Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah: Contoh & Cara Memulai

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

hrd
Isi Artikel

Jika Anda ingin membuka bisnis, tetapi memiliki concern terhadap pencemaran lingkungan, maka membuka wirausaha kerajinan bahan limbah adalah solusi paling efektif. Selain akan mendapatkan keuntungan tinggi, Anda juga akan berkontribusi dalam pencegahan pemanasan global.

Untuk memahami jenis wirausaha kerajinan bahan limbah hingga cara memulainya, Anda dapat menyimak artikel ini hingga akhir.

Mengenal Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah

Pengertian Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah
Sumber: Populix

Apakah Anda pernah melihat tempat pembuangan akhir yang sangat menumpuk? Atau kabar bencana banjir yang diakibatkan tersumbatnya aliran air, seperti kali, sungai, hingga bendungan, karena sampah? Dengan fakta tersebut, wirausaha kerajinan bahan limbah adalah bisnis paling efektif di masa sekarang.

Sesuai namanya, jenis usaha ini akan menjadikan limbah sebagai bahan baku. Dengan demikian, wirausaha kerajinan bahan limbah adalah jenis usaha yang akan menjadikan bahan tak bernilai menjadi produk dengan nilai ekonomi yang tinggi.

Ada banyak jenis limbah yang ada di sekitar kita, mulai dari limbah plastik, kertas, kardus, kaleng, kain, bahkan limbah dari tumbuhan. Semua jenis limbah tersebut bisa Anda jadikan peluang bisnis dengan keuntungan yang menggiurkan.

Karakteristik Wirausaha Kerajinan Limbah

Menyulap limbah menjadi produk yang bernilai ekonomi sudah dilakukan sejak lama. Meskipun sudah banyak yang menggeluti jenis bisnis ini, tetapi kreativitas pelaku usahanya selalu tidak terbatas dan memberikan kesan tersendiri untuk para customer. Karakteristik utama dari wirausaha kerajinan bahan limbah adalah inovasi dan kreasi dari pengrajinnya.

Dari kedua hal tersebut kemudian akan memberikan karakteristik wirausaha kerajinan limbah bagi para customer dan pemerhati seni. Berikut beberapa karakteristik yang bisa Anda pelajari dari jenis usaha ini.

1. Estetika Produk yang Dihasilkan

Setiap kerajinan tentu saja memiliki nilai estetika. Wirausaha kerajinan bahan limbah adalah usaha yang memiliki nilai estetika produk yang sangat baik. Tidak jarang, meskipun awalnya dibuat untuk bisnis, tetapi juga bisa dijadikan sebagai produk pameran secara umum.

2. Kreatif dan Inovatif

Ketika membuat kerajinan dari bahan limbah, tentunya Anda membutuhkan kreativitas dan inovasi tinggi. Hal ini penting agar produk Anda mampu bersaing dengan kompetitor lainnya di pasaran.

3. Memiliki Ciri Khas yang Kuat

Karakteristik wirausaha kerajinan limbah berikutnya yaitu memiliki ciri khas yang kuat. Dengan begitu, produk Anda akan lebih mudah diingat para konsumen. Alhasil peluang Anda bertahan di pasar akan lebih tinggi.

Ibaratnya, ketika usaha lain harus memulai dari nol, dengan memproduksi kerajinan dari bahan limbah, Anda sudah memiliki beberapa poin berikut dari sisi branding produk.

  • Produk ramah lingkungan
  • Proses pembuatan yang kreatif dan inovatif
  • Dapat mengurangi pencemaran lingkungan

Terlebih, jika dalam proses pembuatannya Anda menggerakkan masyarakat lokal atau pengrajin perempuan, berarti Anda turut serta mencapai tujuan dari Sustainable Development Goals yang sekarang sedang gencar disuarakan oleh para pebisnis dan pemimpin dunia.

4. Pasar yang Segmented

Tidak semua orang menyukai produk dengan bahan baku limbah yang cenderung identik memiliki nilai kebersihan yang rendah. Dari stereotip tersebut, Anda bisa memanfaatkannya dengan membalikkan fakta bahkan produk kerajinan yang Anda ciptakan tidak hanya memiliki estetika, tetapi juga higienis.

Ciptakan proses marketing yang kreatif untuk menunjukkan bagaimana proses pembuatan produk sehingga customer semakin yakin dan percaya bahwa produk dari bahan limbah memang pantas untuk dibeli.

Pasarnya memang segmented, tapi dari sini bisa Anda maksimalkan untuk membuat segmented market tersebut menjadi loyal customer.

5. Memiliki Risiko yang Tinggi

Semua bisnis memang berisiko, tetapi wirausaha kerajinan bahan limbah adalah bisnis yang tingkat risikonya tidak bisa diabaikan. Mulai dari pemilihan bahan baku yang bisa saja memiliki kuman dan bakteri, proses pembuatan yang membutuhkan tingkat kreativitas tinggi, dan proses penjualan produk yang bisa saja terhambat karena tidak banyak orang yang tertarik.

Maka dari itu, ketika Anda ingin membuka bisnis dari bahan limbah, Anda harus memiliki alternatif dan antisipasi manajemen bisnis yang baik.

Baca Juga: 15 Ide Inovasi Bisnis Kreatif untuk Memulai Usaha. Apa Saja?

Jenis Wirausaha Kerajinan Limbah

Jenis wirausaha kerajinan bahan limbah dibedakan menjadi dua, yaitu kerajinan bangun datar dan bangun ruang. Adapun perbedaan antara keduanya ialah sebagai berikut.

1. Kerajinan Bahan Limbah Bangun Datar

Jenis kerajinan bahan limbah yang pertama adalah berbentuk dua dimensi atau bangun datar. Misalnya limbah seng, triplek, kain, dan lain sebagainya.

2. Kerajinan Bahan Limbah Bangun Ruang

Jenis wirausaha kerajinan limbah yang kedua adalah bangun ruang. Sesuai namanya, jenis ini berbentuk tiga dimensi. Biasanya, nilai jual produk akan lebih mahal ketimbang yang bangun datar karena proses pembuatannya lebih rumit serta menggunakan lebih banyak bahan baku.

Baca juga: 5 Contoh Kerajinan dari Bahan Bekas yang Bisa Dijual, Pasti Laris Manis!

Contoh Wirausaha Kerajinan Limbah

Beberapa contoh wirausaha kerajinan bahan limbah adalah sebagai berikut.

1. Bunga hiasan dari limbah sedotan plastik

Bunga hiasan dari limbah sedotan plastik
Sumber: viva.co.id

2. Tas tangan dari limbah kemasan produk plastik

Tas tangan dari limbah kemasan produk plastik
Sumber: R Jati Medium

3. Lampu hias dari limbah pecahan keramik

Sumber: Tempo

4. Bros cantik dari limbah kain perca

Bros cantik dari limbah kain perca
Sumber: Ragam Kerajinan Tangan

5. Lukisan dari limbah cangkang telur

Lukisan dari limbah cangkang telur
Sumber: Ragam Kerajinan Tangan

Baca juga: 12+ Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil yang Bisa Anda Coba Sekarang

Cara Menjadi Wirausaha Kerajinan Limbah

Setelah menyimak penjelasan di atas, apakah Anda justru semakin mantap ingin memulai bisnis kerajinan dari bahan limbah? Jika iya, simak beberapa langkah atau cara menjadi wirausaha kerajinan limbah berikut.

1. Mulai dari Lingkungan Sekitar

Mungkin, niat Anda untuk memulai usaha kerajinan dengan bahan baku limbah pabrik adalah baik, yaitu mengurangi sampah. Dengan niatan ini, Anda bisa memulainya dari lingkungan terdekat.

Anda bisa memperhatikan jenis limbah apa yang paling banyak ada di lingkungan sekitar Anda. Jika Anda sudah memiliki identifikasi yang tepat, Anda bisa memikirkan jenis kerajinan yang bisa dibuat dari limbah tersebut.

2. Pilih Jenis Kerajinan yang Bisa Dimulai dengan Mudah

Sesuai yang dijelaskan sebelumnya tentang jenis wirausaha kerajinan limbah, Anda bisa mulai menentukannya, ingin membuat kerajinan bangun datar atau ruang. Pemilihan jenis kerajinan akan ditentukan dari kemampuan yang Anda miliki dan jenis limbah yang Anda pilih untuk bahan baku produk.

3. Pikirkan Pasar yang Disasar

Anda juga harus memikirkan target market yang akan dipilih. Target market akan menentukan harga jual, proses kreatif, dan produk yang dihasilkan.

4. Pikirkan Sustainability dari Usaha

Keunggulan utama dari wirausaha kerajinan bahan limbah adalah eco-friendly. Hal ini memiliki keberlanjutan usaha yang sangat menjanjikan.

Namun, Anda juga harus memperhatikan bagaimana keberlanjutan dari bahan baku yang Anda miliki. Apakah ke depannya bahan baku mudah didapatkan? Bagaimana dengan harga pokok yang Anda tentukan? Apakah sudah sesuai dengan kemampuan target market sehingga ke depannya produk bisnis Anda tetap diminati?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat Anda pikirkan ketika akan memulai menjadi wirausaha kerajinan limbah.

5. Mulai Branding dan Pemasaran

Setelah semuannya sudah Anda pikirkan dengan baik, Anda bisa memulai membangun company branding lalu melakukan pemasaran. Sekarang adalah zaman dengan kemudahan digital. Jadi, Anda bisa menyasar pengguna media sosial untuk memperluas jangkauan pada target market Anda.

Baca Juga: Entrepreneur Adalah Pengusaha, Benarkah? Ini 4 Perbedaan dan Karakteristiknya

Itulah penjelasan tentang cara memulai wirausaha kerajinan bahan limbah. Karena wirausaha kerajinan bahan limbah sangat menguntungkan banyak pihak, jenis usaha ini sangat patut Anda pertimbangkan untuk dimulai sekarang maupun masa depan.

Jika Anda sedang menjalani bisnis sendiri dan akan melakukan ekspansi bisnis, tentu saja Anda harus memiliki karyawan berdedikasi dan loyal. Untuk mencari karyawan sesuai ekspektasi, Anda dapat menggunakan KitaLulus.

Hingga saat ini, sudah lebih dari 50.000 perusahaan yang telah bergabung dengan KitaLulus dengan pelamar aktif sebanyak 3.000.000+ di setiap bulannya. Tidak sembarangan melakukan match kandidat dan perusahaan, KitaLulus memiliki banyak filter sehingga perusahaan dapat menemukan kandidat yang sesuai kualifikasi.

Untuk memasang lowongan kerja di KitaLulus, Anda dapat mengisi formulir yang tersedia, kemudian tim KitaLulus yang akan bantu mengedit hingga menayangkannya. Segera pasang loker Anda sekarang juga!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd