Apa Itu Self Service, Cara Kerja, Kelebihannya bagi Bisnis

penulis
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Self service adalah salah satu inovasi pelayanan yang mulai banyak diterapkan di beberapa tempat, seperti supermarket, tempat laundry, tempat parkir, bioskop, SPBU, hingga tempat makan.

Sudah tahukah Anda apa itu self service di restaurant? Atau Anda mungkin pernah mendatangi restoran yang telah menerapkan pelayanan ini?

Bagi yang belum paham, yuk pelajari lebih lanjut terkait pengertian self service, bagaimana sistem self service di supermarket maupun tempat lain, hingga kelebihannya pada pembahasan berikut.

Apa itu Self Service?

Self service adalah konsep pelayanan di mana pelanggan melayani dirinya sendiri tanpa bantuan dari pramuniaga atau staff lainnya. Mulai dari memesan makanan, mengambil barang, dan lainnya.

Pengertian lainnya dari self service adalah sebuah pendekatan dimana penggunanya mengakses sumber daya untuk menemukan solusi sendiri tanpa memerlukan bantuan dari perwakilan layanan.

Contoh jenis pelayanan self service adalah vending machine. Pada tahun 1990-an, banyak supermarket yang menawarkan pelayanan dimana pelanggan bisa memindai dan membayar pembelian mereka sendiri.

Barulah setelah ecommerce menjadi populer di tahun 2000, pelayanan self service mulai dikenal luas dan dijadikan inovasi oleh beberapa jenis bisnis.

Lalu mengapa layanan ini menjadi populer? Secara garis besar, hal tersebut dipengaruhi oleh perubahan pola sikap pelanggan yang mulai teredukasi, aktif, dan paham teknologi. Mereka mulai menginvestasikan diri dalam pengalaman pelanggan mereka sendiri.

Di saat bersamaan, ada beberapa dari mereka yang merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan. Entah karena lama menunggu atau tidak menerima solusi yang diinginkan.

Sementara pelanggan membutuhkan solusi yang cepat. Maka dari itu, mereka menginginkan pelayanan self service.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pelayanan kini mulai mengubah cara perusahaan dalam memberikan bantuan kepada pelanggannya.

Cara Kerja Pelayanan Self Service

Perilaku pelanggan mulai berubah, artinya sebagai pelaku bisnis Anda juga harus melakukan inovasi guna meningkatkan kepuasan pelanggan dan nilai tambah untuk brand dan perusahaan.

Salah satunya adalah dengan menerapkan self service. Pelayanan ini bisa memberikan pengalaman berbeda bagi pelanggan. Terutama bagi pelanggan yang tidak suka menunggu.

Sebagai contoh, cara kerja sistem self service di restoran dimulai dari pelanggan memilih menu yang mereka inginkan di papan menu. Sistem tersebut akan mencatat jumlah dan total pesanan yang Anda pilih.

Kemudian, setelah pesanan dikonfirmasi, Anda akan diminta melakukan pembayaran menggunakan e-wallet, kartu debit, kartu kredit, atau jenis pembayaran cashless lainnya.

Setelah pembayaran selesai, Anda akan mendapatkan nomor antrian untuk mengambil pesanan. Ketika nomor Anda disebut, Anda bisa mengambil pesanan di tempat yang sudah disediakan.

Nah, salah satu pelopor sistem self service di supermarket adalah Amazon Go. Di sana, pelanggan tidak perlu menunggu untuk melakukan pembayaran.

Mereka hanya perlu mengambil produk yang diinginkan, dan nanti sistem di troli akan memindai harga produk tersebut. Bahkan saking mudah dan praktisnya, tagihan pembayaran akan dimasukan ke dalam akun Amazon Anda.

Pelayanan berbelanja self service ini memberikan pelanggan pengalaman baru. Mereka tak harus mengantri untuk melakukan pembayaran. Just grab and go.

Secara praktek, cara kerja sistem self service adalah dengan menggunakan software tertentu yang dibekali artificial intelligence, machine learning, audio response units (ARU), dan virtual personal assistant yang bisa membuat pelayanan menjadi lebih smart.

Baca juga: Pengertian After Sales Service, Kelebihan, & Tips Menerapkannya

Kelebihan dari Self Service

Berkat fitur pintar yang tersedia dalam sistem self service, software tersebut akan melakukan pengenalan pada pola respon pelanggan, sehingga bisa menyempurnakan sistem pelayanan.

Terlepas dari fitur canggih yang dimilikinya, beberapa kelebihan dari self service adalah sebagai berikut.

1. Kepuasan Pelanggan Meningkat

Kelebihan dari self service adalah bertambahnya kepuasan pelanggan. Sebab, jenis pelayanan ini mempermudah pelanggan dalam bertransaksi.

Tidak ada lagi pelanggan yang merasa kurang puas karena lama menunggu pelayanan atau mengantre untuk melakukan pembayaran. Semuanya bisa dijalani dengan cepat dan praktis dengan pelayanan self service ini.

2. Mengurangi Antrean

Salah satu hal yang dapat mengurangi kepuasan pelanggan adalah mengantri dan menunggu lama. Bahkan beberapa pelanggan enggan mengunjungi toko yang sama karena tidak mau mengantri.

Tentu hal ini bisa menyebabkan kerugian untuk usaha Anda. Namun, dengan menerapkan pelayanan self service, pelanggan tidak perlu mengantri lagi. Bahkan mereka dapat melakukan seluruh proses transaksi secara mandiri dan teratur.

3. Menghindari Human Error

Tidak dapat dipungkiri jika human error bisa mengurangi kepuasan pelanggan. Seperti salah melakukan penghitungan, salah memasukkan menu, dan lainnya.

Kelebihan dari self service adalah hal tersebut tidak akan terjadi. Terlebih jika Anda menggunakan sistem yang canggih seperti Amazon Go. Jauh lebih mudah dan praktis, bukan?

4. Mengurangi Kontak Langsung

Meskipun pandemi sudah mulai membaik, bukan berarti kita tidak perlu taat protokol kesehatan. Dengan menggunakan self service, Anda bisa mengurangi kontak langsung dengan pramuniaga dan staff lainnya saat bertransaksi.

Hal ini juga akan membuat pelanggan merasa lebih nyaman, aman, dan tenang ketika bertransaksi di toko Anda.

Itulah pembahasan mengenai apa itu self service, cara kerja, dan beberapa kelebihannya yang perlu Anda ketahui.

Self service adalah inovasi bisnis yang bisa meningkatkan kepuasan pelanggan. Itulah mengapa sebagai pemilik bisnis Anda patut mempertimbangkannya.

Meski begitu, tentunya Anda tetap membutuhkan staff lainnya untuk membantu menjalankan operasional bisnis. Oleh karena itu, Anda bisa mencari tenaga kerja terbaik di KitaLulus.

KitaLulus adalah platform cari kerja teraman dan terpercaya. Sebagai penyedia lowongan, Anda bisa pasang info loker secara gratis dan mudah. Anda cukup mendaftarkan diri melalui KitaLulus, dan dapatkan staff yang handal di bidangnya hanya dalam hitungan hari.

Baca juga: Apa Itu Customer Service? Ini Tugas, Peran, Skill, dan Gajinya

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd