5 Daftar Perusahaan Maklon Kosmetik Beserta Cara Kerjanya

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

hrd
Isi Artikel

Jika Anda berpikir untuk memulai suatu produksi kosmetik harus selalu memerlukan modal yang besar, anggapan Anda salah. Sekarang Anda bisa mengandalkan maklon kosmetik untuk bisa memproduksi produk kosmetik dengan brand Anda sendiri.

Sudah banyak sekali kosmetik dan skin care lokal yang memanfaatkan jasa maklon untuk membantu mereka melakukan produksi produk dalam jumlah yang banyak. Apakah Anda penasaran dengan jasa maklon industri kosmetik?

Simak penjabaran lengkapnya dalam artikel KitaLulus berikut ini!

Baca Juga: Pengertian Jasa Maklon, Cara Kerja, Jenis, Biaya

Apa Itu Maklon?

Secara etimologi, maklon berasal dari bahasa Belanda 'maakloon' yang memiliki arti biaya produksi. Kemudian diserap ke dalam bahasa Indonesia dan berubah menjadi maklon. Istilah maklon kemudian diartikan sebagai kegiatan jasa produksi barang untuk pihak lain yang dilakukan oleh pabrik atau produsen tertentu.

Di dalam konteks bisnis, maklon biasanya terjadi saat suatu perusahaan memutuskan untuk bekerja sama atau mengontrak pihak lain untuk memproduksi produk atau menyediakan layanan tertentu. Maklon sendiri paling dikenal dalam industri kosmetik dan fashion.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa maklon adalah praktik produksi yang dilakukan perusahaan dengan menyewa jasa pihak ketiga yang dilakukan atas nama mereka.

Keuntungan Maklon Kosmetik

Menggunakan jasa maklon untuk memproduksi produk jelas membawa banyak keuntungan. Tidak terkecuali dalam industri kosmetik, penggunaan maklon terbukti efektif dan efisien dalam membantu sebuah perusahaan memproduksi produk sesuai dengan demand pasar.

Bagi seseorang yang baru saja memulai bisnis, maklon kosmetik bisa sangat membantu untuk menghemat biaya produksi karena Anda bisa memulai produksi tanpa perlu membangun pabrik, membeli alat produksi, sampai mempekerjakan banyak orang untuk menjalankan proses produksi.

Selain itu, beberapa keuntungan dari maklon kosmetik antara lain:

1. Fleksibel dalam Memilih Produk

Keuntungan dari menggunakan maklon kosmetik adalah Anda bisa dengan fleksibel memilih jenis produk kosmetik yang akan diproduksi. Anda dapat dengan mudah menyesuaikan produksi dengan perubahan permintaan pasar tanpa harus berinvestasi besar untuk produksi internal.

2. Skala Produksi

Saat Anda menyerahkan proses produksi kepada pihak eksternal, Anda bisa melakukan produksi dengan skala besar. Ini memungkinkan Anda untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi tanpa kesulitan dalam meningkatkan kapasitas produksi.

3. Inovasi dan R&D

Dengan menyerahkan proses produksi kepada pihak ketiga, maka Anda dapat lebih memfokuskan tenaga dan sumber daya pada pengembangan untuk menciptakan produk baru.

4. Fokus pada Bisnis

Maklon kosmetik dapat membantu Anda untuk lebih fokus pada inti bisnis. Anda tidak lagi perlu memikirkan proses produksi dan bisa mengarahkan pikiran pada pengembangan produk, pemasaran, dan distribusi.Hasilnya, perusahaan bisa lebih berorientasi pada strategi inti bisnis.

Baca Juga: 5 Cara Memulai Usaha Bisnis Kosmetik dan Kisaran Modalnya

Cara Kerja Maklon Kosmetik

Cara kerja maklon kosmetik tidak jauh berbeda dengan cara kerja maklon pada umumnya. Di mana penyedia jasa maklon menyediakan SDM, peralatan, dan laboratorium yang akan digunakan untuk melakukan proses produksi.

Sebelum memulai proses produksi, antara brand dan pihak maklon akan melakukan perundingan untuk mencapai kesepakatan harga, jenis produk, bahan baku, hingga jumlah barang yang akan diproduksi.

Setelah itu, jasa maklon akan memberikan sampel produk yang akan diproduksi, jika Anda sebagai klien merasa puas, maka akan dilanjutkan ke proses selanjutnya.Selain bertugas untuk melakukan proses produksi, maklon juga akan bertugas dalam mengurus perizinan produk seperti izin BPOM dan sertifikat halal.

Jika seluruh keperluan administratif terpenuhi, selanjutnya akan dilakukan produksi massal. Jika proses produksi massal telah dilakukan selanjutnya produk akan dikemas dan diserahkan kepada brand.

Baca Juga: Wajib Tahu! Begini Cara Daftar Merk Usaha Dagang Anda

Daftar Perusahaan Maklon Kosmetik Terbaik

Saat ini, sudah tidak sulit untuk menemukan maklon kosmetik. Namun, Anda tetap harus selektif dalam memilih jasa maklon yang tersedia. Berikut ini daftar perusahaan maklon kosmetik yang telah terpercaya.

1. MPM Beauty

Sebagai jasa maklon kosmetik, MPM Beauty telah memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun. Fokus MPM Beauty adalah pada produksi skincare dan kosmetik mulai dari perawatan tubuh, parfum, dan kosmetik dekoratif.Saat ini MPM Beauty telah hadir di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Sebagai jasa maklon terkemuka, MPM Beauty juga sudah mendapatkan banyak penghargaan, serta telah mendaftarkan diri lebih dari 500 produk ke BPOM.

2. Kosme

Jika Anda mengetahui brand MS Glow, Rans  Beauty, Natura World, serta BBEAUTY by edlnlaura, semua diproduksi oleh Kosme.Kosme menawarkan dua layanan utama yaitu OEM (Original Equipment Manufacturer), di mana Kosme akan membantu klien mulai dari konsep produk, desain, pengembangan produksi, hingga pengiriman sesuai keinginan pelanggan.

Kemudian ada layanan ODM (Original Design Manufacture), di mana Kosme akan merancang hingga menyediakan fasilitas produksi untuk memenuhi kebutuhan produk pelanggan sesuai dengan formula yang ditetapkan.

3. Phytochemindo

Jasa maklon kosmetik ini sudah ada sejak tahun 1989. Phytochemindo telah menjadi produksi pembuatan ekstrak alami, minyak esensial, serta penyedia layanan independen beberapa perusahaan terkemuka.

Phytochemindo mampu menjadi maklon baik industri farmasi, obat tradisional, suplemen kesehatan, makanan dan minuman, kosmetik, dan kedokteran hewan.

4. Mash Moshem

Mash Moshem telah menjadi jasa maklon kosmetik untuk private label sejak 2011. Memiliki tim ahli dalam bidang desain, penelitian, dan pengembangan.Selain itu Mash Moshem juga memiliki akreditasi dan telah memenuhi persyaratan sertifikasi industri seperti GMP/BPOM dan HALAL.

5. Athena Royal Kosmetika

Jasa maklon kosmetik ini menawarkan layanan sejak 2017 dan telah banyak bekerja sama dengan berbagai brand lokal.Athena Royal Kosmetika menawarkan layanan dengan modal yang terjangkau dengan minimum order kuantitas yang rendah, sehingga dapat memberikan kesempatan kepada siapa pun untuk dapat memproduksi produk kosmetiknya sendiri.

Tips Memilih Jasa Maklon Kosmetik

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan jasa maklon untuk memproduksi produk kosmetik brand Anda? Jika iya, simak beberapa tips berikut ini agar Anda tidak salah dalam memilih jasa maklon.

1. Lakukan Evaluasi Kredibilitas

Cek latar belakang dan reputasi dari jasa maklon yang hendak Anda pilih. Lihat sertifikasi, pengalaman produksi, sampai ulasan pelanggan.

2. Pastikan Kapasitas Produksi

Pastikan jika maklon memiliki kapasitas produksi yang memadai sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

3. Pertimbangkan Biaya

Cobalah untuk mempertimbangkan biaya yang dikenakan jasa maklon. Lihat juga apakah ada biaya tambahan yang akan dibebankan kepada Anda seperti biaya pengiriman dan biaya bahan baku.

4. Lakukan Evaluasi Kualitas Produksi

Jangan abaikan untuk melakukan evaluasi terhadap kualitas produk yang dihasilkan jasa maklon. Selain itu, evaluasi juga seperti apa proses produksi apakah sudah terstandarisasi atau belum.Hal ini demi memastikan produk yang dihasilkan sesuai dengan standar kualitas yang diharapkan.

Itulah yang perlu Anda ketahui mengenai maklon kosmetik. Jasa ini memang bisa menjadi alternatif yang membantu dalam proses produksi produk. Namun, bisnis Anda tetap membutuhkan talenta hebat untuk membantu kegiatan bisnis lainnya seperti pemasaran. Temukan talenta hebat yang mendukung operasional bisnis dengan pasang loker gratis di KitaLulus!

cari karyawancari karyawan