Mengapa Kita Perlu Bekerja Sama? 8 Cara Bekerja Sama dalam Tim yang Perlu Anda Tahu

penulis
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Mengapa kita perlu bekerja sama - Mengapa kita perlu bekerja sama? Sebagai makhluk sosial, sudah sepatutnya kita berkomunikasi satu sama lain, menjalin hubungan, dan lainnya. Termasuk bekerja sama.

Tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga dalam kegiatan bisnis. Mengapa kita perlu bekerja sama dalam bisnis? Bagaimana cara bekerja sama dalam satu tim?

Cari tahu jawaban selengkapnya, melalui pembahasan yang sudah dirangkum oleh KitaLulus, di bawah ini.

BACA JUGA: Mengenal Kepuasan Kerja, Faktor Penentu, dan Cara Meningkatkannya

Untuk Apa Kita Bekerja Sama?

manfaat bekerja sama

Berdasarkan pengertian dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kerja sama diartikan sebagai sebuah kegiatan atau usaha yang dilakukan beberapa orang (lembaga, pemerintah, dan sebagainya) untuk mencapai tujuan bersama.

Jadi, mengapa kita bekerja sama? Jawabannya adalah untuk mencapai tujuan bersama. Tidak hanya di kehidupan sosial sehari-hari, tetapi juga di kehidupan kantor.

Bisnis sangat erat kaitannya dengan kerja sama. Baik di dalam perusahaan dan juga di luar perusahaan. Tanpa adanya kerja sama, tidak mungkin suatu bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Memang bukan hal yang mudah. Terlebih manusia memiliki berbagai macam sifat dan watak. Jika tidak sesuai harapan, bisa saja kerja sama tersebut gagal. Namun bukan berarti hal tersebut sulit untuk dilakukan. Mungkin saja Anda belum tahu bagaimana cara bekerja sama dalam satu tim. Simak terus pembahasan di artikel ini, ya!

Cara Bekerja Sama dalam Satu Tim

cara bekerjasama

Seperti disebutkan sebelumnya, menjalin kerja sama dengan orang lain bukan perkara mudah. Namun bukan berarti sulit untuk dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Seperti:

BACA JUGA: 10 Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan Agar Loyal dan Produktif

1. Jalin Komunikasi

Sebagai makhluk sosial, komunikasi adalah hal dasar yang kita lakukan. Tidak hanya dengan keluarga di rumah, tetapi juga dengan rekan kerja di perusahaan. Terlebih jika Anda memegang jabatan tinggi seperti manajer, direktur, atau pimpinan perusahaan. Tanpa menjalin komunikasi yang baik, bisa saja karyawan merasa enggan untuk bersikap terbuka. Lebih buruk lagi jika terjadi masalah, bisa saja mereka tidak mau memberitahu Anda.

Maka dari itu, Anda perlu menjalin komunikasi dengan baik agar tercipta suasana kerja yang nyaman, terbuka, saling menghargai, dan saling menghormati. Sehingga tercipta rasa kekeluargaan dan kebersamaan.

2. Jalin Hubungan

Selain komunikasi, cara bekerja sama dalam satu tim yang harus diperhatikan adalah menjalin hubungan yang baik. Antar atasan dan bawahan, antar sesama rekan kerja, dan antar divisi. Perlu diketahui, sebagai pemimpin Anda harus bisa mengenali karyawan dengan baik. Seperti kemampuan dan kompetensi kerja mereka, hingga kepribadian masing-masing. Sehingga nantinya Anda bisa memberikan motivasi, pengarahan kerja, dan beban kerja yang sesuai. Menjalin hubungan baik juga akan bermanfaat ketika ada konflik yang harus diselesaikan secara kekeluargaan.

3. Bangun Rasa Percaya

Ketika dalam satu tim sudah ada rasa percaya satu sama lain, maka dijamin kerja sama mereka tidak perlu diragukan lagi. Bahkan dengan membangun rasa percaya sesama anggota, mereka bisa lebih berkembang.

Tidak hanya antar anggota tim, sebagai pemimpin Anda juga perlu membangun rasa percaya karyawan. Misalnya dengan tidak mengawasi atau mengontrol pekerjaan karyawan.

4. Bangun Komitmen

Cara bekerja sama dalam satu tim lainnya adalah dengan membangun komitmen. Tujuannya adalah untuk memunculkan rasa kepemilikan sehingga karyawan bisa menjalankan tugasnya secara efektif dan efisien.

cara kerja sama

5. Berikan Apresiasi

Karyawan akan merasa sangat dihargai jika kerja keras dan kontribusinya diakui. Tidak ada salahnya untuk memberikan apresiasi kepada karyawan yang memiliki kinerja bagus. Hal ini bisa menimbulkan motivasi di diri mereka untuk memberikan yang lebih baik lagi. Sehingga mereka bisa bekerja sama dalam tim tanpa kendala sedikitpun.

6. Menjelaskan Peran Karyawan

Sebagai pemimpin Anda harus menjelaskan peran karyawan dengan benar, termasuk tanggung jawab dan beban kerja yang diembannya. Hal ini untuk menghindari kebingungan dan kesalahpahaman di kemudian hari.

7. Bercengkrama

Bercengkrama bisa mempererat hubungan antar tim. Saling mengenal satu sama lain, hingga melakukan aktivitas bersama. Hal ini dijamin bisa menciptakan kekompakan antar anggota tim sehingga kerjasama tim bisa lebih kompak dan baik lagi.

8. Beri Contoh Baik

Satu lagi cara bekerja sama dalam tim adalah dengan memberikan contoh yang baik. Seorang pemimpin haruslah menjadi trendsetter atau contoh yang baik bagi karyawannya. Cara ini akan memberikan dampak positif bagi setiap karyawan dalam segala aspek. Mulai dari komunikasi, hubungan, hingga dalam menyelesaikan tugasnya.

Apakah Anda sudah melakukan salah satu cara di atas? Kerja sama tim sangat dibutuhkan untuk bisa mencapai tujuan perusahaan bersama. Sangat mustahil sebuah perusahaan bisa berjalan dengan lancar dan sukses tanpa bantuan orang-orang dibalik layar.

Demikianlah penjelasan dan jawaban terkait pertanyaan mengapa kita harus bekerja sama, dan cara bekerja sama dalam satu tim. Sebagai makhluk sosial, sudah seharusnya kita saling bekerja sama dan bantu membantu dalam segala aspek.

Temukan karyawan terbaik dan berpotensi untuk perusahaan Anda di KitaLulus. Kini KitaLulus sudah menjangkau Jabodetabek, Bandung, Gowa, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya.

Daftarkan diri Anda dengan cepat untuk memasang iklan lowongan kerja di KitaLulus secara gratis. Dapatkan karyawan yang sesuai dengan kualifikasi Anda dalam hitungan hari, bersama KitaLulus mulai dari sekarang!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd