Apa Itu Leadership? Ini Jenis, Karakteristik, dan Cara Meningkatkannya!

penulis
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

hrd
Isi Artikel

Leadership adalah– Apa yang kamu bayangkan saat mendengar kata leadership adalah? Apakah sosok pemimpin yang tegas, memberi arahan, dan panduan? Sosok leadership memang lebih terdengar bersahaja daripada bos. Leader juga identik sebagai orang yang mengarahkan tim untuk sukses.

Walau kata leadership mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, tapi kita masih saja suka sulit membedakannya antara pemimpin atau kepemimpinan. Untuk itu, agar kamu bisa benar-benar memahami apa makna sebenarnya, mari simak artikel KitaLulus ini!

Apa Itu Leadership?

apa itu leadership

Leadership berasal dari bahasa Inggris, bila kita artikan secara harfiah artinya adalah kepemimpinan. Mengutip dari Forbes, leadership adalah sikap seseorang yang bisa memengaruhi lingkungan sosial dengan langkah-langkah tertentu untuk memaksimalkan upaya dari orang lain agar bisa mencapai tujuan tertentu. 

Ada juga yang mengartikan leadership adalah keterampilan untuk memengaruhi, memotivasi, atau menggerakkan orang lain untuk mencapai tujuan tertentu.

Leadership kerap dikaitkan dengan manajer atau orang yang memiliki jabatan tinggi. Padahal, kamu tidak perlu memiliki jabatan tinggi untuk menjadi leadership. Orang yang punya jiwa leadership dapat memberikan pengaruh secara sosial bahkan bila ia tidak duduk di posisi tinggi sekalipun.

Dalam sebuah perusahaan, sangat penting untuk memiliki sikap kepemimpinan, karena sikap ini akan sangat membantu dalam melakukan koordinasi kepada semua orang yang terlibat dalam proyek atau pekerjaan kita.

BACA JUGA: Bos dan Leader Apakah Sama Mana yang Lebih Disukai?

Jenis-jenis Leadership

jenis jenis leadership

Ada beberapa jenis leadership yang sering diadaptasi dalam dunia kerja, antara lain:

1. Essential Leadership

Jenis kepemimpinan ini memperlihatkan sikap seorang pemimpin yang memiliki mental dan pola pikir yang tepat. Ia mampu menunjukkan sikap dan perilaku yang dapat mendorong setiap anggota tim untuk memberikan hasil kinerja terbaiknya.

2. Exponential Leadership

Leadership jenis ini memiliki jiwa kepemimpinan yang bisa melihat potensi setiap anggotanya dan memberdayakan kemampuan tersebut secara tepat sehingga membantu tim atau perusahaan mencapai tujuannya.

3. Business Leadership

Unu adalah kepemimpinan yang mampu berpikir strategi dari sisi bisnis. Sikap dan tindakan yang diambil seorang business leadership adalah bertujuan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan baik itu dalam jangka pendek atau jangka panjang.

4. Organizational Leadership

Jenis ini memiliki kemampuan untuk mengelola dan merancang tim agar lebih efektif, agar mampu meningkatkan proses pencapaian tujuan bisnis.

5. Team Leadership

Kepemimpinan jenis ini dapat mengelola tim dengan baik dan mengajak anggotanya untuk mencapai tujuan bersama.

Pentingnya Leadership untuk Karir

Apa gunanya leadership? Tentu ada banyak sekali, sadar atau tidak sikap leadership akan sangat membantu kita dalam bekerja. Seorang yang memiliki karakter leadership yang kuat, dapat menyelesaikan semua tugasnya tepat waktu karena ia mampu memimpin dirinya sendiri dan tahu skala prioritas.

Selain itu, leadership sangat penting dalam sebuah perusahaan atau organisasi karena ia menjadi kunci keberhasilan tercapainya tujuan. Sosoknya mampu menggerakan dan memotivasi karyawan lainnya untuk mencapai tujuan tersebut.

Sikap leadership juga mampu membangun kerjasama tim yang baik, sehingga segala hambatan dan masalah bisa dihadapi bersama dengan baik.

Karakteristik Leadership yang Dibutuhkan Perusahaan

Ada karakteristik atau ciri tertentu dari kepemimpinan yang amat berguna dalam dunia kerja, yaitu:

1. Bijaksana

Di sini artinya kamu dapat menggunakan nalar dan logika dengan baik. Orang yang memiliki sikap leadership tahu dan dapat membedakan keputusan yang baik untuk dirinya dan juga anggota timnya.

2. Berjiwa Sosial

Kepemimpinan membuat seseorang jadi panutan, untuk itulah ia perlu berjiwa sosial. Ia memiliki kepedulian yang tinggi terhadap rekan setimnya.

3. Berani

Seorang dengan jiwa kepemimpinan harus berani mengambil risiko dari keputusan yang ia ambil. Apalagi ia adalah orang yang dipercayai oleh rekan-rekan timnya. Pastikan keberanian ini diambil dengan bijak untuk kepentingan sosial.

4. Tegas

Ketegasan merupakan karakteristik leadership. Ia menentukan keputusan serta menjalankannya dengan tegas sehingga hasilnya dapat optimal.

Skill Leadership yang Dapat Menunjang Karir

skill leadership yang dibutuhkan perusahaan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, leadership adalah salah satu skill yang perlu kamu miliki untuk menunjang karir kamu. Lantas, apa saja skill leadership untuk karir?

1. Kemampuan Komunikasi

Leadership terbentuk dari komunikasi yang baik. Untuk itulah kamu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik terutama komunikasi persuasif. Dengan kemampuan komunikasi persuasif, kamu dapat menggerakan anggota tim secara sukarela tanpa mereka merasa terpaksa dan tertekan.

Kemampuan komunikasi juga tidak selalu tentang berbicara, tapi juga harus mendengarkan apa yang menjadi kebutuhan dan kekhawatiran dari anggota tim kamu, dengan begitu mereka juga akan merasa memiliki sosok yang dapat diandalkan.

2. Dapat Memotivasi

Sesuai pengertiannya, leadership harus mampu memotivasi anggota timnya agar lebih produktif untuk mencapai tujuan. Ada beberapa cara untuk memotivasi, cara yang paling sederhana adalah berikan mereka apresiasi atas apa yang sudah mereka kerjakan.

3. Problem Solving

Kamu harus mampu mencari solusi tepat untuk menyelesaikan sebuah masalah. Kamu harus mampu menghadapi konflik dan menilai situasi secara menyeluruh agar dapat menyelesaikan masalah secara rasional.

4. Membangun Hubungan yang Baik

Membangun hubungan dengan rekan satu tim atau dengan atasan adalah kemampuan terpenting. Dari kemampuan ini kamu bisa menjadi penggerak anggota tim untuk dapat berkolaborasi dalam mencapai tujuan.

Contoh Kemampuan Leadership

Kemampuan leadership tidak sama dengan menyuruh, memberikan perintah, atau memberi perintah. Berikut ini beberapa contoh kemampuan leadership.

  • Mampu menanamkan rasa percaya diri kepada anggota tim
  • Pandai memberikan arahan kepada anggota tim untuk lebih maju
  • Bersikap optimistis
  • Selalu ada saat dibutuhkan
  • Mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi

Cara Meningkatkan Kemampuan Leadership

cara meningkatkan kemampuan leadership

Meningkatkan skill leadership bisa kamu coba agar kamu bisa mendapatkan karir yang cemerlang. Berikut ini caranya.

1. Cobalah Berlatih Disiplin

Disiplin menjadi salah satu hal wajib. Untuk itu cobalah untuk mulai membiasakan diri dengan disiplin. Dengan kemampuan ini kamu juga bisa menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.

2. Tingkatkan Kemampuan Komunikasi

Melatih skill komunikasi ini bisa kamu lakukan dengan membiasakan untuk membangun pembicaraan dengan rekan tim dan mencari kata-kata yang tepat untuk digunakan kepada rekan kerja serta seperti apa bahasa tubuh yang perlu dipergunakan.

3. Kenali Semua Rekan Tim

Mengutip The Muse, untuk meningkatkan leadership skill bisa dimulai dengan mengenali semua rekan satu tim dan mencari tahu apa kelebihan dan kelemahan mereka. Ini bertujuan untuk membangun kekompakan dari tim.

Nah, itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui mengenai leadership. Semoga setelah membaca ini kamu semakin mengerti betapa pentingnya kepemimpinan untuk karirmu.

Jika kamu membutuhkan karyawan untuk mengisi posisi di perusahaan, kamu bisa klik di sini. Yuk, pasang iklan lowongan pekerjaan sekarang!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd