8 Instansi yang Membuka Formasi CPNS 2023 Lulusan SMK

Admin Kitalulus
Admin KitaLulus adalah content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
formasi cpns 2023 lulusan smk
8 Instansi yang Membuka Formasi CPNS 2023 Lulusan SMK

Tidak hanya diperuntukan bagi mereka yang bergelar sarjana, nyatanya lulusan SMK juga punya peluang untuk mendaftar CPNS 2023. Bahkan formasi CPNS 2023 lulusan SMK atau SMA dan sederajat sudah secara resmi diumumkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) dan BKN.

Penasaran apa saja formasi CPNS untuk lulusan SMK? KitaLulus sudah merangkumnya untuk kamu di bawah ini!

Apakah Lulusan SMK Bisa Mendaftar CPNS 2023?

Pengumuman adanya beberapa formasi yang dikhususkan untuk SMK dan sederajat pasti membuat kamu bertanya-tanya, “Apa lulusan SMK bisa daftar CPNS?”

Jawabannya adalah ya, bisa. Sesuai dengan persyaratan CPNS dari tahun ke tahun bahwa batas usia pendaftar CPNS adalah minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun.

Formasi CPNS 2023 Lulusan SMK

pendaftaran cpns lulusan sma smk
Sumber: Radar Group

Terdapat delapan instansi yang membuka lowongan kerja untuk lulusan SMK dan SMA sederajat. Berikut ini daftarnya.

1. Badan Sar Nasional (Basarnas)

Instansi yang pertama adalah Basarnas. Tujuan pembukaan formasi ini adalah untuk mengisi beberapa posisi baru yang tersebar di seluruh Indonesia.

2. Kejaksaan Agung (Kejagung)

Tidak hanya membuka formasi untuk S1, Kejagung juga membuka formasi bagi lulusan SMK atau sederajat dalam CPNS 2023 ini. Setidaknya ada 990 formasi yang dibuka, terdiri dari pengadministrasi penanganan perkara dan pengawal tahanan.

3. Kementrian Pertanian

Selain Kejaksaan Agung, Kementerian Pertanian juga termasuk salah satu instansi yang membuka formasi CPNS 2023 lulusan SMK dan sederajat.

4. Badan Intelijen Negara (BIN)

BIN atau Badan Intelijen Negara menyediakan formasi khusus yang bisa dilamar oleh lulusan SMA dan sederajat. Beberapa formasi tersebut antara lain pengadministrasian rekam medis dan informasi serta pramu laboratorium.

5. Kemenkumham

Formasi CPNS 2023 untuk lulusan SMK juga dibuka oleh Kemenkumham. Posisi yang tersedia yaitu penjaga tahanan.

Kemenkumham sendiri menjadi kementerian yang selalu ramai peminatnya. Jika kamu berminat untuk melamar di Kemenkumham ,maka siap-siap untuk menghadapi persaingan ketat.

Baca juga: Ternyata Segini Lho Gaji PNS Kemenkumham, Yakin Gak Mau?

6. Kementerian Pertahanan

Kementerian Pertahanan juga membuka formasi untuk lulusan SMA dan SMK atau sederajat. Posisi yang dibuka adalah pengemudi ambulans dan kataloger pemula.

7. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Di tahun 2023 ini, Kementerian Perhubungan membuka formasi untuk lulusan SMK atau sederajat dengan jumlah 684 formasi. Posisi yang tersedia antara lain perekayasa, petugas pertolongan kecelakaan penerbangan, dan pemadam kebakaran.

8. Kementerian Lingkungan Hidup (KLH)

Seperti tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2023 KLH juga membuat formasi untuk lulusan SMK. Adapun posisi yang dibutuhkan adalah polisi hutan yang berkaitan dengan perhutanan dan pertanian.

Baca Juga: Ini Dia 11 Formasi CPNS 2023 untuk Lulusan S1 Semua Jurusan

Dokumen Persyaratan CPNS 2023

Agar kamu bisa menang “war” jadi CPNS, ada baiknya kamu mulai mempersiapkan apa saja dokumen administrasi yang perlu dilampirkan dalam pendaftaran. Berikut ini di antaranya:

  • Fotokopi ijazah SMA, SMK, atau sederajat
  • Fotokopi transkrip nilai
  • Fotokopi E-KTP
  • Fotokopi akte
  • Fotokopi surat keterangan
  • Pas foto formal
  • CV atau daftar riwayat hidup
  • Dokumen pendukung yang sesuai dengan persyaratan dari instansi terkait. Seperti SKCK, Toefl, Surat Bebas Narkoba, dan lainnya.

Untuk mengetahui apa saja dokumen administrasi yang perlu dilampirkan, pastikan kamu selalu update informasi dari instansi yang ingin kamu lamar.

Baca Juga: Cara Daftar CPNS 2023 Lengkap dengan Syarat dan Jadwalnya

Nah, itulah beberapa formasi CPNS 2023 lulusan SMK dan SMA sederajat. Dengan dibukanya formasi tersebut diharapkan semakin meningkatkan semangat kamu untuk menjadi abdi negara.

Mengingat persaingan menjadi CPNS begitu ketat, kamu harus mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari. Termasuk persiapan menghadapi tes kemampuan dasar.

Kamu bisa berlatih mengerjakan soal-soal CPNS melalui aplikasi KitaLulus. Dilengkapi kunci jawaban dan pembahasan sehingga pemahaman kamu akan meningkat.

Selain itu, ada juga komunitas pejuang CPNS yang bisa kamu ikuti untuk membantu kamu mendapatkan informasi terbaru, tips dan trik, serta informasi penting lainnya mengenai CPNS. Langsung saja, yuk install aplikasi KitaLulus sekarang!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top