Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil yang Bisa Anda Coba Sekarang

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

usaha rumahan
Isi Artikel

Pandemi membuat banyak orang membatasi aktivitasnya dan lebih banyak diam di rumah. Bahkan beberapa orang merasakan dampak pandemi dari segi ekonomi. Agar terus produktif dan mencari nafkah untuk keluarga, kini banyak ide-ide usaha rumahan yang bermunculan.

Membuat usaha rumahan tidak hanya dapat memberikan pemasukan tambahan saja. Akan tetapi juga membuat kita terus produktif dan kreatif. Ide-ide usaha rumahan menjadi perhatian bagi ibu rumah tangga, pegawai kantoran, dan bahkan mahasiswa.

Memang tidak bisa dipungkiri jika usaha rumahan bisa menjadi peluang usaha rumahan yang menjanjikan. Tidak hanya mendapatkan penghasilan tambahan, akan tetapi Anda juga merasa lebih bebas dalam menjalani dan menekuni bisnis sendiri.

Hal-hal Terkait Peluang Usaha Rumahan

Memulai bisnis Anda sendiri adalah pilihan yang bijaksana dan sekaligus nekat. Tidak semua bisnis bisa berjalan dengan lancar pada awal-awal mencoba. Bahkan beberapa dari pemilik bisnis ada yang terpaksa gulung tikar karena modal dan keuntungan yang dihasilkan tidak seimbang.

Bagi Anda yang baru mulai memulai bisnis usaha rumahan, bisa mencoba beberapa tips di bawah ini:

Ikuti Passion

Sesuatu hal yang dijalankan sesuai dengan passion, pasti tidak akan berhenti di tengah jalan. Sama halnya dengan memulai bisnis dan usaha rumahan. Jalankan bisnis sesuai dengan passion, maka Anda akan mencintai pekerjaan tersebut. Walaupun di tengah jalan akan ada banyak rintangan dan cobaan yang menantang.

Memulai bisnis dari hal-hal yang Anda sukai. Misalnya Anda penyuka traveling, mungkin Anda bisa membuka usaha travel atau camping. Saat ini sudah banyak sekali hasil yang menguntungkan dengan menjalankan bisnis berdasarkan hobi.

Go Online

Di era digital seperti saat ini tingkatkan peluang usaha rumahan atau bisnis Anda dengan teknologi. Bisnis yang go online akan memiliki jangkauan pasar lebih luas dan tidak terbatas waktu atau lokasi. Bahkan potensi keuntungannya pun cukup menjanjikan.

Selain itu, usaha rumahan atau bisnis yang berbasis online lebih disukai oleh para pelanggan. Apalagi jika didukung dengan kemudahan dalam mengakses website, hal ini bisa membuat banyak calon pelanggan yang datang.

Kenali Pesaing Usaha

Saat ini, produk atau jasa yang bagus belum tentu bisa menjamin bisnis atau usaha rumahan Anda akan sukses. Adanya persaingan usaha, membuat Anda harus memutar otak untuk menerapkan strategi perang yang tepat.

Solusinya adalah Anda bisa melakukan riset pasar atas peluang usaha rumahan atau bisnis yang dijalankan. Anda juga bisa mencari niche (lingkup bisnis) yang mungkin belum disentuh oleh pebisnis lain.

Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil

Tidak semua peluang bisnis bisa bertahan lama karena adanya perubahan yang terus terjadi. Akan tetapi ada beberapa peluang usaha rumahan yang tidak termakan waktu meskipun usaha rumahan modal kecil. Apa saja itu?

Pulsa Elektrik dan Paket Internet

Teknologi yang semakin canggih membuat banyak orang terus terpaku dengan gadgetnya masing-masing. Salah satunya adalah smartphone. Nah, dengan melihat kondisi ini, peluang usaha rumahan yang pertama adalah berjualan pulsa elektrik dan paket internet.

Usaha rumahan modal kecil ini hanya membutuhkan handphone untuk mengirim pulsa dan paket internet. Untuk memulainya, Anda bisa mendaftarkan diri ke distributor pulsa dan paket internet dekat rumah.

Camilan atau Makanan

Peluang usaha rumahan modal kecil berikutnya adalah dengan berjualan camilan atau makanan. Untuk mendapatkan hasil yang besar dan optimal, Anda bisa melakukan riset pasar terlebih dulu. Usaha rumahan yang satu ini bisa mendatangkan hasil yang menjanjikan jika dijual di segmentasi pasar yang tepat.

Produk yang bisa Anda jual pun beraneka ragam. Anda bisa mencoba untuk berjualan berbagai macam kue, aneka makanan berat atau makanan ringan, aneka makanan barat atau makanan timur, katering, dan masih banyak lagi.

Kerajinan Tangan

Jika Anda salah satu oran yang kreatif dan hobi dalam membuat kerajinan tangan, Anda bisa mencoba peluang usaha rumahan modal kecil ini. mengolah suatu bahan menjadi kerajinan tangan bisa menjadi usaha atau bisnis yang menjanjikan.

Usaha rumahan modal kecil ini hanya membutuhkan ketekunan, kerajinan, dan kejelian dalam melihat peluang usaha. Modal yang dikeluarkan pun tidak mencapai jutaan rupiah. Jika produk yang Anda buat sudah terkenal, Anda bisa mencoba untuk memasarkannya ke luar negeri. Sehingga keuntungan yang didapatkan bisa berlipat ganda.

Dropshipper

Istilah dropshipper sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Dropshipper adalah seorang yang menjadi agen penjualan tanpa harus membeli barangnya terlebih dulu. Peluang usaha rumahan modal kecil ini mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang Anda terima dari pembeli untuk membeli produk dari penjual.

Dropshipper merupakan usaha rumahan modal kecil yang berpotensi meraup banyak keuntungan. Banyak produk atau jasa yang bisa Anda jual. Seperti baju, produk kecantikan, produk kesehatan, makanan, dan masih banyak lagi.

Usaha Jastip

Selain dropshipper, usaha rumahan lainnya yang tidak kalah keren adalah jastip. Jastip atau jasa titip kini menjadi salah satu usaha rumahan modal kecil yang menjanjikan. Jastip merupakan peluang usaha rumahan yang menawarkan jasa belanja barang tertentu. Nantinya keuntungan bisa didapatkan dari uang yang dibayarkan pembeli.

Bisnis Waralaba atau Franchise

Bisnis waralaba adalah jenis usaha yang dilakukan dengan konsep kemitraan. Potensi bisnis yang ditawarkannya pun cukup menarik dan semakin terus berkembang. Sayangnya masih banyak yang belum mengetahui bahwa modal untuk usaha rumahan ini tidak besar.

Banyak pilihan bisnis waralaba yang bisa dijadikan usaha rumahan modal kecil. Seperti usaha laundry, jasa kirim barang, pelatihan, dan lain-lainnya. Kunci utama dari usaha rumahan ini adalah jeli melihat peluang usaha baru dan memilih jenis usaha yang memiliki mitra dan kredibilitas yang baik.

Jasa Penulis, Jasa Penerjemah Bahasa

Anda hobi menulis dan memiliki kemampuan berbahasa asing? Jangan sia-siakan bakat yang Anda punya. Dari keahlian yang Anda miliki bisa dijadikan peluang usaha rumahan yang menghasilkan omzet.

Anda bisa memulainya dengan mencari-cari pekerjaan freelancer. Nantinya jika Anda sudah memiliki cukup jam terbang, Anda bisa membuka jasa sendiri. Usaha rumahan modal kecil ini, jika dijalankan dengan penuh waktu (full time) bisa mendapatkan hasil yang besar juga.

Usaha Food truck

Di Indonesia, usaha food truck memang belum terlalu populer. Namun bukan berarti usaha rumahan ini tidak menjanjikan. Memiliki konsep yang sama dengan restoran cepat saji, food truck menyajikan makanan dari kendaraan. Makanan yang dijual bisa berupa cemilan, seperti sosis bakar, bakso bakar, takoyaki, dan makanan ringan lainnya.

Tapi tidak menutup kemungkinan jika Anda ingin menjual makanan berat. Dari pada menyewa ruko, Anda bisa memanfaatkan kendaraan yang Anda miliki menjadi sebuah food truck. Kemudian, lakukan promosi dengan gencar melalui sosial media. Omzet yang dihasilkan dengan peluang usaha rumahan modal kecil ini cukup menjanjikan.

Menjahit Pakaian

Peluang usaha rumahan modal kecil selanjutnya adalah menjahit pakaian. Saat ini bisnis fashion di Indonesia sedang naik daun. Hal ini tentunya menjadi peluang bagus bagi Anda yang memiliki keahlian dalam menjahit.

Anda bisa melakukan riset terkait kemauan dan tren pasar. Seperti, busana muslim, busana ke kantor, busana main, dan lain-lainnya. Jika dijalankan dengan mengetahui niche (lingkup pasar) yang tepat, maka omzet dari usaha rumahan modal kecil ini sangat menjanjikan.

Sosial Media Influencer

Di era digital seperti ini, siapa pun bisa viral dan terkenal dengan mengandalkan sosial media. Nah, jika Anda memiliki lebih dari 3000 followers, dan setiap posting sesuatu mendapatkan respon yang banyak, maka peluang usaha rumahan menjadi sosial media influencer bisa Anda coba.

Keuntungan dari usaha rumahan modal kecil ini bisa didapatkan dari endorse dan paid partnership. Modalnya pun cukup dengan smartphone dan keahlian tampil di depan kamera. Mudah bukan?

Vlogger

Sama dengan sosial media influencer, peluang usaha rumahan selanjutnya masih mengandalkan kecanggihan teknologi saat ini. Perbedaannya hanyalah pada media yang digunakan. Biasanya vlogger memanfaatkan situs web berbagi video seperti YouTube untuk mengunggah konten mereka.

Pendapatan yang dihasilkan dari usaha rumahan modal kecil ini berasal dari meng-endorse jasa atau produk di video yang dibuat. Belum lagi ditambah dengan iklan atau adSense yang terpampang di video mereka. Wah, menggiurkan sekali, bukan?

Wah, ternyata jika dijabarkan memang ada banyak ya peluang usaha rumahan modal kecil yang bisa dicoba. Dan masih banyak peluang usaha rumahan modal kecil yang bisa dicoba. Bahkan bisa menghasilkan omset banyak setiap bulannya jika dijalani dengan niat dan telaten. Jadi, sudahkah Anda menentukan pilihan mana yang siap dicoba untuk usaha rumahan pertama?

Cari Kandidat di Aplikasi KitaLulus

Bagi Anda yang sedang mencari kandidat terbaik untuk membantu usaha rumahan, bisa menaruh lowongan pekerja di aplikasi KitaLulus. Sebagai salah satu situs job portal, KitaLulus beroperasi di kota-kota besar seperti di Jabodetabek, Bandung, Makassar, dan Surabaya.

Daftarkan diri Anda untuk memasang lowongan pekerjaan di aplikasi KitaLulus sekarang juga! Semua proses dijamin aman dan cepat. Dapatkan kandidat terbaik Anda mulai dari sekarang!

Pasang Lowongan Kerja di Kitalulus
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok