Apa yang Harus Anda Ketahui tentang Company Branding?

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

company branding
Isi Artikel

Dalam menyiapkan sebuah strategi pemasaran perusahaan, company branding tidak boleh terlewati. Hal ini merupakan salah satu aspek penting untuk membuat sebuah identitas untuk produk atau jasa yang dipasarkan.

Kemudian di dalam membuat company branding juga diperlukan penerapan taktik, tindakan, dan pedoman branding untuk hasil yang baik. Banyak orang mengira bahwa branding hanya berdasarkan pada logo, tagline, atau skema warna tertentu.

Padahal sebenarnya, apa yang mereka kira adalah salah satu dari strategi pemasaran perusahaan. Company branding atau corporate branding adalah salah satu cara untuk membangun citra perusahaan.

Lalu, apa pengertian company branding atau corporate branding? Apa fungsi dari hal tersebut? Strategi apa yang diperlukan untuk membuat company branding yang baik? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Wajib Tahu! Begini Cara Daftar Merk Usaha Dagang Anda

Pengertian Company branding

Pengertian company branding atau corporate branding adalah salah satu jenis branding yang digunakan perusahaan untuk merek produk dan sebagai penjamin kualitas produk atau jasa yang dipasarkan.

Lalu pengertian company branding bisa juga diartikan sebagai sebuah tindakan marketer dengan menggunakan nama merek perusahaan sebagai bentuk upaya pengiklanan atas keseluruhan identitas bisnis pada semua saluran komunikasi.

Pengertian dari branding itu sendiri adalah sebagai sebuah kegiatan komunikasi, memperkuat, mempertahankan sebuah brand dalam rangka memberikan perspektif kepada orang lain yang melihatnya.

Company branding meliputi hal-hal yang berkaitan dengan identitas dari sebuah merek. Mulai dari nama dagang, logo, ciri visual, citra, kredibilitas, karakter, kesan, persepsi, dan tanggapan yang ada di benak pelanggan.

Membuat company branding, berarti Anda sudah membuat dan mengenalkan identitas usaha atau bisnis ke masyarakat luas. Terutama di era globalisasi seperti saat ini. Dimana persaingan bisnis semakin ketat dan juga kuat.

Oleh karena itu dibutuhkan identitas bisnis atau usaha yang kuat sebagai company branding perusahaan Anda. Selain itu, jika corporate branding perusahaan Anda sudah dikenal pelanggan dan publik, maka Anda bisa memegang kendali pasar.

Bagi sebuah perusahaan, company branding bukan lagi hanya sekedar merek dagang semata. Melainkan sudah menjadi citra perusahaan secara keseluruhan. Pengertian corporate branding yang semakin meluas dan berkembang kini bisa didefinisikan dengan hal lain.

Yaitu, sebagai bentuk kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan dalam rangka proses untuk membangun dan membesarkan brand produk atau jasa yang dipasarkan. Bagaimana cara masyarakat melihat perusahaan Anda juga bisa diartikan sebagai bentuk company branding.

Unsur-unsur Company Branding

Dalam membuat company branding, ada beberapa unsur yang harus Anda perhatikan. Sebab, membuat corporate branding ini tidak main-main. Berikut beberapa unsur dalam company branding:

  1. Nama merek: nama adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan untuk membuat company branding. Sebab nama akan menjadi identitas perusahaan yang akan dikenal oleh masyarakat luas.
  2. Logo: perhatikan faktor keunikan dan imej yang sesuai dengan company branding dalam membuat logo. Sebuah logo yang unik bisa meninggalkan kesan yang tak terlupakan di benak pelanggan.
  3. Visual: visual dapat diaplikasikan pada desain produk, desain kemasan, desain seragam, dan lain-lain. Gunakan warna cerah atau elegan pada visual bisnis atau usaha Anda untuk menambah pencitraan.
  4. Juru bicara: Anda bisa menggunakan maskot, tokoh perusahaan, atau orang terkenal yang bisa diajak bekerja sama untuk mempromosikan bisnis atau usaha Anda.
  5. Suara: suara atau lagu tentunya akan menjadi bumbu pelengkap visual dan membuatnya lebih mudah diingat.
  6. Kata-kata: slogan cerdas dan unik akan meninggalkan kesan mendalam. Gunakan kata-kata positif, ceria, mudah diingat, dan beda dari brand lainnya.

Fungsi dan Tujuan dari Company Branding

Ternyata banyak fungsi dari company branding terhadap perusahaan. Setelah mengetahui pengertian dan unsur pembuatan dari company branding, kini Anda juga perlu memahami fungsi dari corporate branding.

Beberapa di antaranya adalah:

1. Fungsi Identifikasi

Identifikasi skema warna, logo, dan citra yang konsisten akan membuat para pelanggan, partner kerja, dan karyawan dapat segera mengenali produk perusahaan. Hal ini tentunya akan membantu konsistensi pada setiap pemasaran produk.

Fungsi identifikasi inilah yang bisa membedakan usaha atau bisnis Anda dengan sejenis lainnya. identifikasi fisik dan karakteristik bisa membuat pelanggan dapat segera memilih dan melakukan pembelian produk Anda. Oleh karena itu, Anda harus membuat company branding yang beda dengan yang lainnya.

2. Fungsi Karakter Perusahaan

Fungsi company branding selanjutnya adalah sebagai karakter perusahaan. Corporate branding yang efektif dan berhasil bisa mendefinisikan karakter perusahaan yang mencakup tipikal karyawan, penampilan produk, pengemasan produk, dan karakter toko fisiknya.

Sehingga nantinya pelanggan bisa langsung mendefinisikan dan terhubung langsung dengan karakter perusahaan. Misalnya karakter yang tertanam di benak pelanggan adalah dapat diandalkan, cepat, aman, dan murah.

3. Fungsi Promosi dan Daya Tarik

Satu lagi fungsi dari company branding bagi perusahaan Anda adalah sebagai promosi dan daya tarik. Adanya corporate branding bisa memudahkan Anda untuk memasarkan produk atau jasa dari perusahaan pada segmen tertentu. Dimana segmen disini mencakup gaya hidup, letak geografis, dan juga sosial ekonomi.

Company branding dapat membantu pelanggan untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan diinginkan. Hal ini juga dapat membantu untuk menyiapkan strategi penentuan harga untuk target pasar yang dipilih.

4. Fungsi Pengendali Pasar

Sebuah company brand yang kuat dapat mengendalikan pasar karena sudah dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, corporate branding juga bisa membantu Anda dalam memasarkan dan melakukan ekspansi produk ke segmentasi pasar baru.

Company branding yang sudah dikenal oleh masyarakat banyak, tidak akan mengalami kesulitan dalam melakukan pemasaran di pasar baru. Bahkan bisa membantu meningkatkan profit dan market share perusahaan.

Lalu, tujuan dari adanya company branding adalah untuk membentuk dan membangun persepsi, rasa percaya masyarakat kepada brand serta membangun rasa cinta kepada brand perusahaan.

Sebuah company branding yang kuat dapat membuat pelanggan menjadi lebih percaya dengan produk perusahaan dan akan lebih loyal terhadap perusahaan Anda. Tujuan ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi perusahaan Anda.

BACA JUGA: Mau Buat Bisnis Manager dengan Optimal? Simak Cara-caranya Di Sini!

Strategi Company Branding

Sebagai pemilik bisnis atau usaha, tentunya Anda menginginkan produk yang dipasarkan mendapatkan pengakuan dari masyarakat luas. Oleh karena itu, Anda harus memahami bagaimana proses atau strategi yang dibutuhkan untuk membangun company branding.

Tidak sedikit orang yang mengira dalam membuat atau membangun company branding sama halnya dengan kegiatan marketing biasa. Padahal ada perbedaan dalam strategi yang digunakan. Di antaranya adalah:

1. Gunakan Logo yang Sesuai dengan Citra Perusahaan

Dalam membuat company branding, logo yang sesuai dengan citra perusahaan menjadi hal terpenting. Strategi pertama ini dilakukan agar brand bisa lekat dan terbenam dalam ingatan pelanggan.

Selain itu, logo yang sudah sesuai bisa ditempatkan pada setiap bahan material untuk melakukan pemasaran. Misalnya pada kemasan produk atau dijadikan sebagai foto profil untuk melakukan promosi di media sosial.

2. Ada Pesan Brand yang Disampaikan

Strategi selanjutnya dalam membuat company branding adalah membuat pesan dari brand produk yang dipasarkan. Anda bisa membuat tagline atau jargon singkat namun disaat yang bersamaan juga dapat menyampaikan pesan dari brand tersebut.

Hal ini berguna agar strategi pemasaran produk Anda menjadi lebih efektif. Tagline atau jargon yang unik dan membekas di benak pelanggan akan membuat mereka dapat segera mengenali produk Anda.

3. Mengintegrasikan Brand

Agar strategi company branding Anda berhasil dan efektif, Anda bisa mengintegrasikannya di setiap kegiatan bisnis yang dijalankan. Misalnya seperti menempatkan logo brand di setiap produk kemasan, iklan yang ditayangkan, atau promosi di media sosial.

Hal ini tentunya akan membuat brand produk Anda menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga nantinya lama kelamaan company branding perusahaan akan melekat di masyarakat.

4. Pilih Pesan yang Sesuai dengan Brand

Gaya komunikasi dalam company brand adalah hal yang wajib. Strategi selanjutnya adalah dengan membuat pesan yang sesuai dengan produk yang dipasarkan. Misalnya Anda mengeluarkan produk yang merefleksikan feminitas, maka Anda harus memilih gaya komunikasi yang sesuai.

Jika Anda memasarkan produk sabun kecantikan, maka Anda bisa menggunakan tagline atau jargon “sabun kecantikan dari negeri para dewi” atau hal lainnya yang sejenis. Pastikan gaya komunikasi dan company branding produk Anda sesuai.

5. Melakukan Soft Campaign

Strategi selanjutnya dalam membuat company branding adalah dengan melakukan soft campaign. Anda bisa melakukan di media online maupun offline. Namun dengan berkembangnya teknologi, banyak orang yang melakukan soft campaign di media sosial dengan jangkauan audiens yang lebih luas, terukur, dan biaya yang affordable.

Anda bisa memulai dengan membuat konten yang berisikan informasi terkait brand produk yang dipasarkan. Hal ini nantinya akan membuat pelanggan ikut teredukasi dan bisa menciptakan citra yang baik bagi brand produk perusahaan.

6. Konsisten

Langkah terakhir dalam strategi pembuatan company branding adalah konsisten. Agar corporate branding yang Anda promosikan bisa berjalan dengan efektif dan sukses, maka Anda harus konsisten dengan strategi yang digunakan.

Hal ini juga untuk menghindari kebingungan pada masyarakat akan brand produk perusahaan Anda. sebuah company branding yang berhasil dan berjalan dengan efektif bisa memberikan timbal balik yang positif bagi perusahaan Anda.

Itulah penjelasan terkait company branding, pengertian, fungsi, dan strateginya yang perlu Anda ketahui. Adanya company branding bisa membentuk identitas perusahaan Anda. Jika dilakukan dengan benar, maka hal ini akan membawa keuntungan besar bagi perusahaan.

Bagi Anda yang membutuhkan karyawan untuk membuat company branding perusahaan, bisa menaruh lowongan di KitaLulus. Saat ini, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Semarang, dan Gowa.

Daftarkan diri Anda sekarang juga untuk memasang lowongan pekerjaan di KitaLulus. Dapatkan kandidat terbaik untuk membangun company branding perusahaan Anda bersama KitaLulus, mulai dari sekarang!

Dapatkan konten Kitalulus

Terima Kasih telah berlanggan pada newsletter Kitalulus!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok