6 Alasan Mengapa Kita Harus Cinta Produk dalam Negeri

penulis
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Pernahkah terbesit di pikiran Anda, mengapa kita harus cinta produk dalam negeri? Jika kita merujuk pada sejarah, jargon ini sudah ada dari zaman kepresidenan Ir. Soekarno, tepatnya setelah kemerdekaan Indonesia.

Kini setelah 77 tahun merdeka, sudah banyak para pegiat usaha lokal yang menunjukkan produknya. Bahkan beberapa dari mereka ada yang bisa menjualnya ke mancanegara.

Lalu apa manfaat kita mencintai produk dalam negeri? Temukan jawabannya melalui pembahasan berikut.

Manfaat Mencintai Produk dalam Negeri

Alasan utama mengapa kita harus cinta produk dalam negeri adalah tentu saja untuk mendukung usaha lokal. Selain itu, beberapa manfaat yang akan diperoleh dengan mencintai produk Indonesia di antaranya sebagai berikut.

1. Membantu Perekonomian Negara

Manfaat mencintai produk dalam negeri yang pertama adalah turut membantu perekonomian negara.

Tidak hanya menambah omset para penjual, namun pendapatan dan devisa negara pun akan ikut bertambah setiap kali kita membeli produk buatan dalam negeri.

2. Mendukung dan Mengembangkan Usaha Lokal

Alasan mengapa kita harus cinta produk dalam negeri selanjutnya yaitu karena usaha lokal atau UMKM akan semakin berkembang dan dikenal luas oleh masyarakat.

Ketika Anda membeli produk lokal, artinya Anda ikut membantu mereka untuk terus berkembang, berinovasi, dan menghasilkan produk lebih banyak lagi.

3. Membuka Lapangan Kerja

Dengan menggunakan produk dalam negeri, maka akan semakin banyak lapangan kerja yang terbuka. Hal tersebut dikarenakan pemilik usaha lokal akan mencari tenaga kerja Indonesia untuk membuat produk berkualitas.

Alhasil angka kemiskinan di dalam negeri menurun sebab banyak orang bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Ini menjadi alasan mengapa kita harus cinta produk dalam negeri.

4. Harga Murah Namun Kualitas Bagus

Alasan lain mengapa kita harus cinta produk dalam negeri ialah karena harga produk lokal memang tergolong murah jika dibandingkan dengan produk luar negeri. Namun, hal tersebut bukan berarti kualitas yang ditawarkan rendah.

Ada banyak produk buatan anak bangsa yang berkualitas bagus bahkan sampai menarik perhatian pembeli dari mancanegara.

5. Membuat Produk Lokal Semakin Terkenal dan Mampu Bersaing di Pasar Internasional

Ketika produsen lokal mendapatkan banyak pesanan, artinya usaha mereka sudah mulai dikenal banyak orang. Dengan kualitas yang baik, produk dalam negeri dapat bersaing di pasar internasional. Bertambah lagi alasan mengapa kita harus cinta produk dalam negeri.

6. Jumlah Investasi Meningkat

Manfaat mencintai produk dalam negeri yang terakhir sebenarnya masih berkaitan dengan poin di atas.

Jika produk lokal terus berkembang hingga ke mancanegara, hal ini bisa menjadi ladang bagi para investor untuk menanamkan modalnya. Sehingga usaha lokal akan terus semakin berkembang dan dapat dikenal oleh seluruh dunia.

Baca juga: 12+ Cara Memulai Usaha Thrift Shop Dengan Modal Rp 1juta!

Bagaimana Cara Kita Mencintai Produk Dalam Negeri?

produk fashion lokal

Setelah menyimak beragam alasan pentingnya mencintai produk dalam negeri di atas, lantas apa tindakan yang harus kita lakukan? Berikut beberapa di antaranya.

1. Membeli Produk Dalam Negeri Ketika Berbelanja

Salah satu contoh tindakan cinta produk dalam negeri adalah dengan memasukkan produk lokal ke daftar belanjaan Anda, baik itu kebutuhan primer, sekunder, maupun tersier. Dengan demikian artinya Anda turut memberikan kontribusi untuk usaha lokal.

Misalnya Anda membeli sayur, buah, atau bahan makanan lainnya yang diproduksi oleh petani lokal. Atau Anda juga bisa membeli pakaian, sepatu, tas, dan fashion item lainnya dari brand-brand lokal.

2. Mengajak Orang Terdekat Menggunakan Produk Dalam Negeri

Satu orang dapat menggerakkan banyak orang. Artinya, selain memulai dari diri sendiri, Anda juga bisa mengajak sahabat, tetangga, atau keluarga untuk membeli dan menggunakan produk dalam negeri. Dengan begitu, Anda juga ikut membantu mempromosikan produk dalam negeri ke banyak orang.

Sebagai langkah awal, Anda dapat memberikan produk sampel untuk meyakinkan mereka bahwa produk anak bangsa juga memiliki kualitas yang tak kalah dengan produk luar negeri.

3. Bergabung dalam Komunitas

Contoh tindakan cinta produk dalam negeri juga dapat diwujudkan dengan bergabung komunitas, misalnya komunitas pecinta batik, komunitas pecinta kuliner Indonesia, dan lainnya.

Di komunitas tersebut, Anda bisa saling bertukar cerita, pengalaman, bahkan berbagi informasi mengenai produk lokal terbaru yang sedang tren. Manfaat lain bergabung komunitas adalah Anda juga dapat melakukan promosi secara masif.

4. Membantu Promosi di Media Sosial

Satu lagi cara yang bisa Anda lakukan untuk mencintai produk dalam negeri adalah dengan membantu promosi. Saat ini sosial media menjadi alat promosi paling efektif. Anda bisa memulainya dari aplikasi tersebut.

Dengan membantu promosi, usaha lokal akan semakin dikenal oleh masyarakat luas sehingga dapat mendatangkan pelanggan baru.

Contohnya dengan mempromosikan di feed atau story lalu mention akun usaha lokal tersebut. Anda juga bisa membantu promosi dengan memberikan review terbaik dan mengajak followers Anda untuk menggunakan produk tersebut.

Baca juga: Pengertian Industri Kecil, Ciri-ciri, dan Contohnya

Nah, dari penjelasan di atas, tentu Anda sudah paham alasan mengapa kita harus cinta produk dalam negeri. Jika bukan kita sendiri sebagai warga negara Indonesia yang memulai, lalu siapa lagi?

Dengan mencintai produk dalam negeri, artinya kita sudah memberikan sumbangsih untuk memajukan industri lokal dan turut mensejahterakan kehidupan masyarakat.

Apakah Anda membutuhkan seseorang untuk membuatkan strategi promosi? Anda bisa menaruh info lokernya di KitaLulus. Sebagai salah satu komunitas pencari kerja terbesar, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Gowa, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya.

Cukup dengan mendaftarkan diri di aplikasi dan Anda sudah bisa memasang iklan lowongan kerja secara gratis. Kemudian, dapatkan karyawan berpotensi dan terbaik di bidangnya dalam hitungan hari bersama KitaLulus!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd