Simak Tujuan Magang Bagi Perusahaan dan Mahasiswa yang Bisa Didapatkan

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

tujuan magang
Isi Artikel

Program magang, menjadi salah satu syarat wajib mahasiswa untuk lulus kuliah. Biasanya jika sudah tiba waktunya, banyak mahasiswa yang mencari program magang dari perusahaan-perusahaan ternama. Selain untuk mendapatkan gelar sarjana, tujuan magang dari mahasiswa juga untuk mengasah kemampuan dan keterampilan.

Tidak sedikit dari mereka yang memiliki kemampuan, diangkat menjadi karyawan di perusahaan tempat magang. Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, tidak jarang juga perusahaan memilih fresh graduate yang memiliki pengalaman magang bagus. Itulah salah satu tujuan magang bagi perusahaan.

Lalu, sebenarnya seberapa penting program magang ini? Apa tujuan magang bagi perusahaan? Apa tujuan magang dari mahasiswa? KitaLulus sudah merangkum penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Manfaat Training Karyawan Bagi Kelangsungan Hidup Perusahaan

Mengenal Program Magang

Di Indonesia, program magang telah diatur dalam Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan pada pasal 21-30. Rincian peraturan mengenai program magang diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per.22/Men/IX/2009 tentang Penyelenggaraan Pemagangan Dalam Negeri.

Dalam aturan tersebut, disebutkan bahwa permagangan merupakan bagian dari sistem pelatihan kerja yang dilakukan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

Selain itu, di peraturan tersebut juga disebutkan pada pasal 4 bahwa jumlah tenaga kerja magang yang boleh dipekerjakan maksimal 30% dari total karyawan. Hal ini bertujuan untuk menjaga stabilitas industri dan lapangan pekerjaan. Namun tidak menutup kemungkinan jika karyawan magang yang memberikan kinerja baik diangkat menjadi karyawan tetap sebuah perusahaan.

Pada umumnya, magang merupakan proses untuk menerapkan ilmu atau kompetensi yang didapat selama menjalani masa pendidikan di dunia kerja secara langsung. Tujuan magang adalah untuk memperkenalkan mahasiswa atau pelajar dengan iklim dunia kerja dengan memberikan keterampilan yang dibutuhkan di industri kerja.

Jika program magang begitu penting, apa tujuan magang bagi perusahaan? Lalu apa tujuan magang dari mahasiswa?

Tujuan Magang Bagi Perusahaan

Setelah mengenal apa itu program magang dan aturan yang mengikatnya, ada beberapa tujuan magang bagi perusahaan yang tentunya membawa dampak baik. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Mendapatkan Ide Baru

Program magang membuat banyak perusahaan memberikan kesempatan bagi para mahasiswa atau generasi muda untuk memberikan ide-ide baru terkait pengembangan perusahaan. Untuk dapat melahirkan ide-ide baru, perusahaan tentunya membutuhkan pendekatan dengan masyarakat.

Biasanya untuk melakukan pendekatan itu, perusahaan akan mengutus karyawan muda yang memang mengerti dan paham akan tren saat ini. Oleh karena itu, tujuan magang bagi perusahaan bisa memberikan banyak ide-ide baru dan segar.

2. Menghemat Pengeluaran Perusahaan

Tujuan magang bagi perusahaan selanjutnya adalah untuk menghemat pengeluaran perusahaan. Pada dasarnya, program magang di perusahaan tidak hanya sekedar untuk melatih keterampilan semata. Perusahaan juga memiliki peluang untuk menyeleksi kandidat magang terbaik yang nantinya diangkat menjadi karyawan tetap.

Meskipun mahasiswa magang memang masih minim pengalaman kerja, bukan berarti Anda bisa mengesampingkan kualitas dan bakat dari mahasiswa tersebut. Berikan pengarahan dengan baik dan tunjukan bagaimana cara melakukan pekerjaannya.

3. Masa Probation Gratis

Pada umumnya, setiap perusahaan menerapkan masa probation pada karyawan barunya dalam waktu tiga sampai enam bulan. Nah dengan adanya program magang yang dibuka perusahaan, maka tujuan magang bagi perusahaan adalah memiliki masa probation gratis.

Program magang ini bisa dijadikan sebuah masa percobaan pada karyawan magang. Tidak ada pihak yang dirugikan. Jika karyawan magang tersebut menunjukan kualitas kerja yang baik, maka perusahaan bisa langsung merekrutnya. Namun apabila karyawan magang tersebut tidak menunjukan kualitas kerja yang baik, maka karyawan tersebut mendapatkan ilmu dan keterampilan yang sudah dipelajarinya.

4. Sudut Pandang Baru

Tujuan magang bagi perusahaan berikutnya adalah untuk mendapatkan sudut pandang baru. Hal ini dikarenakan karyawan magang merupakan orang luar yang belum tahu banyak mengenai perusahaan Anda. Oleh karena itu, hal ini diperlukan oleh perusahaan untuk perkembangan selanjutnya.

Karyawan magang dan karyawan perusahaan bisa saling bertukar pikiran untuk kepentingan perkembangan perusahaan. Nantinya, pengetahuan baru dari karyawan magang bisa diimplementasikan dengan project perusahaan yang sejenis untuk perkembangan di masa depan.

5. Peningkatan Produktivitas

Pada umumnya, karyawan magang ditempatkan sebagai asisten bagi karyawan perusahaan. Mereka ditugaskan untuk membantu karyawan perusahaan melakukan tugas-tugas kecil, seperti arsip data, review video, dan yang lain-lainnya.

Oleh karena itu, tujuan magang bagi perusahaan adalah untuk meningkatkan produktivitas kerja. Dengan bantuan dari karyawan magang, otomatis pekerjaan akan menjadi lebih cepat selesai. Sehingga bisa mengerjakan pekerjaan lainnya yang masih menumpuk.

6. Meningkatkan Citra Perusahaan

Citra perusahaan tidak akan didapatkan secara langsung dengan program magang. Untuk dapat meningkatkan citra perusahaan, perusahaan haruslah memberikan kesan-kesan yang baik pada karyawan magang.

Nantinya setelah program magang sudah berakhir, para mahasiswa magang tersebut akan menceritakan pengalamannya kepada teman-teman lainnya atau menuliskan review di situs perusahaan. Nah, peningkatan citra inilah yang menjadi tujuan magang bagi perusahaan. Sehingga nantinya perusahaan akan semakin terkenal.

Tujuan Magang Dari Mahasiswa

Jika di atas membahas mengenai tujuan magang bagi perusahaan, kali ini akan membahas tujuan magang dari mahasiswa. Pada umumnya, program magang dilakukan oleh institusi pendidikan seperti universitas atau sekolah. Nantinya pelajar yang mengikuti program magang ini akan turun langsung ke lapangan.

BACA JUGA: Menjalankan Masa Probation Tidak Boleh Coba-Coba, Ketahui Hal Penting Ini Dulu

Hal ini karena dibutuhkannya praktik untuk menyeimbangi teori yang sudah dipelajari di sekolah atau universitas. Bahkan program magang menjadi salah satu syarat wajib lulus bagi pelajar. Berikut beberapa tujuan magang dari mahasiswa, yaitu:

1. Menambah Wawasan

Tujuan magang dari mahasiswa yang pertama adalah untuk menambah wawasan. Sebab kegiatan belajar yang terus dilakukan di dalam ruangan cenderung tidak akan optimal jika tidak diimbangi dengan praktik.

Oleh karena itulah adanya program magang. Sehingga teori yang sudah dipelajari bisa diimplementasikan di lapangan. Dengan mengikuti program magang, mahasiswa atau pelajar juga akan mendapatkan ilmu dan pengalaman baru.

2. Menjalin Hubungan Baik Antara Institusi Pendidikan dengan Perusahaan

Tujuan magang dari mahasiswa tidak hanya untuk menambah keterampilan, tetapi juga untuk menjalin hubungan baik antara institusi pendidikan dengan perusahaan. Sebab, nantinya mahasiswa atau pelajar akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti partisipasi dalam program magang yang diadakan.

Tidak hanya sertifikat, mereka yang mengikuti program magang juga akan mendapatkan keahlian dan ilmu baru, serta motivasi untuk terus bekerja keras. Tujuan magang dari mahasiswa ini juga untuk membuat mereka terlatih dalam menangani dan mengatasi masalah di lapangan.

3. Meningkatkan Kualitas

Masalah yang terjadi di lapangan adalah masalah nyata yang harus dipecahkan dengan solusi dan kerja sama tim yang baik. Oleh karena itu, tujuan magang dari mahasiswa berikutnya adalah untuk meningkatkan kualitas mereka sebagai pelajar.

Mahasiswa atau pelajar yang sudah terlatih dan terbiasa untuk mengatasi masalah, maka mereka sudah siap untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Selain itu, di dalam program magang pun ada kerja sama tim yang harus dilakukan.

4. Memperluas Jaringan

Tujuan magang dari mahasiswa berikutnya adalah untuk memperluas jaringan. Ketika mahasiswa atau pelajar melakukan magang di perusahaan, tentu mereka akan mengingat siapa saja orang yang diajak kerja sama dan lingkungan kerjanya. Jadi tidak hanya ilmu dan keterampilan saja yang didapatkan, tetapi juga jaringan luas dengan bertemu orang-orang baru.

5. Kesempatan untuk Mendapatkan Pekerjaan

Jika mahasiswa atau pelajar menunjukan kualitas kerja yang baik, maka tujuan magang dari mahasiswa adalah untuk mendapatkan kesempatan bekerja. Meskipun program magang hanya berlangsung selama kurang lebih tiga sampai enam bulan, tidak menutup kemungkinan perusahaan akan menawarkan posisi karyawan tetap. Hal yang harus diperhatikan adalah kualitas kerja yang baik dan produktivitas kerja yang efisien.

6. Penghasilan Tambahan

Tujuan magang dari mahasiswa berikutnya adalah untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Pada dasarnya, tidak semua program magang di perusahaan mendapatkan bayaran. Namun ada beberapa perusahaan atau instansi yang memberikan bayaran untuk karyawan magang.

Itulah penjelasan mengenai tujuan magang bagi perusahaan dan tujuan magang dari mahasiswa. Program magang sangat penting bagi mahasiswa, perusahaan, dan juga universitas. Jadi, jangan pernah ragu untuk menerima mahasiswa magang, sebab siapa tahu jika ternyata mereka adalah salah satu karyawan akan membantu kesuksesan perusahaan Anda.

Nah, bagi Anda yang membuka lowongan karyawan magang dan juga untuk pekerjaan lainnya, bisa menaruh lowongan di KitaLulus. Tidak hanya di Jabodetabek, KitaLulus juga beroperasi di Bandung, Makassar, Surabaya, Medan, Semarang, dan Gowa.

Jadi jika Anda ingin memasang lowongan pekerjaan, jangan lupa untuk daftarkan diri Anda di KitaLulus. Dapatkan mahasiswa magang dan karyawan terbaik mulai dari sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok