Tips Membuat Rencana Strategi Perusahaan yang Tepat dan Sukses

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

Rencana strategi perusahaan
Isi Artikel

Sebuah perusahaan atau bisnis yang memiliki visi misi, pasti memiliki rencana strategi perusahaan. Perencanaan yang tepat adalah salah satu kunci utama bagi sebuah usaha atau bisnis dalam beroperasi.

Jika Anda pengusaha baru, menyusun rencana strategi perusahaan adalah hal utama dan yang pertama harus dilakukan. Sebab jika Anda menjalankan usaha atau bisnis tanpa perencanaan yang baik, Anda akan kehilangan banyak peluang baru dan bahkan bisa menghalangi perkembangan bisnis.

Tentunya Anda tidak mau jika bisnis atau usaha yang baru saja dirintis, terhambat begitu saja karena tidak adanya rencana strategi perusahaan yang baik, bukan? Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan perencanaan ini. Apa itu rencana strategi perusahaan?

Pengertian Rencana Strategi Perusahaan

Apa itu rencana strategi perusahaan? Pada umumnya, rencana strategi perusahaan adalah sebuah konsep mengenai arah dan tujuan organisasi bisnis. Hal ini dilakukan dengan membuat strategi bisnis, menerapkannya, dan mengevaluasi hasil dari pelaksanaan rencana tersebut dan menentukan keinginan jangka panjang perusahaan.

Secara garis besar, rencana strategi perusahaan merupakan sebuah metode yang digunakan suatu perusahaan untuk menentukan lingkup dan tugas masing-masing proyek, atau pemetaan strategi, yang nantinya akan membantu dalam pembentukan visi, misi, dan tujuan perusahaan.

Para ahli perencanaan menyebutkan bahwa ketika sebuah perusahaan atau bisnis memiliki rencana strategi perusahaan, maka mereka sudah menyelesaikan setengah dari pekerjaan penting. Sementara setengah dari pekerjaan lainnya adalah dengan menjalankan rencana tersebut dengan optimal.

Setiap organisasi atau usaha atau bisnis yang sukses, tentunya memiliki pemimpin yang mampu mengimplementasikan mimpi besar ke dalam rencana strategi perusahaan. Selain itu seorang pemimpin juga harus berani mengambil tindakan untuk mewujudkan semua impian dan perencanaan dengan sumber daya yang terbatas.

Langkah-Langkah Rencana Strategi Perusahaan

Tidak hanya sekedar membuat perencanaan saja, ada langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam pembuatan rencana strategi perusahaan. Sebab, pembuatan rencana ini tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

Tentukan Posisi Strategis

Anda perlu mengetahui kemana harus pergi dan bagaimana cara sampai ke tujuan. Oleh sebab itu, langkah-langkah rencana strategi perusahaan yang pertama adalah menentukan posisi strategis Anda.

Libatkan para stakeholder dan pemangku kepentingan dari awal. Untuk memulainya, Anda bisa menggunakan data industri dan pasar untuk mengidentifikasi masalah. Sehingga Anda mengetahui dimana posisi strategis perusahaan atau bisnis.

Prioritaskan Tujuan

Langkah-langkah rencana strategi perusahaan selanjutnya adalah menentukan tujuan yang tentunya akan membantu Anda untuk mencapai tujuan. Perlu diperhatikan dan diingat bahwa tujuan ini harus sejalan dengan visi dan misi perusahaan Anda.

Jangan lupa untuk mengidentifikasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan, dan indikator kinerja utama atau KPI agar nantinya keberhasilan yang Anda raih dapat diukur. Jadikan hal ini sebagai rencana strategi perusahaan jangka panjang.

Mengembangkan Rencana

Tentukan taktik yang diperlukan untuk bisa mencapai tujuan adalah langkah-langkah rencana strategi perusahaan berikutnya. Agar efektif, Anda bisa melakukan pemetaan strategi untuk menggambarkan keseluruhan rencana.

Tentukan pilihan yang melibatkan pertukaran biaya dan peluang. Misalnya, bisnis yang Anda jalani tidak memberikan dana untuk dukungan pelanggan, sehingga dapat menempatkan lebih banyak dana untuk menciptakan pengalaman pengguna yang intuitif.

Jalankan dan Kelola Rencana Strategi Perusahaan

Rencana sudah siap dan matang, hal selanjutnya yang Anda lakukan adalah menerapkanya. Komunikasikan rencana strategi perusahaan tersebut kepada organisasi sebelum memulainya. Pastikan bahwa semua rencana berjalan sesuai dengan KPI yang sudah ditentukan.

Salah satu dari langkah-langkah rencana strategi perusahaan adalah dengan memastikan bahwa penerapan rencana Anda berada di jalur yang benar dan sudah sesuai. Anda juga bisa mengubah strategi menjadi lebih luas sehingga bisa menjadi rencana yang lebih konkret.

Tinjau dan Revisi Rencana

Langkah-langkah rencana strategi perusahaan yang terakhir adalah untuk meninjau dan merevisi rencana. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengevaluasi kembali prioritas dan juga untuk memperbaiki arah berdasarkan hasil penerapan rencana strategi perusahaan.

Tinjau dan revisi rencana strategi perusahaan Anda setiap tahunnya untuk bisa memastikan bahwa Anda berada di jalur yang benar dan bisa diimplementasikan untuk jangka panjang. Meskipun nantinya visi dan misi bisa berubah seiring waktu, jadikan evaluasi tahunan untuk mempertimbangkan perubahan, menyiapkan rencana baru, dan menerapkannya lagi.

Elemen Dasar Rencana Strategi Perusahaan

Selain langkah-langkah rencana strategi perusahaan di atas, ada tujuh elemen dasar yang harus diperhatikan dalam pembuatan rencana strategi perusahaan. Apa saja tujuh elemen tersebut? Berikut penjelasannya.

Visi

Visi adalah bagaimana seorang pemimpin membayangkan bisnisnya di masa depan, ke mana ia akan membawa bisnis tersebut, dan bagaimana gambaran perusahaan di tahun-tahun mendatang.

Visi merupakan bagian dari rencana strategi perusahaan yang harus dikomunikasikan dan ditekankan pada seluruh tim di organisasi sebagai sebuah tujuan yang harus dicapai. Seiring dengan berjalannya waktu, visi perusahaan pun bisa berubah. Anda hanya perlu menyesuaikannya lagi dengan perencanaan yang sudah dibuat.

Misi

Misi merupakan bentuk aksi nyata untuk mencapai visi yang dicita-citakan.  Dalam sebuah perusahaan, misi bisa menjelaskan banyak kebijakan kepada pelanggan dan stakeholder dan menunjukkan bagaimana cara melakukannya.

Visi dan misi haruslah mencakup tujuan yang ingin Anda capai. Sebuah rencana strategi perusahan yang baik adalah yang memiliki pernyataan jelas tentang tujuan perusahaan dan alasan keberadaannya.

Nilai Inti

Elemen ketiga dari rencan strategi perusahaan adalah nilai inti. Yakni, keyakinan atau budaya yang menggambarkan perilaku kepemimpinan dan orang-orang yang berada dalam perusahaan. Nilai inti bisa memberikan nyawa dan dorongan bagi sebuah organisasi untuk menjalankan misi dan mencapai visi.

Selain itu, nilai inti juga sangat diperlukan sebagai panduan para pemimpin dan karyawannya dalam hal pengambilan keputusan. Sebaiknya, upayakan untuk mengasah nilai-nilai yang sudah menjadi bagian dari budaya perusahaan Anda.

Analisis SWOT

SWOT merupakan salah satu pendekatan terhadap rencana strategi perusahaan dengan mengidentifikasi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threat). Analisis SWOT bisa dijadikan dasar untuk perusahaan dalam hal pengambilan keputusan yang tepat.

Strength dan weakness mengacu pada faktor internal, seperti sumer daya manusia, teknologi, finansial, dan pengalaman industri perusahaan. Sementara opportunity dan threat mengacu pada faktor eksternal, seperti hal-hal yang bisa mempengaruhi keberhasilan rencana, pasar industri, tren industri, persaingan, dan peraturan pemerintah. Rencana strategi perusahaan juga harus mencakup keunggulan dari saingan Anda.

Tujuan Jangka Panjang

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam membuat rencan strategi perusahaan adalah tujuang jangka panjang yang ditetapkan untuk tiga atau lima tahun mendatang. Hal ini merupakan penggambaran dari visi perusahaan.

Tujuan jangka panjang perusahaan bersifat luas. Pusatkan sasaran jangka panjang perusahaan Anda untuk mewujudkan visi. Atur prioritas yang sesuai dan manfaatkan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan tersebut.

Tujuan Jangka Pendek

Elemen dasar pada pembuatan rencana strategi perusahaans selanjutnya adalah tujuan jangka pendek. Fokuskan tujuan jangka pendek perusahaan Anda pada pencapaian dalam kurun waktu satu tahun.

Sasarannya pun harus spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan berorientasi waktu. Bagi tujuan tersebut dalam beberapa periode waktu. Seperti kuartal pertama, kuartal kedua, dan kuartal ketiga.

Rencana Aksi

Rencana strategi perusahaan yang terbagi dalam jangka pendek dan jangka panjang harus dicapai oleh setiap tim atau divisi di perusahaan. Tugas manajer adalah untuk memberitahu apa yang harus dilakukan timnya untuk mencapai tujuan itu.

Elemen rencana aksi ini merupakan yang paling rinci dari rencana strategi perusahaan. Elemen ini bisa berjalan optimal jika sebuah organisasi memiliki tim yang hebat. Sebab rincian dari rencana aksi adalah tugas-tugas harian setiap karyawan.

Kuatkan Rencana Strategis Perusahaan Anda dengan Tim yang Tepat

Anda membutuhkan kandidat untuk mengisi dream team perusahaan? Anda bisa memasang lowongan pekerjaan melalui aplikasi KitaLulus. Aplikasi KitaLulus beroperasi di kota-kota besar seperti, Jabodetabek, Bandung, Makassar, dan Surabaya.

Daftarkan diri Anda sekarang juga untuk memasang lowongan di KitaLulus. Banyak kandidat yang akan melamar, dan tentunya Anda bisa menguatkan rencana strategi perusahaan Anda dengan tim yang tepat.


Pasang Lowongan Kerja di Kitalulus
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok