Mengenal Profesi Staff Hotel, Tugas, dan Job Desk Lengkapnya

Close Pop up
Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

Tugas staff hotel
Isi Artikel

Job desk staff hotel – Apakah perusahaan Anda bergerak di bidang industri jasa pelayanan hotel? Sebaiknya Anda harus memahami mengenai job desk staff hotel sebelum membuat susunan lowongan kerjanya.

Job desk staff hotel bisa bervariasi tergantung tipe hotel yang dikelola. Namun secara umum, job desk staff hotel dibagi menjadi tiga bagian. Yaitu; administrasi, layanan tamu, dan staff pendukung. Sama seperti divisi di perusahaan pada umumnya, staff di perhotelan juga dibagi lagi berdasarkan job desk masing-masing.

Berikut penjelasan lengkapnya terkait pembagian job desk staff hotel yang perlu Anda tahu.

BACA JUGA: Apa Itu Divisi IT? Ini Tugas, Skill, Job Desk IT, & Jenjang Karirnya

Sekilas tentang Tugas Staff Hotel

Job desk staff hotel

Pada umumnya, setiap hotel berukuran besar maupun kecil pastilah memiliki karyawan. Oleh karena itu, tugas staff hotel pun akan berbeda-beda tergantung kebutuhan dari hotel tersebut.

Pada hotel berukuran kecil, umumnya pembagian peran staff hotel dibagi menjadi manajer, resepsionis, housekeeping, hingga bagian dapur. Namun lain halnya pada hotel berukuran besar. Semakin besar ukuran hotel (atau tamu yang dilayani), maka semakin banyak pula pembagian tugas staff hotelnya.

Seiring dengan berkembangnya industri pariwisata Indonesia, kebutuhan akan calon kandidat yang berkualitas untuk menjadi staff hotel pun semakin dibutuhkan.

Bahkan, karir staff hotel pun sangat menarik dan prospektif. Maka tidak heran jika industri perhotelan memiliki banyak peminatnya. Lalu, apa saja pembagian job desk staff hotel pada umumnya?

Jenis Jenis Job Desk Staff Hotel

Jenis jenis job desk staff hotel

Jika perusahaan yang Anda dirikan bergerak di bidang industri jasa pelayanan hotel, maka Anda harus memahami apa saja job desk staff hotel dan pembagiannya. Hal ini bisa membantu Anda saat ingin membuat lowongan pekerjaan atau sekedar membagikan tugas kepada karyawan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, umumnya job desk staff hotel dibagi menjadi tiga, yaitu: administrasi, layanan tamu, dan staff pendukung. Berikut jenis-jenis job desk staff hotel yang perlu Anda tahu, yaitu antara lain:

1. Job desk Staff Hotel bagian Pelayanan Tamu

Umumnya, job desk staff hotel bagian pelayanan tamu merupakan pekerjaan wajib yang harus dimiliki oleh setiap hotel. Pada dasarnya, karyawan yang ada di bagian pelayanan tamu bertanggung jawab untuk memberikan pengalaman terbaik untuk para pengunjung. Berikut bagian dari pelayanan tamu:

a. Resepsionis

Job desk staff hotel bagian pelayanan tamu yang pertama adalah resepsionis. Bagian ini merupakan garda terdepan dalam pelayanan tamu. Tugas utamanya meliputi menyapa tamu, melayani pemesanan kamar hotel, memeriksa ketersediaan kamar, serta mengumpulkan pembayaran.

b. Porter

Selanjutnya ada porter yang juga merupakan bagian dari job desk staff hotel pelayanan tamu. Porter termasuk staff pendukung yang bertugas khusus untuk menangani kebutuhan bagasi tamu.

Hal ini meliputi membawa koper tamu dari lobi ke kamar dan sebaliknya hingga mengantarkan tamu ke kamar yang sudah ditentukan.

c. Concierge

Concierge atau pramutamu adalah bagian dari job desk staff hotel pelayanan tamu yang memiliki tugas utama untuk memenuhi beragam kebutuhan tamu. Hal ini meliputi membuat reservasi untuk restoran, transportasi, hingga hiburan.

Untuk menjadi seorang concierge, calon kandidat harus memiliki pengalaman sebagai customer service yang sudah terbiasa menghadapi berbagai macam pelanggan atau tamu. Sehingga nantinya mereka bisa mengerjakan job desk staff hotel dengan baik.

d. Room Service

Rasanya tidak lengkap sebuah hotel tanpa ada layanan room service. Karyawan yang mengerjakan job desk staff hotel bagian pelayanan room service bertugas untuk melayani jasa-jasa yang disediakan oleh hotel.

e. Waiter dan/atau Waitress

Satu lagi job desk staff hotel bagian pelayanan yaitu waiter dan/atau waitress. Tugas utamanya adalah untuk menerima pesanan, menyajikan hidangan, hingga menerima pembayaran dari tamu. Biasanya waiter dan/atau waitress akan ditempatkan di restoran atau bar di dalam sebuah hotel.

f. Staff Dapur

Job desk staff hotel bagian pelayanan selanjutnya adalah staff dapur. Mereka Akan bertanggung jawab untuk segala urusan dapur. Mulai dari memasak, menyiapkan hidangan, mencuci piring, hingga memesan bahan makanan yang dibutuhkan.

BACA JUGA: Job Desk Graphic Design, Pengertian, Gaji, Skill, & Jenjang Karir

2. Job Desk Staff Hotel bagian Pembersihan dan Pemeliharaan

job desk staff hotel bagian room service

Job desk staff hotel bagian pembersihan dan pemeliharaan memiliki kaitannya dengan kualitas sebuah hotel. Kedua aspek ini sangat mendukung kualitas sebuah hotel. Sebab, hal yang dicari oleh tamu adalah kenyamanan dan kebersihan.

Berikut bagian dari pembersihan dan pemeliharaan:

a. Room Division Manager

Job desk staff hotel untuk room division manager adalah memimpin dan memastikan bahwa kamar yang dipesan oleh tamu sudah siap, hingga kelancaran proses check-in dan check-out tamu.

Umumnya, room division diisi oleh housekeeper dan front office. Kedua job desk staff hotel ini sangat penting dalam memberikan kenyamanan dan pengalaman yang memuaskan untuk para tamu.

b. Housekeeper

Housekeeper merupakan job desk staff hotel bagian pembersihan dan pemeliharaan yang bertanggung jawab langsung untuk menjaga standar kebersihan hotel. Hal ini dimulai dari kebersihan kamar, lobi, mencuci seprei dan handuk, hingga fasilitas lainnya yang ada di hotel.

Hal yang perlu diperhatikan untuk mengerjakan job desk staff hotel ini adalah stamina dan fisik yang kuat. Sebab, pada hotel berukuran besar akan ada banyak sekali yang harus dibersihkan dan dirawat.

c. Maintenance Staff

Satu lagi job desk staff hotel bagian pembersihan dan pemeliharaan adalah maintenance staff. Tugas utamanya adalah untuk memastikan semua fasilitas hotel bisa berjalan dengan baik.

Job desk staff hotel maintenance staff akan bertanggung jawab pada pemeriksaan dan perbaikan di segala fasilitas hotel. Mulai dari elevator, listrik, lampu, hingga teknis-teknis lainnya.

3. Job Desk Staff Hotel bagian Administrasi

job desk staff hotel bagian administrasi

Sama seperti perusahaan pada umumnya, industri perhotelan juga tidak bisa jalan tanpa adanya job desk staff hotel di bagian administrasi. Umumnya mereka bertugas mengurusi anggaran dan dan keuangan hotel, pemasaran dan periklanan, hingga manajemen operasional hotel. Berikut bagian dari administrasi:

a. Hotel Manager

Job desk staff hotel bagian administrasi yang pertama adala hotel manager. Tugas utamanya adalah untuk mengawasi keseluruhan operasional hotel. Hal ini termasuk memberikan latihan dan pekerjaan kepada staff lainnya.

Kemudian tugas hotel manager yang lainnya adalah menetapkan standar pelayanan tamu dan menetapkan serta memelihara kebijakan hotel. Singkatnya, hotel manager juga bertanggung jawab pada kualitas sebuah hotel.

b. Sales & Marketing

Sama seperti pada perusahaan umumnya, job desk staff hotel bagian sales & marketing juga melakukan aktivitas pemasaran hotel. Tugas utamanya adalah untuk menetapkan tujuan iklan dan menentukan langkah strategis untuk mempromosikan hotel. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengenalkan nama hotel ke masyarakat luas.

c. Purchasing

Purchasing juga termasuk bagian dari job desk staff hotel administrasi. Mereka akan bertanggung jawab untuk melengkapi produk dan perlengkapan hotel. Hal ini meliputi seprai kasur, handuk mandi, bahan makanan, peralatan makan, hingga perlengkapan lainnya untuk kenyamanan tamu.

d. Akuntan

Akuntan merupakan bagian dari job desk staff hotel administrasi yang bertugas mengatur dan mengelola keuangan hotel. Sama seperti akuntan pada umumnya, mereka juga bertanggung jawab dalam pencatatan transaksi pendapatan, pengeluaran, hingga pajak.

e. Event Planner

Event planner adalah salah satu job desk staff hotel yang berkaitan dengan penyelenggaraan acara di hotel. Biasanya pada hotel besar, ada fasilitas seperti ballroom, ruang konferensi, atau hall luas yang bisa digunakan untuk berbagai acara besar.

Nantinya, seorang event planner akan melakukan job desk staff hotel untuk melakukan kerja sama dengan penyelenggara acara. Mulai dari perencanaan acara hingga acaranya selesai.


Demikianlah penjelasan terkait job desk staff hotel pada umumnya. Semua pembagian kerja di atas bisa saja berbeda di setiap hotel. Hal ini tentunya tergantung pada kebijakan dan skala hotel tersebut.

Pada hotel berukuran kecil, biasanya tidak membutuhkan banyak tenaga kerja. Namun lain halnya dengan hotel berukuran besar yang membutuhkan banyak tenaga kerja untuk menyelesaikan job desk staff hotelnya masing-masing.

Apabila Anda membutuhkan tim untuk mengelola bisnis hotel, KitaLulus siap membantu Anda! Sebagai salah satu situs pencari kerja populer, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Semarang, dan Gowa.

Akan ada banyak peluang untuk mendapatkan calon kandidat yang berkompeten dan berkualitas. Daftarkan diri Anda sekarang juga untuk memasang lowongan pekerjaan di KitaLulus dan dapatkan anggota tim terbaik sekarang juga!


Dapatkan konten Kitalulus

Terima Kasih telah berlanggan pada newsletter Kitalulus!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok