15 Ide Inovasi Bisnis Kreatif untuk Memulai Usaha. Apa Saja?

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

inovasi bisnis kreatif
Isi Artikel

Untuk bisa mempertahankan usaha atau bisnis yang sedang beroperasi, Anda harus memiliki ide bisnis kreatif. Hal ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, tapi juga bisa menjadi pembeda dengan bisnis sejenis lainnya.

Terutama di era pandemi covid-19 seperti saat ini. Anda harus membuat inovasi bisnis kreatif yang tidak kalah dengan yang sudah lebih dulu ada. Banyak sekali ide dan jenis bisnis kreatif yang bisa dijalankan.

Terutama untuk bisnis kreatif anak muda. Persaingan pasar yang ketat tentu membuat kita memutar otak untuk melakukan inovasi bisnis. Oleh karena itu Anda harus pintar dalam membaca peluang pasar.

Lalu seperti apa bisnis kreatif anak muda ini? Inovasi bisnis apa saja yang bisa dilakukan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Wajib Tahu! Begini Cara Daftar Merk Usaha Dagang Anda

Ada Apa dengan Bisnis Kreatif?

Kreativitas diperlukan untuk bisa mempertahankan bisnis atau usaha di tengah ketatnya persaingan. Sebuah usaha yang tidak memiliki inovasi bisnis dan bisnis kreatif akan cenderung lebih mudah dilupakan.

Hal ini bisa berujung pada kebangkrutan. Tentu Anda tidak menginginkan hal itu terjadi, bukan? Setiap harinya akan selalu ada hal baru di dunia ini. Termasuk cara berpikir masyarakat, keinginan, dan kebutuhan yang dinamis.

Oleh karena itu, sebagai pengusaha Anda harus bisa menyesuaikan usaha atau bisnis yang dijalankan dengan perkembangan tren masyarakat. Tujuanya adalah agar apa yang Anda jalankan bisa tetap relevan dan masih dibutuhkan oleh masyarakat.

Bisnis kreatif menjadi salah satu cara untuk menyiasati perubahan pola tren di masyarakat ini. Terutama bisnis kreatif anak muda yang tidak mau kalah dalam persaingan.

Ide Inovasi Bisnis Kreatif

Ada berbagai banyak ide dan jenis untuk inovasi bisnis kreatif. Bahkan beberapa diantaranya tidak membutuhkan modal yang besar. Modal yang dibutuhkan dalam melakukan bisnis atau usaha adalah niat dan kerja keras.

BACA JUGA: Hal yang Perlu Anda Perhatikan dalam Mengembangkan Usaha. Apa Saja?

Beberapa di antaranya adalah:

1. Cemilan Unik

Salah satu ide bisnis kreatif yang terus mengalami perubahan adalah makanan. Banyak sekali cemilan unik yang tiba-tiba bermunculan. Mulai dari cemilan basah hingga camilan kering.

Anda bisa melakukan inovasi bisnis kreatif dengan membuat cemilan unik sesuai dengan tren yang berkembang. Misalnya saat ini masyarakat lagi menyukai cemilan keripik kaca atau makaroni pedas, maka Anda bisa mencoba membuat cemilan ini dengan cita rasa sendiri.

2. Usaha Roti dan Kue

Dalam dunia kuliner, selalu ada ide inovasi bisnis kreatif yang tertuang di dalamnya. Saat ini, usaha roti dan kue sedang menjadi tren. Mulai dari kue yang digabungkan menjadi satu menu baru, hingga bahan adonan kue. Kuncinya adalah kreatifitas dalam mengolah bahan yang ada.

Anda bisa menciptakan kreasi sendiri untuk membuat sesuatu yang beda. Selain itu, kebutuhan dan keinginan pelanggan yang terus berubah, juga bisa dijadikan peluang untuk menjual produk baru. Misalnya, roti dan kue gluten free, roti dan kue vegan, dan lain-lain.

3. Bahan Makanan Siap Masak

Masyarakat yang memiliki kesibukan tinggi cenderung tidak sempat untuk memasak. Oleh karena itu, ide inovasi bisnis kreatif yang satu ini bisa menjadi peluang untuk usaha baru Anda.

Anda bisa menawarkan berbagai menu masakan dalam kondisi belum dimasak. Anda hanya menyiapkan bahan-bahan yang sudah dibersihkan, dipotong, dan ditakar kepada pelanggan. Sehingga pelanggan tinggal memasaknya di rumah.

4. Katering Makanan Sehat

Sama dengan konsep ide bisnis kreatif sebelumnya, Anda bisa memulai usaha katering makanan sehat. Perbedaan dengan usaha sejenis lainnya adalah Anda menyediakan makanan yang disesuaikan dengan kebutuhan gizi pelanggan.

Oleh karena itu, untuk memulai ide inovasi bisnis kreatif ini, Anda perlu memahami pengetahuan terkait kesehatan dan gizi makanan. Bahkan jika diperlukan, Anda bisa bekerja sama dengan ahli gizi untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan.

5. Desain Grafis

Hingga kini, kebutuhan desain grafis masih terus dicari. Nantinya hasilnya akan digunakan untuk keperluan di media cetak atau di media digital. Ide bisnis kreatif desain grafis bisa digunakan untuk berbagai bidang.

Nah, Anda bisa mencoba ide bisnis kreatif ini untuk membuat desain kemasan produk, logo, hingga poster. Hal yang harus diperhatikan adalah untuk selalu berinovasi meningkatkan daya jual jasa Anda.

6. Desain Uang Mahar

Banyak pasangan yang menginginkan desain mahar yang unik. Salah satunya adalah desain uang mahar. Untuk membuka bisnis kreatif ini, diperlukan orang-orang dengan keterampilan tinggi dalam membuat kerajinan tangan. Baik dari bahan kertas, kain, dan pernak-pernik lainnya.

Setelah didesain sedemikian rupa, lalu dimasukkan ke dalam sebuah bingkai untuk menjaga kerapiannya. Desain uang mahar menjadi salah satu ide bisnis kreatif anak muda yang sedang tren.

7. Scrap Frame

Satu lagi ide bisnis kreatif anak muda yang bisa Anda coba, scrapframe. Bisnis kreatif ini merupakan sebuah kerajinan tangan yang berbentuk bingkai. Namun isinya tidak hanya sekedar foto atau lukisan saja.

Inovasi bisnis kreatif scrapframe menggabungkan gambar dengan kertas atau kain yang dijadikan seni tiga dimensi. Scrapframe bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti, ucapan terima kasih, kado pernikahan, hadiah ulang tahun, hingga hadiah wisuda.

8. Thrift Store

Selanjutnya ada ide bisnis kreatif anak muda, thrift store. Idenya adalah menjual baju-baju bekas impor yang masih layak pakai. Bisnis kreatif ini hanya perlu modal sekitar Rp500 ribu sampai Rp1 juta dan keuntungan yang didapatkan berlipat.

Tren thrift store sedang populer di kalangan muda. Anda bisa menggunakan ide bisnis kreatif ini sebagai penghasilan sampingan. Ada banyak distributor yang menjual paket usaha untuk ide bisnis kreatif anak muda ini.

9. Slime DIY

Mainan berlendir yang terbuat dari lem dan campuran bahan kimia ini masih menjadi tren yang populer di masyarakat. Mulai dari anak kecil hingga kalangan muda masih memainkan slime.

Ide bisnis kreatif anak muda yang satu ini bisa Anda coba dengan membuat slime yang aman dan ramah lingkungan. Bahan baku yang digunakan pun mudah ditemukan dan tidak terlalu membutuhkan banyak modal.

10. Pembuatan Konten Media Sosial

Saat ini, banyak orang-orang yang menggunakan media sosial sebagai media pemasaran yang efektif. Selain karena jangkauan yang lebih luas, melakukan promosi di media sosial lebih affordable.

Untuk memulai ide inovasi bisnis kreatif ini, Anda harus memiliki keahlian dalam membuat konten, baik dalam gambar atau video. Selain itu, Anda juga perlu memahami strategi pemasaran agar pelanggan percaya dengan jasa Anda.

11. Admin Media Sosial

Tidak hanya konten, admin media sosial menjadi ide bisnis kreatif anak muda selanjutnya. Untuk memulai bisnis ini, Anda harus memahami seluk beluk media sosial dan perusahaan yang menggunakan jasa Anda.

Selain itu, menjadi admin media sosial bisa dijadikan sebagai penghasilan sampingan di waktu luang. Akan tetapi bukan berarti Anda meremehkan pekerjaan ini. Sebab, admin merupakan perpanjangan tangan untuk merangkul pelanggan di media sosial.

12. Terrarium

Terrarium merupakan salah satu tren yang populer di kalangan muda dan pecinta tanaman. Ide bisnis kreatif di bidang agrobisnis ini sudah masuk ke Indonesia sejak beberapa tahun silam. Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu mahal.

Anda hanya membutuhkan wadah kaca atau plastik yang diisi dengan tanah atau media tanam dan beberapa jenis tumbuhan. Terrarium bisa dijadikan inovasi bisnis kreatif karena pemeliharaannya yang mudah, tidak memakan banyak tempat, dan juga bisa menjadi penghias ruangan.

13. Kursus Musik Private

Jika Anda memiliki keahlian di bidang musik, maka ide bisnis kreatif kursus musik private. Peluang ide inovasi bisnis kreatif ini bisa Anda manfaatkan di era pandemi seperti ini. Banyak orang yang menggunakan jasa ini karena dianggap lebih murah dibandingkan harus mendatangi tempat kursus musik.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin memulai bisnis kreatif ini. Seperti penentuan harga dan waktu kursus, alat musik, materi pelajaran, tempat mengajar, dan cara penyampaian yang sesuai dengan target pasar Anda.

14. Fotografer dan Videografer

Bisnis kreatif yang satu ini sepertinya memang tidak ada matinya. Apalagi saat ini, jasa fotografer dan videografer semakin dibutuhkan. Terutama untuk acara lamaran, pernikahan, siraman, pembuatan iklan, video profile perusahaan, dan lain-lainnya.

Jika Anda memulai bisnis kreatif ini dari nol, Anda bisa menawarkannya kepada saudara dan teman terdekat. Lalu minta mereka untuk mempromosikan jasa Anda kepada teman-teman mereka.

15. Jasa Teman Curhat

Mungkin terdengar sedikit aneh, tapi tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan untuk didengar sangat diperlukan dalam beberapa waktu akhir ini. ide inovasi bisnis kreatif ini pertama kali dipopulerkan di luar negeri.

Anda bisa membuka jasa teman curhat atau pendengar yang sabar dan bisa memberi saran atas permasalahan pelanggan. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai Anda terbawa perasaan oleh kisah yang diceritakan.

Itulah ide-ide dan jenis inovasi bisnis kreatif yang bisa Anda coba sebagai usaha baru. Pastikan untuk melihat peluang bisnis yang sedang menjadi tren di masyarakat akhir-akhir ini. Manfaatkan peluang tersebut untuk mencari keuntungan.

Jika Anda membutuhkan karyawan untuk usaha baru, bisa menaruh lowongan di KitaLulus. Sekarang, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Semarang, dan Gowa.

Daftarkan diri Anda sekarang juga untuk memasang lowongan pekerjaan di KitaLulus. Dapatkan kandidat terbaik untuk membantu usaha Anda bersama KitaLulus, mulai dari sekarang!

Dapatkan konten Kitalulus

Terima Kasih telah berlanggan pada newsletter Kitalulus!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok