18 Ide Hampers Lebaran Unik, Bermanfaat, dan Sederhana

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
ide hampers lebaran
18 Ide Hampers Lebaran Unik, Bermanfaat, dan Sederhana

Lebaran merupakan hari yang sangat istimewa bagi umat muslim. Tak heran, momen ini sering dimanfaatkan untuk saling berkirim hampers dengan teman maupun saudara. Saat ini ada banyak ide hampers lebaran sederhana dan murah yang dijual secara online maupun offline.

Penasaran apa saja ide hampers lebaran tersebut? Yuk simak rekomendasinya di bawah ini!

Tips Memilih Hampers Lebaran

Tips Memilih Hampers Lebaran

Sering kali kita merasa bingung ketika harus memilih isi hampers lebaran untuk diberikan kepada seseorang. Agar kamu tidak lagi kebingungan, KitaLulus punya tipsnya.

  1. Sesuaikan dengan hal-hal yang sedang banyak dibicarakan akhir-akhir ini sehingga isi hampers menjadi kekinian.
  2. Sesuaikan dengan kebutuhan orang yang akan kamu kirimi hampers.
  3. Sesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

Baca Juga: Catat! Ini Dia Jadwal Libur dan Cuti Bersama Lebaran 2023

Ide Hampers Lebaran Unik

Berikut beberapa ide hampers lebaran unik yang bisa kamu berikan kepada teman dekat maupun keluarga jauh.

1. Alat Ibadah

Ide Hampers Lebaran Unik
Sumber: IndieMarketFest Blog

Peralatan ibadah akan selalu menjadi ide hampers lebaran yang tepat. Selain karena sesuai dengan konteks pengiriman hampers, alat ibadah seperti mukena, sarung, sajadah, tasbih, hingga Al-Qur’an akan bisa digunakan setiap saat.

2. Kue Kering

Nastar, putri salju, hingga kastengel sudah menjadi cemilan khas yang selalu ada di setiap meja tamu ketika lebaran. Kue-kue kering ini akan menjadi hampers yang cocok untuk dikirimkan baik di dalam kota hingga keluar kota karena masa simpannya yang panjang.

Namun, ketika akan dikirimkan ke luar kota, pastikan pengemasannya baik dan aman ya, supaya kue tidak rusak.

3. Cutlery Set

Ide isi hampers lebaran selanjutnya adalah peralatan makan. Hadiah ini bisa dipakai untuk sehari-hari. Supaya lebih personal, kamu bisa memesan cutlery set custom dengan membuat desain khas untuk dicetak di peralatan makan tersebut.

4. Makanan Khas Lebaran

ide hampers murah
Sumber: DetikFood

Suka opor ayam hingga rendang yang biasa disajikan di hari H lebaran? Buatkan atau pesankan juga untuk teman, keluarga, atau rekan kerja sebagai hampers lebaran, yuk!

Meskipun banyak ide hadiah untuk dibagikan ketika lebaran, tetapi membagikan makanan enak ke orang lain akan memberikan rasa puas tersendiri, terlebih ketika orang yang diberikan makanan tersebut juga setuju jika makanan tersebut memang enak.

5. Kurma dan Air Zam Zam

Kurma dan air zam-zam menjadi dua hal yang tak terpisahkan dengan agama Islam. Selain karena memang berasal dari Arab, makanan dan minuman tersebut juga digadang memiliki nutrisi yang bagus untuk dikonsumsi.

6. Frozen Food

Contoh hampers lebaran unik berikutnya adalah frozen food. Hampers ini akan sangat bermanfaat karena penerima jadi punya stok bahan makanan banyak untuk dimasak ketika lebaran.

Baca Juga: Cara Ikut Program Mudik Gratis 2024, dari BUMN hingga Swasta

7. Scented Candle

hampers lebaran sederhana
Sumber: The Umbrella Store

Membersihkan lingkungan rumah sepertinya sudah menjadi tradisi persiapan menyambut puasa hingga lebaran. Nah, kamu bisa menjadikan hal tersebut untuk berkontribusi memberikan dekorasi estetik yang juga wangi, yaitu scented candle. Terlebih, scented candle juga bisa memberikan efek baik untuk membantu tidur lebih nyenyak.

8. Produk Kesehatan

Vitamin dan obat-obatan herbal tidak akan pernah salah untuk dijadikan ide hampers lebaran murah, lho. Dengan mengirimkan produk kesehatan, kamu juga akan ikut serta dalam mendoakan si penerima supaya tetap sehat setiap harinya.

9. Tanaman Hias

Akan ada banyak tamu ketika lebaran. Maka dari itu, tak jarang orang ingin melakukan re-decor pada rumah hingga halaman mereka supaya tampak lebih rapi dan cantik.

Nah, memberikan tanaman hias sebagai hampers lebaran akan membantu si pemilik rumah untuk mendesain ulang tata letak ruangan hingga halaman rumah supaya tampak lebih estetik, cantik, dan segar dipandang.

10. Parfum

hampers parfum
Sumber: The Beauty Journal

Ide hampers lebaran unik selanjutnya yaitu parfum. Tahukah kamu, memakai wewangian menjadi hal sunnah untuk dilakukan saat sholat ied ketika lebaran, lho! Jadi, memberikan parfum tentu menjadi pilihan yang sangat tepat.

11. Travelling Kit

Mudik ataupun berlibur bersama keluarga kerap kali dilakukan oleh banyak orang ketika lebaran. Kamu bisa memberikan hampers berupa travelling kit sehingga mempermudah kegiatan bepergian mereka. Kamu juga bisa menyisipkan mukena hingga sajadah travel size ke dalam travelling kit tersebut.

12. Pakaian Muslim

Pakaian muslim adalah ide hampers lebaran murah selanjutnya. Kamu bisa memilih jenis pakaian yang sedang hits dan sesuaikan dengan kesukaan penerima.

Baca Juga: 7 Resep Menu Lebaran Sederhana Tapi Mewah, Wajib Dicoba!

13. Aneka Teh/Kopi

Jenis hampers lebaran selanjutnya yang simpel diberikan tetapi bermanfaat adalah aneka kopi atau teh. Kedua minuman ini menjadi jenis minuman netral yang bisa dikonsumsi oleh si penerima.

14. Bouquet Bunga atau Kue

parcel lebaran
Sumber: Three Bouquets

Memberikan bouquet bunga atau kue sebagai hampers saat lebaran terdengar terlalu basic? Eits, tunggu dulu. Kedua barang tersebut memang umum, tetapi si penerima akan tetap senang lho, karena bunga dan kue adalah simbol kebahagiaan.

Terlebih jika rangkaian bunganya cantik dan bisa dijadikan hiasan di ruang tamu. Untuk kue juga bisa dikonsumsi bersama keluarga.

15. Body Care

Body care akan menjadi ide hampers lebaran yang cantik. Kamu bisa memilih produk perawatan tubuh, seperti sabun, hand body, sampo, dan lainnya. Produk-produk tersebut dapat digunakan setiap hari jadi sangat berguna.

16. Aneka Buah

Kamu juga dapat memberikan aneka buah kepada teman, keluarga, atau rekan kerja sebagai hampers. Selain menyehatkan, buah-buahan harganya juga terbilang murah sehingga bisa kamu sesuaikan dengan budget kamu.

17. Skincare

Jika kamu memiliki teman, keluarga, atau klien yang memang gemar memakai skincare dan kamu juga paham akan kegunaan skincare yang bisa dipakai di jenis kulit manapun, memberikan hampers berisi skincare akan menjadi hal yang menarik.

Kamu bisa memilih produk skincare yang netral, seperti sunscreen, toner, hingga moisturizer yang bisa dipakai di semua jenis kulit.

18. Hampers Stoples

Hampers Stoples
Sumber: AliExpress

Ini mungkin akan jadi ide hampers lebaran unik dan jarang terdengar, tetapi memberikan hadiah berupa stoples akan sangat berguna, lho. Stoples akan sangat dibutuhkan ketika lebaran untuk menaruh kue-kue kering hingga makanan ringan lainnya. Pilihkan jenis stoples dengan desain unik dan bahan yang aman digunakan dalam jangka waktu lama, ya.

Baca Juga: 15 Ide Bisnis Lebaran Tanpa Modal Besar, Omzet Menjanjikan!

Itulah ide parcel lebaran sederhana dan murah yang bisa kamu jadikan inspirasi. Hal yang paling penting adalah sesuaikan dengan budget yang kamu miliki, ya.

Bagi kamu yang selalu memiliki pengeluaran besar saat lebaran dan merasa uang THR kurang cukup menutupi pengeluaran tersebut, kamu bisa mencari pekerjaan tambahan. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan side income yang lumayan.

Aplikasi KitaLulus memiliki banyak loker freelance hingga pekerjaan yang bisa dikerjaan jarak jauh. Kamu cukup menginstal aplikasi KitaLulus dari Play Store atau App Store dan lakukan registrasi dengan mudah sesuai instruksi. Setelah itu kamu dapat mencari loker sesuai dengan kebutuhanmu.

Aplikasi KitaLulus telah dilengkapi dengan sistem canggih sehingga dijamin kamu akan selalu mendapatkan keamanan dalam melamar kerja. Tidak akan ada loker bodong dalam aplikasi KitaLulus. Jadi, kamu bisa dengan melamar kerja dengan aman deh! Yuk download sekarang juga!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top