Paylater Adalah Fitur Bayar Nanti, Ini Untung Ruginya

penulis
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Paylater adalah— Seiring dengan berkembangnya teknologi, sistem pembayaran pun ikut berinovasi. Selain dengan menggunakan QRIS, paylater adalah sistem pembayaran lainnya yang juga sedang naik daun.

Adanya sistem paylater adalah untuk memudahkan pelanggan mendapatkan barang yang mereka inginkan, lalu membayarnya di kemudian hari atau biasanya akhir bulan.

Cari tahu selengkapnya terkait paylater, cara mendaftar, cara membayar, hingga keuntungan dan kerugian sistem pembayaran paylater dalam bahasan KitaLulus berikut:

BACA JUGA: 7 Cara Mengaktifkan Shopee Paylater Untuk Penjual, Mudah Kok!

Apa Itu Paylater?

Paylater adalah

Saat ini, ada banyak sekali usaha-usaha yang menggunakan sistem pembayaran paylater. Mulai dari ecommerce, transportasi, e-wallet, jasa dan hiburan, bahkan hingga banyak fintech yang menawarkan kemudahan pembayaran ini.

Tapi, apa itu paylater? Jika diartikan secara bahasa, arti paylater adalah bayar kemudian atau pembayaran yang dilakukan di lain waktu, sesuai waktu yang disepakati antara peminjam dan pemberi pinjaman.

Selain itu, paylater juga bisa diartikan sebagai pinjaman online tanpa menggunakan kartu kredit. Sistem pembayaran ini memudahkan pelanggan untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan, lalu membayarnya di kemudian hari.

Metode pembayaran paylater adalah berbentuk cicilan. Pelanggan bisa mencicil untuk melunasi hutang atau pinjaman sesuai dengan kemampuan finansial mereka.

Tetapi, pelanggan tidak bisa dengan serta merta menggunakan paylater untuk terus berbelanja. Sistem pembayaran ini menetapkan kredit atau limit yang berkisar mulai Rp1 juta hingga Rp50 juta.

Namun, karena kemudahan dan kenyamanan yang diberikan, banyak orang yang terlena, menjadi semakin boros dan banyak hutang karena menggunakan sistem pembayaran paylater.

Cara Mendaftar Paylater

Pada dasarnya, ada banyak sekali perusahaan yang menawarkan fitur ini. Dan mereka menggunakan nama perusahaan masing-masing. Misalkan seperti Shoppe Paylater, GojekPaylater, Traveloka Paylater, dan masih banyak lagi.

Cara mendaftar paylater-nya pun disesuaikan lagi dengan perusahaan masing-masing. Namun, pada umumnya caranya sama, yaitu:

  • Pertama-tama, Anda harus menentukan mau menggunakan jasa paylater dari perusahaan apa. Lalu download aplikasinya di App Store atau Play Store.
  • Setelah didownload, Anda bisa langsung membuat akun untuk mendaftarkan diri.
  • Kemudian pilih menu paylater di aplikasi tersebut.
  • Umumnya, akan ada sejumlah syarat dan ketentuan yang diberlakukan. Anda bisa membacanya dan menyetujui hal tersebut.
  • Lalu pilih menu "daftar".
  • Nantinya Anda akan diminta untuk mengisi sejumlah data diri. Seperti nama lengkap, alamat, nomor KTP, dan lainnya yang dibutuhkan.
  • Selanjutnya, Anda juga diminta untuk mengambil foto selfie sambil memegang KTP. Tujuannya adalah untuk verifikasi data.
  • Setelah Anda mengisi data diri dan keperluan lainnya dengan lengkap, maka tinggal menunggu proses pengajuan.

Umumnya, proses pengajuan paylater bisa memakan waktu 1x24 jam atau lebih. Tergantung dari cepat atau lamanya pada saat proses verifikasi data Anda. Setelah pengajuan disetujui, Anda bisa memilih limit kredit dan paylater bisa langsung Anda gunakan.

Cara Membayar Paylater

cara bayar paylater

Setelah mendaftar dan menggunakan limit kredit untuk berbelanja, bagaimana membayar paylater tersebut? Sama seperti ketika mendaftar, setiap jasa penyedia fitur ini memiliki cara yang berbeda-beda.

Berikut cara membayar paylater pada umumnya:

  1. Buka aplikasi paylater yang Anda gunakan.
  2. Lalu pilih menu "paylater".
  3. Kemudian pilih menu "bayar sekarang".
  4. Pilih "tagihan bulan ini" dan nantinya sistem akan memberikan invoice tagihan paylater Anda.
  5. Selanjutnya, pilih "bayar sekarang" dan pilih metode pembayaran yang Anda inginkan.
  6. Klik konfirmasi dan lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang diberikan.
  7. Jika pembayaran sudah berhasil dan terverifikasi, maka Anda akan mendapatkan notifikasinya.

Terkait dengan pembayaran paylater, jangan tunggu sampai jatuh tempo atau lebih dari itu ya! Sebagian besar jasa penyedia paylater biasanya akan mengenakan bunga sekian persen untuk pembayaran melebihi batas waktu yang diberikan.

BACA JUGA: Purchase Order: Pengertian, Fungsi, Format, dan Contohnya

Keuntungan Paylater

Keuntungan paylater

Dibalik kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan, ada beberapa keuntungan dan kerugian paylater yang harus Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya. Berikut beberapa keuntungan paylater yang perlu Anda tahu:

1. Proses Pengajuan yang Mudah dan Cepat

Keuntungan paylater yang pertama adalah proses pengajuan yang mudah dan cepat. Sistem pembayaran online yang sedang naik daun ini menawarkan proses pengajuan pinjaman yang tidak berbelit-belit.

Bahkan syarat pendaftarannya pun hanya memerlukan KTP dan bukti foto peminjam dengan KTP-nya. Sehingga bisa dengan cepat digunakan oleh pelanggan.

2. Promo Menarik

Beberapa aplikasi akan memberikan promo menarik khusus untuk pembayaran menggunakan paylater. Misalnya seperti gratis ongkir, cashback, buy 1 get 1, hadiah gratis, dan lainnya.

3. Banyak Pilihan Limit Cicilan

Salah satu keuntungan paylater adalah memberikan banyak pilihan cicilan. Artinya, Anda bisa menyesuaikan kemampuan finansial untuk membayar cicilan pinjaman tersebut. Umumnya, limit waktu pembayaran mulai dari satu bulan hingga satu tahun.

Kekurangan Paylater

kekurangan paylater

Meski tampak menguntungkan, sebenarnya sistem pembayaran paylater juga memiliki banyak kekurangan, misalnya:

1. Menambah Hutang

Salah satu kekurangan paylater adalah bisa menambah hutang. Meskipun terkesan mudah, jika tidak dikelola dengan baik sistem pembayaran ini bisa menjadikan Anda lebih konsumtif dari biasanya. Hal ini bisa berujung dengan bertambahnya hutang yang harus dilunasi.

2. Lebih Boros

Dengan banyak penawaran promo menarik yang menggiurkan, bisa menjadikan Anda lebih boros dari biasanya. Hal ini juga bisa terjadi karena Anda tergiur dengan pilihan cicilan yang bisa sampai satu tahun, dan banyak lagi. Jika diteruskan, maka kondisi keuangan Anda bisa memburuk.

3. Bunga dan Denda

Seperti yang disebutkan sebelumnya, konsekuensi membayar melebihi jatuh tempo ketika menggunakan paylater adalah adanya bunga dan denda yang dikenakan. Tentu saja hal ini membuat Anda harus mengeluarkan uang lebih untuk melunasi pinjaman tersebut.

4. Risiko Keamanan

Satu lagi kekurangan paylater adalah risiko keamanan. Data diri yang Anda unggah memiliki risiko dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Jika sudah berhasil diretas, maka ada kemungkinan data diri Anda akan digunakan untuk hal-hal yang merugikan Anda.

Demikianlah penjelasan terkait paylater, cara mendaftar, hingga keuntungan dan kerugiannya. Mau menggunakan paylater atau tidak, pastikan Anda mempertimbangkan baik buruk sistem pembayaran ini sebelumnya ya!

Selain itu, jangan lupa batasi diri sendiri untuk membeli barang-barang yang tidak perlu, apalagi dengan paylater karena sama saja dengan memperbanyak hutang.

Apabila Anda membutuhkan karyawan di perusahaan, maka Anda bisa menaruh informasi lokernya di KitaLulus. Saat ini, KitaLulus sudah beroperasi di di Jabodetabek, Bandung, Gowa, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya.

Segera daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan pekerjaan di KitaLulus secara gratis. Dapatkan karyawan terbaik dan berpotensi dan terbaik di bidangnya dengan #LebihMudah bersama KitaLulus mulai dari sekarang!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd