Mengenal Strategi In House Training untuk Meningkatkan Kualitas SDM

penulis
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Tahukah Anda bahwa, in house training memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di perusahaan Anda?

Tidak hanya memberikan pelatihan saja, tetapi juga bisa meningkatkan produktivitas karyawan. Pada prakteknya, in house training sama dengan memberikan pelatihan keterampilan kepada karyawan di perusahaan.

Cari tahu lebih lanjut mengenai pengertian in house training, manfaat, dan kelebihannya bagi perusahaan Anda melalui pembahasan KitaLulus di bawah ini:

BACA JUGA: 10 Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan Agar Loyal dan Produktif

Pengertian In House Training

in house training adalah

In house training bisa diartikan sebagai bentuk pelatihan yang diberikan perusahaan kepada karyawannya. Hanya saja, pelatihan ini disesuaikan dengan permintaan perusahaan. Mulai dari tempat, waktu, hingga materi yang akan disampaikan.

Pengertian in house training juga bisa diartikan sebagai kegiatan pelatihan yang dilakukan untuk dan oleh karyawan internal perusahaan itu sendiri. Mulai dari pemberian keterampilan di bidang tertentu, perilaku, konsep pembelajaran, soft skill dan hard skill, hingga pengetahuan di bidang teknis dan nonteknis.

Tujuan utama dari in house training adalah membuat karyawan bisa menyelesaikan pekerjaannya secara efektif dan efisien serta meningkatkan produktivitas kerja.

Sumber daya manusia yang berkualitas dan berpotensi, tentu memberikan keuntungan dan dampak positif bagi perusahaan. Hal ini akan membuat segala kegiatan operasional dan mencapai tujuan dengan lancar.

Manfaat In House Training

Manfaat in house training

Pada prakteknya, peserta dari in house training ini adalah keseluruhan karyawan satu perusahaan. Artinya, mereka berasal dari perusahaan yang sama. Sebab umumnya, pelatihan tenaga kerja bisa diikuti peserta dari beberapa perusahaan.

Ada beberapa manfaat in house training yang bisa Anda rasakan, diantaranya:

1. Target Perusahaan Jadi Lebih Cepat Dicapai

Manfaat in house training yang pertama adalah target perusahaan jadi lebih cepat dicapai. Hal ini karena kualitas, pengetahuan, dan juga keterampilan karyawan meningkat. Sehingga mereka bisa meningkatkan produktivitas kerja.

2. Standar Kerja Meningkat

Standar kerja juga bisa ditingkatkan dari in house training ini. Hal ini bisa terjadi karena ketika seluruh karyawan dari berbagai divisi disatukan, mereka akan bertukar pikiran dan informasi. Sehingga standar kerja ikut meningkat.

3. Rasa Kebersamaan dan Kekeluargaan Antar Karyawan

Manfaat in house training selanjutnya adalah bisa mempererat rasa kebersamaan dan kekeluargaan antar karyawan. Hal ini juga berkaitan dengan manfaat sebelumnya. Seluruh karyawan bisa saling bertukar pikiran, informasi, ilmu, dan lainnya.

4. Meningkatkan Motivasi Karyawan dan Kemauan untuk Belajar

Satu lagi manfaat in house training adalah bisa meningkatkan motivasi karyawan. Melalui pelatihan ini, karyawan diharapkan bisa menyelesaikan masalah yang dihadapinya dengan cepat, efektif, dan efisien. Sehingga mereka akan terus belajar dari masalah-masalah yang sudah dilalui.

BACA JUGA: 10 Indikator Kinerja Karyawan dan Cara Menyusunnya

Tempat Penyelenggaraan In House Training

Untuk menentukan tempat penyelenggaraan In House Training tersebut tidaklah sulit. Anda dapat memanfaatkan kantor, hotel, atau dimanapun tempat yang membuat penyelenggaraannya menjadi sukses.

Walaupun Anda bebas melakukannya dimana saja, perlu diperhatikan juga mengenai kenyamanan dari penyelenggaraan acara tersebut. Pastikan tempatnya tetap mendukung supaya acaranya berjalan efektif dan maksimal.

Kekurangan dan Kelebihan In House Training

kekurangan dan kelebihan in house training

Selain manfaat, ada kekurangan dan kelebihan in house training yang harus Anda ketahui, yaitu:

Kelebihan In House Training

Adapun kelebihan dari in house training adalah sebagai berikut:

1. Kenyamanan

Kelebihan yang pertama adalah kenyamanan. Sebab umumnya lokasi dari in house training ini berada di kantor. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk sewa tempat atau ongkos lainnya.

2. Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan

In house training bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan perusahaan. Bahkan Anda bisa memilih materi yang akan diberikan dan waktu pelatihan. Sehingga tidak mengganggu pekerjaan lainnya.

3. Efektivitas Biaya

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dengan mengadakan in house training Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk sewa tempat atau ongkos lainnya. Paling tidak Anda hanya mengeluarkan biaya untuk coffee break dan waktu istirahat makan saja.

4. Kerjasama Tim

Satu lagi kelebihan adalah kerjasama tim. Hal ini karena keseluruhan karyawan dari berbagai divisi disatukan. Sehingga mereka bisa lebih bebas untuk mengeksplorasi dan mengembangkan hubungan dengan karyawan lainnya.

Kekurangan In House Training

Dibalik kelebihan yang berdampak positif di atas, ada beberapa kekurangan in house training yang harus Anda perhatikan, yaitu:

1. Bertambahnya Beban Kerja Administrasi

Beban kerja divisi administrasi ikut bertambah dengan adanya in house training ini. Pasalnya, mereka akan membuat materi, rencana pelatihan, mengatur jadwal, dan lainnya. Sehingga lebih menguras waktu, tenaga, dan tentunya pikiran.

2. Ada Karyawan yang Tidak Terlibat

Pada kenyataannya, tidak semua karyawan merasa semangat atau termotivasi dengan adanya in house training ini. Biasanya hal ini karena mereka lebih mengutamakan pekerjaan yang sedang diselesaikan. Sehingga ada beberapa karyawan yang tidak terlibat dan hasil dari pelatihan ini tidak maksimal.

3. Kurang Networking

Satu lagi kerugian in house training adalah kurang networking. Hal ini karena seluruh peserta hanya berasal dari satu perusahaan yang sama. Sehingga berkurang kesempatan untuk menjalin networking dengan karyawan dari perusahaan lain.

Demikianlah penjelasan terkait in house training, manfaat, kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui dan pertimbangkan.

Pelatihan semacam in house training bisa membantu meningkatkan mutu sumber daya manusia yang diperlukan perusahaan. Akan tetapi, tim HR harus memiliki indikator pengukuran keberhasilan juga untuk mengevaluasi apakah program tersebut menghasilkan output positif bagi perusahaan.

Apabila perusahaan Anda sedang membutuhkan karyawan untuk mengisi posisi kosong dengan cepat, Anda bisa menaruh informasi lowongannya di KitaLulus. Saat ini, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Medan, Semarang, Surabaya, dan Gowa.

Daftarkan diri Anda sekarang juga untuk memasang iklan lowongan pekerjaan di KitaLulus. Dapatkan kandidat terbaik yang cocok dengan perusahaan Anda dengan #LebihMudah bersama KitaLulus mulai dari sekarang!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd