Inovasi Produk dan Cara Melakukannya dengan Efektif

Putri Prima
Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.
inovasi produk
Inovasi Produk dan Cara Melakukannya dengan Efektif

Pasti Anda tahu brand ponsel Nokia dan Blackberry yang sempat merajai industri ponsel namun sekarang ini kedua brand tersebut sudah kurang populer lagi. Semua itu disebabkan oleh terlambatnya inovasi produk yang dilakukan keduanya.

Padahal, inovasi dalam produk sangatlah penting sebagai jawaban atas kebutuhan konsumen dan pasar yang terus berubah seiring dengan perkembangan teknologi dan kecerdasan manusia.

Agar nasib bisnis Anda tidak berakhir seperti Nokia atau Blackberry, mari pahami lebih dalam apa itu inovasi produk dan bagaimana cara melakukannya dalam artikel KitaLulus berikut ini!

Pengertian Inovasi Produk

Inovasi produk adalah sebuah proses yang bertujuan untuk menciptakan produk baru atau meningkatkan produk yang sudah ada. Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan fitur, mengubah desain, atau meningkatkan kualitas produk.

Sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, serta meningkatkan daya saing di pasar.

Sedangkan menurut para ahli inovasi produk adalah:

  • Theodore Levitt: Inovasi produk adalah penciptaan produk baru yang berbeda dari produk yang sudah ada sebelumnya.
  • Robert G. Cooper: Inovasi produk adalah proses yang dimulai dari penemuan ide sampai dengan peluncuran produk baru di pasar.
  • Schumpeter: Inovasi produk adalah proses yang membawa perubahan dalam struktur pasar, baik dalam bentuk produk, metode produksi, pasar baru, atau sumber bahan baku baru.

Beberapa aspek penting dalam inovasi produk:

  • Kebaruan: Produk baru atau yang sudah ada dengan fitur, desain, atau kualitas yang baru.
  • Nilai tambah: Memberikan manfaat yang lebih bagi konsumen dibandingkan produk yang sudah ada.
  • Daya saing: Mampu bersaing dengan produk lain di pasar.
  • Keberhasilan: Produk diterima dan dibeli oleh konsumen.

Tujuan Inovasi Produk

Ada beberapa tujuan mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk, misalnya adalah untuk dapat beradaptasi dengan permintaan pasar yang ada. Selain itu, beberapa tujuan inovasi produk antara lain:

1. Mendukung Pertumbuhan Bisnis

Melakukan inovasi produk memiliki tujuan untuk mendukung sebuah bisnis untuk dapat berkembang.

Hal ini telah terbukti efektif. Bahkan berdasarkan sumber dari The Boston Consulting Group menyatakan 79% petinggi perusahaan mengungkapkan bahwa inovasi dalam produk sebagai salah satu dari tiga prioritas dalam bisnis mereka.

2. Menjaga Bisnis Tetap Relevan

Dengan terus mengembangkan sesuatu yang baru dari produk, maka akan menjaga bisnis untuk tetap relevan dengan keadaan pasar dan kemajuan teknologi.

Inovasi produk menjadi salah satu cara bagi bisnis untuk adaptif sehingga tetap terus bisa bersaing dengan kompetitor.

3. Sebagai Ciri Khas Bisnis

Tujuan dilakukannya inovasi dalam produk lainnya adalah menciptakan ciri khas yang tidak bisa ditemukan konsumen di kompetitor.

Selain itu, inovasi juga menambah value dari produk yang meningkatkan daya tarik bagi konsumen.

Manfaat Inovasi Produk

Melakukan inovasi memungkinkan Anda untuk tetap dapat kompetitif dengan produk sejenis dan meningkatkan value perusahaan.

Inovasi dalam produk juga memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh perusahaan, konsumen, bahkan perekonomian secara keseluruhan. Ada pun beberapa manfaatnya antara lain:

1. Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Produk yang inovatif dan memenuhi kebutuhan konsumen akan meningkatkan kepuasan mereka. Hal ini dapat meningkatkan loyalitas konsumen dan mendorong mereka untuk terus membeli produk perusahaan.

2. Meningkatkan Penjualan dan Keuntungan

Dengan melakukan inovasi Anda dapat menarik konsumen baru yang pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan. Hal ini dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.

3. Memberikan Akses ke Produk yang Lebih Baik

Inovasi produk memberikan akses kepada konsumen ke produk yang lebih baik, lebih efisien, dan lebih aman.

4. Meningkatkan Daya Saing Perusahaan di Pasar

Inovasi produk membantu perusahaan untuk bersaing dengan pesaingnya. Perusahaan yang tidak melakukan inovasi produk akan tertinggal dari pesaingnya dan kehilangan pangsa pasar.

5. Memperkuat Citra dan Branding Perusahaan

Perusahaan yang dikenal inovatif akan memiliki citra yang lebih baik di mata konsumen. Hal ini dapat meningkatkan daya tarik perusahaan dan menarik talenta-talenta terbaik.

Baca Juga: 4 Strategi Business Development Terbaik Agar Bisnis Berkembang Pesat

Jenis-jenis Inovasi Produk

Inovasi dari produk sendiri memiliki beberapa jenis. Di mana setiap jenis ini memiliki dampak tersendiri dalam menciptakan nilai tambah, memenuhi kebutuhan konsumen, sampai meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan.

Berikut ini beberapa jenis inovasi produk.

1. Inovasi Inkremental

Jenis ini dilakukan dengan melakukan perbaikan dan perubahan kecil dari produk yang sudah ada. Fokus dari inovasi ini adalah meningkatkan kualitas, efisiensi, atau kinerja produk.

Contoh jenis inovasi inkremental adalah pembaruan software dengan menambahkan fitur atau mengatasi bug.

2. Inovasi Disruptif

Inovasi ini dilakukan dengan cara mengenalkan produk baru atau menciptakan pasar baru. Sering kali jenis inovasi ini mengubah cara masyarakat dalam menggunakan atau memperoleh produk.

Contohnya adalah hadirnya layanan ojek online yang mengubah cara orang dalam menggunakan transportasi.

3. Inovasi Revolusioner

Ini adalah jenis inovasi yang dilakukan dengan menghasilkan produk yang sepenuhnya baru dan menciptakan perubahan besar dalam industri maupun masyarakat. Jenis inovasi ini sering kali menciptakan pergeseran tren yang besar.

Contohnya adalah ditemukannya internet yang mengubah cara masyarakat dunia dalam mendapatkan informasi, berkomunikasi, dan melakukan bisnis.

4. Inovasi Desain

Jenis yang satu ini berfokus pada perubahan dan peningkatan dalam aspek estetika, ergonomi, serta pengalaman pengguna.

Tujuan dari inovasi desain adalah menciptakan produk yang menarik, fungsional dan mudah digunakan bagi pelanggan.

5. Inovasi Teknologi

Inovasi teknologi melibatkan penggunaan atau pengembangan teknologi baru maupun yang sudah ada untuk menciptakan produk yang lebih baik dan efisien.

Jenis inovasi satu ini sering kali menghadirkan pengikatan kinerja, keandalan, serta fungsionalitas produk.

Contoh inovasi teknologi adalah adanya AI Chat GPT, yang meringankan tugas manusia.

Cara Melakukan Inovasi Produk

Melakukan inovasi produk memerlukan proses yang sistematis dan kreatif. Hal ini penting sekali diperhatikan oleh tim R&D sehingga tujuan inovasi dapat tercapai. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan inovasi produk, antara lain:

1. Mengembangkan Produk Baru

Salah satu cara melakukan inovasi produk adalah dengan mengembangkan produk baru. Di sini Anda bukan hanya membutuhkan sebuah ide baru, tapi juga perlu memikirkan bagaimana produk bisa diterima oleh masyarakat secara luas.

Hal inilah yang menjadi tantangan tersendiri ketika sebuah bisnis hendak mengembangkan produk baru.

Untuk itu, sebelum Anda memasarkan produk baru, cobalah untuk melakukan beberapa pengujian kelayakan produk sehingga produk baru bisa diterima masyarakat.

2. Menyempurnakan Produk yang Sudah Ada

Selain membuat produk baru, inovasi juga bisa dihadirkan dengan menyempurnakan produk yang sudah ada. Hal ini dilakukan dengan memberikan perubahan tambahan yang dapat meningkatkan kualitas dan value produk.

Namun, perlu diingat bahwa memperhatikan apa yang diharapkan konsumen dari penyempurnaan produk tetap menjadi hal penting.

3. Terima Saran dan Saring

Cara melakukan inovasi produk agar mampu memenuhi keinginan konsumen adalah dengan menerima saran dari mereka.

Anda dapat mengadakan survei, FGD, atau membagikan form online yang berisikan masukan konsumen terhadap produk atau layanan.

Setelah Anda mendapatkan semua saran dari mereka, cobalah saring dan identifikasi mana saran yang memang akan membawa dampak signifikan dalam inovasi produk.

4. Lakukan Penelitian

Anda juga bisa melakukan penelitian untuk dapat menciptakan inovasi produk.

Melakukan penelitian ini kegiatan yang berharga karena Anda akan lebih memahami berbagai hal mengenai produk dari yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan.

Contohnya perubahan pola pikir dan kebutuhan konsumen, produk yang serupa, atau juga nilai pelanggan.

Dari berbagai temuan di lapangan, nantinya Anda akan mendapatkan gagasan baru untuk menciptakan inovasi.

5. Tambahkan Fitur Baru

Menciptakan inovasi produk juga bisa dilakukan dengan menambahkan fitur baru. Namun sebelum Anda melakukan ini, coba lakukan riset lebih dulu kiranya fitur seperti apa yang memang dibutuhkan pelanggan.

Contoh Inovasi Produk

Ada banyak contoh dari inovasi produk yang sebenarnya bisa kita temukan di kehidupan sehari-hari, antara lain:

  • Mobil listrik yang self-driving: Mobil ini menawarkan pengalaman berkendara dengan menggunakan bahan bakar listrik yang lebih aman dan nyaman.
  • Layanan streaming musik dan video: Contohnya, Spotify dan Netflix.
  • Platform e-commerce yang menyediakan berbagai macam produk: Contohnya, Tokopedia dan Shopee.

Nah itulah penjelasan mengenai inovasi dalam produk yang penting dilakukan sebuah perusahaan untuk dapat adaptif mengikuti perkembangan zaman dan keinginan pasar.

Di dalam melakukan inovasi, kehadiran karyawan yang kreatif dan punya kemampuan tinggi menjadi hal penting. Untuk itu sangat penting memilih job portal yang tepat dalam mencari kandidat.

Jika tidak ingin salah rekrut, cobalah pasang loker di KitaLulus yang sudah terjamin membantu dalam menemukan kandidat yang tepat dengan jangkauan yang luas.

Ayo, daftarkan perusahaan Anda sekarang!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top
pasang loker