Mudah Viral, Ini 10 Ide Konten Bisnis untuk Ramadhan Paling Menarik

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Ide konten bisnis untuk Ramadhan– Tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Sebagai pegiat bisnis, apakah Anda sudah menentukan ide konten bisnis untuk Ramadhan nanti?

Di bulan puasa, bukan berarti tidak ada ide konten bisnis untuk Ramadhan yang bisa Anda unggah di media sosial. Bahkan momen ini harus Anda gunakan sebaik mungkin untuk menggaet para followers akun media sosial.

Sebab, tidak sedikit para pegiat bisnis lainnya yang berlomba-lomba memberikan promosi dan sebagainya di media sosial. Simak penjelasan di bawah ini terkait ide konten bisnis untuk Ramadhan yang bisa Anda gunakan.

BACA JUGA: Mau Buat Bisnis Manager dengan Optimal? Simak Cara-caranya Di Sini!

10 Inspirasi Ide Konten Bisnis untuk Ramadhan yang Menarik

Inspirasi ide konten bisnis untuk Ramadhan

Biasanya, di momen khusus seperti bulan suci Ramadhan, banyak brand yang melakukan promosi untuk menarik hati para pengikutnya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga sudah menyiapkan ide konten bisnis untuk Ramadhan selama satu bulan penuh.

Hal ini dikarenakan konten yang relevan akan memikat banyak audiens. Tujuan dari ide konten bisnis untuk Ramadhan adalah untuk mengembangkan aktivitas online media sosial brand Anda.

Ide konten bisnis untuk Ramadhan juga bisa dijadikan sebagai peluang mendapatkan pengikut atau audiens baru. Fenomena ini tentu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pegiat bisnis seperti Anda.

Berikut beberapa ide konten bisnis untuk Ramadhan yang bisa dicoba untuk akun media sosial Anda:

1. Konten dengan Tema Rohani

Ide konten bisnis untuk Ramadhan yang pertama adalah tema rohani. Ide ini sesuai dengan momen Ramadhan yang merupakan bulan penuh berkah. Konten dengan tema rohani pun tidak akan ada habis untuk dibahas.

Anda bisa membuat konten yang berisikan ayat-ayat suci Alqur’an, berbagai macam doa dan hadits, petuah islami, kisah nabi, ajakan untuk berbuat kebaikan, dan konten lainnya dengan tema rohani.

2. Menu Berbuka atau Sahur

Ide konten selama Ramadhan

Berpuasa di masa pandemi seperti ini, tidak sedikit orang yang menjalani puasa seorang diri. Maka ide konten bisnis untuk Ramadhan selanjutnya adalah menu berbuka atau sahur.

Dengan memberikan ide konten bisnis untuk Ramadhan ini, diharapkan dapat membuat banyak pengikut yang recook resep yang diunggah. Anda bisa memberikan call to action untuk mengajak pengikut recook dan mention akun media sosial Anda untuk meningkatkan reach.

3. Tutorial Memakai Hijab

Selanjutnya ada ide konten bisnis untuk Ramadhan bertopik tutorial memakai hijab. Tidak sedikit perempuan yang masih bingung mau menggunakan hijabnya dengan gaya apa. Anda bisa mengunggah tutorial memakai hijab dengan format video.

Anda juga bisa mengajak para pengikut untuk mencontoh gaya hijab yang ada di video dan mengunggahnya ke media sosial. Dengan begini, interaksi antara Anda dengan para pengikut tetap terjaga.

4. Tips Mengatur Keuangan

Ide konten selama Ramadhan yang menarik

Bulan Ramadhan identik dengan buka bersama yang cenderung menghabiskan banyak uang. Ide konten bisnis untuk Ramadhan selanjutnya adalah tips mengatur keuangan. Anda bisa mulai dengan tips mengatur keuangan untuk berbuka puasa.

Kemudian mengatur uang untuk THR, membeli baju lebaran, membagikan ke sanak saudara, hingga tips menabung agar setelah lebaran kondisi keuangan tetap stabil dan tidak menghabiskan banyak uang.

5. Tips Agar Tetap Sehat

Di masa pandemi ini rasanya semakin sulit untuk menjaga kebugaran tubuh. Oleh karena itu, Anda bisa memberikan ide konten bisnis untuk Ramadhan tips agar tetap sehat selama berpuasa.

Selain memberikan informasi kepada audiens, Anda juga mengajak para pengikut untuk membiasakan pola hidup sehat di keseharian mereka. Anda bisa membuat konten hidup sehat ini dengan format video atau foto.

6. Hiburan untuk Ngabuburit

Ide konten Ramadhan bertema ngabuburit

Pandemi membuat kita harus tetap di rumah saja. Termasuk pada saat ngabuburit. Ide konten bisnis untuk Ramadhan selanjutnya adalah Anda bisa memberikan hiburan untuk ngabuburit.

Anda bisa mengajak pengikut untuk bermain games, tebak-tebakan, atau merekomendasikan film atau drama yang lagi seru dibahas. Dengan ide konten bisnis untuk Ramadhan yang satu ini, pengikut Anda jadi terhibur dan bisa menaikan engagement rate akun media sosial Anda.

BACA JUGA: Inilah 9 Ide Jualan dengan Modal Bisnis Dibawah Rp10 juta!

7. Live Streaming

Saat ini di beberapa media sosial sudah menyediakan fitur live streaming. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk ide konten bisnis untuk Ramadhan. Banyak aktivitas seru yang bisa dijadikan konten.

Misalnya ketika Anda ingin memasak untuk menu berbuka, atau ketika Anda mengunjungi tempat-tempat asyik untuk berbuka puasa dengan memperhatikan prokes, atau sekedar melakukan live dengan format Q&A.

8. Membagikan Giveaway atau Kontes

Ide konten Ramadhan untuk bisnis

Ide konten bisnis untuk Ramadhan selanjutnya bisa membantu untuk meningkatkan engagement rate akun media sosial Anda. Sebelum Anda memberikan giveaway, Anda bisa memberikan sejumlah syarat.

Misalnya untuk mention tiga teman, repost, unggah di feed atau story, dan lainnya. pastikan Anda memberikan hadiah yang sesuai dengan usaha yang dilakukan para followers. Misalnya THR sejumlah sekian, voucher makan untuk buka puasa, dan lain sebagainya.

9. Memperkenalkan Produk Baru

Memperkenalkan produk baru juga bisa menjadi ide konten bisnis untuk Ramadhan, terlebih jika produk baru yang Anda kenalkan memiliki hubungan dengan bulan puasa.

Misalnya kue Ramadhan, menu berbuka atau sahur, baju lebaran, cemilan sehat untuk puasa, dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga bisa memberikan diskon khusus selama bulan Ramadhan. Sehingga banyak audiens yang tertarik dengan konten Anda.

Jangan lupa untuk mengiklankan produk Anda agar bisa menjangkau lebih banyak audiens.

10. Lakukan Kolaborasi dengan Influencer

Ide konten bisnis untuk Ramadhan dengan kolaborasi

Satu lagi ide konten bisnis untuk Ramadhan yang bisa Anda coba, yaitu melakukan kolaborasi dengan influencer. Anda bisa memanfaatkan kolaborasi ini untuk mengenalkan produk baru Anda.

Cara ini terbilang cukup efektif untuk membangun brand awareness atau menambah penjualan. Akan tetapi, Anda perlu memilih influencer yang sesuai dengan branding produk dan target pasar Anda.

Demikianlah beberapa inspirasi ide konten bisnis untuk Ramadhan yang bisa Anda pasang di media sosial! Sudah siap menyambut bulan penuh berkah dengan strategi promosi memikat?

Jika Anda membutuhkan tim untuk mengelola media sosial, pasang saja lowongannya di KitaLulus, platform pencarian kerja teraman dan cepat di Indonesia. Daftarkan diri Anda sekarang dan dapatkan talenta berkualitas #LebihMudah bersama KitaLulus!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd