Rekruter, Coba Perhatikan Hal Ini Ketika Melakukan Screening CV

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

Screening CV
Isi Artikel

Sebagai HR atau perekrut, salah satu proses yang harus dilakukan adalah screening CV dari calon karyawan atau pekerja. Dan tentunya Anda juga menginginkan kandidat yang berkualitas dan profesional, bukan?

Melalui proses screening CV, Anda sebagai perekrut bisa melakukan pengamatan dan penyaringan calon kandidat terpilih. Para kandidat inilah yang nantinya bisa menentukan kesuksesan usaha Anda. Oleh karena itu, sebagai perekrut, Anda wajib untuk mengetahui kualitas performa calon kandidat.

Namun, di sisi lain tidak dapat dipungkiri bahwa proses screening CV merupakan proses yang sangat panjang dan melelahkan. Bahkan, karena saking banyaknya pelamar yang melamar kerjaan, Anda tidak bisa melakukan tugas inti dengan leluasa. Lalu, bagaimana agar proses screening CV ini bisa dilakukan secara cepat, efisien, dan efektif?

Baca juga: Masih Gak Tahu Tentang Saya Mau Ditulis Apa? Ikuti Caranya Berikut Ini!

Proses Screening CV

Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan pada saat melakukan proses screening CV. Biasanya, yang menjadi bahan pertimbangan dari proses ini adalah latar belakang pendidikan, skills yang dimiliki kandidat, kepribadian karyawan, hingga melihat catatan kriminal.

Hal ini dilakukan agar perusahaan tidak salah dalam memilih orang sebagai karyawan atau pekerjanya. Diperlukan karyawan atau pekerja yang kompeten dibidangnya agar sebuah perushaan bisa terus beroperasi. Di sinilah pentingnya proses screening CV.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan dalam proses screening CV:

1. Beri Job Description yang Jelas

Job description yang jelas dan akurat menjadi salah satu hal penting dalam proses screening CV. Hal ini agar Anda bisa mendapatkan calon kandidat yang cocok dan memenuhi kualifikasi untuk melamar pekerjaan.

2. Review CV

Dalam hal ini, Anda sebagai rekruter harus jeli dan teliti dalam mereview CV. Pastikan CV calon kandidat terpilih lengkap dan dibuat dengan format yang rapih. Serta pastikan mereka memiliki kualifikasi yang Anda inginkan.

3. Review Cover Letter

Cover letter juga merupakan bagian dari kelengkapan dokumen pelamar. Jika Anda mewajibkan adanya cover letter pada info lowongan, maka pastikan kelengkapan isi dari dokumen ini. Mulai dari struktur penulisan hingga bagaimana mereka merangkum riwayat pekerjaan.

4. Wawancara

Proses screening CV selanjutnya adalah wawancara. Setelah Anda memilih beberapa calon kandidat, kenali mereka melalui wawancara. Hal ini bisa dilakukan secara online (video call atau telepon) dan offline (bertemu langsung).

5. Penentuan Kandidat Terbaik

Setelah melakukan semua tahapan, tahap terakhir dalam proses screening CV adalah memilih kandidat terbaik. Pastikan Anda memberikan kelengkapan dokumen pada kandidat terpilih. Seperti offering letter, kontrak kerja, dan lain sebagainya.

Nah, setelah Anda mengetahui bagaimana proses screening CV, hal yang harus diketahui selanjutnya adalah bagaimana caranya melakukan efisiensi screening CV. Hal ini tentulah sangat penting agar Anda bisa melakukan screening CV dengan cepat dan tidak memakan waktu yang lama.

Baca juga: Langkah Membuat CV yang Baik di Mata HRD Untuk Para Pencari Kerja

Efisiensi Screening CV

Ketika iklan lowongan pekerjaan yang Anda unggah berhasil menarik perhatian banyak pelamar kerja, tentunya Anda mulai menerima puluhan bahkan ratusan lamaran yang masuk setiap harinya.

Tapi nyatanya, proses screening CV bukanlah hal yang mudah dan bisa dilakukan dalam waktu singkat. Maka dari itu diperlukan langkah-langkah yang bisa mempermudah Anda dalam melakukan screening CV. Berikut, tips efisiensi screening CV yang bisa Anda coba:

1. Perhatikan Basic Requirements

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan dalam screening CV adalah hal-hal dasar. Seperti, subject email (jika dikirim melalui email), penamaan file, hingga kelengkapan dokumen seperti pas foto terbaru, ijazah, transkrip nilai dan lain-lainnya.

2. Perhatikan Kriteria yang Anda Butuhkan

Dalam memasang lowongan pekerjaan, tentunya kita mengharapkan sejumlah calon pelamar memiliki dan memenuhi kriteria yang diinginkan. Oleh karena itu, sebagai perekrut Anda harus memastikan bahwa calon pelamar memiliki skills, experiences, dan advantages yang diinginkan.

3. Kelompokkan CV

Jika Anda sudah memilih beberapa kandidat terbaik, bagi dan kelompokkan CV mereka pada suatu tempat. Anda bisa membagi kategorinya menjadi “yes”, “maybe”, dan/atau “no”.

4. Screening CV yang Kedua Kalinya

Pada tumpukkan CV “yes”, Anda bisa melakukan proses screening CV lagi untuk memastikan beberapa hal. Seperti, tampilan CV, kriteria skills atau adanya skills tambahan yang dimiliki calon kandidat, pengalaman atau penghargaan yang diraih, hingga tata bahasa dalam menuliskan CV-nya.

5. Lakukan Riset dan Verifikasi Kandidat

Pada dasarnya jika rekruter merasa tertarik pada sejumlah pelamar, mereka akan melakukan riset mendalam. Seperti melihat sosial medianya, menghubungi orang tertentu yang direkomendasikan, hingga melakukan interview untuk mengenal calon kandidat lebih dalam.

Pada umumnya, proses screening CV ini merupakan proses awal dari rekrutmen yang bisa menentukan apakah calon kandidat dapat melangkah ke tahap selanjutnya (wawancara dan tes kemampuan) atau tidak.

Meskipun terlihat memakan waktu yang lama dan sangat panjang, proses screening CV ini harus dilakukan dengan tepat dan hati-hati. Pastikan Anda memilih calon kandidat yang memang memenuhi kualifikasi yang diinginkan. Sehingga Anda dapat melakukan efisiensi screening CV dan dengan cepat.

Baca juga: Langkah Membuat CV yang Baik di Mata HRD Untuk Para Pencari Kerja

Cari Kandidat Terbaik di KitaLulus

Sudah melakukan sejumlah proses screening CV tapi masih belum menemukan kandidat yang cocok? Anda sudah coba pasang iklan lowongan pekerjaan di aplikasi KitaLulus, belum? Dijamin Anda nggak rugi! Selain mudah digunakan, prosesnya cepat dan aman.

Bagi Anda yang sedang mencari kandidat, Anda bisa menaruh lowongan pekerjaan di aplikasi KitaLulus. KitaLulus beroperasi di beberapa kota besar seperti, Jabodetabek, Bandung, Makassar, dan Surabaya. Daftarkan diri Anda untuk memasang lowongan di KitaLulus. Dapatkan kandidat terbaik mulai dari sekarang!

Pasang Lowongan Kerja di Kitalulus
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok