6 Unsur Iklan Terpenting dan Ciri-Cirinya

penulis
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Unsur-unsur iklan– Seperti yang kita ketahui, iklan merupakan salah satu bentuk promosi yang paling efektif untuk menarik perhatian pelanggan. Tapi, tanpa adanya unsur-unsur iklan, promosi yang Anda lakukan bisa saja sia-sia.

Sebab, pada prakteknya tidak semua iklan dapat menarik perhatian masyarakat banyak. Ada unsur-unsur iklan yang harus diperhatikan jika Anda ingin menarik atensi mereka.

Lalu apa saja yang termasuk dalam unsur-unsur iklan? Apa yang membuat iklan menjadi salah satu bentuk promosi yang efektif? Temukan jawabannya di bawah ini.

BACA JUGA: 9 Contoh Iklan Penawaran Paling Kreatif dan Cara Membuatnya

Mengapa Harus Beriklan?

pentingnya iklan marketing

Jika Anda sering menggunakan sosial media atau menjelajahi internet, tentu Anda akan memperhatikan ada begitu banyak iklan promosi produk dan/atau jasa yang bermunculan. Pertanyaannya adalah, mengapa harus beriklan?

Hal ini tidak lain karena tujuan dari iklan itu sendiri adalah menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait produk dan/atau jasa yang akan dipasarkan. Tanpa adanya iklan, bisa saja masyarakat tidak mengenal brand perusahaan Anda. Bahkan bisa tidak mengetahui keberadaan produk dan/atau jasa yang Anda pasarkan.

Namun, iklan tidak bisa dibuat sembarangan. Anda harus memperhatikan unsur-unsur iklan jika ingin menarik atensi masyarakat. Iklan juga memiliki peran yang besar untuk membangun hubungan komunikasi antara Anda dan pelanggan.

Ciri-ciri Iklan

ciri ciri iklan

Sebelum kita membahas unsur-unsur iklan, sudahkah Anda mengetahui apa yang menjadi ciri-ciri iklan? Berikut beberapa hal yang menjadi ciri iklan paling khas:

1. Kata-kata yang Singkat

Ciri-ciri iklan yang pertama adalah menggunakan kata-kata yang singkat. Gunakan kata-kata yang sopan, logis, baik, dan tentunya menarik. Sebab, kata-kata promosi yang singkat lebih menarik perhatian pelanggan dibandingkan kata yang bertele-tele.

2. Kata-kata yang Persuasif

Selain singkat, sebuah iklan juga harus menggunakan kata-kata yang persuasif. Fungsinya adalah membuat masyarakat penasaran dan mengajak mereka untuk membeli produk dan/atau jasa yang dipasarkan.

3. Informatif

Ciri-ciri iklan berikutnya adalah informatif. Artinya, iklan harus memuat sejumlah informasi terkait produk dan/atau jasa yang dipromosikan. Jika tidak, bagaimana cara masyarakat tahu manfaat produk dan/atau jasa tersebut.

4. Ada Target

Satu lagi ciri-ciri iklan adalah memiliki target pasar. Tentunya Anda membuat produk dan/atau jasa untuk pelanggan, bukan? Ketika Anda membuat iklan pun, harus sesuai dengan target pasar Anda agar tidak salah sasaran.

BACA JUGA: 10 Contoh Strategi Promosi Terampuh di Era Digital

Unsur-unsur Iklan

unsur unsur iklan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tujuan adanya iklan adalah untuk menarik atensi masyarakat luas. Tetapi dengan memperhatikan unsur-unsur iklan yang terkandung di dalamnya.

Pada dasarnya, ada enam unsur iklan yang harus Anda perhatikan keberadaannya:

1.Kalimat Deskriptif

Unsur iklan yang pertama adalah memiliki kalimat deskriptif. Fungsinya adalah untuk menjelaskan maksud dari suatu produk dan/atau jasa yang dipromosikan. Kalimat ini harus disusun sedemikian rupa untuk menghindari kesan yang berlarut-larut.

2. Perhatian/Attention

Perhatian atau attention termasuk salah satu unsur iklan terpenting. Artinya, sebuah iklan yang baik adalah iklan yang mampu menarik perhatian masyarakat luas, terutama pelanggan Anda. Maka dari itu, iklan selalu dikemas dengan kreatif dan unik.

3. Minat

Ketika Anda sudah berhasil menarik perhatian masyarakat, maka unsur iklan selanjutnya adalah menarik minat mereka untuk mencoba, membeli, atau menggunakan produk dan/atau jasa yang dipromosikan.

4. Keinginan

Salah satu tujuan dari unsur-unsur iklan adalah bisa menggerakan hati atau membuat keinginan masyarakat untuk melakukan pembelian. Jika Anda ingin berhasil dalam hal ini, maka Anda harus membuat iklan yang sesuai dengan tren dari target pasar.

5. Rasa Percaya

Unsur iklan yang kelima adalah rasa percaya. Artinya, iklan yang Anda buat haruslah bisa mendapatkan rasa percaya masyarakat tanpa adanya unsur penipuan. Ketika Anda membuat iklan, ada baiknya dibuat sesuai dengan realita tanpa melebih-lebihkannya.

6. Kalimat Persuasif

Hal terakhir dalam unsur iklan adalah menggunakan kalimat persuasif. Tujuannya adalah untuk membujuk banyak orang untuk mencoba, membeli, atau menggunakan produk dan/atau jasa dari perusahaan Anda.

Demikianlah penjelasan mengenai unsur-unsur iklan yang harus Anda perhatikan ketika sedang membuat sebuah iklan. Selain unsur-unsur di atas, strategi pemasaran juga dibutuhkan untuk bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dan bisa membuat iklan tersebut lebih efektif.

Jika perusahaan Anda membutuhkan karyawan untuk membuat sebuah iklan, maka Anda bisa menaruhnya di KitaLulus. Sekarang, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Gowa, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya.

Segera daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan kerja di KitaLulus secara gratis. Dapatkan kandidat terbaik dan berpotensi di bidang pemasaran dengan #LebihMudah bersama KitaLulus!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd