Beasiswa CCIP Aminef 2024 di Amerika Serikat (Fully Funded)

ccip aminef
Beasiswa CCIP Aminef 2024 di Amerika Serikat (Fully Funded)

Beasiswa CCIP AMINEF 2024 merupakan peluang berharga bagi pelajar Indonesia yang ingin menempuh pendidikan di Amerika Serikat. Program ini diselenggarakan oleh American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) bekerja sama dengan Chamber of Commerce Indonesia-AS (USINDO).

Beasiswa CCIP AMINEF memberikan dukungan finansial serta pengalaman belajar di universitas-universitas terkemuka di AS. Melalui beasiswa ini, para pelajar tidak hanya dapat mengejar impian akademis mereka, tetapi juga memperluas jaringan internasional serta memahami budaya Amerika Serikat secara mendalam.

Bagi kamu yang tertarik dengan beasiswa ini, pelajari informasi selengkapnya berikut.

Apa Itu Beasiswa CCIP Aminef?

CCIP memiliki kepanjangan Community College Initiative. Beasiswa CCIP Aminef adalah salah satu program beasiswa akademik dengan non-gelar yang memberikan kesempatan emas bagi pelajar Indonesia yang berpotensi tinggi untuk meraih pendidikan tinggi dan pengalaman internasional berharga di Amerika Serikat.

Peserta akan mengambil kursus akademis yang relevan dengan bidang studi yang mereka pilih, meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris, serta terlibat dalam kegiatan sosial dan kebudayaan.

Peserta akan menempuh satu tahun pendidikan di Amerika Serikat dan saat lulus akan mendapatkan sertifikat akademik dari bidang yang dipilih.

Untuk pilihan bidang studinya ada bermacam-macam, yaitu:

  1. Pertanian: Agribusiness, Agricultural Geospatial Technology, Agricultural Production Management, Animal Science, Environmental Horticulture and Conservation, Sustainable Agriculture.
  2. Teknik Terapan: Architecture, Automated Industrial Technology (with courses available in Semiconductor Technology), Automotive Technology or Service Management, Computer Aided Design, Construction Management, Electricity, Electro Mechanical and Electronics Technology, Heating Ventilation and Air Conditioning, Machine Repair: Automated Systems, Manufacturing Technology, Mechatronics, Renewable Energy Technology, Robotics, Welding.
  3. Administrasi dan Manajemen Bisnis: Accounting, Bookkeeping, Administrative Professional, Business Management, Business Operations Support and Services, Human Resources, International/Global Business, Leadership Development, Logistics/Global Supply Chain Management, Manufacturing, Organisational Leadership, Project Management, Business Information Technology, Entrepreneurship, Small Business Management, Marketing, Promotions and Public Relations, Social Media Marketing
  4. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD): Administration of an ECE Center, Early and School-Age Care Specialist, Early Childhood Education and Development, Special Education.
  5. Teknologi Informasi: Computer Information Systems (CIS)/Computer Science (CS), Computer Internetworking Technologies (CIT), Cybersecurity, Geographic Information Systems (GIS), IT Technician–Desktop Support, Computer Support, Network Technician.
  6. Media: Digital Media, Film Studies/ Motion Picture/ Television, Graphic Design, Media, Journalism and Communication, Public & Media Relations, Social Media Marketing, Web Design, Web Development.
  7. Keamanan Publik: Fire Sciences, Protection and Safety, Emergency Services/Emergency Medical Services, Pharmacy Technician.
  8. Manajemen Pariwisata dan Perhotelan: Hospitality and Hotel Management; Culinary Arts and Restaurant Management; Meeting, Event, and Exhibition Planning

Baca Juga: 

Cakupan Beasiswa CCIP Aminef 2024

Beberapa biaya yang akan di-cover oleh beasiswa CCIP Aminef 2024 mencakup:

  1. Dukungan visa J-1
  2. Tiket pesawat PP Indonesia – Amerika Serikat
  3. Biaya studi hingga selesai (tuition and mandatory college fees)
  4. Tempat tinggal dan makanan
  5. Tunjangan buku dan kebutuhan sehari-hari
  6. Asuransi kesehatan dan kecelakaan
  7. Berbagai kegiatan pengembangan diri dan profesional

Syarat Daftar Beasiswa CCIP Aminef 2024

Untuk mendaftar beasiswa ini, kamu harus memperhatikan 3 hal, yaitu syarat umum, syarat khusus, dan dokumen yang harus dilampirkan. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Syarat Umum

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dan bertempat tinggal di Indonesia.
  • Peserta berusia minimal 18 tahun pada tanggal 1 Juli 2024.
  • Memiliki kualitas kepemimpinan dan menunjukkan pengalaman dalam hal layanan
  • masyarakat.
  • Memiliki komitmen dan telah mempersiapkan diri pada bidang studi yang akan dipilih.
  • Lancar berkomunikasi dalam bahasa Inggris.
  • Memiliki catatan akademik yang memuaskan.
  • Pengalaman belajar di luar negeri terbatas atau tidak pernah sama sekali. Peserta yang tidak punya pengalaman studi atau melakukan perjalanan ke Amerika Serikat akan lebih diutamakan.
  • Tidak sedang menerima beasiswa lainnya pada saat pendaftaran beasiswa ini.
  • Mampu memulai program CCIP di Amerika Serikat pada bulan Juli 2024.
  • Talenta disabilitas juga dapat mendaftar

2. Syarat Khusus

  • Pendidikan minimal SMA/SMK/Sederajat. Jika pendaftar adalah lulusan D1, D2, D3, atau S1, harus melamar pada bidang studi yang berbeda dengan jurusan yang sebelumnya diambil di perkuliahan, dan memiliki pengalaman kerja relevan pada bidang studi yang akan diambil. Untuk pendaftar yang lulusan Magister (S2) atau Doktor (S3) tidak dapat mendaftar.
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris, dibuktikan dengan skor TOEFL ITP minimal 480, atau skor TOEFL iBT minimal 55, atau skor IELTS minimal 5,5, atau skor Duolingo minimal 95, disertai dengan kemauan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.
  • Saat ini sedang bekerja/menjalankan usaha pada bidang studi yang akan mereka lamar (pengalaman kerja di bawah 5 tahun)
  • Peserta yang memilih bidang studi teknik terapan (applied engineering) harus mempunyai dasar Matematika yang kuat dan perlu mengikuti ujian penempatan matematika.

3. Dokumen yang Harus Dilampirkan

  • Isi Formulir Pendaftaran.
  • Salinan skor tes TOEFL ITP/IELTS/Duolingo terbaru (tes dilaksanakan dalam dua tahun terakhir).
  • Salinan resmi ijazah dan transkrip nilai SMA/Sederajat (dalam bahasa Indonesia dan terjemahan bahasa Inggris).
  • Bagi lulusan perguruan tinggi, menyertakan salinan ijazah dan transkrip nilai program D1/D2/D3/S1 (dalam bahasa Indonesia dan terjemahan bahasa Inggris).
  • Salinan kartu identitas (KTP atau paspor).
  • Curriculum Vitae/Resume.
  • Surat Keterangan Bekerja dari atasan/supervisor/bagian HRD (dalam bahasa Indonesia)

Cara Daftar Beasiswa CCIP Aminef 2024

Batas waktu pendaftaran beasiswa CCIP Aminef 2024 adalah 2 Januari 2024. Jadi, segeralah mendaftar jika kamu tidak ingin ketinggalan.

Untuk cara pendaftarannya, kamu bisa mengisi formulir pendaftaran yang sudah tercantum di atas. Kirim seluruh berkasnya dalam bentuk hard copy ke alamat: 

American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) Intiland Tower, Lantai 11 Jalan Jenderal Sudirman Kav. 32 Jakarta 10220

Telepon: (021) 579 39 085 ~ 9086

Jika kamu memiliki pertanyaan lanjutan, silakan kirim email ke infofulbright_ind@aminef.or.id.

Cari tahu informasi beasiswa lainnya baik dalam negeri maupun luar negeri hanya di blog KitaLulus.

To top