Apa Itu Middle Management? Ini 3 Tingkatan Manajemen Perusahaan & Tugasnya

penulis
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Middle management adalah— Dalam setiap perusahaan atau organisasi, peran manajemen sangatlah penting untuk kelangsungan dan perkembangan perusahaan. Middle management adalah salah satunya.

Pada praktiknya, middle management adalah orang yang bertanggung jawab untuk merancang dan melaksanakan strategi perusahaan di beberapa area tertentu. Biasanya peran mereka adalah untuk melakukan pengawasan terhadap low management.

Lalu apa yang dimaksud dengan middle management? Apa saja tugas dan tanggung jawabnya? Simak penjelasan lengkapnya terkait middle management di bawah ini.

BACA JUGA: Pentingnya Strategi Performance Management & 4 Penerapannya

Mengenal 3 Hierarki Manajemen Perusahaan

Hierarki atau tingkatan manajemen perusahaan

Dalam ilmu manajemen, tugas seorang manajer adalah untuk mengelola anggota timnya yang terbagi dalam beberapa tingkatan manajemen. Maka dari itu, dibutuhkan tingkatan manajemen yang bisa berjalan sesuai dengan perannya masing-masing.

Menurut Luther Gulick, seorang ilmuwan politik Amerika, manajemen adalah sebuah bidang yang berusaha memahami mengapa dan bagaimana manusia bisa bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi manusia.

Pada praktiknya, peran manajemen di perusahaan dibagi menjadi tiga tingkat, yaitu top, middle, dan low. Semakin tinggi tingkatan manajemennya makan semakin sedikit jumlah manajer yang ada. Namun demikian, tanggungjawab dan tugasnya lebih besar daripada tingkatan manajemen di bawahnya.

Tiga tingkatan manajemen dan tugasnya

Tingkatan manajemen ini juga bisa ditentukan berdasarkan skala bisnis perusahaan tersebut. Misalnya, perusahaan dengan skala bisnis kecil atau menengah biasanya memiliki struktur hierarki yang sederhana dibandingkan dengan perusahaan dengan skala bisnis besar.

Middle management adalah jembatan penghubung antara top management dan low management. Biasanya tugasnya adalah untuk mengarahkan kegiatan low management dan karyawan yang berada di bawah wewenangnya.

3 Tingkatan Manajemen dan Tugas-Tugasnya

Tugas dan tanggung jawab manajemen berdasarkan tingkatan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada tiga tingkatan manajemen di perusahaan, yaitu top, middle, dan low. Selengkapnya tentang tugas top, low, dan middle management adalah sebagai berikut.

1. Top Management

Top management adalah tingkatan manajemen paling tinggi di dalam sebuah perusahaan. Pada praktiknya, tingkatan ini diisi oleh orang-orang dengan level C-suite. Chief Executive Officer (CEO), Chief Operational Officer (COO), Chief Financial Officer (CFO), Managing Director, dan Presiden Direktur.

Di tingkat top management ini diisi oleh beberapa pemimpin perusahan. Mereka memiliki tanggung jawab untuk menentukan perencanaan, strategi, dan kebijakan perusahaan. Mereka juga dianggap sebagai nahkoda perusahaan, sebab mereka yang menentukan arah perusahaan.

Orang-orang yang berada di tingkatan ini adalah mereka yang dipilih oleh para pemegang saham perusahaan serta memiliki tanggung jawab penuh terhadap perusahaan yang dipimpinnya.

Berikut peran dan tugas dari tingkatan top management:

  • Memilih, menempatkan, dan memberhentikan para manajer di bawahnya (middle management, low management)
  • Merumuskan tujuan perusahaan, baik pencapaian dalam waktu jangka pendek hingga jangka panjang
  • Merencanakan kebijakan dan strategi perusahaan terkait apa yang ingin dicapai
  • Mengoptimalkan semua sumber daya yang dimiliki perusahaan untuk mewujudkan tujuan perusahaan
  • Memberikan arahan kepada middle management untuk menerapkan kebijakan dan strategi yang sudah dirumuskan dan ditentukan
  • Menjadi penghubung perusahaan dengan masyarakat, pemerintah, dan juga media

BACA JUGA: Tips Membuat Rencana Strategi Perusahaan yang Tepat dan Sukses

2. Middle Management

apa itu middle management dan tugasnya

Middle management adalah tingkatan manajemen yang berada di tengah struktur perusahaan. Tanggung jawab middle management adalah kepada top management. Orang-orang yang berada di tingkatan middle management adalah mereka yang ditunjuk langsung oleh top management.

Biasanya orang-orang yang berada di middle management adalah kepala departemen, head of division, kepala cabang, branch manager, junior executive, dan lain-lainnya.

Sistem kerja middle management adalah dengan mengandalkan kemampuan manajerial dan hal teknis lainnya. Tugas utama dari middle management adalah untuk merealisasikan kebijakan yang dibuat oleh manajemen atas ke dalam rencana divisi.

Oleh karena itu, kemampuan yang wajib dimiliki oleh orang-orang di middle management adalah keterampilan operasional dalam mengelola suatu departemen atau cabang. Wewenang dari middle management adalah mengelola dan mengarahkan low management.

Tugas dan tanggung jawab middle management antara lain sebagai berikut:

  • Membantu dan memberikan motivasi kepada low management untuk mencapai target perusahaan
  • Memberikan saran dan rekomendasi ke top management
  • Melaporkan perkembangan operasional departemen atau cabang yang dikelolanya kepada top management
  • Mengelola departemen atau cabang sesuai dengan kebijakan yang sudah ditentukan dan dirumuskan oleh top management
  • Mengusahakan pencapaian target manajemen dengan mengoptimalkan semua peran yang ada
  • Bekerja sama dengan departemen lain untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan setiap harinya

3. Low Management

Tugas low management dalam perusahaan

Selanjutnya adalah tingkatan low management. Tingkatan manajemen ini merupakan yang paling bawah. Orang-orang yang berada di low management tidak membawahi manajer lain.

Tugas utamanya adalah untuk mengelola karyawan dan memberikan pengarahan kepada mereka dalam melakukan kegiatan operasional perusahaan. Biasanya orang-orang yang berada di low management adalah supervisor, office manager, section manager, operative officer, hingga mandor.

Untuk dapat menjalankan perannya, orang-orang di tingkat low management haruslah menguasai keterampilan teknis dan kemampuan dalam memimpin serta mengorganisir karyawan. Mereka bertanggung jawab kepada middle management.

Beberapa tugas yang diemban low management misalnya:

  • Menjaga kualitas produksi atau layanan sesuai dengan standar yang sudah ditentukan
  • Menyediakan lingkungan kerja yang bisa mendukung kinerja dan memberikan keamanan untuk setiap karyawan
  • Memberikan solusi masalah karyawan dalam hal pekerjaan teknis
  • Menampung keluhan karyawan dan menyampaikannya ke middle management dan sekaligus memberikan saran dan masukan
  • Memberikan motivasi kepada karyawan dan mendorong kinerja tim mereka agar lebih baik
  • Menyelesaikan konflik atau masalah yang muncul di sesama anggota tim

Demikian penjelasan tentang apa itu middle management, top, dan low management beserta tugas-tugasnya. Sebagai informasi, jika Anda ingin merekrut tim di level manajemen, sebaiknya Anda tidak terburu-buru dan memulai proses perekrutan sejak jauh-jauh hari.

Bingung ingin menaruh lowongan manajemen Anda di mana? Pasang lowongan di KitaLulus saja! Selain tanpa biaya, proses perekrutan melalui KitaLulus terjamin aman dan bebas penipuan, lho. Komunitas jobseeker KitaLulus juga terkenal berkualitas dan punya pengalaman di berbagai lini, cocok untuk Anda yang sedang cari tim sebanyak-banyaknya.

Jadi, tunggu apalagi? Pasang iklan lowongan di KitaLulus sekarang dan rasakan kemudahannya.

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd