Tes MCU BUMN Apa Saja? Ini yang Harus Kamu Siapkan

Muhammad Farih Fanani
Berpengalaman menulis artikel populer dan SEO di berbagai media online.
tes mcu bumn
Tes MCU BUMN Apa Saja? Ini yang Harus Kamu Siapkan

Dalam rekrutmen bersama BUMN, ada banyak tes yang harus dijalani oleh para kandidat, salah satunya adalah tes MCU BUMN (medical check up). Kira-kira, seperti apa tesnya nanti?

Jika kamu sedang mengikuti seleksi BUMN, simak penjelasan KitaLulus berikut tentang tes MCU BUMN secara lebih rinci.

Apa Itu Tes MCU BUMN?

Tes MCU atau medical check up merupakan salah satu tahapan seleksi di mana umumnya perusahaan akan melakukan uji pada ketahanan fisik calon kandidatnya.

Contohnya dengan melakukan berbagai jenis olahraga yang sudah ditentukan sebelumnya, seperti berlari atau berenang. Tujuannya adalah untuk memastikan kesehatan calon kandidat.

Berdasarkan jadwal rekrutmen bersama BUMN 2024 ini, tes MCU berada di tahapan terakhir dalam serangkaian prosesnya.

Baca Juga: 5 Tahap Tes Medical Check Up untuk Kerja yang Harus Dilewati dan Biayanya

Tahapan Tes MCU BUMN

Tahapan Tes MCU BUMN

Nah, pada dasarnya tes MCU BUMN memiliki tahapan yang berbeda-beda tergantung pada kebijakan setiap perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Tapi secara umum, berikut gambaran tahapan tesnya.

1. Pemeriksaan Fisik

Tahapan yang pertama adalah tes pemeriksaan fisik. Pada rangkaian tes ini, kandidat hanya perlu mengikuti prosedur dasar mulai dari pengukuran tinggi badan, berat badan, tekanan darah, dan denyut nadi.

Hasil pemeriksaan tersebut akan menjadi salah satu pertimbangan perusahaan sebelum mereka menentukan apakah kamu lolos tes atau tidak. Maka dari itu, sebelum melakukan pemeriksaan fisik, pastikan kamu berada dalam kondisi yang prima.

2. Pemeriksaan Darah

Di tahap ini, kamu akan dihadapkan pada pemeriksaan darah. Sampel darah kamu akan diambil untuk dicek kondisi kesehatan dari dalam seperti tanda-tanda anemia atau kondisi lainnya.

3. Pemeriksaan Urine

Selain dari darah, kondisi kesehatan kamu juga bisa dilihat dari pemeriksaan urine. Hasil pemeriksaan tersebut dapat menunjukkan tanda-tanda kondisi medis yang akan menjadi pertimbangan panitia, seperti diabetes, fungsi ginjal, dan lain sebagainya.

4. Pemeriksaan Mata dan Pendengaran

Selanjutnya, pada tes MCU kamu juga akan menghadapi tes mata dan pendengaran. Beberapa profesi mungkin mewajibkan pegawainya untuk tidak memiliki mata minus. Maka dari itu, jika kamu melamar di posisi tersebut, kemungkinan kesehatan mata dan pendengaran kamu juga akan ikut diperiksa.

Perusahaan perlu memastikan bahwa kamu mempunyai penglihatan dan pendengaran yang baik. Bahkan, di beberapa perusahaan kamu akan diminta untuk melakukan pemeriksaan THT (telinga, hidung, tenggorokan).

5. Tes Kesehatan Jantung

Tahapan tes lainnya yang mungkin perlu kamu lalui adalah tes kesehatan jantung. Tes ini adalah salah satu yang paling penting.

Di sini, jantung kamu akan diperiksa dengan menggunakan prosedur EKG (elektrokardiogram). Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mendeteksi kesehatan jantung calon pegawai BUMN.

6. Pemeriksaan Paru-paru

Tak hanya jantung, petugas juga akan memeriksa kondisi paru-paru kamu. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada perusahaan tentang risiko kesehatan paru-paru calon pegawainya.

7. Pemeriksaan Gigi dan Mulut

Gigi dan mulut juga termasuk instrumen penting yang perlu diperhatikan kesehatannya oleh calon karyawan. Maka dari itu, kamu perlu memastikan bahwa gigi dan mulut kamu berada dalam kondisi yang sehat sebelum mengikuti tes medical check up ini.

8. Pemeriksaan Psikologi dan Psikotes

Tahapan terakhir pada tes MCU BUMN adalah pemeriksaan psikologi dan psikotes. Di tahap ini, kamu akan dites untuk mengetahui kapasitas mental calon pegawai.

Hasilnya sangat penting guna menilai bagaimana kemampuan calon pegawai untuk mengatasi tekanan yang berhubungan dengan tugasnya nanti.

Baca Juga: Cara Membuat Surat Keterangan Sehat, Syarat, dan 5 Contohnya

Tips Persiapan Tes MCU BUMN

Setelah mengetahui rangkaian tes MCU BUMN apa saja, simak tips berikut sebagai persiapan.

1. Istirahat yang Cukup

Sebelum mengikuti tes MCU, pastikan kamu sudah istirahat yang cukup. Jangan sampai kurang tidur sehingga menjalani tes dalam kondisi kelelahan. Ini akan membuat hasil tesmu menjadi kurang maksimal.

2. Hindari Makanan dan Minuman Berat Sebelum Tes

Disarankan untuk kamu agar menghindari makanan dan minuman yang berat sebelum melakukan tes, apalagi minuman beralkohol. Pasalnya, makanan dan minuman yang berat dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan darah dan lainnya.

3. Bawa Dokumen Penting

Pastikan kamu sudah membawa dokumen-dokumen penting yang menjadi syarat tes. Beberapa dokumen penting itu misalnya seperti identitas diri dan hasil tes kesehatan sebelumnya jika ada.

4. Siapkan Mental

Selanjutnya, kamu juga perlu mempersiapkan mental yang baik. Pasalnya, tes MCU mencakup aspek psikotes. Usahakan tetap tenang dan jangan terlalu gugup saat menghadapi ujian atau tes apapun.

5. Patuhi Aturan

Terakhir yang penting adalah patuhi semua peraturan yang sudah ditetapkan. Jangan sampai kamu melanggar seperti datang tidak tepat waktu atau mengenakan baju yang tidak sesuai ketentuan.

Baca juga: Kisaran Gaji Pegawai BUMN Sesuai Posisi, Tertarik Daftar?

Itulah penjelasan tentang tahapan tes MCU BUMN dan tips mempersiapkannya. Tes ini merupakan salah satu tahapan penting terakhir yang harus dilalui oleh kandidat. Maka dari itu, pastikan kamu mempersiapkan diri sebaik mungkin agar lolos dan mendapatkan pekerjaan impian kamu.

Ngomong-ngomong tentang pekerjaan, kamu juga bisa loh mendapatkan pekerjaan impian dengan mudah. Tinggal unduh dan install aplikasi KitaLulus di Play Store dan App Store, lalu cari lowongan kerja di bidang yang kamu inginkan. Yuk coba sekarang!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top