Talent Management Adalah: Tujuan, Pilar, dan Prosesnya

Annissa Manystighosa

Penulis, pengajar, dan penerjemah yang sedang menekuni pengetahuan seputar bisnis.

hrd
Isi Artikel

Talent management adalah salah satu program yang dilakukan oleh HRD. Program ini sering dilakukan oleh perusahaan yang karyawannya cukup banyak. Pemilik bisnis perlu mengetahui cara mengelola karyawan agar mereka betah dan lebih produktif.

Untuk memahami lebih jelas mengenai apa itu talent management dan prosesnya, simak ulasan berikut.

Pengertian Talent Management

Talent management adalah strategi atau metode untuk mengevaluasi setiap orang secara akurat dalam suatu perusahaan.

Hasil evaluasi tersebut akan digunakan untuk menentukan apakah karyawan tersebut dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuan dan targetnya.

Selain itu, pengertian talent management adalah serangkaian proses yang menyentuh semua bidang utama HR. Mulai dari perekrutan hingga orientasi serta manajemen kinerja sampai retensi.

Tujuan Talent Management

Tujuan talent management adalah lebih ke meningkatkan kinerja sumber daya manusia. Ini ditujukan untuk memotivasi, melibatkan, dan mempertahankan karyawan agar mereka mampu bekerja lebih baik. Berikut lebih jelasnya.

1. Pelaksanaan Prosedur Rekrutmen yang Tepat

Fungsi talent management adalah membantu HRD dalam menemukan sumber daya manusia yang prospektif dan berbakat sehingga mereka dapat menjadi karyawan yang produktif.

Staf HR dapat menggunakan teknologi ini untuk memantau dan mengelola data calon karyawan mereka. Proses rekrutmen yang tepat diharapkan memperoleh pegawai yang berkualitas dan berdedikasi dalam bidang mereka. 

2. Pengembangan Skill Karyawan

Kehadiran sistem manajemen bakat yang terintegrasi akan mempengaruhi kinerja karyawan menjadi lebih baik lagi. HRD bisa menawarkan berbagai pilihan program pendidikan dan pengembangan karyawan. Melalui teknik ini, karyawan akan meningkatkan kemampuan yang mereka miliki saat ini. 

3. Employee Maintaining

Dengan teknologi yang tepat, manajemen bakat akan memudahkan pengumpulan data dari seluruh operasional perusahaan. Anda harus berusaha untuk mempertahankan personel Anda yang memiliki performa paling bagus dan paling berharga.

Dengan menggunakan metode ini, HRD dapat segera memantau ulasan dan kontribusi kinerja karyawan. Sebagai penghargaan, perusahaan bisa memberikan promosi untuk jenjang karir bagi personel yang berprestasi.

4. Meningkatkan Interaksi Antara Karyawan dan Atasan

Sistem talent management juga memfasilitasi komunikasi yang lebih baik antara karyawan dan atasan. Profil karyawan yang menarik akan memudahkan komunikasi mengenai rencana karir ataupun bonus dari atasan. Harapannya, karyawan dapat lebih terbuka dan lebih produktif dalam pekerjaannya.

5. Mengembangkan Komunikasi Tim yang Efektif

Kerja tim di dalam perusahaan sangat krusial untuk mencapai target perusahaan. Jangan sampai tujuan perusahaan gagal tercapai karena komunikasi yang buruk antar karyawan dalam tim. Sistem ini diharapkan dapat menumbuhkan komunikasi yang positif sehingga operasional perusahaan jadi lebih efisien dan lebih produktif.

Baca juga: Talent Acquisition: Pengertian, Skill, & Perbedaannya dengan Recruitment

Pilar Penting dalam Talent Management

Berikut empat pilar manajemen bakat yang bisa Anda jadikan acuan:

  • Attract: menarik kandidat yang dikelompokkan ke dalam talent.
  • Develop: memberikan kesempatan dan pelatihan bagi karyawan yang masuk ke dalam talent pool.
  • Manage: mengelola budaya yang mengutamakan kinerja.
  • Retain: mempertahankan karyawan yang berpotensi, bernilai, dan berkualitas tinggi.

Proses Talent Management

Berikut ini adalah enam proses talent management:

1. Tahap Perencanaan

Perencanaan merupakan tahap awal dalam struktur manajemen ini. Dalam perencanaan, banyak hal yang diidentifikasi sebelum memulai proses manajemen. Misalnya terkait persyaratan lamaran kerja, membuat jobdesk berdasarkan posisi yang dibutuhkan, dan membuat rencana talent acquisition.

2. Menarik Minat Pelamar

Langkah selanjutnya adalah menilai apakah posisi yang terbuka bisa diisi kandidat dari internal perusahaan atau perlu tambahan dari eksternal. Jika posisi ini benar-benar membutuhkan SDM dari luar perusahaan, HRD perlu membuat pengumuman di platform website dan media sosial perusahaan.

Agar prosesnya efisien, beberapa talenta yang masuk akan diidentifikasi. Selain itu, pendekatan dengan branding perusahaan akan sangat berguna untuk mengetahui kualitas kandidat.

3. Tahap Seleksi Kandidat

Prosedur ini terdiri dari serangkaian tes dan pemeriksaan untuk menemukan individu yang memenuhi persyaratan yang dibutuhkan pada posisi tersebut.

Biasanya, prosedur ini terdiri dari tes tulis, wawancara, diskusi kelompok, tes psikometri, dan analisis informasi kandidat guna mengetahui potensi pelamar secara keseluruhan.

4. Mengembangkan Karyawan

Metode ini akan membantu karyawan dalam mengembangkan keterampilan mereka sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih efektif dalam pekerjaannya. Selain itu, metode ini memfasilitasi pengembangan loyalitas karyawan dan meningkatkan partisipasi karyawan dalam semua operasional bisnis.

Prosedur pengembangan karyawan melibatkan program orientasi dan pelatihan yang dirancang guna membantu karyawan dalam beradaptasi dengan pekerjaan barunya.

Selain itu, metode ini memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengembangkan kemampuannya melalui konseling, coaching, mentoring, dan rotasi kerja. 

5. Mempertahankan Karyawan Saat Ini

Untuk mencapai kesuksesan, perusahaan harus mampu mempertahankan pegawai terbaik yang bekerja saat ini. Misalnya melalui promosi, peluang jenjang karir, dan dorongan partisipasi proyek.

Selain itu, perusahaan harus memberi karyawan kesempatan untuk mengambil keputusan, pelatihan untuk mengembangkan skill, dan penghargaan atas kinerja mereka.

6. Transisi

Proses talent management harus berfokus pada transformasi kolektif dan kemajuan perusahaan melalui pertumbuhan karyawan secara individu. Dengan cara ini, karyawan akan merasa sebagai bagian integral dari organisasi.

Proses transisi ini melibatkan wawancara keluar, perencanaan karir, dan memberikan tunjangan pensiun.

Baca juga: Pengertian People Management, Tujuan, dan Skill yang Wajib Dimiliki

Manfaat Talent Management

Berikut adalah beberapa manfaat dari program talent management yang efektif:

Bagi Perusahaan

  • Menyempurnakan prosedur seleksi dan rekrutmen perusahaan.
  • Meningkatkan dedikasi staf untuk meningkatkan produktivitas.
  • Meningkatkan kepuasan kerja karyawan.
  • Meningkatkan partisipasi karyawan.
  • Mengurangi biaya pergantian staf.
  • Menganalisis potensi risiko, seperti mengidentifikasi staf yang mungkin mengundurkan diri.

Bagi Karyawan

  • Adanya jenjang karir yang jelas.
  • Peluang untuk pertumbuhan karir dan pengalaman.
  • Meningkatkan nilai karyawan dengan mengembangkan potensi dan kompetensinya.
  • Meningkatkan dedikasi dan motivasi.

Demikian penjelasan mengenai apa itu talent management secara detail. Sebagai HR, Anda perlu platform yang tepat untuk mencari calon kandidat terbaik. Jangan khawatir, KitaLulus adalah tempat terbaik untuk menjaring talenta handal!

Melalui KitaLulus, kandidat akan terhubung dengan perusahaan secara otomatis melalui WhatsApp, email, atau Dasbor HRD. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan pelamar.

Tunggu apa lagi? Pasang loker Anda sekarang dan bersiaplah bertemu talenta berbakat!

cari karyawan
Berlangganan informasi tentang rekrutmen dan dapatkan penawaran terbaik kami
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd
Close Pop up