annissa Manystighosa

Penulis, pengajar, dan penerjemah yang sedang menekuni pengetahuan seputar bisnis.

hrd
Isi Artikel

Anda pasti pernah mendengar brand minuman kekinian Mixue, bukan? Yup, Mixue saat ini sedang viral karena rasanya yang lezat dan harganya yang murah. Hal tersebut membuat orang mencari tahu berapa modal membuka franchise Mixue.

Mixue terkenal dengan menu andalannya yaitu es krim. Dikarenakan banyak orang yang jatuh cinta dengan cita rasa es krimnya, maka ini dapat menjadi peluang bisnis yang patut untuk Anda coba.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk simak kisaran modal dan cara membuka bisnis franchise Mixue berikut!

Asal Usul Mixue Ice Cream

Dari namanya saja mungkin sudah bisa ditebak brand satu ini berasal dari mana. Benar, Mixue Ice Cream atau Mixue Bingcheng adalah gerai es krim yang berasal dari China.

Di daerah Zhengzhou Provinsi Henan, Zhang Hongchao mendirikan Mixue pada tahun 1997. Dalam 25 tahun, Mixue, yang dimulai sebagai toko kecil di pinggir jalan, telah berhasil meluas hingga ke berbagai daerah di Asia, termasuk Malaysia dan Indonesia.

Jika dibandingkan dengan toko es krim lainnya, Mixue terletak di pusat ritel dengan pangsa pasar menengah ke atas. Toko es krim ini memiliki harga yang murah dan interior sangat kekinian.

Mixue Ice Cream hadir sebagai suguhan yang menyegarkan dan lezat bagi semua kalangan. Stigma kuat terkait es krim enak yang selalu mahal kini berhasil didobrak oleh Mixue. Es krim ini tersedia mulai dari harga Rp 8 ribu saja.

Apakah Es Krim Mixue Halal?

mixue ice cream
Sumber: Instagram Mixue

Lokasi Mixue pertama dibuka di Indonesia pada tahun 2020, dan saat ini perusahaan tersebut telah memiliki ratusan cabang dengan pelanggan yang tidak pernah sepi.

Pertanyaan "apakah es krim Mixue halal?" muncul di tengah hingar-bingar es krim yang mulai populer ini. Manajemen Mixue Indonesia menanggapi pertanyaan ini dengan menyatakan melalui Instagram resmi perusahaan bahwa Mixue memang belum memperoleh sertifikat halal.

Meski begitu, Mixue Indonesia sudah mengurus izin halal sejak 2021, namun prosedurnya belum selesai. Hal ini membutuhkan penelitian ekstensif untuk mengonfirmasi status halal suatu produk.

Selain itu, pihak manajemen Mixue juga menjelaskan bahwa meski secara umum mereka tahu bahwa setiap komposisi yang digunakan halal, tetapi akan lebih baik jika tetap menunggu konfirmasi dari pihak yang berwenang.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Usaha Franchise Minuman Kekinian, Terjangkau dan Mudah Mulainya

Modal untuk Membuka Franchise Mixue

Sembari Mixue mengajukan sertifikasi halal, mereka juga tetap memberikan kesempatan bagi siapa pun yang ingin mendaftar sebagai mitra bisnisnya.

Adapun modal awal yang perlu Anda siapkan untuk membuka franchise Mixue ini adalah sekitar Rp700 juta hingga Rp800 juta. Nominal tersebut sudah termasuk biaya investasi tahap awal hingga pembukaan toko. Berikut rinciannya.

  • Biaya survey: Rp2.000.000
  • Biaya manajemen per tahun: Rp18.000.000 – Rp24.000.000
  • Biaya deposit: Rp40.000.000
  • Biaya pelatihan: Rp3.000.000
  • Biaya mesin dan alat: Rp170.000.000
  • Bahan baku gelombang pertama: Rp100.000.000
  • Estimasi renovasi: Rp200.000.000 – Rp350.000.000
  • Biaya sewa ruko per tahun: Rp75.000.000 – Rp150.000.000

Meski modal franchise Mixue terbilang banyak, namun omzet yang akan didapatkan pun sebanding, estimasi per bulan yaitu Rp300.000.000. Dengan omzet tersebut, diperkirakan dalam waktu 12-18 bulan, Anda sudah bisa balik modal.

Baca Juga: 15 Franchise Kopi Kekinian Populer dan Info Modal Usahanya

Persyaratan Fisik Bangunan

bangunan kedai mixue
Sumber: Malang guidance


Selain mempersiapkan modal awal, ada beberapa ketentuan terkait persyaratan bangunan fisik yang harus Anda perhatikan ketika membuka franchise Mixue. Di antaranya Anda perlu menyediakan tempat dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Luas bangunan minimal 25 meter persegi
  • Tinggi ruangan terendah 2,7 meter
  • Lebar muka minimal 3,8 meter
  • Sumber air bersih yang memadai
  • Memiliki daya listrik 33.000 watt

Tak hanya itu, toko yang dibangun pun harus mematuhi peraturan interior Mixue Indonesia, yang mencakup hal-hal seperti furnitur, listrik, air, lampu neon, pembaruan listrik, dan lain-lain.

Kontraktor yang dapat melakukan pekerjaan sesuai dengan standar Mixue telah disediakan oleh Mixue Indonesia untuk mempermudah Anda.

Baca juga: Es Teh Indonesia Resmi Jadi “BUMN”. Begini Cara Jadi Mitranya

Kontak Mixue untuk Kerjasama Waralaba

Untuk menjadi mitra bisnis franchise Mixue, Anda dapat menghubungi beberapa kontak resmi PT Zisheng Pacific Trading berikut:

  • Nomor WhatsApp: 081993606666
  • Nomor kontak: 0897 2566 797
  • Alamat email: mixueindo@gmail.com.
  • Alamat email tambahan: pt.zishengpacific@gmail.com
  • Instagram: @mixueindonesia
  • TikTok: @mixueindonesia

Pastikan Anda telah memenuhi biaya waralaba Mixue serta prasyarat di atas jika Anda tertarik untuk memulai bisnis franchise Mixue, ya.

Setelah Anda berhasil membuka franchise di tempat yang telah Anda pilih, pastikan Anda memiliki tim karyawan dengan skill yang baik dalam melayani pelanggan.

Anda dapat memposting informasi loker di KitaLulus untuk mendapatkan staf terbaik. Lebih dari 50 ribu lebih perusahaan telah mempercayai KitaLulus sebagai platform pencarian kerja teraman di Indonesia.

Untuk memposting lowongan pekerjaan secara gratis, Anda cukup mengisi formulir pendaftaran yang tersedia. Mudah sekali, kan? Yuk posting loker Anda hari ini untuk menarik banyak pelamar dengan cepat!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd