Mengenal Value Proposition Canvas, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Pengertian value proposition canvas
Isi Artikel

Value proposition canvasValue proposition canvas adalah salah satu metode pendekatan agar Anda bisa mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan. Cara ini digunakan agar Anda bisa menjalankan bisnis dengan lancar dan sukses.

Selain itu, value proposition canvas juga bisa digunakan menunjukkan keunggulan produk dan/atau jasa yang akan dipasarkan. Lalu seperti apa cara kerja dan membuat metode pendekatan ini?

Apa saja fungsi value proposition canvas bagi kelangsungan bisnis Anda? Simak selengkapnya melalui penjelasan di bawah ini.

BACA JUGA: Apa Itu Value Proposition? Ini 8 Elemen, Contoh, dan Cara Membuatnya

Sekilas Tentang Value Proposition Canvas

Value proposition canvas adalah

Pada dasarnya, value proposition canvas adalah sebuah alat atau metode yang bisa digunakan untuk membantu Anda memastikan produk dan/atau jasa yang sudah dibuat memenuhi apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan.

Ketika Anda memasarkan produk dan/atau jasa, tetapi tidak memberikan hasil yang memuaskan, mungkin Anda perlu menyempurnakannya dengan value proposition canvas.

Salah satu kelebihan dari metode ini adalah bisa mengetahui bagaimana bentuk penawaran yang tepat meskipun produk dan/atau jasa yang dipasarkan sedang dalam tahap pengembangan atau berada di tahap awal.

Secara garis besar, value proposition canvas dibentuk berdasarkan dua komponen atau elemen utama, yaitu:

1. Profil Pelanggan

  • Keuntungan: hal ini berkaitan dengan manfaat yang diharapkan dan dibutuhkan oleh pelanggan. Hal-hal terkait apa yang bisa menyenangkan mereka dan yang bisa meningkatkan proposisi nilai dari produk dan/atau jasa tersebut.
  • Customer pain point: hal ini berkaitan dengan pengalaman negatif, emosi, serta resiko yang dialami dan dirasakan pelanggan saat menyelesaikan pekerjaannya.
  • Pekerjaan pelanggan: hal ini berkaitan dengan tugas fungsional, sosial, serta emosional yang dilakukan oleh pelanggan, masalah yang ingin diselesaikan, hingga kebutuhan apa yang ingin dipenuhi oleh mereka.

Hal yang harus diperhatikan adalah faktor profil pelanggan harus dimasukan ke dalam setiap segmen pelanggan di value proposition canvas. Mengapa? Sebab setiap pelanggan memiliki keuntungan, rasa sakit, dan pekerjaan yang berbeda satu sama lainnya.

2. Value Proposition Map Perusahaan

  • Gain creators: hal ini berkaitan dengan bagaimana suatu produk dan/atau jasa bisa menciptakan keuntungan dan bisa menawarkan nilai tambah kepada pelanggan.
  • Pain relievers: hal ini berkaitan dengan bagaimana suatu produk dan/atau jasa yang dibeli atau digunakan bisa menghilangkan customer pain point yang dirasakan.
  • Produk dan jasa: hal ini berkaitan dengan suatu produk dan/atau jasa yang bisa memberikan keuntungan dan disaat bersamaan bisa menyelesaikan customer pain point serta menciptakan nilai bagi pelanggan.

Fungsi Value Proposition Canvas

Fungsi value proposition canvas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, metode value proposition canvas berperan penting dalam kelangsungan bisnis Anda. Berikut beberapa fungsi value proposition canvas yang perlu Anda ketahui:

1. Memahami Pelanggan dengan Lebih Baik

Fungsi value proposition canvas yang pertama adalah bisa membantu Anda untuk memahami pelanggan dengan lebih baik. Hal ini adalah fondasi bisnis yang harus Anda perhatikan. Jika fokus utama bisnis Anda adalah pelanggan, maka memungkinkan Anda untuk melihat dari sudut pandang mereka.

2. Perencanaan Lebih Terfokus

Value proposition canvas bisa membantu Anda untuk membuat perencanaan bisnis yang lebih terfokus. Sebab, metode ini akan memudahkan Anda dalam memvisualisasikan pendekatan kepada pelanggan dan pengembangan produk dan/atau jasa yang akan dipasarkan.

3. Meningkatkan Jangkauan Pemasaran

Fungsi value proposition canvas selanjutnya adalah bisa meningkatkan jangkauan pemasaran. Kelebihan dari metode ini adalah bisa mengidentifikasi apa yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Sehingga Anda bisa fokus pada hal tersebut. Selain itu, semua bahan untuk promosi mulai dari iklan, konten sosial media, dan yang lainnya juga disesuaikan dengan keinginan pelanggan. Hasilnya? Jangkauan pemasaran Anda akan meningkat dan bisa menarik perhatian mereka lebih mudah.

4. Keterlibatan Pelanggan

Metode pendekatan ini mengedepankan kepuasan pelanggan sebagai faktor utama dalam melakukan pengembangan produk dan/atau jasa. Untuk mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan, tentu Anda harus bertanya langsung pada mereka. Sehingga dalam hal ini pelanggan pun ikut terlibat.

5. Metode yang Sederhana

Satu lagi fungsi value proposition canvas adalah sebagai metode yang sederhana. Pendekatan ini bisa membantu Anda untuk melakukan analisis strategi dan kinerja produk secara sederhana dan sekaligus komprehensif. Selain itu, metode ini juga mudah untuk digunakan karena tidak memiliki banyak faktor atau elemen yang harus dimasukkan.

BACA JUGA: Apa Itu Customer Pain Point? Ini 4 Kategori dan Cara Memecahkannya

Cara Membuat Value Proposition Canvas

Cara membuat value proposition canvas

Pada awalnya, metode value proposition canvas dikembangkan oleh Dr. Alexander Osterwalder sebagai sebuah kerangka kerja untuk memastikan adanya kesesuaian atau kecocokan antara produk dan/atau jasa dengan pasar industri.

Bisa dikatakan bahwa, value proposition canvas adalah versi pengembangan dari bisnis model canvas yang lebih luas. Yaitu dengan menggunakan segmentasi pelanggan dan proposisi nilai dari produk dan/atau jasa.

Dilansir dari laman Hubspot, ada tiga cara membuat value proposition canvas. Hal yang harus Anda perhatikan adalah ada dua komponen utama yaitu profil pelanggan dan pemetaan nilai, berikut langkah-langkahnya:

1. Buat Profil Pelanggan

Cara membuat value proposition canvas yang pertama adalah dengan membuat profil pelanggan. Cari tahu apa pekerjaan, harapan, dan customer pain point yang dimiliki oleh pelanggan.

Ketiga poin tersebut bertujuan untuk mengetahui untuk siapa produk dan/atau jasa Anda dibuat. Sehingga Anda bisa memberikan solusi atas semua permasalahan yang dirasakan hanya dengan melalui produk dan/atau jasa yang dipasarkan.

2. Buat Pemetaan Nilai

Cara selanjutnya adalah dengan membuat pemetaan nilai terhadap produk dan/atau jasa yang Anda buat. Anda bisa memulai dengan memikirkan:

  • Bagaimana produk Anda bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan?
  • Bagaimana produk Anda bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan?
  • bagaimana produk Anda bisa menghasilkan keuntungan dan disaat bersamaan bisa berguna untuk pelanggan?

3. Tentukan Value Proposition

Cara terakhir adalah dengan menentukan value proposition pada produk dan/atau jasa Anda. Hal yang perlu dilakukan adalah menentukan bagaimana proposisi nilai ini bisa cocok dengan profil pelanggan Anda.

Contoh Value Proposition Canvas

Contoh value proposition canvas

Berikut beberapa contoh value proposition canvas yang digunakan oleh beberapa brand terbesar dan ternama di dunia, misalnya:

1. Tesla

Siapa yang tidak tahu mobil listrik Tesla? Mendobrak industri otomotif dengan produk mobil listrik yang bisa digunakan kemana saja, termasuk untuk pergi bekerja. Namun, proposisi nilai yang ditawarkan tidak fokus pada hal itu saja.

Melainkan bagaimana Tesla menyampaikan citra kesuksesan kepada segmentasi pelanggannya. Bisa dikatakan, Tesla benar-benar mengerti dan memahami apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggannya.

Hal ini bisa dilihat dari desain mobil yang sederhana namun terlihat mewah, kecanggihan teknologi, pusat pengisian listrik yang mulai tersebar dimana-mana, hingga adanya garansi produk selama delapan tahun. Bisa dikatakan bahwa metode value proposition canvas yang digunakan berhasil dengan sangat efektif.

2. FedEx

Jika bisnis Anda bergerak di bidang jasa ekspedisi, mungkin Anda ingin menyimak contoh value proposition canvas dari FedEx ini. FedEx memiliki headline, Manage Your Home Deliveries”. Dari kata-kata tersebut, proposisi nilai yang ditawarkan adalah kemudahan dalam mengelola pengiriman barang, baik untuk individu atau pelaku usaha.

FedEx memberikan solusi atas permasalahan pelanggan seperti kemudahan dalam melakukan pengiriman dan pengembalian barang secara online dengan cara aman dan menjamin keutuhan barang yang dikirim.

Bahkan FedEx memberikan kemudahan kepada pelanggannya untuk mengirimkan barang dari tempat tempat mereka sering berbelanja. Sehingga pelanggan tidak perlu datang mengantar barang ke gudang ekspedisi.

Pelanggan tidak merasa khawatir dengan keberadaan paket mereka. Sebab, FedEx selalu memperbarui informasi keberadaan paket setiap saat. Artinya, jasa ekspedisi ini sudah membangun kepercayaan yang kuat dengan pelanggan setia mereka.

Demikianlah penjelasan terkait apa itu value proposition canvas, fungsi, cara membuat, dan contoh yang bisa Anda jadikan referensi.

Jika Anda membutuhkan karyawan untuk membuat value proposition canvas produk dan/atau jasa yang dipasarkan, maka Anda bisa menaruh informasinya di KitaLulus. Sebagai salah satu komunitas pencari kerja terbesar, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Gowa, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya.

Segera daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan kerja di KitaLulus dan dapatkan kandidat berkualitas dengan #LebihMudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok