16 Jurusan yang Berpeluang Tinggi Lolos CPNS dan PPPK 2023

Admin Kitalulus
Admin KitaLulus adalah content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
jurusan yang berpeluang lolos cpns 2023
16 Jurusan yang Berpeluang Tinggi Lolos CPNS dan PPPK 2023

Pemerintah akan segera membuka rekrutmen CPNS dan PPPK 2023. Tahun ini, formasi paling banyak adalah pada tenaga honorer dan kesehatan, serta prioritas untuk talenta digital. Meski demikian, kamu yang bukan dari kedua jurusan tersebut tetap memiliki peluang. Hanya saja, kuota formasinya terbatas.

Artikel ini akan membahas jurusan yang berpeluang jadi PNS 2023. Apakah jurusanmu termasuk? Cek selengkapnya di bawah ini!

Daftar Jurusan CPNS 2023 dengan Peluang Lolos Tinggi

Daftar Jurusan CPNS 2023 dengan Peluang Lolos Tinggi
Sumber: Radar Utara

Menteri PANRB, Azwar Anas, mengatakan bahwa rekrutmen CPNS dan PPPK 2023 akan dibuka untuk umum. Namun, karena tahun ini pemerintah lebih memfokuskan pada bidang pendidikan, kesehatan, serta talenta digital, maka tentunya tidak semua jurusan kuliah akan diprioritaskan.

Tapi kamu tak usah khawatir, sebab masih ada kemungkinan tersedianya semua jurusan pada beberapa lowongan CASN 2023. Diperkirakan ada 16 jurusan yang berpeluang tinggi lolos CPNS tahun ini, di antaranya sebagai berikut.

1. Teknologi Informasi

Untuk sekarang, pemerintah Indonesia memang sedang fokus pada dunia digital, inilah mengapa lulusan dari jurusan-jurusan yang berkaitan dengan digital dan teknologi akan banyak dibutuhkan. Jurusan Teknologi Informasi kemungkinan besar termasuk salah satu dari jurusan memiliki banyak formasi di seleksi CPNS 2023 nanti.

2. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Digitalisasi tentu saja tidak hanya berkaitan dengan programming, tetapi juga dengan branding dan marketing. Nah, seorang lulusan dari DKV atau graphic design akan sangat dibutuhkan untuk membuat konten menarik yang akan disebarkan di media sosial dan website.

3. Pendidikan

Lulusan dari jurusan Pendidikan, apa pun jenis pendidikannya, tentu saja memiliki peluang tinggi untuk lolos CASN 2023. Terlebih, tahun ini menjadi momen di mana akan dilakukan pengangkatan tenaga honorer menjadi PNS part time melalui seleksi.

4. Kesehatan

Lulusan dari jurusan kesehatan seperti kedokteran atau perawat juga memiliki peluang tinggi lolos jika mendaftar CPNS tahun ini. Tidak hanya di ranah kementerian kesehatan, biasanya di pemerintah daerah juga akan banyak formasi untuk jurusan tersebut.

5. Ilmu Politik dan Pemerintahan 

Jurusan CPNS 2023 lainnya yang diperkirakan banyak formasi adalah Ilmu Politik dan Pemerintahan. Formasi untuk jurusan ini biasanya ada di Mahkamah Agung, BPPU, hingga BAPPEDA.

Baca juga: CPNS 2023 Dibuka September, Ini Formasi yang Banyak Dibutuhkan

6. Matematika dan Statistika

Lulusan dari jurusan Matematika dan Statistika termasuk dalam talenta digital dan akan banyak dibutuhkan oleh instansi pemerintah maupun swasta yang sedang melakukan digitalisasi. Lulusan dari jurusan ini bisa menjadi data analyst, di mana tugasnya adalah mengumpulkan, menganalisis, serta menyajikan data.

7. Bahasa Inggris

Jika kamu lulusan dari jurusan bahasa Inggris, selamat! Jurusan tersebut merupakan jurusan kuliah yang cepat jadi PNS karena ada banyak peluang untuk mendaftar di bagian Kementerian Luar Negeri atau Kejaksaan Agung RI.

8. Ilmu Komputer

Seperti Teknologi Informasi, Ilmu Komputer juga akan banyak dibutuhkan pada rekrutmen CPNS dan PPPK 2023 nanti. Diprediksi, pemerintah akan banyak melakukan manuver data ke bagian teknologi.

9. Teknik Industri 

Kementerian PUPR tentu saja akan masih banyak membutuhkan lulusan dari Teknik Industri dan teknik lainnya yang berhubungan dengan pembangunan. Jadi, siap-siap ya lulusan dari teknik dalam pendaftaran CPNS dan PPPK tahun ini.

10. Ekonomi

Ekonomi adalah salah satu jurusan yang pasti dibutuhkan di semua lembaga, termasuk Kementerian dan Lembaga Daerah. Pasalnya, terdapat dana yang harus dipertanggungjawabkan akuntabilitasnya sehingga diperlukan orang dari jurusan ekonomi yang benar-benar paham tentang hal ini.

11. Hukum 

Lulusan S1 Hukum juga menjadi jurusan yang banyak dicari pada rekrutmen CPNS 2023. Terlebih saat ini Kejaksaan Agung RI sedang kekurangan banyak tenaga Jaksa. Ditambah lagi banyaknya jaksa yang sudah memasuki usia pensiun.

Baca juga: CPNS 2023 Kejaksaan RI Segera Dibuka, Ada Ribuan Formasi!

12. Akuntansi

Sama halnya seperti Jurusan Ekonomi, Akuntansi juga merupakan jurusan yang diprediksi berpeluang tinggi lolos PNS. Jika mengacu pada rekrutmen CPNS 2021, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) membuka 47 formasi di bidang Akuntansi. Mereka akan ditempatkan di 33 kantor wilayah dengan jabatan sebagai Analis Anggaran.

13. Cyber Security

Lulusan S1 dari jurusan Cyber Security patut bangga sebab kemungkinan tahun ini akan ada banyak formasi yang disiapkan. Hal ini mengingat banyaknya kejahatan yang terjadi di dunia digital sehingga dibutuhkan orang yang ahli untuk melindungi data-data penting suatu lembaga.

14. Manajemen 

Jurusan berikutnya yang sering dibuka adalah Manajemen. Diprediksi tahun ini Kemenkumham akan membutuhkan banyak tenaga dari jurusan Manajemen. Pada CPNS 2021, Kemenkumham menyediakan 33 formasi yang akan ditempatkan di kantor pusat dengan jabatan sebagai Terampil Pranata Keuangan APBN.

15. Kesejahteraan Sosial 

Kementerian yang akan membuka peluang untuk lulusan jurusan Kesejahteraan Sosial adalah Kementerian Sosial. Namun, untuk lembaga dan badan pemerintah lain seperti ANRI, BPN, hingga BPPU juga akan membuka formasi untuk lulusan jurusan ini.

16. Administrasi Publik 

Lulusan Administrasi Publik akan bisa mendaftar di posisi Analis SDM, Arsiparis, Analis Monitoring Evaluasi dan Pelaporan, Penata Kanselerai, dan lainnya. Formasi-formasi untuk Administrasi Publik juga biasanya akan terbuka untuk Administrasi Negara.

Baca juga: Ini Dia 11 Formasi CPNS 2023 untuk Lulusan S1 Semua Jurusan

Itulah beberapa jurusan yang berpeluang tinggi untuk lolos CPNS 2023 dan PPPK. Yuk semangat belajar agar bisa meraih skor tinggi di seleksi nanti!

Untuk mematangkan persiapanmu, kamu harus sering-sering berlatih soal-soal TKD, nih. Jangan bingung di mana bisa mengakses soal-soal tryout CPNS, karena kamu bisa mendapatkannya di KitaLulus Belajar Pro. Daftar sekarang juga, yuk!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top