Pengertian NIB, Jenis, Manfaat, Contoh, Syarat, dan Cara Mendapatkannya di OSS

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

NIB adalah– Bagi Anda para pelaku usaha atau yang sedang ingin membuat usaha, NIB adalah salah satu hal yang harus Anda perhatikan. Setiap pelaku usaha wajib hukumnya untuk memiliki NIB, yang merupakan singkatan dari Nomor Izin Berusaha.

Di dunia bisnis, NIB adalah hal wajib yang tidak boleh dilupakan atau luput dari para pelaku usaha. Lalu, apa pengertian NIB? Bagaimana cara mendapatkan NIB? Apa saja syarat membuat NIB?

Pelajari lebih lanjut terkait apa itu NIB, manfaat, jenis, dan cara mendapatkannya melalui OSS di bawah ini.

BACA JUGA: Lebih Cepat Selesai, Ini Cara Membuat SIUP Online & Offline untuk Pengusaha

Apa itu NIB?

Apa itu NIB atau Nomor Induk Berusaha

NIB adalah sebuah identitas untuk para pelaku usaha yang diterbitkan oleh lembaga OSS (Online Single Submission), bagi mereka yang sudah melakukan pendaftaran. Umumnya, nomor NIB terdiri dari 13 angka dengan pengaman dan tanda tangan elektronik.

Regulasi mengenai penerbitan OSS NIB adalah Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2018 mengenai Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. Ketika Anda sudah melakukan pendaftaran dengan mengisi data OSS secara lengkap, maka Anda bisa mendapatkan NIB.

Tidak hanya sebagai identitas saja, NIB adalah sebuah Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Importir (API), dan hak akses kepabeanan. Salah satu manfaat NIB adalah untuk membantu para pelaku usaha apabila hendak melakukan kegiatan impor dan ekspor melalui perusahaannya.

Namun tahukah Anda bahwa, tidak semua perusahaan wajib memiliki NIB? Perusahaan yang tidak wajib memiliki NIB adalah yang bergerak di sektor keuangan, pertambangan, gas bumi dan minyak.

Jenis-jenis NIB

Jenis jenis NIB untuk diurus

Sebelum Anda mengetahui cara mendapatkan NIB, ada baiknya untuk mempelajari beberapa jenis-jenis NIB yang berlaku di Indonesia. Semua jenis OSS NIB ini bisa disesuaikan dengan bentuk badan usaha yang akan Anda buat nantinya.

Selengkapnya tentang jenis-jenis NIB adalah sebagai berikut:

1. NIB Perusahaan

Jenis NIB yang pertama adalah NIB perusahaan. jenis NIB ini ditujukan untuk para pelaku usaha dengan skala besar. Misalnya jika usaha Anda sudah berbentuk perusahaan, maka Anda akan mendapatkan NIB perusahaan.

2. NIB Perorangan

Selanjutnya yang termasuk jenis NIB adalah NIB perorangan. Jenis NIB ini ditujukan kepada para pelaku usaha perorangan yang hanya dimiliki oleh satu orang saja. Misalnya seperti usaha perdagangan, usaha pertanian, dan lainnya.

3. NIB UMKM

Satu lagi jenis NIB adalah NIB UMKM. Jenis NIB ini ditujukan untuk para pelaku UMKM. Jika Anda memiliki usaha UMKM, maka Anda akan mendapatkan banyak manfaat untuk kelangsungan dan pengembangan usaha.

Manfaat NIB Bagi Bisnis

Manfaat NIB bagi bisnis dan pengusaha

Seperti yang sudah disebutkan di atas, NIB adalah hal wajib yang harus dimiliki para pelaku usaha. Ada banyak manfaat NIB yang bisa dirasakan. Salah satunya adalah izin melakukan kegiatan usaha dengan sah dan legal.

Tidak hanya itu, para pelaku usaha yang sudah mengantongi NIB akan memiliki jaminan sosial kesehatan dan jaminan sosial ketenagakerjaan pada umumnya. Artinya, para pelaku usaha sudah memenuhi kewajiban dan memiliki hak atas legalitas dan layanan publik terkait usahanya.

Berikut beberapa manfaat NIB yang perlu Anda ketahui, di antaranya adalah:

  • Kemudahan dalam mengurus legalitas perusahaan
  • Kemudahan dalam mengurus dan mendapatkan dokumen seperti NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) Badan Usaha atau individu, Surat Pengesahan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dan pemberitahuan mengenai kelayakan untuk mendapatkan fasilitas fiskal
  • Sebagai Angka Pengenal Importir (API), jika Anda ingin melakukan kegiatan impor
  • Memiliki hak akses kepabeanan, jika Anda ingin melakukan kegiatan ekspor
  • Bisa mengembangkan usaha dengan lebih cepat
  • Memudahkan Anda dalam melakukan investasi dan pengajuan peminjaman dana

Banyak sekali bukan manfaat NIB yang bisa Anda rasakan?

BACA JUGA: Surat Izin Tempat Usaha (SITU): Pengertian, Syarat, dan Cara Membuatnya

Cara Mendapatkan NIB di OSS dan Syaratnya

Cara mendapatkan NIB di OSS

Seperti yang disebutkan sebelumnya, NIB adalah identitas untuk para pelaku usaha yang dikeluarkan oleh OSS. Maka untuk membuat OSS NIB, ada beberapa prosedur yang harus Anda ketahui. Termasuk syarat pembuatan NIB, yang antara lain:

  • NIK (Nomor Induk Kependudukan) dari penanggung jawab badan usaha
  • Dokumen dan nomor pengesahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), jika bentuk badan usaha Anda adalah usaha kelompok atau perseroan
  • Dokumen RPTKA, jika Anda berniat untuk menggunakan tenaga kerja asing
  • Besaran rencana penanaman modal
  • Dasar hukum pembentukan perusahaan umum
  • Nomor kontak usaha
  • Rencana permintaan fasilitas fiskal, kepabeanan, dan fasilitas lainnya
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) pelaku usaha perorangan atau kelompok

Setelah semua syarat pembuatan NIB sudah ada, maka selanjutnya Anda bisa langsung membuat NIB. Cara mendapatkan NIB di OSS adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi situs resmi oss di oss.go.id
  • Kemudian bikin akun terlebih dulu dengan mengisi seluruh data diri yang diminta dan lakukan aktivasi melalui email yang terdaftar
  • Jika sudah, buka lagi situs oss dan masuk ke akun yang sudah dibuat
  • Lalu pilih menu ‘Perizinan Mikro’ dan klik ‘Pengajuan baru’. isi semua data yang diminta dengan lengkap dan benar terkait usaha yang Anda jalankan. Jika sudah, klik ‘Simpan’
  • Terakhir, klik data usaha Anda dan pilih menu ‘Proses NIB’. Ikuti langkah-langkah berikutnya sampai anda mendapatkan NIB
  • Setelah itu, Anda bisa mulai login dengan email dan password yang dibuat sebelumnya.
Laman login NIB melalui oss.go.id
Laman login NIB melalui oss.go.id (sumber: situs resmi OSS)

Jika sudah terdaftar dan ingin memastikan OSS NIB Anda jadi, Anda bisa mengecek NIB dengan cara sebagai berikut:

  • Kunjungi situs nswi.bpkm.go.id
  • Kemudian pilih menu ‘Tracking’
  • Lalu masukan nomor NIB yang ingin Anda cek
  • Status perusahaan akan muncul disertai nomor NIB usaha Anda

Perlu diketahui, masa berlaku NIB adalah seumur hidup. Artinya, NIB akan berlaku tanpa memiliki batas jangka waktu tertentu. Masa berlaku NIB akan terus berjalan selama pelaku usaha masih terus menjalankan usahanya.

Contoh NIB untuk Referensi

Setelah tahu apa itu NIB dan cara membuatnya, di bawah ini terdapat beberapa contoh NIB yang bisa Anda jadikan referensi.

Contoh NIB I

Contoh NIB perusahaan

Contoh NIB II

Contoh NIB untuk UMKM

Demikianlah penjelasan terkait apa itu NIB, jenis, manfaat, contoh, dan cara mendapatkan NIB di OSS.

Setelah Anda mendapatkan NIB, maka Anda bisa mengembangkan bisnis dengan lancar dan mudah. Tidak hanya itu, setiap masalah yang berhubungan dengan usaha pasti bisa diatasi dengan baik dan terlindungi hukum.

Sedang butuh karyawan untuk mendukung bisnis Anda? Pasang loker di KitaLulus yuk! Sebagai komunitas pencari kerja terbesar di Indonesia, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Medan, Semarang, Surabaya, dan Gowa.

Daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan kerja di KitaLulus, secara gratis! Dapatkan karyawan yang berpotensi untuk membantu kelancaran usaha Anda dengan #LebihMudah bersama KitaLulus!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd