7 Langkah-Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Seperti yang kita tahu, membangun sebuah bisnis itu bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha serta implementasi yang tepat untuk membuatnya sukses.

Bahkan, meskipun bisnis Anda berjalan dengan baik, Anda tidak bisa berhenti sampai di situ saja. Bisnis yang baik adalah bisnis yang selalu mencari cara untuk bisa berkembang.

Ketahui apa saja langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha yang bisa Anda lakukan melalui pembahasan di bawah ini.

Pengertian Peluang Usaha Menurut Para Ahli

Secara garis besar, pengertian peluang usaha adalah sebuah kesempatan untuk memanfaatkan kejadian di pasar untuk keuntungan bisnis. Sedangkan menurut KBBI, peluang usaha adalah kesempatan yang bisa dimanfaatkan oleh seseorang untuk membangun usaha.

Para ahli juga turut memberikan pendapat mengenai apa itu peluang usaha. Berikut penjelasannya.

  • Menurut Robbin and Coulter, peluang usaha adalah proses yang melibatkan individu atau kelompok untuk menggunakan usaha dan/atau sarana tertentu dengan tujuan membuat nilai guna yang bisa memenuhi kebutuhan manusia tanpa memperhatikan sumber daya yang digunakan.
  • Menurut Arif F. Hadipranata, peluang usaha digambarkan sebagai risiko yang harus diambil dan dihadapi untuk mengelola dan mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan atau finansial.
  • Thomas W. Zimmerer mengartikan peluang usaha sebagai bentuk dari kreativitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan melihat berbagai kesempatan sehari-harinya.

Peluang usaha menjadi salah satu faktor ada bisnis yang berhasil dan tidak. Selain itu, perlu diperhatikan bahwa tidak semua orang mampu melihat peluang usaha dan mau mengambil risikonya.

Sumber Peluang Usaha

sumber peluang usaha

Peluang usaha bisa dilihat dari berbagai kesempatan sehari-hari. Artinya, ada banyak sumber peluang usaha yang bisa Anda coba dan implementasikan.

Bisa saja bahwa selama ini Anda sudah bersinggungan dengan sumbernya, namun tidak menyadarinya. Atau, bisa jadi Anda sudah memiliki modal untuk berbisnis, tetapi masih ragu dan bingung apa yang harus Anda lakukan.

Di bawah ini merupakan beberapa sumber peluang usaha di sekitar Anda yang bisa dijadikan bisnis.

1. Faktor Internal

Faktor internal dalam sumber peluang usaha berfokus pada individu itu sendiri. Apakah individu tersebut memiliki beberapa faktor yang bisa digunakan untuk menjalankan sebuah bisnis atau tidak.

Hal yang termasuk pada faktor internal meliputi wawasan atau pengetahuan akan sebuah bisnis, pengalaman individu dalam dunia bisnis, dan juga kreativitas yang dimilikinya.

Intinya, salah satu hal utama dalam melihat sebuah peluang usaha adalah dengan melihat ke dalam diri sendiri. Itulah sebabnya sangat penting untuk mengidentifikasi kemampuan, bakat, dan passion yang Anda miliki.

2. Faktor Eksternal

Selain faktor internal, ada juga faktor eksternal dalam sumber peluang usaha. Fokusnya adalah variabel tambahan yang bisa memperkuat tiga hal pada faktor internal di atas.

Seperti fenomena atau tren yang terjadi di masyarakat, permintaan pasar, dan inovasi produk atau jasa. Dengan memperhatikan keadaan sekitar, Anda akan mendapatkan banyak ide bisnis yang bisa dilakukan.

Jangan lupa juga memberikan value product dan unique selling point. Sebab, jika kita berbicara tentang inovasi, banyak perusahaan atau pebisnis besar yang melakukan hal sama.

Pada dasarnya, banyak orang yang tertarik dengan bisnis. Namun kebanyakan dari mereka merasa sulit menemukan sumber dan ide bisnis. Jika Anda sudah menguasai sumber peluang bisnis seperti di atas, tidak ada salahnya untuk mengambil risiko bisnis.

Baca juga: Peluang Bisnis Minimarket: Prospek, Modal & Keuntungannya

Karakteristik Peluang Usaha

karakteristik peluang usaha

Sebelum kita membahas langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha, mari kita bahas mengenai karakteristik peluang usaha yang baik.

1. Nilai Jual

Ketika Anda memiliki ide untuk sebuah bisnis, maka pastikan ide tersebut memiliki nilai jual yang tinggi. Karakteristik peluang usaha ini akan membawa keuntungan bagi Anda dalam persaingan pasar.

Hingga kini, masih dipercaya bahwa sebuah produk atau jasa yang memiliki keunikan dan nilai jual tinggi, dapat memenangkan persaingan dan hati para pelanggan.

2. Berwujud Nyata

Ketika Anda memiliki sebuah ide, jangan hanya didiamkan saja, tapi lebih baik diimplementasikan dalam wujud nyata. Misalnya, Anda ingin mendirikan usaha warung kopi.

Maka mulailah mencari tahu bagaimana cara mendirikannya. Konsistensi, sikap serius, fokus, dan berani mengambil risiko adalah kunci sukses untuk membuka bisnis.

3. Tidak Musiman

Tren yang berkembang di masyarakat memang bisa menjadi sumber peluang usaha. Tapi bukan berarti Anda hanya menjalankan bisnis saat sedang tren saja alias usaha musiman.

Usaha musiman hanya menimbulkan persaingan ketat dan cenderung memberikan sedikit keuntungan. Selain itu, kebanyakan dari usaha ini tidak berjalan lama. Maka dari itu, ada baiknya untuk memperimbangkan karakteristik peluang usaha satu ini.

4. Modal yang Masuk Akal

Modal memang menjadi pondasi utama saat menjalankan bisnis. Tapi umumnya, modal ini hanya sekali dikeluarkan, yaitu pada saat Anda memulai bisnis.

Jika Anda merasa selalu mengeluarkan uang untuk modal, maka bisa jadi bisnis Anda merugi. Jika sudah seperti ini, ada baiknya berhenti dan mencoba peluang usaha lainnya dengan modal yang masuk akal.

5. Dapat Bertahan Lama

Karakteristik peluang usaha yang baik lainnya adalah dapat bertahan lama. Biasanya hal ini berkaitan dengan strategi usaha yang Anda gunakan untuk bersaing di pasaran.

Selain bertahan lama, usaha yang Anda jalankan juga sudah memiliki pangsa pasar sendiri. Sehingga, Anda mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan bisnis.

6. Memiliki Kemampuan untuk Beradaptasi

Kemampuan beradaptasi tidak hanya berlaku bagi pebisnis saja, melainkan juga usaha yang dijalankan. Artinya, usaha Anda bisa bertahan dan beradaptasi dengan berbagai kondisi bisnis.

Sebab tidak ada yang dapat menjamin bahwa perjalanan sebuah bisnis lancar terus tanpa adanya rintangan di kemudian hari. Inovasi adalah satu-satunya solusi yang bisa Anda lakukan untuk terus bertahan dan beradaptasi.

7. Minim Risiko Kerugian

Karakteristik peluang usaha selanjutnya yaitu minim risiko kerugian. Ada kalanya usaha yang Anda jalankan merugi. Biasanya karena sepi pelanggan, stok barang habis dan tidak bisa memenuhi kebutuhan pelanggan, atau lainnya.

Maka dari itu, langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha yang bisa Anda lakukan adalah membuat analisis usaha. Hasilnya bisa Anda gunakan untuk memperbaiki kondisi bisnis yang dijalankan.

8. Dapat Memenuhi Kebutuhan Pelanggan dan Diterima dengan Baik

Salah satu tujuan melakukan analisis usaha adalah agar Anda mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Hal ini tentu akan mempermudah produk Anda supaya dapat diterima baik oleh masyarakat.

Karakteristik peluang usaha ini bisa membuat bisnis yang Anda jalankan bertahan lama dan tentunya mendatangkan pelanggan setia.

Baca juga: 12+ Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil yang Bisa Anda Coba Sekarang

Langkah-langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha

Dalam menjalankan bisnis, kesempatan atau peluang adalah kunci untuk sukses. Tanpa hal itu, bisnis yang Anda jalankan mungkin akan sulit berkembang atau bahkan Anda tidak bisa memulainya.

Tujuan adanya peluang usaha adalah menjadi dasar bagi setiap tindakan yang menghasilkan keuntungan dan pertumbuhan untuk bisnis Anda.

Maka dari itu jika Anda masih ragu untuk memulai, Anda bisa memperhatikan langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha di bawah ini.

1. Menemukan dan Menentukan Ide Usaha

Langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha yang pertama adalah menemukan ide terlebih dulu. Anda bisa menemukannya dari berbagai sumber peluang usaha yang disebutkan di atas.

Setelah menemukannya, barulah Anda bisa menentukan ide usaha apa yang akan dijalankan. Hal yang harus Anda perhatikan adalah usahakan bisnis yang dijalankan bisa menjadi solusi bagi pelanggan.

2. Tujuan Usaha harus Jelas

Menemukan dan menentukan ide usaha saja tidak cukup. Anda harus menentukan tujuan usaha yang jelas agar nantinya Anda bisa tetap berada di jalur yang benar dan fokus pada bisnis.

3. Wawasan dan Pengetahuan

Langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha tidak akan lengkap tanpa wawasan dan pengetahuan di bidang bisnis terkait. Anda bisa melakukan riset, membuat analisis usaha, dan hal lainnya yang diperlukan untuk menambah informasi baru.

4. Membuat Business Plan

Setiap usaha membutuhkan business plan atau perencanaan bisnis untuk mempermudah implementasi strategi yang digunakan. Salah satu dari langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha ini tidak boleh dilewatkan begitu saja.

5. Inovasi dan Promosi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, inovasi merupakan bagian dari pengembangan usaha. Nah, jika Anda sudah melakukannya, jangan lupa untuk melakukan promosi secara optimal dan maksimal ya, seperti melalui media sosial.

6. Melakukan Kolaborasi

Berikutnya langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha adalah membentuk kolaborasi atau kerjasama dengan pihak lain yang sudah memiliki nama dan brand image yang kuat. Tujuannya adalah mewujudkan ide peluang usaha yang Anda inginkan.

7. Mengetahui Pasar

Langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha yang terakhir yaitu beradaptasi dengan pasar. Namun, hal tersebut bukan berarti Anda harus mengikuti semua kemauan pasar secara terus-menerus.

Anda perlu mengetahui pasar supaya Anda lebih bijak dalam mengambil keputusan bisnis berikutnya, misal Anda ingin melakukan inovasi produk atau lainnya.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha. Perlu diingat bahwa setiap bisnis memiliki risikonya masing-masing.

Namun semua itu kembali lagi ke diri Anda bagaimana menyikapinya. Anda bisa mengubah resiko tersebut menjadi peluang dan keuntungan, atau malah jadi kerugian.

Yuk, segera daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan kerja di KitaLulus dengan gratis! Anda bisa mendapatkan karyawan terbaik untuk membantu menjalankan usaha Anda hanya dalam hitungan hari saja, lho! Banyak mitra kami sudah membuktikannya, kini giliran Anda.

Baca juga: 15 Ide Bisnis Produk Ramah Lingkungan yang Menguntungkan

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd