30 Contoh Pesan Otomatis WhatsApp Bisnis dan Cara Buatnya

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
contoh pesan otomatis whatsapp bisnis
30 Contoh Pesan Otomatis WhatsApp Bisnis dan Cara Buatnya

Bagi Anda yang memiliki usaha, utamanya toko online, pasti sudah familier dengan WA Bisnis. Keunggulan dari aplikasi chat ini adalah bisa membuat pesan otomatis. Sehingga ketika pelanggan menghubungi Anda, namun Anda sedang offline atau tidak membuka HP, mereka tetap menerima respons dengan cepat.

Butuh ide contoh pesan otomatis WhatsApp bisnis yang unik dan menarik untuk dikirimkan ke pelanggan? Simak artikel berikut, yuk!

Kelebihan Pesan Otomatis WhatsApp Bisnis

Kelebihan Pesan Otomatis WhatsApp Bisnis

Sebelum memahami bagaimana cara mengatur pesan otomatis di WA Bisnis, Anda perlu mengetahui apa saja kelebihan menggunakan fitur ini untuk kebutuhan bisnis Anda.

1. Meningkatkan Kepuasan Customer

Ketika Anda baru membuka bisnis dan belum memiliki tim untuk melayani customer, Anda tentu membutuhkan banyak waktu untuk menyapa para customer yang menghubungi Anda melalui pesan singkat.

Dengan fitur pesan otomatis, pelanggan tidak perlu menunggu balasan Anda terlalu lama. Pengalaman yang baik itu akan membuat customer merasa tidak terabaikan sehingga lebih puas dengan pelayanan toko Anda.

2. Profesional

Dengan menggunakan fitur pesan otomatis WA Bisnis, ini akan memberikan kesan bahwa bisnis Anda dijalankan secara profesional. Hal tersebut juga merupakan pertanda bahwa Anda siap memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan, yaitu dengan tidak membuat mereka menunggu lama.

3. Hemat Waktu

Keuntungan menggunakan pesan otomatis WA bisnis selanjutnya adalah menghemat waktu. Pasalnya, kamu tidak perlu membalas pesan pelanggan secara manual satu per satu.

Fitur ini memungkinkan Anda membuat template pesan untuk menjawab beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pelanggan, seperti cara pemesanan, harga produk, ongkos kirim, dan sebagainya.

Baca Juga: Cara Membuat Whatsapp Bisnis, Kelebihan, dan Tips Optimasinya untuk Jualan

Cara Mengatur Pesan Otomatis di WhatsApp Bisnis

Cara Mengatur Pesan Otomatis di WhatsApp Bisnis

Untuk mengatur pesan otomatis di WhatsApp Bisnis caranya sangat mudah. Anda dapat memerhatikan langkah-langkah berikut ini.

  1. Instal WhatsApp Bisnis di smartphone Anda melalui Play Store atau App Store.
  2. Lakukan registrasi dengan memasukkan nomor Anda, harus nomor berbeda dari WhatsApp pribadi.
  3. Pergi ke bagian Setelan di titik tiga kanan atas, lalu klik profil. Atur profile picture, jenis bisnis, alamat kantor, jam buka bisnis, hingga tautan media sosial bisnis Anda.
  4. Klik Fitur Bisnis di bawah profil lalu perhatikan Fitur Perpesanan di paling bawah.
  5. Ada 3 jenis pesan otomatis yang bisa Anda atur, yaitu:
  • Salam: pesan ini akan membuat Anda berkirim pesan otomatis ke customer yang menghubungi ke nomor bisnis Anda lewat chat. Atur pesan salam lalu aktifkan fitur ini untuk menggunakannya. Anda juga bisa mengatur penerima salam dengan memilihnya apakah untuk semua orang, hanya orang yang ada di kontak, pengecualian kontak, atau hanya ke beberapa orang saja.
  • Pesan di luar jam kerja: pesan otomatis ini akan membuat Anda membalas ketika jam operasional bisnis Anda sedang tutup. Aktifkan fitur ini dan atur jadwal pengiriman pesan hingga penerimanya.
  • Balas cepat: untuk jenis ini Anda akan sangat terbantu karena tidak perlu mengetik panjang lebar, melainkan hanya perlu mengetik tanda “/” pada ruang obrolan dengan customer dan pilih jenis balasan yang sesuai kebutuhan.

Baca Juga: 11 Ide Jualan Online Tanpa Modal, Bisa Dilakukan Dari Rumah!

Contoh Pesan Otomatis WhatsApp Bisnis yang Menarik

KitaLulus telah menyusun beberapa contoh pesan otomatis WhatsApp Bisnis untuk Anda.

1. Contoh Pesan Otomatis WhatsApp Bisnis untuk Menyapa Customer

  • Halo, Dear. Selamat datang di Toko Beauty Center! Ceritakan ke admin yuk kondisi kulit kamu sekarang. Admin akan memberikan rekomendasi produk yang sesuai kebutuhan kamu.
  • Hai, selamat datang di HealthCare by Tere. Sedang cari produk apa?
  • Hai! Selamat datang di toko kami. Tunggu admin menjawab pesan kamu ya. Akan sedikit lama karena admin menjawab pesan dari bawah.
  • Halo, Bunda/Ayah… Sedang cari mainan apa nih untuk si kecil? Beri tahu admin ya untuk dicarikan. Karena Toko KidsToys memiliki semua mainan yang si kecil inginkan.
  • Akang/Teteh, selamat datang di toko kami! Silakan ketik Menu untuk tahu produk yang sedang tersedia. Ketik Diskon untuk tahu promo yang bisa Akang/Teteh pakai.
  • Wah ada customer keren datang! Welcome! Sedang cari apa? Silakan lihat produk di katalog dulu sembari menunggu Admin datang, ya.

2. Contoh Pesan Otomatis WhatsApp Bisnis di Luar Jam Kerja

  • Hei, selamat datang! Saat ini toko kami sedang offline. Kami akan kembali aktif besok pagi pukul 08.00. Lihat produk di katalog dulu yuk untuk cari tahu produk incaranmu available atau tidak.
  • Hai hai hai~ Toko sedang tutup nih. Tapi tenang saja, kami akan buka lagi besok pagi. Ingin tahu pricelist? Lihat di katalog ya.
  • Welcome di Toko Serba Ada Punya Dania! Ini adalah balasan otomatis karena admin sedang istirahat. Besok pagi pesan kamu akan dibalas ya.
  • Selamat datang, Customer keren! Karena sekarang kami sedang offline, pesan kamu akan tersimpan dulu ya dan dibalas admin besok.
  • Selamat datang di toko kami. Saat ini kami sudah tutup. Datang lagi besok di jam 08.00–17.00 ya.

3. Contoh Pesan WhatsApp Bisnis supaya Customer Menunggu Balasan

  • Selamat datang, Kakak, di toko kami! Saat ini admin stand by balas chat para customer, jadi tunggu admin balas pesan Kakak dari bawah ya.
  • Halo, Kak. Welcome to Cica Shop! Sebutkan keperluan Kakak dan admin akan membalasnya. Jangan chat berulang karena chat dibalas dari bawah ^,^
  • Halo, halo, Kakak! Sedang cari apa nih? Tanyakan ke admin ya, nanti admin bantu carikan. Tapi, tunggu sebentar karena ada beberapa pesan yang harus admin balas terlebih dahulu.
  • Nona manis, selamat datang! Mohon sabar untuk menunggu admin membalas pesan kamu ya karena pesan dibalas berurutan.
  • Eits, siapa ini? Selamat datang di toko kami! Duduk dulu karena pesan dibalas secara urut. Admin akan datang ke kamu sebentar lagi ya 😉

4. Contoh Pesan Otomatis WhatsApp Bisnis untuk Isi Formulir Pesanan

  • Halo, selamat datang! Terima kasih sudah memilih produk kami. Untuk memudahkan pemesanan, yuk isi formulir berikut ini:

Nama Lengkap:

Produk yang dipesan:

Jumlah pesanan:

Alamat pengiriman:

Jika sudah, kami akan menghitung total harga yang harus dibayar ^^

  • Terima kasih atas pesanannya. Sekarang, silakan isi data diri berikut ya:

Nama Lengkap:

Alamat Lengkap (disertai kode pos):

Nama Produk (jumlah):

Pesan (jika ingin dikirim untuk orang lain):

Contoh:

Nama Lengkap: Tania Ningrum

Alamat Lengkap: Jalan Cenderawasih, Sleman, Yogyakarta, 517530

Nama Produk: Mini album (3)

Pesan: Selamat ulang tahun ya! Love, titin

  • Terima kasih atas antusiasme Anda dalam acara kami. Untuk memudahkan rekap pesanan, silakan Anda isi data berikut:

Nama Lengkap:

Pesanan:

Asal instansi:

Alamat email aktif:

Apakah bersedia menerima email broadcast untuk acara yang akan datang? Jika ya, Anda akan masuk ke dalam daftar customer loyal kami dan mendapatkan informasi mengenai diskon dan promosi yang tersedia.

Baca Juga: 10 Cara Jualan di Tokopedia untuk Pemula, Gampang Banget Kok!

5. Contoh Pesan WA Bisnis Informasi Produk/Jasa

  • Selamat datang, Kakak! Toko kami menyediakan berbagai perlengkapan bayi usia 1-5 tahun. Cek katalog untuk tahu produk yang sedang available. Ketik diskon untuk mengetahui promosi yang sedang berjalan.
  • Halo, selamat datang. Cek produk dan pricelist di katalog dengan mengklik profil kami ya. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan tanyakan ke admin. Selamat berbelanja!
  • Assalamualaikum, Ukhti. Untuk daftar gamis yang masih tersedia, bisa Ukhti cek di katalog. Ada promo yang bisa Ukhti dapatkan jika ini pembelian pertama Ukhti. Happy shopping!
  • Hai, Bunda/Ayah… Selamat datang di Mpasi by Desy. Penuhi kebutuhan nutrisi si kecil dengan produk bergizi kami. Cek katalog untuk daftar menu Mpasi yang tersedia ya, Bund/Yah…
  • Selamat datang, Kakak. Untuk melihat daftar produk yang masih tersedia, cek katalog ya. Jika produk yang Kakak cari tidak ada di katalog, bisa langsung tanyakan kepada admin untuk waktu restock-nya. Happy shopping, Kakak!
  • Halo, selamat datang di Pidjat! Layanan home care masih dibuka hingga akhir bulan. Ketik “jadwal” untuk mengetahui slot waktu kosong untuk melakukan appointment dengan agen Pidjat. Anda bisa langsung datang ke klinik untuk mendapatkan layanan Pidjat kapan pun Anda butuhkan.

6. Contoh Pesan WA Bisnis Ucapan Terima Kasih

  • Pesanan Kakak sudah kami terima. Terima kasih telah percaya kepada toko kami. Untuk informasi pengiriman akan kami informasikan lebih lanjut 2 hari kemudian.
  • Halo, pembayaran Anda sudah masuk. Pengiriman akan kami proses maksimal 1 jam setelah pembayaran. Ditunggu kedatangan produk kami di rumah Anda! Terima kasih atas kepercayaannya ^^
  • Tidak ada yang lebih menggembirakan dibanding mendapatkan kepercayaan dari Anda. Terima kasih telah memilih jasa kami. Ditunggu pesanan berikutnya!
  • Biji selasih kena tinta, terima kasih customer tercinta. Saat ini pesanan kamu sedang diproses dan akan diantar oleh agen. Mohon ditunggu ya!

Itulah contoh pesan WhatsApp Bisnis secara otomatis lengkap dengan cara mengaktifkannya. Jangan lupa untuk memberikan sentuhan personal supaya pesan Anda tidak terkesan seperti balasan robot.

Untuk Anda yang saat ini sedang mengelola bisnis dan membutuhkan karyawan tambahan supaya lebih leluasa memikirkan strategi bisnis, Anda bisa memasang lowongan kerja di KitaLulus.

Pasang loker di KitaLulus gratis dan jangkauannya sangat luas. Loker Anda bahkan dapat KitaLulus promosikan melalui banyak channel, seperti aplikasi KitaLulus, media sosial KitaLulus, bahkan partner media yang KitaLulus miliki.

Cara pasangnya pun mudah. Anda cukup mengisi formulir di website KitaLulus tanpa perlu unduh aplikasinya terlebih dulu.

Saat ini, KitaLulus telah menyalurkan puluhan juta kandidat kepada perusahaan dengan penyesuaian kualifikasi yang akurat. Hal ini dikarenakan KitaLulus dilengkapi sistem berteknologi canggih.

Jadi, tunggu apalagi? Segera pasang loker yang sedang Anda buka di KitaLulus dan dapatkan kandidat terbaik dengan cepat, efisien, dan hemat biaya!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top