Manfaat Training Karyawan Bagi Kelangsungan Hidup Perusahaan

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

training karyawan
Isi Artikel

Tidak dapat dipungkiri lagi, karyawan merupakan aset penting bagi suatu perusahaan. Tanpa adanya karyawan, bisa saja perusahaan tersebut tidak beroperasi sama sekali. Oleh karena itu, perlu adanya manajemen sumber daya yang baik, salah satunya dengan mengadakan training karyawan.

Manajemen yang buruk bisa berakibat fatal bagi perusahaan. Terlebih jika karyawan tidak bisa melakukan kerjanya dengan baik. Maka akan ada banyak tugas yang menumpuk dan tidak cepat diselesaikan. Dengan melakukan training karyawan, Anda bisa membantu karyawan untuk meningkatkan produktivitas kerjanya.

Lalu bagaimana cara melakukan training karyawan yang baik? Apa saja jenis training karyawan yang dibutuhkan? Apakah ada manfaatnya? Simak pembahasan di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.

BACA JUGA: Mengelola Sistem Manajemen di Perusahaan Anda

Apa itu Training Karyawan?

Training karyawan atau pelatihan karyawan merupakan sebuah program yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan teknis, pengetahuan, efisiensi, dan penciptaan nilai untuk melakukan pekerjaan tertentu dengan cara yang lebih baik.

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, menyebutkan bahwa pelatihan karyawan adalah keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan.

Dengan melakukan pelatihan karyawan, diharapkan dapat meningkatkan keahlian yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan dan pengembangan diri karyawan itu sendiri. Dengan bertambahnya keahlian dan keterampilan, maka karyawan akan bisa memberikan upaya dan usaha lebih untuk perusahaan.

Tujuan Training Karyawan Bagi Perusahaan

Mungkin Anda masih bertanya-tanya, apakah perlu melakukan training karyawan ini? Seberapa pentingkah pelatihan karyawan ini bagi kelangsungan hidup perusahaan? Jika sebuah perusahaan melakukan pelatihan karyawan, itu artinya perusahaan tersebut peduli terhadap karyawannya.

Selain itu ada beberapa tujuan utama dengan melakukan training karyawan ini. Diantaranya adalah:

1. Meningkatkan Kinerja Karyawan

Tujuan melakukan pelatihan karyawan yang pertama adalah untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan. Jika di perusahaan Anda masih ada karyawan yang kurang terampil atau cakap dalam melakukan pekerjaannya, Anda bisa memberikan training karyawan untuk membantunya berkembang.

Sehingga karyawan akan merasa dibutuhkan untuk memenuhi peran mereka dan akan memberikan dampak positif bagi perusahaan. Nantinya setelah mendapatkan ilmu dari pelatihan karyawan, maka bisa digunakan untuk membantu mereka dalam menyelesaikan pekerjaannya.

2. Meningkatkan Engagement atau Keterlibatan Karyawan

Jika karyawan Anda engaged atau memiliki keterlibatan, berarti mereka memiliki tingkat produktivitas yang tinggi. Melalui pelatihan karyawan, Anda memberikan kesempatan bagi mereka untuk terlibat dalam segala aktivitas perusahaan.

Training karyawan adalah salah satu cara untuk memotivasi karyawan. Jika dilakukan secara berkala, maka akan mendorong karyawan untuk terus terlibat dan memberikan rasa semangat, percaya diri, serta memiliki ide-ide baru untuk menyelesaikan pekerjaannya.

3. Memperbaiki Retensi dan Pertumbuhan Karyawan

Tujuan berikutnya dengan melakukan pelatihan karyawan adalah untuk mempertahankan karyawan. Seperti yang kita ketahui, merekrut karyawan baru bisa memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, untuk menghemat biaya dan waktu, Anda bisa melakukan training karyawan.

Dengan adanya pelatihan karyawan ini juga akan membuat mereka merasa dihargai dan dibutuhkan oleh perusahaan. Hal ini juga menunjukkan bahwa Anda peduli dan berkomitmen untuk memberi sumber daya yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan mereka.

4. Manajemen Risiko dan Meningkatkan Efisiensi

Beberapa jenis pelatihan karyawan bertujuan untuk meminimalisir risiko atau gangguan-gangguan yang tidak perlu di tempat kerja. Seperti training karyawan mengenai keselamatan di tempat kerja, pelecehan seksual, keberagaman, dan lainnya.

Sementara itu, karyawan yang berkompeten dan memiliki bekal praktik yang baik, maka akan bisa menghindari atau meminimalisir tingkat kecelakaan kerja. Karyawan yang memiliki keterampilan cenderung melakukan pekerjaan dengan efisiensi dan lancar.

Manfaat Training Karyawan Bagi Perusahaan

Ada banyak manfaat training karyawan yang berdampak langsung bagi perusahaan. Jika semua tujuan pelatihan karyawan sudah tercapai semua, maka Anda akan menikmati manfaat seperti berikut ini:

BACA JUGA: Langkah-langkah yang Tepat Dalam Strategi Merekrut Karyawan

1. Menciptakan Calon Pemimpin

Manfaat training karyawan yang pertama adalah menciptakan calon pemimpin. Pelatihan karyawan bisa mendukung pengembangan karir dan memupuk benih-benih pemimpin di jiwa mereka. Hal ini tentunya akan berguna untuk perusahaan di masa mendatang.

2. Produktivitas Perusahaan Meningkat

Manfaat training karyawan berikutnya adalah meningkatkan produktivitas perusahaan. Semakin banyak karyawan yang memahami peran mereka, maka produktivitas kerja juga akan meningkat. Karyawan yang semakin terampil, akan semakin produktif dan cekatan. Hal ini tentunya akan berdampak pada produktivitas perusahaan.

3. Karyawan Terbaik Menjadi Lebih Baik

Pelatihan karyawan adalah salah satu cara untuk mempertahankan karyawan. Tidak sedikit dari mereka yang berpikir bahwa perusahaan bukan sebagai tempat untuk mengembangkan diri. Oleh karena itu, manfaat training karyawan adalah untuk menjadikan karyawan terbaik menjadi lebih baik lagi. Sehingga Anda mendapatkan karyawan yang sudah di upgrade.

4.Pengembalian Investasi

Tidak dipungkiri bahwa biaya pelatihan karyawan memang mahal. Namun, apabila perusahan fokus untuk mengembangkan karyawannya, maka manfaat training karyawan bisa mengembalikan investasi. Sebab hasil yang didapatkan dari pelatihan karyawan dapat membantu mereka untuk mencapai target lebih cepat.

Jenis-jenis Pelatihan Karyawan yang Bisa Dilakukan

Tanpa karyawan yang berkualitas, perusahaan akan mengalami kesulitan untuk beroperasi dan bertahan di tengah kompetisi bisnis. Oleh karena itu, diperlukan training karyawan untuk menciptakan karyawan yang kompeten, terampil, cakap, dan berkualitas.

Lalu, apa saja jenis pelatihan karyawan yang bisa dilakukan perusahaan? Berikut penjelasannya.

1. Orientasi

Dalam masa orientasi, Anda bisa mulai dengan memperkenalkan visi, misi, dan sejarah berdirinya perusahaan. Selain itu, Anda juga bisa menjelaskan budaya kerja di perusahaan dan terkait kebutuhan administratif yang wajib dilakukan karyawan.

Hal terpenting yang tidak boleh Anda lupakan dan lewatkan adalah buat karyawan merasa diterima dengan baik dan bangun sense of belonging. Jelaskan juga pada mereka terkait reward and punishment bagi karyawan.

2. Pelatihan Karyawan On-Boarding

Jenis pelatihan karyawan on-boarding lebih fokus pada di divisi mana karyawan akan ditempatkan. Untuk membuat pelatihan ini, Anda harus mendiskusikannya dengan kepala divisi. Tujuannya adalah agar para karyawan baru merasa percaya diri untuk bergabung.

Pada umumnya, pelatihan karyawan on-boarding akan menempatkan satu atau dua mentor untuk membimbing selama waktu yang ditentukan. Karyawan akan mendapatkan pengetahuan terkait soal sistem kerja, sosialisasi dengan rekan kerja, dan pengetahuan dasar lainnya.

3. Pelatihan Karyawan Keahlian Teknis

Jenis pelatihan karyawan berikutnya lebih menitikberatkan pada keahlian teknis seperti hard skill yang memiliki kaitan dengan teknologi. Seperti IT, analisis data, content writing, programming, dan digital marketing. Hal ini tentunya berkaitan dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju.

Training karyawan ini bisa diberlakukan untuk seluruh anggota perusahaan. Baik yang sudah senior maupun newbie. Anda bisa menggabungkan training karyawan ini dengan on-boarding. Minta kepala departemen untuk memonitor sejauh mana perkembangan selama pelatihan berlangsung.

4. Pelatihan Soft Skill

Sejumlah penelitian menyimpulkan bahwa kualitas soft skill seorang karyawan dapat mempengaruhi kesuksesan perusahaan dan meningkatkan level pergantian karyawan. Soft skill juga merupakan salah satu aspek dari penilaian karyawan.

Pelatihan karyawan jenis ini bisa untuk mengasah kemampuan dan cara berkomunikasi, kecerdasan emosional, cara mengatur waktu secara efisien, etika dalam bekerja, kemampuan team work, dan hal-hal lainnya yang bisa menunjang pekerjaan.

5. Pelatihan Bahasa

Pelatihan bahasa adalah jenis pelatihan karyawan berikutnya yang bisa Anda coba. Globalisasi memudahkan perusahaan untuk menjalin hubungan bisnis secara lokal dan internasional. Dan bahasa menjadi salah satu aspek utama dan terpenting dalam menjalin kerja sama tersebut. Jangan lewatkan pelatihan bahasa untuk karyawan Anda.

Terutama bahasa Inggris, yang menjadi bahasa internasional. Namun jika Anda ingin menambahkan bahasa asing lainnya ke dalam pelatihan karyawan jenis ini, boleh-boleh saja. Selama hal tersebut memberikan manfaat dan dampak positif bagi perusahaan.

6. Pelatihan untuk Naik Jabatan

Semakin tinggi seseorang memegang jabatan, maka semakin besar pula tanggung jawabnya. Oleh karena itu, sebelum memutuskan karyawan untuk naik jabatan, alangkah baiknya untuk mempersiapkan diri mereka terlebih dahulu. Pelatihan untuk naik jabatan merupakan salah satu dari jenis pelatihan karyawan yang bisa Anda berikan.

Pelatihan karyawan jenis ini bisa mempersiapkan karyawan untuk menghadapi posisi kerja baru yang lebih krusial dan bertanggung jawab. Dengan melakukan pelatihan untuk naik jabatan, Anda bisa menilai apakah karyawan tersebut sudah mampu dan siap untuk mengemban posisi barunya atau belum.

7. Pelatihan Change Management

Kemampuan dalam mengelola perubahan yang terjadi merupakan poin penting yang harus dimengerti dan dipahami oleh setiap karyawan. Memahami bahwa perubahan akan selalu terjadi kapan pun itu.

Salah satu cara untuk dapat memahaminya adalah dengan memberikan pelatihan karyawan change management. Pelatihan ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana reaksi karyawan ketika ada perubahan yang terjadi di perusahaan, dan bagaimana cara mengatasinya.

8. Pelatihan Kepemimpinan

Setiap orang pasti memiliki jiwa kepemimpinan. Bahkan di perusahaan sekalipun, karyawan harus memiliki jiwa kepemimpinan. Oleh karena itu, salah satu jenis training karyawan yang bisa Anda berikan adalah pelatihan kepemimpinan.

Materi dari pelatihan karyawan ini bisa mencakup seluruh anggota perusahaan. Hal ini nantinya akan berguna untuk mempersiapkan karyawan untuk menjadi pemimpin di masing-masing tim atau divisi.

Itulah penjelasan mengenai training karyawan, manfaat training karyawan untuk perusahaan, dan jenis-jenis pelatihan karyawan yang bisa Anda berikan. Training karyawan merupakan salah satu peluang perusahaan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar,

Sayang, tidak sedikit perusahaan yang berpikir bahwa pelatihan karyawan itu tidak penting dan menghabiskan banyak biaya. Padahal semua pelatihan karyawan tersebut berguna untuk kelangsungan perusahaan di masa kini dan masa mendatang.

Bagi Anda yang ingin mencari karyawan baru, bisa menaruh lowongan pekerjaan di KitaLulus. Sebagai salah satu portal pencari kerja, KitaLulus beroperasi di kota-kota besar, seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Semarang, Medan, dan Gowa.

Daftarkan diri Anda sekarang juga untuk memasang lowongan di KitaLulus. Bersama KitaLulus, dapatkan karyawan terbaik untuk perusahaan Anda mulai dari sekarang.

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok