Bagaimana HR Memikat Digital Talent?

Kamila Fakhra Fahima
Kamila Fakhra Fahima adalah seorang HR lead dengan pengalaman profesional di bidang HRBP, rekrutmen, pengembangan sumber daya manusia, employer branding, yang juga memiliki passion di bidang bisnis dan kreatif.
digital talent
Bagaimana HR Memikat Digital Talent?

Di tengah perkembangan teknologi saat ini, kebutuhan talenta yang memiliki kemampuan untuk menguasai dan menggunakan teknologi semakin meningkat. Di dalam dunia HR ini dikenal dengan digital talent, di mana mereka dikategorikan sebagai kandidat yang memiliki pengetahuan lebih dalam penggunaan teknologi.

Saat ini, tidak hanya perusahaan yang bergerak di bidang teknologi yang membutuhkan mereka, tapi juga setiap lini bisnis membutuhkan kehadiran talenta digital. Di sinilah HR harus memiliki strategi yang jitu untuk memikat mereka.

Mari intip beberapa strategi yang bisa HR coba untuk menarik talenta digital, serta hal apa saja yang perlu dipersiapkan.

Apa Itu Digital Talent

Digital talent adalah orang yang memiliki kompetensi dan skill dalam teknologi digital. Seorang digital talent tidak hanya mampu menguasai teknologi digital, tapi juga memiliki kemampuan untuk mengembangkan bisnis dengan teknologi tersebut.

Kehadiran seorang talenta digital saat ini semakin dibutuhkan oleh perusahaan yang saat ini melakukan transformasi digital.

Pengertian lainnya dari digital talent adalah seseorang yang bekerja di bidang teknologi digital, seperti pemrograman, data dan otomatisasi.

Seseorang yang termasuk digital talent memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Tech savvy
  • Mampu bekerja dalam tim
  • Mampu berinovasi
  • Gigih
  • Kreatif dan energik

Seberapa Pentingkah Digital Talent bagi Bisnis

Saat ini, banyak organisasi yang memahami pentingnya transformasi digital. Penelitian Pluralsight menunjukkan bahwa 85% organisasi secara aktif berencana untuk melakukan transformasi digital pada 2023.

Namun, penelitian dari McKinsey menunjukkan bahwa 70% organisasi gagal melakukan transformasi digital berskala besar karena kurangnya digital talent yang mereka miliki.

Organisasi tidak bisa begitu saja memutuskan melakukan transformasi digital tanpa terlebih dulu membekali SDM mereka dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk mendukung transformasi tersebut. Itulah mengapa memiliki talenta digital menjadi penting sekali bagi bisnis saat ini.

Selain mendukung organisasi dalam melakukan transformasi digital, kehadiran talenta digital juga mendorong perusahaan untuk terus mampu melakukan inovasi teknologi. Di mana mereka bisa mendorong perusahaan untuk mampu mengikuti perkembangan teknologi sehingga tetap adaptif dan kompetitif.

Digital talent mampu memahami dan mengimplementasikan teknologi-teknologi terbaru yang dapat mengubah cara bisnis beroperasi dan menciptakan inovasi.

Berkat transformasi yang berhasil dilakukan perusahaan, efisiensi bisnis pun meningkatkan. Hal ini karena segala proses bisnis yang sebelumnya memakan waktu dan sumber daya berhasil diotomatisasi.

Dengan segala dampak positif yang dibawa talenta digital, maka tidak heran bila banyak perusahaan bersaing untuk mendapatkan kandidat digital talent.

Strategi Mendapatkan Digital Talent

Mendapatkan talenta digital bukanlah perkara mudah, namun masih banyak HR yang salah dalam melakukan strategi perekrutan untuk mendapatkan digital talent.

Ketika mencari kandidat digital, banyak HR yang masih memprioritaskan pada keterampilan dan pengalaman yang mereka sukai daripada mencari kandidat yang benar-benar dibutuhkan perusahaan.

Selain itu, perusahaan juga sering beranggapan bahwa gaji yang lebih tinggi akan menarik talenta digital untuk bergabung, dan meremehkan faktor pendorong lainnya.

Agar Anda tidak melakukan strategi yang salah dalam merekrut talenta digital, coba gunakan strategi berikut ini:

1. Gunakan dan Maksimalkan Media Sosial

Strategi pertama yang perlu Anda adopsi untuk mendapatkan talenta digital adalah penggunaan media sosial. Media sosial bisa menjadi channel yang ideal untuk HR dalam menyebarkan informasi seputar employee value proposition dan mengoptimalkan upaya perekrutan.

Apalagi saat ini pengguna media sosial semakin meningkat, membuat metode perekrutan ini semakin populer. Hal ini tidak mengherankan pula karena hampir tiga perempat pekerja berusia 18-34 tahun menemukan pekerjaan terbaru mereka di media sosial.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Rekrutmen Online?

2. Optimalkan Penggunaan Iklan

Selanjutnya, cobalah tarik talenta digital dengan penggunaan iklan online. Seperti yang kita ketahui, para talenta digital lebih banyak menghabiskan waktu mereka di dunia maya. Dengan memasang iklan, pastinya kesempatan lowongan Anda untuk dilihat dan ditemukan akan semakin besar.

Saat Anda memasang iklan lowongan, pastikan lowongan tersebut memuat informasi-informasi yang jelas dan menarik. Tambahkan kata-kata persuasif yang unik, tidak ambigu, dan rasional.

Tidak lupa, tulis job desk, jenjang karier, sampai lingkungan kerja secara spesifik dan singkat saja.

3. Jelaskan Visi Perusahaan

Berikutnya, cobalah untuk menjelaskan visi perusahaan dengan singkat, padat, dan jelas. Menjelaskan visi perusahaan ini akan membantu digital talent lebih memahami tujuan yang ingin dicapai perusahaan.

Tujuan yang jelas ini akan membantu kandidat untuk memahami kontribusi apa yang bisa mereka berikan kepada perusahaan.

4. Manfaatkan Jasa Pihak Ketiga

Perusahaan juga bisa bekerja sama dengan jasa headhunter untuk membantu mendapatkan kandidat digital talent yang dibutuhkan.

Ini bisa menguntungkan bagi perusahaan, di mana biasanya agensi sudah memiliki database atau juga daftar talenta-talenta yang terlatih dan memiliki pengalaman yang cukup. Dengan begini, waktu rekrutmen pun bisa lebih singkat.

5. Pelajari Kebutuhan Kandidat

Cobalah untuk melakukan riset untuk mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan para talenta saat ini. Setelah itu, cobalah untuk memasukkan hal-hal yang berhasil Anda identifikasi ke dalam benefit atau juga informasi lowongan. Hal ini akan sangat berguna menarik mereka untuk melamar di perusahaan.

Hal yang Perlu Dipersiapkan HR untuk Mencari Digital Talent

HR memainkan peran penting dalam menemukan kandidat yang dibutuhkan oleh perusahaan, termasuk kebutuhan akan talenta digital. Oleh karena itu, saat hendak merekrut talenta digital, pastikan HR menyiapkan beberapa hal berikut ini.

1. Kenali dan Ketahui Apa Tujuan Perusahaan

Pertama, cobalah untuk mengidentifikasi apa yang menjadi kebutuhan dan tujuan dari perusahaan saat ini. Hal ini akan membantu HR untuk mengetahui kriteria seperti apa yang perlu dicari dan ditemukan dari seorang digital talent sehingga mereka cocok dengan kebutuhan perusahaan.

2. Lihat Potensi Karyawan saat Ini

Sebelum Anda melakukan rekrutmen, ada baiknya lihat lebih dulu potensi yang dimiliki oleh karyawan yang ada saat ini. Langkah ini berguna untuk lebih mengapresiasi karyawan, mengurangi turnover, serta mengurangi kemungkinan ketidakcocokan kandidat dengan perusahaan.

3. Siapkan Lingkungan yang Positif

Para talenta digital sangat akrab dengan lingkungan kerja yang dinamis dan maju dalam teknologi yang mendorong inovasi, kolaborasi, dan agilitas. Untuk itu, cobalah untuk mengubah budaya kerja di organisasi yang menarik dengan membantu teknologi digital.

Misalnya, dengan mengizinkan karyawan bekerja secara remote dan memberikan jam kerja fleksibel, strategi ini akan sangat menarik bagi sebagian besar talenta digital.

4. Manfaatkan Aplikasi Rekrutmen

Terakhir, cobalah untuk memanfaatkan aplikasi rekrutmen untuk membuat proses rekrutmen digital talent bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Sehingga Anda tidak kehilangan kesempatan untuk mendapatkan kandidat yang Anda inginkan.

Aplikasi rekrutmen akan membantu Anda mengatur dan mengelola kualifikasi kandidat, penempatan lowongan, sampai memilih mana saja kandidat potensial yang sesuai kebutuhan perusahaan.

Saat ini, tidak sulit untuk menemukan aplikasi atau software rekrutmen salah satunya bisa Anda dapatkan di Premium Rekrutmen KitaLulus.

Premium Rekrutmen KitaLulus adalah software rekrutmen berbasis AI, yang memungkinkan perusahaan memasang lowongan dan melakukan proses screening lebih cepat 98% dari cara biasa.

Teknologi AI akan membantu perusahaan mengenali dan mengelompokkan mana saja kandidat yang sesuai dengan kualifikasi dan kebutuhan. Kandidat yang sesuai tersebut selanjutnya bisa melanjutkan proses rekrutmen ke tahap selanjutnya.

Selain itu, Premium KitaLulus juga memberikan akses tidak terbatas kepada perusahaan untuk memasang lowongan yang mereka butuhkan. Hal ini tentunya sangat mendukung perusahaan dalam menjawab tantangan mereka memenuhi manpower yang mereka butuhkan untuk menjalankan bisnis.

Menarik bukan? Ayo daftarkan perusahaan Anda untuk bergabung dengan Premium Rekrutmen KitaLulus.

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top
pasang loker