Ini Dia 11 Formasi CPNS 2023 untuk Lulusan S1 Semua Jurusan

Admin Kitalulus
Admin KitaLulus adalah content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
formasi cpns 2023 untuk lulusan s1 semua jurusan
Ini Dia 11 Formasi CPNS 2023 untuk Lulusan S1 Semua Jurusan

Pejuang CPNS 2023 harap segera merapat! Pendaftaran CPNS 2023 akan dibuka pada 17 September melalui portal SSCASN. Guna mempersiapkan diri, catat daftar formasi CPNS 2023 untuk lulusan S1 semua jurusan. Formasi ini tentu saja menjadi kabar gembira untuk pendaftar yang ternyata jurusannya tidak terdaftar di formasi-formasi CPNS.

Formasi dengan syarat pendidikan S1 dari semua jurusan ini totalnya sebanyak 5% dari total formasi yang ada. Tak perlu berlama-lama lagi, yuk segera simak ada formasi apa saja yang bisa dilamar oleh semua jurusan ini.

Formasi CPNS 2023 untuk Lulusan S1 Semua Jurusan

formasi cpns
Sumber: Liputan6

Total ada 11 formasi yang bisa dilamar oleh lulusan S1 semua jurusan. Berikut daftar lengkapnya disertai dengan penjelasan tugasnya.

1. Analisis Kebijakan

Analisis Kebijakan merupakan orang yang bertugas melakukan analisis terhadap isu kebijakan berkaitan tentang beberapa bidang, seperti ekonomi, politik, sosial, hingga lingkungan.

Nantinya, Analisis Kebijakan juga harus melakukan analisis data, melakukan rekomendasi, hingga membantu merancang kebijakan terkait bidang-bidang tersebut.

2. Penyuluh Sosial

Penyuluh Sosial adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk memberikan informasi dan bimbingan.

Posisi ini memiliki tujuan untuk memberikan edukasi terkait sosial, pendidikan, hingga kesehatan kepada masyarakat di daerah tertentu sesuai daerah tujuan tugas saat itu.

3. Auditor

Auditor juga merupakan formasi yang bisa dilamar oleh semua jurusan dari lulusan S1 di CPNS 2023. Formasi ini memiliki tugas untuk melakukan penilaian terhadap kepatuhan atas aturan dan prosedur yang ada.

Jadi, Auditor akan melakukan pengecekan apakah ada kecurangan hingga memberikan rekomendasi perbaikan sistem yang terdapat kesalahan.

4. Widyaswara

Baru pertama kali mendengar istilah Widyaswara? Formasi ini sama dengan instruktur atau pengajar. Nantinya, kamu akan ditempatkan di suatu lembaga kepemerintahan untuk melakukan pelatihan atas suatu program pelatihan.

5. Pekerja Sosial

Formasi CPNS 2023 untuk lulusan S1 semua jurusan berikutnya adalah Pekerja Sosial. Posisi ini memiliki tanggung jawab untuk melakukan penanganan masalah sosial, seperti masalah kemiskinan, penanggungan, hingga memberikan konseling dan pelayanan sosial.

Baca Juga: 10 Tips Lolos CPNS 2023 yang Bisa Kamu Praktikkan

6. Penggerak Swadaya Masyarakat

Penggerak Swadaya Masyarakat adalah posisi yang bertugas membantu kegiatan sosial, program pemberdayaan masyarakat, hingga gerakan sosial lainnya.

7. Pemeriksa

Pemeriksa memiliki tugas untuk melakukan cross check terhadap suatu dokumen ataupun barang. Keaslian dokumen atau barang tersebut harus dilaporkan dengan baik dan benar sesuai prosedur.

Pemeriksa juga harus memberikan saran dan rekomendasi atas penyimpanan dan perawatan dokumen serta barang.

8. Pengawasan Penyelenggara Urusan Pemerintahan Daerah

Formasi CPNS 2023 untuk lulusan S1 semua jurusan yang lainnya adalah Pengawasan Penyelenggara Urusan Pemerintahan Daerah. Posisi ini bertanggung jawab melakukan evaluasi, pemantauan, hingga pengawasan terhadap kinerja penyelenggara urusan pemerintah daerah.

9. Perekayasa

Seorang Perekayasa bertugas untuk membangun, melakukan rancangan, hingga mengembangkan suatu sistem teknologi dan infrastruktur. Seorang Perekayasan juga diharuskan melakukan pengkajian dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan inovasi dan layanan teknologi.

10. Perencana

Perencana merupakan jabatan fungsional yang bertugas untuk memantau dan merancang perkembangan suatu organisasi atau proyek yang akan atau sedang dilakukan.

Jadi, Perencana akan bertanggung jawab dalam menyiapkan, mengkaji, merumuskan kebijakan, dan menyusun rencana pembangunan pada instansi pemerintah secara teratur dan sistematis, termasuk mengendalikan, memantau, dan mengevaluasi pelaksanaan rencana pembangunan.

11. Peneliti

Sebagaimana jabatan peneliti lainnya, Peneliti di ranah ASN juga akan bertugas untuk melakukan riset. Nah, biasanya riset yang dilakukan adalah terkait dengan bidang pengetahuan dan teknologi.

Baca Juga: Laris Manis! Ini Dia Formasi Paling Banyak CPNS Minati, Apa Saja?

Itulah 11 formasi CPNS 2023 untuk lulusan S1 semua jurusan. Sekarang kamu tidak perlu memikirkan apakah jurusanmu terdaftar atau tidak. Jadi, kamu bisa memikirkan syarat lainnya dan belajar untuk tes seleksinya saja. 

Untuk persiapan terkait soal-soal yang biasa keluar di tes CPNS, kamu bisa bisa lho belajar melalui aplikasi KitaLulus. Terdapat berbagai jenis soal yang bisa kamu kerjakan lengkap dengan pembahasannya. Bahkan, di sana terdapat fitur simulasi untuk menguji kemampuan kamu menyelesaikan soal dalam kurun waktu tertentu.

Untuk bisa mengaksesnya, kamu cukup unduh aplikasi KitaLulus di Play Store atau App Store. Lalu lakukan registrasi dengan mengisi beberapa data, seperti nama, tanggal lahir, domisili, dan lainnya. Setelah itu kamu sudah bisa langsung menggunakan aplikasi tersebut dengan berbagai fitur bermanfaatnya. Kamu juga bisa melamar loker dari berbagai perusahaan bonafit di Indonesia, lho! Coba sekarang, yuk!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top