12 Ide Konten Lebaran yang Menarik dan Cepat Viral, Yuk Bikin!

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

hrd
Isi Artikel

Lebaran bisa menjadi momentum untuk Anda lebih dekat dengan audiens di media sosial. Hal ini bisa Anda lakukan dengan membuat konten lebaran yang menarik dan relate dengan mereka.

Apakah Anda sudah punya ide konten lebaran yang mau dibikin? Jika belum, Anda membuka artikel yang tepat, karena KitaLulus sudah siapkan beberapa ide konten menarik seputar hari raya Idul Fitri. Yuk, lihat list di bawah ini!

Ide Konten Lebaran

Sebagai konten kreator pemula, mungkin Anda berpikir keras bagaimana cara agar konten Anda viral dan bisa FYP di TikTok atau media sosial lainnya.

Sebenarnya hal ini bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan momen yang lagi tren, seperti Hari Raya Idul Fitri yang sebentar lagi tiba. Kira-kira, apa saja konten yang dapat dibuat di momen tersebut?

1. Tutorial Masakan Khas Lebaran

Tutorial Masakan Khas Lebaran

Setiap hari raya keagamaan pasti ada makanan khas yang selalu disajikan di momen tersebut. Seperti halnya hari lebaran yang identik dengan makanan ketupat, opor ayam, rendang, sambal goreng kentang, sampai gulai.

Nah, ini bisa menjadi ide konten lebaran yang menarik. Anda bisa membuat tutorial dalam bentuk video tentang memasak menu makanan khas lebaran.

Buatlah konten tutorial yang lengkap dengan takaran bumbu tiap-tiap masakan, dengan begini audiens akan tertarik untuk melihatnya sampai habis serta membagikan konten Anda.

Tidak hanya masakan berat, Anda juga bisa membuat konten tutorial membuat kue kering khas lebaran, seperti nastar, kastengel, putri salju, atau lidah kucing.

2. Tutorial Hijab

Anda juga bisa membuat konten tutorial hijab terbaru. Konten ini sangat cocok untuk Anda yang memang audiens dan target marketnya adalah wanita muda.

Anda bisa membuatnya sederhana saja dengan video berdurasi 15 sampai 30 detik untuk masing-masing model hijab. Nantinya, Anda bisa upload tutorial ini di Instagram Story dan memasukannnya menjadi bagian highlight atau juga bisa di Reels atau TikTok.

3. Makeup Edisi Lebaran

Makeup Edisi Lebaran

Ide konten lebaran satu ini juga akan sangat cocok untuk Anda yang target marketnya wanita.

Karena lebaran adalah momen yang berbahagia, tentunya tampilan makeup juga harus disesuaikan. Nah, pastinya banyak orang yang membutuhkan tutorial makeup spesial lebaran.

Anda bisa membuat beberapa jenis konten makeup edisi lebaran, seperti tutorial makeup lebaran bertema natural, tutorial makeup lebaran budget Rp200.000, dan sebagainya.

4. Ide Hampers Lebaran

Momen lebaran identik dengan memberikan hampers kepada orang-orang terkasih. Ini juga bisa Anda jadikan ide konten lebaran yang menarik.

Biasanya, banyak orang belum kepikiran hampers seperti apa yang harus mereka berikan, jadi Anda bisa memberikan beberapa rekomendasi hampers yang unik.

Agar konten Anda menarik, jangan lupa masukkan judul dan gambar di dalamnya.

Baca Juga: 18 Ide Hampers Lebaran yang Unik, Terjangkau, dan Berkesan

5. Konten Mudik

Mudik adalah salah satu konten yang banyak dicari orang menjelang lebaran, saat lebaran, serta arus pulang. Jadi, pastikan Anda menyiapkan konsep yang bagus untuk membuat konten ini.

Beberapa ide konten seputar mudik yang bisa Anda angkat antara lain info mudik gratis, tips mendapatkan tiket mudik murah, tips meninggalkan rumah saat mudik, dan lain sebagainya.

6. Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi

Selain bersilaturahmi, lebaran juga sering dijadikan momen untuk berlibur bersama keluarga. Hal ini pun bisa jadi ide konten yang menarik.

Coba Anda cari tempat wisata menarik yang ada di kota Anda. List juga tempat-tempat wisata yang sedang ramai dan Instagramable. Pasti konten Anda cepat viral.

7. Outfit Idul Fitri

Outfit Idul Fitri

Perayaan lebaran selalu identik dengan baju baru. Nah, biasanya audiens Anda akan sangat membutuhkan inspirasi bagaimana memadu padankan outfit saat lebaran.

Anda bisa membuat konten seputar inspirasi outfit Idul Fitri dalam bentuk video singkat, jika memungkinkan ajak KOL bidang fashion untuk bekerja sama.

8. Konten Seputar Silaturahmi

Ide konten seputar lebaran yang menarik berikutnya yaitu tentang silaturahmi. Anda bisa mengemasnya dalam bentuk video lucu maupun tanya jawab.

Misalnya, Anda membuat konten seputar cara menjawab pertanyaan kapan nikah, ide games bersama keluarga, atau topik obrolan asyik bersama keluarga.

Baca Juga: 17 Ide Ngabuburit Seru dan Produktif yang Bisa Kamu Coba

9.  Rekomendasi Musik dan Film Edisi Lebaran

Anda juga bisa membuat konten seputar musik dan film spesial lebaran. Konten ini akan sangat diminati oleh audiens muda. Biasanya mereka membutuhkan rekomendasi musik atau film yang menarik untuk mengisi libur lebarannya.

Anda dapat membuat konten rekomendasi film lengkap dengan sinopsisnya. Atau jika ingin membuat konten seputar musik, Anda bisa membuat rekomendasi playlist untuk sambut hari lebaran.

10. Membuat Amplop THR

Berbagi THR saat lebaran adalah salah satu tradisi yang tidak bisa dilepaskan. Biasanya banyak orang yang ingin memberikan THR dengan amplop yang lucu dan unik.

Nah, ini bisa Anda buat jadi konten lho, Anda bisa menyajikan konten tutorial cara mudah membuat amplop THR yang unik.

11. Konten Giveaway

Konten Giveaway

Jika Anda ingin meningkatkan engagement dan followers, tak ada salahnya Anda membuat konten giveaway dengan hadiah yang menarik.

Anda bisa siapkan hadiah voucher produk atau e-wallet, tidak lupa sertakan syarat bahwa peserta wajib mem-follow akun Anda.

12. Konten Ucapan Idul Fitri

Konten lain yang pasti juga akan banyak dicari yaitu seputar ucapan Idul Fitri. Pasalnya, orang akan mencari inspirasi kata-kata untuk dijadikan caption Instagram maupun dikirimkan ke sanak saudara.

Baca Juga: 40 Ucapan Selamat Idul Fitri 2023 Bahasa Indonesia dan Inggris

Nah, itulah dia beberapa ide konten lebaran yang cepat viral yang bisa Anda buat.

Jika Anda memiliki bisnis sendiri, memanfaatkan momen seperti ini tentu akan jadi peluang bagus untuk meningkatkan penjualan. Anda bisa membuat konten menarik dengan menghubungkan momen yang ada dengan produk yang Anda jual.

Tapi, memikirkan konten untuk brand memang bukan pekerjaan yang mudah. Maka dari itu, kehadiran seorang social media specialist atau content creator sangat dibutuhkan.

Sekarang, untuk menemukan kandidat social media specialist atau content creator tidaklah sulit. Apalagi jika Anda memasang loker di KitaLulus.

Pasang loker di KitaLulus gratis dan didukung penuh oleh tim KitaLulus, sehingga bisa mendapatkan kandidat terbaik dengan cepat. Sebanyak 70 lebih perusahaan sudah membuktikannya, kini giliran Anda. Yuk pasang loker Anda sekarang juga!

cari karyawancari karyawan